Eric S. Yuan: Zoom Telah Perbaiki Celah Keamanan

By | April 10, 2020
aplikasi zoom

Zoom Product Updates: New Security Toolbar Icon for Hosts, Meeting ID No Longer Displayed

Seperti yang kita ketahui, aplikasi rapat online “zoom meeting atau zoom teleconference” mendadak naik daun jiga hileud karena banyak digunakan selama Work From Home (WFH) di situasi wabah covid-19/corona ini.

Aplikasi Zoom digemari berbagai kalangan karena kemudahan instalasinya, juga cukup ringan alias tidak terlalu besar menyedot bandwith dan terlebih lagi bisa gratis hingga seratus peserta walaupun per 40 menit tiba-tiba putus sendiri. Nya wayahna we, maklum gratisan…hehe

Celah Keamanan Zoom dan Target Perbaikan dalam 90 Hari

Namun, belakangan ini zoom banyak dikritik karena celah keamanannya, bahkan beberapa perusahaan telah melarang pemakaian perangkat lunak ini.

Komo sekelas perusahaan google mah, ulah pisan karyawannya nginstall zoom di komputer kantor, nya ari dina henpon sewang-sewangan mah mangga teh teuing saurna teh. Tah Kunaon cenah?

Ternyata oh ternyata, aplikasi Zoom disebut memiliki celah keamanan yang kritis karena tidak menerapkan enkripsi end-to-end standard. Lembaga riset The Citizen Lab menyebut bahwa aplikasi Zoom menggunakan jenis enkripsi non-standar, dan mentransmisikan informasi melalui China, seperti dilansir dari BBC, Kamis (9/4/2020).

Salah satu celah keamanan aplikasi ini karena adanya kegiatan Zoombombing. Zoombombing adalah istilah rapat online Zoom yang dibajak dan disusupi oleh orang tak diundang yang menebar ujaran kebencian bahkah mengirimkan gambar tidak pantas.

Menanggapi hal ini, pihak aplikasi video call dan conference itu pun proaktif, segera mengambil langkah pembenahan dan menargetkan perbaikan celah keamanan tersebut akan rampung dalam waktu 90 hari sejak pernyataan mereka Jumat (3/4) .

“Selama 90 hari ke depan, kami berkomitmen untuk mendedikasikan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi, mengatasi dan memperbaiki masalah secara lebih baik dan proaktif,” ujar Eric, dikutip dari Theverge, Jumat (3/4).

Informasi ini disampaikan langsung oleh Eric S. Yuan selaku CEO Zoom. Eric menjelaskan perusahaannya saat ini tengah berfokus untuk mengatasi celah alih-alih melakukan pembaruan fitur Zoom.

Zoom Product Updates: New Security Toolbar Icon for Hosts, Meeting ID No Longer Displayed. Image: https://blog.zoom.us

Dalam menangani hal ini, Zoom berkolaborasi dengan pihak ketiga guna peninjauan secara berkala dalam penanganan celah keamanan. Zoom pun mengatakan berusaha transparan dalam proses perbaikan.

Dengan begitu, Zoom berencana untuk merilis laporan transparansi dengan mengadakan webinar mingguan setiap Rabu di AS dalam 90 hari ke depan sejak .

“Saya berkomitmen untuk terbuka dan jujur dengan pengguna dalam proses memperkuat platform kami, kami juga akan memberikan langkah-langkah untuk penggunaan terbaik dan melindungi diri sendiri (pengguna) di paltform” pungkas Eric.

Team aplikasi zoom teleconference hari ini, Jumat (10 April 2020) telah merilis email kepada para penggunanya, dengan pesan sebagai berikut :

Dear Valued Customer,

AsEric sharedlast week, our commitment to strengthening and improving Zoom is our number one priority. We wanted to reach out with a quick overview of our latest release, and highlight the number ofnew enhancementscreated specifically for ensuring the security and privacy of our product. For more information on these changes, please reference ourRelease Notes.

Security Toolbar Icon for Hosts
The meeting host will now have aSecurity optionin their meeting controls, which exposes all of Zoom’s existing in-meeting security controls in one place. This includes locking the meeting, enabling Waiting Room, and more. Users can also now enable Waiting Room in a meeting, even if the feature was not turned on before the start of the meeting. For more information, please visit this recently publishedBlog.

Invite Button on Meeting Client Toolbar
The button to invite others to join your Zoom meeting is now available at the bottom of the Participants panel.

Meeting ID No Longer Displayed
The meeting ID will no longer be displayed in the title bar of the Zoom meeting window. The meeting ID can be found by clicking onParticipants, thenInviteor by clicking on the info icon at the top left of the client window.

Remove Attendee Attention Tracking Feature
Zoom has removed the attendee attention tracker feature as part of our commitment to the security and privacy of our customers. For more background on this change and how we are pivoting during these unprecedented times, please see a note from ourCEO, Eric S. Yuan.

Removal of the Facebook SDK in our iOS client
We have reconfigured the feature so that users will still be able to log in with Facebook via their browser.

File Transfers
The option to do third-party file transfers in Meeting and Chat was temporarily disabled. Local file transfer is available with our latest release. Third-party file transfers and clickable URLs in meeting chat will be added back in an upcoming release.

New Join Flow for the Web client
By default, users will now need to sign in to their Zoom account or create a Zoom account when joining a meeting or webinar with the Web client. This can be disabled by the Admin or the User from their settings page.

Join Before Host Emails Disabled
Notifications sent to the host via email when participants are waiting for the host to join the meeting have been disabled.

Setting to Allow Participants to Rename Themselves
Account admins and hosts can now disable the ability for participants to rename themselves in any meeting. This setting is available at the account, group, and user level in the Web portal.

Language for Directory and Company Directory
Domain contacts: The language in your Company directory and Directory has changed. ‘Directory’ is now referred to as ‘Contacts’, ‘My Groups’ has changed to ‘My Contacts’, and ‘Company Directory’ is now listed as ‘All Contacts’ in version 4.6.10.

Domain Contacts Visibility
For free Basic and single licensed Pro accounts with unmanaged domains, contacts in the same domain will no longer be visible. We’ve also removed the option to auto-populate your Contacts list with users from the same domain. If you would like to keep those contacts, you can add them as External Contacts.

Please be sure toupdateto our latest release to take advantage of these new features. We also highly encourage you toregister for our webinarto get an overview of this latest release, and subscribe to ourBlogfor more information and resources in the days to come.

Best,
Team Zoom

Kumaha, parantos difahami? hehe…

Terjemahan bebasnya kurang lebih begini:

Komitmen untuk memperkuat dan meningkatkan Zoom adalah prioritas nomor satu zoom dan mereka ingin memastikan keamanan dan privasi produknya sehingga melakukan perubahan-perubahan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang perubahan ini, silakan lihat Catatan Rilis zoom di Release Notes

Ikon Toolbar Keamanan untuk Host
Host-rapat (sebutan untuk pengelola/pengendali/tuan rumah ) rapat sekarang akan memiliki opsi Keamanan dalam kontrol rapat mereka, yang memperlihatkan semua kontrol keamanan rapat Zoom yang ada di satu tempat. Ini termasuk mengunci rapat, mengaktifkan Ruang Tunggu, dan banyak lagi. Pengguna sekarang juga dapat mengaktifkan Ruang Tunggu dalam rapat, bahkan jika fitur tidak diaktifkan sebelum dimulainya pertemuan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Blog yang baru diterbitkan ini. lihat di Blog

Tombol Undangan pada Rapat Bilah Alat Klien
Tombol untuk mengundang orang lain untuk bergabung dengan rapat Zoom Anda sekarang tersedia di bagian bawah panel Peserta.

ID Rapat Tidak Lagi Ditampilkan
ID rapat tidak akan lagi ditampilkan di bilah judul jendela rapat Zoom. ID rapat dapat ditemukan dengan mengklik Peserta, lalu Undang atau dengan mengklik ikon info di kiri atas jendela klien.

Hapus Fitur Pelacakan Perhatian Peserta
Zoom telah menghapus fitur pelacak perhatian peserta sebagai bagian dari komitmen zoom terhadap keamanan dan privasi pelanggan zoom.

Penghapusan SDK Facebook di klien iOS kami
Kami telah mengkonfigurasi ulang fitur tersebut sehingga pengguna masih dapat masuk dengan Facebook melalui browser mereka.

Transfer File
Opsi untuk melakukan transfer file pihak ketiga dalam Rapat dan Obrolan dinonaktifkan untuk sementara waktu. Transfer file lokal tersedia dengan rilis terbaru kami. Transfer file pihak ketiga dan URL yang dapat diklik dalam obrolan rapat akan ditambahkan kembali dalam rilis yang akan datang.

Pastikan untuk memperbarui ke rilis terbaru zoom untuk memanfaatkan fitur baru ini.

Zoom juga sangat menyarankan Anda untuk mendaftar ke webinar mereka untuk mendapatkan gambaran umum tentang rilis terbaru ini, dan berlangganan Blog mereka untuk informasi dan sumber daya lebih lanjut di masa mendatang.

Tah kitu cenah pamiarsa salaku palanggan Zum (Zoom),
Kang Eric salaku CEO Zoom ngabewarakeun yen anjeuna teh komitmen pisan pikeun nguatkeun sareng ningkatkeun Zoom. Eta teh mangrupikeun prioritas nomer hiji, saurna teh.

Pihak zoom ngapdet versinya, aya parobahan-parobahan, pikeun mastikeun kaamanan sareng privasi produkna.

Tong hilap cenah, punten pisan pastikeun kanggo ngapdet versi zoom ka anu panganyarna pikeun ngamangpaatkeun fitur-fitur anyar ieu.

Jadi, pihak Zoom telah melakukan perbaikan celah keamanan dengan melakukan pembaruan produk yakni ikon toolbar scurity baru untuk Host, ID meeting Tidak Lagi Ditampilkan.

Sebelumnya mengatakan bahwa mereka menyatakan tidak menjual data pengguna nya ke siapapun. Pernyataan ini diutarakan oleh Aparna Bawa selaku Chief Legal Officer Zoom, setelah mengubah kebijakan privasi dalam platformnya.

“Kami tidak menjual data pribadi Anda. Apakah Anda seorang bisnis atau sekolah atau pengguna individu, kami tidak menjual data Anda.” tegas Bawa, dalam situs resminya, Selasa (31/3).

Semoga para penggunanya makin tenang dan nyaman menggunakan apllikasi zoom teleconference ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *