Ucapan Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445H Tahun 2024

By | 11 April 2024

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Dari meja redaksi, untuk seluruh umat muslim perkenankan kami mengucapkan Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, lebaran tahun 2024.

Semoga kita dalam keadaan bersuka cita, meraih kegembiraan setelah berpuasa ramadhan menahan lapar dan dahaga serta hawa nafsu lainnya.

Seperti yang disabdakan Rasulullah SAW bahwa ada dua kegembiraan bagi orang yang beriman saat berpuasa yakni kegembiraan di saat berbuka puasa dan saat bertemu Tuhan-Nya kelak.

Alhamdulillah setelah berpuasa selama 29 hari (sebagian umat Islam melaksanakan puasa ramadhan selama 30 hari seperti muslim dari Muhammadiyah), umat Islam telah melaksanakan ibadah shaum melaksanakan kewajiban salah satu dari Rukun Islam (Syahadat, Shalat, Puasa Ramadhan, Zakat dan melaksanakan haji bagi yang mampu).

Rasanya baru kemarin ya kita mengucapkan Marhaban ya Ramadhan, kini ramadhan telah pergi dan kini memasuki tanggal 1 syawal 1445 H seperti yang telah diumumkan pemerintah lewat sidang isbat Kementrian Agama Republik Indonesia bahwa Hari Raya Idul Fitri 1445 H jatuh pada hari Rabu (10 April 2024).

Sedih dan Gembira di hari lebaran

Ada perasaan sedih dan gembira dalam hati kita. Sedihnya karena bulan yang penuh rahmat, bulan yang penuh limpahan pahala dan pengampunan telah pergi meninggalkan kita. Pahala yang dilipatgandakan di bulan Ramadhan, kini memasuki saat pahala tidak dilipatkan sebesar saat di bulan Ramadhan.

Sedangkan, gembiranya nya adalah bahwa sudah tiba saatnya kita bergembira merayakan kemenangan bahwa kita telah berusaha menahan hawa nafsu, menahan lapar dan dahaga, termasuk menahan mengucapkan kata-kata yang tidak pantas, tidak senonoh apalagi berbohong.

Dengan berpuasa di Bulan Ramadhan ini, kita turut merasakan kaum dhuafa, faqir, miskin yang sehari-hari mereka menjalani rasa lapar karena kekurangmampuan dari sisi ekonomi.

Sehingga ucapan selamat Idul Fitri yang kita ucapkan betul-betul dirasakana sebagai makna kemenangan mengalahkan hawa nafsu dan meraih jwa yang fitri.

Kita sudah berusaha memperoleh 5 sukses di Bulan Ramadhan yakni sukses puasanya, sukses shalat tarawihnya, sukses memperoleh Lailatul Qodar, Sukses Membaca Al Quran dan sukses Menunaikan zakat fitrah.

Semoga kualitas ibadah setelah melewati Bulan Ramadhan ini bisa lebih baik daripada tahun sebelumnya. Semoga Alloh SWT menjadikan kita menjadi orang yang lebih bertaqwa kepada-Nya.

Juga semoga amalan ibadah yang kita lakukan selama bulan ramadhan seperti banyak berdzikir, memperbanyak shalat sunnah, dan shodaqoh akan membekas dan menjadi amalan andalan yang dijakdikan kebiasaan sehari-hari.

Selanjutnya kita berdoa dan memohon kepada Alloh SWT, semoga dipertemukan lagi pada ramadhan tahun depan dengan kualitas ibadah yang makin baik..

Sunnah yang diucapkan Rasulullah SAW setelah melaksanakan shalat iedul fitri

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Kalimat thoyyibah apakah yang diucapkan Rasulullah SAW dan para shahabat saat berlebaran setelah pelaksanaan shalat ied?

Ternyata Rasulullah dan para shahabat tidak saling mengucapkan ucapan selamat Hari Raya idul fitri, minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir bathin, namun saling mendoakan agar Alloh SWT menerima amalan ibadah yang dilakukan, yakni kalimat taqabbalallaahu minna waminka (diucapkan kepada laki-laki), taqabbalallaahu minnawaminki (diucapkan kepada perempuani), taqabbalallaahu minnawaminkum (diucapkan kepada orang banyak) yang artinya semoga Alloh SWT menerima ibadah anda.

Penutup, terimalah ucapan selamat hari raya idul fitri dari kami, “Taqobbalallaahu minna Waminkum”, semoga Alloh SWT menerima amal ibadah kita. Mohon maaf bila ada hal yang kurang berkenan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *