Tips Menangkal Hoax di Grup Whatsapp

By | 17 September 2018

Melimpahya informasi yang kita dapatkan dari media online mengharuskan kita membekali diri dengan kemampuan membedakan berita benar ataukah kabar bohong alias hoax.

Berikut ini 9 tips memberantas hoax dari WhatsApp, dilansir dari The Indian Express (10/07/2018).

1. Cek-Ricek Siapa Penulisnya
Periksa kembali fakta ketika Anda tidak yakin siapa yang menulis pesan asli.

2. Tanya Dulu ke Diri Sendiri Sebelum Kembali Membagikan
Jika Anda membaca sesuatu yang membuat Anda marah atau takut, pertanyakan apakah itu dibagikan untuk membuat Anda merasa seperti itu. Dan jika jawabannya ya, pikirkan dua kali sebelum membagikannya lagi.

3. Mencari Isi Pesan yang Terlihat Berbeda
Banyak pesan berisi hoax atau berita palsu memiliki kesalahan ejaan. Cari tanda-tanda ini sehingga Anda dapat memeriksa apakah informasinya akurat.

4. Periksa Foto dalam Pesan dengan Hati-hati
Memang lebih mudah memercayai foto dan video, tapi ini dapat diedit terlebih dulu untuk menyesatkan Anda. Terkadang foto itu nyata, tapi cerita yang menyertainya bisa saja tidak. Jadi, carilah di internet untuk melihat dari mana foto itu berasal.

5. Periksa Tautan
Mungkin terlihat seperti tautan ke situs web terkenal, tetapi jika ada kesalahan ejaan atau karakter yang tidak biasa, itu bisa jadi pertanda ada yang salah.

6. Gunakan Sumber Lain
Lihatlah situs web atau aplikasi berita lain untuk melihat apakah suatu berita juga dilaporkan di tempat lain. Ketika sebuah cerita dilaporkan di banyak tempat, kemungkinan bahwa cerita itu benar lebih besar.

7. Bijaklah tentang Apa yang Anda Bagikan
Jika Anda tidak yakin dengan sumber atau khawatir bahwa informasinya mungkin tidak benar, pikirkan dua kali sebelum berbagi.

8. Anda dapat Mengontrol Apa yang Anda Lihat
Di WhatsApp, Anda dapat memblokir nomor apapun atau meninggalkan grup manapun yang Anda inginkan. Gunakan fitur ini untuk tetap mengontrol pengalaman penggunaan WhatsApp Anda.

9. Berita Hoax Sering Menjadi Viral
Jangan terlalu mementingkan berapa kali pesan Anda terima. Hanya karena pesan dibagikan berkali-kali, tidak membuatnya benar.

Sumber: www.piah.com/ini-tips-tips-menangkal-hoax-di-grup-whatsapp/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *