Apa Isi di dalam Black Box dan Kenapa Warnanya Oranye?

By | 1 November 2018

Kita sering mendengar atau membaca berita tentang pencarian sebuah black box pesawat terbang dalam sebuah kecelakaan pesawat terbang. Sebenarnya apa sih isi di dalam sebuah black box, dan mengapa pula warnanya oranye bukan hitam?

black box
Apa isi sebuah black box? foto: youtu.be/pYBlDwIUp9M
Sebuah pesawat terbang, wajib memiliki sebuah alat yang dinamakan black box atau kotak hitam. Black box merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk merekam setiap komunikasi percakapan antara pilot dengan petugas Air Traffic Control (ATC) di bandara.
black box
black box ( foto: youtu.be/pYBlDwIUp9M)
Tak hanya itu, black box juga berfungsi mereka setiap pembicaraan, suara didalam ruangan kokpit. Kemudian juga berfungsi merekam data penerbangan.
black box
Meski diberi nama kotak hitam, namun warna dari kotak itu sendiri tidaklah berwarna hitam. Black box pada umumnya berwarna oranye, hal ini bertujuan agar kotak hitam tersebut mudah ditemukan jika terjadi kecelakaan pesawat.
black box
Pada umumnya, black box juga tahan banting, tahan api hingga suhu 1.000 derajat celcius selama 30 menit, dan kedap air hingga kedalaman 6.000 meter. Jika mengalami kecelakaan kotak hitam tersebut akan mengeluarkan sinyal atau bunyi ‘ping’ untuk memberitahukan lokasinya.

Apa saja isi di dalam black box tersebut, sebuah channel di media sosial youtube membuat sebuah video tentang hal tersebut. Tonton videonya dibawah ini ( link: youtu.be/pYBlDwIUp9M ) :

Sumber : piah.com, youtube.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *