Hati-hati Iklan Popup Berpotensi Dideteksi Google sebagai Sneaky Mobile Redirects

Apa yang dimaksud Pengalihan Seluler Tersembunyi (Sneaky mobile redirects)?

Pernahkah Anda mendapat surat pemberitahuan dari Google Search Console Team seperti di bawah ini?

Sneaky mobile redirects detected on http://www.situsanda.com/
To: Webmaster of http://www.situsanda.com/,

Google has detected sneaky redirects for mobile users on your site. This means that mobile users visiting your site are redirected to another page or are shown different content than your desktop users. This creates an unexpected experience for Google Search users and violates our Webmaster Guidelines. Therefore Google has prevented the offending pages from showing in search results. This manual spam action has been applied to situsanda.com/. To reinstate these pages in search results, remove the spam and file a reconsideration request. After we determine that you have complied with our guidelines, we will remove this manual action.

Bila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, sebagai berikut :

Pengalihan seluler tersembunyi terdeteksi di http://www.situsanda.com/

Kepada: Webmaster http://www.situsanda.com/,

Google telah mendeteksi pengalihan tersembunyi untuk pengguna seluler di situs Anda. Ini berarti pengguna seluler yang mengunjungi situs Anda dialihkan ke laman lain atau mendapat tampilan konten yang berbeda dengan pengguna desktop. Hal ini menyebabkan pengalaman yang tidak terduga untuk pengguna Google Penelusuran dan melanggar Pedoman Webmaster kami. Karenanya, Google telah mencegah laman yang melanggar agar tidak muncul di hasil penelusuran. Tindakan spam manual ini telah diterapkan ke situsanda.com/ . Untuk mengembalikan laman ini di hasil penelusuran, hapus spam dan ajukan permintaan pertimbangan ulang. Setelah memutuskan bahwa Anda mematuhi pedoman kami, kami akan menghapus tindakan manual ini.

Keren ya dapat surat dari google? hehe….

Ini sich, bukan keren bro…tapi bahaya!

Ya kalau hanya pemberitahuan biasa tanpa efek apapun sih tidak masalah, namun ternyata pageviews (tayangan) blog kita anjlok, jatuh tajam tanpa kunjungan pengunjung blog, sepi kayak kuburan (NB: kuburan saja sekarang sudah rame malah dipakai pacaran segala, kalau blog sepi begini seperti apa ya?)

Apa efeknya?

Bila tidak segera diperbaiki, maka kunjungan ke blog kita di blok oleh google dari penelusuran google dan bisa-bisa blog kita di deindex oleh google dan lenyap di telan mbak maya (baca: dunia maya). Apalagi bila blog kita di monetise dengan iklan, jangan harap ada klik ke iklan anda.

Penurunan tajam pageviews bila dideteksi oleh google ada pengalihan tersembunyi (sneaky redirect)

Gambar di atas adalah contoh blog yang kena deteksi oleh mesin perayap google sebagai sneaky redirect seperti surat di atas.

Pageviews blog di atas sebenarnya sudah mengalami penurunan setelah dipasang beberapa iklan untuk memonetise blog (menghasilkan uang dari blog). Namun karena over optimasi sehingga pageviews turun dari yang semula 1000-2000 pageviews perhari, turun menjadi 500-1000 pageviews perhari.

Optimasi Iklan Berlebihan Tidaklah baik.

Memang penulis sedang bereksperimen dengan berbagai iklan yang dipasang di blog baik iklan PPC (Pays per Click/ dibayar perklik iklan), PPM (Pay per million/ dibayar perseribu tayang), maupun iklan jenis Popunder (iklan PopUp yang langsung muncul bahkan redirect ke situs lain sesuai link yang dipasang oleh pemasang iklan), namun kami tidak meyangka resikonya kena cekal google…hehehe…

Baca juga artikel berikut:

Cara menghasilkan Uang dari Blog

Pengalihan ke laman lain ini khususnya bila pengunjung membuka blog kita dengan menggunakan perangkat selular dimana pengunjung blog yang membuka blog kita dari seluler bisa mendapat tampilan konten yang berbeda dengan pengguna desktop.

Jujur, iklan popup yang dipasang penulis di blog tersebut, memang penghasil uang tercepat dibandingkan iklan PPC dan PPM yang dipasang. Itupun sebenarnya sudah dipilihkan iklan popup yang hanya muncul sekali pada saat masuk blog dengan harapan tidak terlalu mengganggu pengunjung blog karena hanya cukup menutup iklan yang muncul cukup satu kali bila tidak berkenan.

Namun efeknya dahsyat ya, mesin perayap google mendeteksinya sebagai sneaky redirect dan blog tersebut kena hukuman diberi tindakan manual spam dan baru dihilangkan bila kita sudah memperbaiki hal yang menyebabkan pengalihan ke laman lain tersebut.

Cara Mengatasi / Memperbaiki Pengalihan seluler tersembunyi (Sneaky mobile redirects)

Nah, seperti dijelaskan dalam surat tim google di atas, ” Untuk mengembalikan laman ini di hasil penelusuran, hapus spam dan ajukan permintaan pertimbangan ulang (reconsideration request). Setelah memutuskan bahwa Anda mematuhi pedoman kami, kami akan menghapus tindakan manual ini”.

Berarti kita harus melakukan perbaikan pada bog kita yakni mencari script iklan popup yang menyebabkan pengalihan tersembunyi, menghapusnya, kemudian melakukan permintaan pertimbangan ulang (reconsideration request) ke pihak google, caranya masuk ke webmaster blog kita ( https://www.google.com/webmasters/tools/)

Lihat di bagian pesan masuk (message) dan klik reconsideration request, lihat gambar di bawah :

Klik kotak merah dengan tulisan “REQUEST A REVIEW” (lihat gambar di bawah)

Setelah klik “request a review (pertimbangan ulang)” dan kemudian mengisi “langkah perbaikan yang telah dilakukan” kita akan mendapat pemberitahuan sebagai berikut :

Dan, kita pun akan mendapat email sebagai berikut :

Reconsideration Request http://www.situsanda.com/

To: Webmaster of http://www.situsanda.com/,

Google has received a request to reconsider http://www.situsanda.com/ for compliance with the Google Webmaster Guidelines. It can take several weeks for your site to be reviewed. After Google reviews your site, you will receive a message indicating the outcome of your reconsideration request.

For reference, here is a copy of the reconsideration request that was submitted for your site:

We have removed the script pop-up ads that may be detected as sneaky redirect to mobile users on our site

Bila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut :

Permintaan Pertimbangan Ulang untuk http://www.situsanda.com/

Kepada: Webmaster http://www.situsanda.com/,

Google telah menerima permintaan untuk mempertimbangkan ulang https://www.bandungtimur.net/ guna mematuhi Pedoman Webmaster Google. Mungkin perlu waktu beberapa minggu hingga situs Anda ditinjau. Setelah Google meninjau situs, Anda akan menerima pesan yang menunjukkan hasil permintaan pertimbangan ulang Anda.

Sebagai referensi, berikut salinan permintaan pertimbangan ulang yang dikirimkan untuk situs Anda:

We have removed the script pop-up ads that may be detected as sneaky redirect to mobile users on our site

Bila permintaan pertimbangan ulang kita disetujui maka kita akan mendapat surat cinta dari google memberitahukan kabar baik telah diterima nya pertimbangan ulang kita.

Search Console

Permintaan pertimbangan ulang disetujui untuk http://www.situsanda.com/

Yth: Webmaster http://www.situsanda.com/,

Kabar baik! Permintaan pertimbangan ulang Anda telah disetujui dan Google telah menghapus tindakan manual apa pun pada situs Anda. Perlu diketahui bahwa penghapusan tindakan manual tidak menjamin bahwa peringkat situs Anda akan meningkat.

Alhamdulillah dalam hitungan hari, pengajuan peninjauan ulang “reconsideration request” yang saya ajukan tanggal 6 Agustus 2016 sudah direspon dan di setujui (approved) team google tanggal 9 Agustus 2016, dan pageviews blog juga sudah merayap nanjak kembali sejak di setujui yakni pada hari ke 3 pageviews blog sudah naik kembali dan menuju normal.

Bila kita lihat di google analytic seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini :

Setelah itu, kita jangan hanya berpuas diri sampai di situ, kita juga perlu mengirim ulang alamat blog kita ke pihak google dengan masuk ke webmaster tool dan lakukan pengiriman ulang alamat blog kita ke google (fetch as google) dan melakukan ping blog kita.

Ping blog kita misal di googleping.com dan http://blogsearch.google.co.id/ping

Itulah pengalaman pribadi penulis bagaimana cara mengatasi/ memperbaiki blog yang terdeteksi oleh google sebagai blog yang melakukan pengalihan seluler tersembunyi (sneaky mobile redirect).

Selanjutnya, terus tingkatkan dan tambah juga artikel blog kita. In syaa Allah pageviews blog kita akan kembali pulih dan terus meningkat, dan tentunya in syaa Allah jumlah klik iklan di blog kita kembali normal dan meningkat.

Biasakan selalu submit url artikel blog (alamat artikel blog) kita setiap selesai membuat artikel baru supaya cepat terindex baik oleh mesin pencari google dan bing, yakni di https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url dan di http://www.bing.com/toolbox/urlsubmitted

https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url

http://www.bing.com/toolbox/urlsubmitted

Bila blog anda kena cekal google search console team, tidak usah berkecil hati apalagi putus asa…

Segera lakukan perbaikan dan lakukan permintaan peninjauan ulang. Selain menghapus script penyebab sneaky redirets, terkadang kita perlu ganti template blog kita.

Tidak usah hawatir pageviews akan turun bila ganti template blog, terbukti template pengganti blog ini, malah pageviews lebih meningkat daripada template sebelumnya, yang penting cari tahu dulu template yang akan kita pakai, lakukan trial and error, sampai dapet template yang cocok dan mantaps.

Blog ini pun beberapa kali dapet pemberitahuan sneaky mobile redirects, setelah dilakukan perbaikan sana-sini bahkan ganti template, alhamdulillah masih eksis hingga kini.

Semoga bermanfaat.

7 thoughts on “Hati-hati Iklan Popup Berpotensi Dideteksi Google sebagai Sneaky Mobile Redirects

  1. berapa lama bisa pulih tuh gan? blog ane kena nih. trus Reconsideration Request satu aja atau dua duanya gan? soalnya saya daftarin url blog di webmaster nya satu pake "www" yang satu gak pake. trims

    1. Kalau blog saya sih alhamdulillah hari ke 4 sudah pulih kembali. Saya ajukan reconsideration request tanggal 6 Agustus 2016 dan di approve tanggal 9 Agustus 2016. Pageviews blog juga sudah nanjak kembali sejak di approve team google.

      Yang diajukan cukup satu saja (kebetulan blog saya yang pakai www, jadi kalau di ketik tanpa www pun akan masuk ke alamat dengan www), coba perhatikan saja alamat mana yang kena cekal google di webmaster dan yang dikirim via email apakah yang pakai www atau tanpa www.

      Salam

    1. kalau blog saya, kebetulan masang beberapa iklan popunder sekaligus…namanya juga eksperimen 😀

      Saat itu pasang iklan popcash dan popunder punya bidvertiser….tapi mungkin ini hanya kasus blog ini lho ya, lagi kurang beruntung ke detect google saja kali,karena nyatanya blog orang lain aman-aman saja tuh pasang iklan popunder tsb…malah saya pernah pasang iklan adnow pun kena cekal google juga padahal blog puya orang lain aman-aman saja tuh…jadi bisa dikatakan kasuistis saja, kasusnya tidak selalu sama antar satu blog dengan blog lain, saya masang iklan-iklan popunder tsb di blog lain aman-aman saja…atau mungkin juga karena blog ini berplatform blogspot (dalemannya blogspot punya om google), sedangkan blog lain yg berplatform wordpress berbayar aman2 saja…

    1. Btw apa sudah dapet surat balasan dari Google Search Console Team bahwa surat cinta nya sudah mereka terima dan blog nya akan diperiksa apa sudah mematuhi kebijakan google ?

      Kalau belum dapet balasan pada pengajuan pertama tsb, coba kirim ulang permintaan peninjauan ulangnya (dari webmaster ya).

      Oh ya, jangan lupa saat mengajukan surat cinta untuk banding ulang, semua script yang dicurigai hingga kena cekal google, dihapus ya…

      Memang terkadang saat blog kita ditinjau ulang, suka agak lama bisa seminggu lebih, bersabar saja….sambil terus bikin artikel dan memperbaiki tampilan blog dll…adakalanya kita perlu ganti template…

      Kalau mau kirim ulang, ganti alasan pengajuannya, misalnya sebelumnya dengan pertimbangan sudah menghapus script yang diduga menjadi penyebab sneaky redirect, kita bisa mengajukan banding ulang dengan alasan sudah ganti template, dsb.

      Tidak perlu kecil hati…blog ini beberapa keli kena cekal dan alhamdulillah bisa eksis lagi…terkadang jawaban agak lama, yaa ditunggu saja sambil perbaikan sana-sini.

      Good Luck!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *