Blogging Sambil Menghasilkan Uang, Bisa Kok!, Mau?

By | 28 April 2016
menghasilkan uang

Kita bisa menghasilkan uang dari internet dari aktifitas ngeblog lho! istilahnya me-monetize blog. Di dalam artikel ini anda akan diperkenalkan cara hasilkan uang dari aktifitas ngeblog. Tulisan ini bukan sekedar tulisan asal tulis, namun berdasar pengalaman penulis sendiri. Penasaran? Yuk lanjutkan baca…

Apakah anda seorang blogger? blogger diartikan sebagai orang yang mempunyai blog atau membuat konten dalam sebuah blog. Sementara aktivitas ngeblog disebut blogging.

Ada berbagai alasan seseorang melakukan kegiatan ngeblog (membuat blog, mengisi blog dengan artikel, mempercantik blog, mengoptimasi blog, dll), beberapa diantaranya:

1. Ngeblog untuk menyalurkan ide, hobby dan bakat terpendam

2. Ngeblog untuk curhat/ mencurahkan isi hati (semacam diary online)

3. Ngeblog untuk bisnis (memperkenalkan dan promosi produk/ jasa)

4. Ngeblog untuk berbagi info (info kesehatan, info pendidikan, info seputar rumah tangga, info seputar bayi, dsb)

5. dan lain sebagainya

Sebenarnya apapun alasan kita ngeblog di atas, kita bisa menghasilkan uang dari internet dari aktifitas ngeblog lho ! Mungkin diantara pembaca ada yang masih bingung maksudnya bagaimana? Bagaimana caranya menghasilkan uang dari aktifitas ngeblog?

Ya, dari aktifitas ngeblog kita bisa dapat uang ! uang halal, bukan dengan cara mencuri, bukan dengan cara menipu, bukan dengan cara merugikan orang lain.

Banyak lho yang fokus hasilkan uang dari aktifitas ngeblog mereka. Dan, sumber penghasilan mereka betul-betul dari hasil ngeblog saja.

Caranya?

blogging, monetize blog

cara menghasilkan uang dari aktifitas ngeblog

Nah, bagaimana caranya? Sebenarnya, ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari aktivitas berinternet ria, diantaranya:

1. Memasarkan Produk Sendiri

Jika Anda memiliki produk yang bisa dijual baik dalam bentuk fisik (misal: makanan, minuman, elektronik, perlengkapan rumah tangga, buku, dll) maupun produk non fisik dalam bentuk e-book (buku digital dalam bentuk file yang bisa diunduh/download), maka Anda dapat mempromosikan produk dan jasa tersebut melalui media blog.

Dengan media blog kita bisa perkenalkan produk kita, apa manfaatnya, berapa harganya, bagaimana cara menggunakannya, dll.

Contoh produk fisik : misal kita menjual produk baja, kita bisa buat blog seperti ini: www.steelindopersada.com

contoh lagi ada yang menjual cymbal dengan blog gratisan saja dan terbukti earning / menghasilkan uang dari penjualan produk cymbals, anda bisa mengunjungi nebulae cymbals

Produk non fisik, misal anda punya keahlian cara membuat kue, jasa membuat desain / pembuatan blog/website, jasa penterjemah, jasa pembuatan loga, jasa pengetikan thesis, skripsi atau disertasi, jasa SEO (search Engine Optimization). Kita bisa membikin e-book nya dan kita pasarkan baik di blog sendiri, di media sosial (facebook, twitter, pinterest, instagram, dll)

2. Sebagai Affiliater, Memasarkan Produk Orang Lain (afiliasi)

Tak perlu khawatir bila kita tidak memiliki produk sendiri, kita bisa menjualkan produk milik orang lain (baik berupa produk fisik maupun non fisik (ebook) yakni kita turut memasarkan produk tersebut menjadi afiliater pemilik produk dan nanti kita dapat komisi bila terjadi closing transaksi penjualan.

Bahkan ada yang disebut sistem dropship dimana produk yang dipesan pembeli langsung dikirim dari yang punya barang dan kita tinggal menerima komisinya saja. Enak khan, tidak perlu repot packing dan mengirim barang, kita hanya bertugas mempromosikan barang/jasa orang lain, dan yang mengurus pengiriman dsb adalah yang punya barang/jasa.

Contoh memasarkan produk orang lain misalnya kita memasarkan ebook : Solusi Penyakit Peredaran Darah , e-book Program Hamil – Panduan Cerdas Cara Cepat Hamil, dll.

Baca juga :
Cara Menghasilkan Uang dari Internet dengan Bisnis Afiliasi Gratis

3. Menyediakan ruang (space) iklan di blog kita

Ini biasanya bila blog kita ramai pengunjung sehingga ada pemasang iklan yang tertarik memasang iklannya di blog kita.

Bila ada pemasang iklan yang tertarik memasang iklan di blog pribadi kita, kita bisa memberikan tarif atas pemasangan iklan tersebut. Syaratnya tentu saja blog kita harus ramai pengunjung dan dianggap prospektif bagi pemasang iklan yang isi blog nya sesuai dengan materi iklannya.

Iklan tidak hanya dapat dipasang di sidebar saja, namun juga dapat dipasang di bagian artikel/postingan, baik di atas judul postingan, di bawah judul postingan, di bawah postingan, di bagian header blog, dan di bagian footer blog.

Blog yang bisa dipasangi iklan selain di blog pribadi yang disebutkan di atas, space iklan bisa dipasang juga di blog khusus iklan seperti ini : http://www.pasangiklangratisonline.com, blog tersebut memang blog yang khusus untuk para pemasang iklan baik iklan gratis maupun yang berbayar (premium).

Baca Juga :
Cara Memasang Iklan

Mengapa orang memasang iklan di blog orang lain?

Tentu saja alasan utamanya adalah memperkenalkan produknya seluas mungkin agar dikenal khalayak serta alasan yang tidak kalah penting yakni untuk mendatangkan trafik pengunjung dan backlink yang mengarah ke blog nya.

Backink adalah link yang mengarah ke blog nya, makin banyak link yang mengarah ke blog nya maka posisi blog nya semakin mengakar kuat dan makin baik posisi SERP. nya (SERP:Search Engine Result Page) yakni halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari (khususnya mesin pencari google).

Makin baik posisi SERP nya maka blognya makin baik peringkatnya di kata kunci mesin pencari (berada di halaman 1-3) mesin pencari.

Misal ada yang mencari produk “coklat” memakai mesin pencari google.com atau google.co.id, kemudian blog kita ada dihalaman terdepan mesin pencari tersebut, maka biasanya blognya selalu ramai dan ini potensi produknya laku keras dibeli orang.

Nah, selain kualitas artikel, trafik dan backlink cukup menentukan posisi SERP ini. Oleh karena itu para pemasang iklan, akan mencari blog yang ramai pengunjung dan rela merogoh koceknya untuk beriklan di blog kita.

Mereka juga akan mencari para penyedia jasa iklan yang memikili publisher (penerbit) yang ramai pengunjung. Publisher adalah orang-orang yang memiliki blog dan bekerjasama dengan pihak penyedia jasa iklan untuk turut memasarkan iklan para pemasang iklan.

Contoh Penyedia jasa Iklan Lokal misalnya: kliksaya.com

Berikut ini penjelasan situs iklan lokal kliksaya.com

dapatkan uang dari internet

SELAMAT DATANG DI SITUS KLIKSAYA.COM

KlikSaya.Com adalah pasar periklanan online Indonesia. Dengan mempergunakan jasa kami, Anda dapat memasang iklan Anda ke berbagai situs terkemuka, dengan biaya yang terjangkau, serta fitur dan laporan iklan yang lengkap dan transparan.

Sistem biaya pemasangan iklan yang kami gunakan adalah Pay-Per-Click (PPC) atau Bayar per Klik. Mengapa PPC? Karena sistem ini adalah yang paling fair baik bagi pemasang iklan maupun penerbit iklan.

Sistem ini fair karena pemasang iklan hanya membayarkan penerbit sesuai dengan kinerja dari situs penerbit.

Bila penerbit bisa menghasilkan banyak pengunjung dan berkualitas bagus, maka komisi untuk penerbit otomatis akan menjadi lebih besar.

Sebaliknya bila situs penerbit kebetulan sedang sepi seperti di hari libur atau sedang terkena gangguan teknis/down, maka biaya yang perlu dibayar oleh pemasang iklan menjadi lebih kecil.

Tentunya kami juga memperhatikan biaya periklanan yang telah diinvestasikan oleh pemasang iklan pada situs kami. Kami juga tidak tidak ingin dana periklanan habis tanpa memberikan hasil yang setimpal kepada pemasang iklan.

Oleh karena itu dalam sistem kami telah ditambahkan sistem anti-fraud click, yaitu sistem yang dapat mencegah agar penerbit iklan tidak melakukan kecurangan klik terhadap iklan hanya untuk semata-mata meningkatkan keuntungan pribadi.

Salah satu perlindungan yang kami berikan kepada pemasang iklan adalah sistem unik klik. Pemasang iklan hanya dikenakan biaya untuk klik yang berasal dari IP unik. Bila IP yang sama melakukan klik ulang pada iklan yang sama, maka klik yang berulang ini tidak dikenakan biaya.

Dengan adanya sistem ini, maka dana periklanan pemasang iklan akan terlindungi dari pengunjung yang mengklik secara berulang-ulang.

Jangan ragu lagi, segera Daftarkan situs Anda sekarang juga! Dan dapatkan manfaat dari jaringan kami untuk meningkatkan penjualan situs Anda.

Di atas adalah penjelasan salah satu penyedia jasa iklan yang mempertemukan antara pemasang iklan, publisher (penerbit iklan yang bekerjasama dengan penyedia jasa iklan yang menyediakan blognya untuk dipasangi iklan dari pemasang iklan) serta mempertemukan dengan pembeli/pemakai iklan.

Apa keuntungan Penyedia jasa iklan di atas?

Mereka mendapat bayaran dari para pemasang iklan yang mempercayakan iklannya dipasang di penyedia jasa iklan tersebut.

Apa keuntungan publisher/ penerbit iklan ?

Ia akan mendapatkan komisi setiap iklan yang dipasang di blognya ada pengunjung yang mengklik nya (dibayar perklik/ Pay per click – PPC).

Darimana pihak kliksaya.com membayar publisher/penerbit? ya dari uang pemasang iklan yang sebagian diberikan kepada publisher.

Apa keuntungan bagi pemasang iklan? iklannya makin rame, makin dikenal, dan mendapatkan trafik pengunjung ke blognya sehingga kemungkinan terjualnya produk mereka semakin besar.

Pihak kliksaya.com sebagai penyedia jasa iklan memang mempersyaratkan blog yang bisa bekerjasama memasang iklan para pemasang iklannya adalah blog yang sudah pageviews nya 10.000/ bulan. Jadi pemasang iklan juga akan merasa yakin produknya laku terjual sehingga tidak merasa rugi mengeluarkan biaya iklan karena iklannya cukup efektif dan dipasang di blog yang rame pengunjung.

Berikut screenshot contoh laporan klik harian sebagai pendapatan dari kliksaya.com :

Dari screenshot di atas pada tanggal 18 Agustus 2015 saya mendapat klik dari pengunjung (mengklik iklan yang dipasang di salah satu blog kami, sebanyak 5 klik dengan total pendapatan Rp 1.950,- , lumayan khan? katakanlah rata-rata 2000 rupiah maka sebulan dapat 60.000 rupiah.

Itu dari satu blog. Kalau kita punya 10 blog dengan penghasilan rata-rata 2000 rupiah, sebulan bisa dapet rata-rata 600 ribu. Cukup untuk membiayai biaya ngeblog dan buat beli cemilan/ kopi sambil ngeblog. Itu penghasilan dari kegiatan ngeblog sambilan, apalagi kalau anda menjadi full timer ngeblog. Bisa Anda bayangkan sendiri? hehe..

Belum lagi dari penghasilan lain, misal dari komisi menjualkan produk (produk fisik/non fisik) milik orang lain. Maka tak heran kegiatan ngeblog bisa menjadi mata pencaharian.

Kembali ke topik menjadi publisher/penerbit kliksaya.com. Bila blog kita tidak memperkenankan penayangan iklan dewasa, iklan Konten iklan bisa kita setting blokir konten dewasa.

Contoh Bukti Pembayaran

Kita harus hati-hati iklan PPC (Pay per click) seperti di atas banyak yang merupakan scam (penipuan) dan mereka tidak membayar para publishernya. Saya berani menampilkan penjelasan dan gambar di atas karena sudah mengetahui dan mengalami bahwa iklan PPC di atas bukanlah merupakan scam/penipuan dan terbukti membayar publishernya.

NB: Walau saat ini KLIKSAYA.COM tidak diketahui rimbanya, lenyap bagai ditelan mbak maya (baca:dunia maya), namun sudah banyak yang sudah earning / menghasilkan uang dari program PPC ini.

Program PPC sejenis, anda bisa mengikuti program Adsensecamp.com.

Adsense Indonesia

AdsenseCamp merupakan website yang memberikan kesempatan bagi Anda untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan menyediakan ruang pada website Anda sebagai tempat pemasangan iklan bagi advertiser. AdsenseCamp juga memberikan kesempatan kepada para Advertiser yang berkeinginan mempromosikan iklannya yang bakal disebarkan kepada web owners yang telah terdaftar di AdsenseCamp.

Pada saat ini, member adsensecamp.com sudah mencapai 187168 member.

Si Tukang Tidur Main Adsense, google AdsenseContoh PPC di atas adalah PPC lokal, bila anda ingin mendapatkan penghasilan lebih besar, kita bisa mempelajari google adsense, afiliater amazon, clickbank.com.

Sebenarnya masih banyak cara menghasilkan uang dari internet dari kegiatan ngeblog / blogging, misalnya anda seorang pehobi fotography, maka foto-foto anda bisa diupload di website-website yang menerima foto-foto kita dengan syarat resolusi tertentu, maka setiap ada yang mengunduh men-download foto anda di website tersebut maka anda akan memperoleh uang.

Kita juga bisa mendapatkan uang dari menulis artikel tentang bisnis/ website perusahaan orang lain untuk kita ulas di blog kita, kegiatan ini biasanya disebut dengan Paid for Review.

Kita juga bisa sengaja membuat blog, mengoptimalisasikannya, kemudian menjual blog tersebut dan kita akan mendapatkan uang dari penjualan blog tersebut.

Selamat Ngeblog sambil menghasilkan uang baik dalam bentuk rupiah maupun dalam bentuk dollar. Yuk, kita manfaatkan kegiatan blogging kita untuk dapatkan uang, memanfaatkan internet untuk menambah penghasilan bahkan banyak para blogger yang menjadikan aktifitas ngeblog nya di internet sebagai penghasilan utama.

Jangan hanya menggunakan internet untuk update status galau, pamer kekayaan, dll. Media sosial pun bisa digunakan misal media sosial facebook, kita bisa menggunakannya sebagai media promosi dan kita mengenalnya dengan teknik facebook marketing.

Salam blogging. Ayo praktekkan cara menghasilkan uang dari aktifitas ngeblog anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *