Doa Anak untuk Kedua Orang Tua dan Dirinya Sendiri

By | Juli 19, 2015

Salah satu ciri anak shalih/shalihah adalah senantiasa mendoakan kepada kedua orang tuanya. 

Disabdakan oleh Rasulullah SAW bahwa ketika seseorang meninggal, maka semua amalannya akan terputus, buku catatan amal ditutup (tidak ada kiriman/ aliran pahala lagi), kecuali tiga hal (masih berlanjut dikirimi pahala walaupun ia sudah meninggal), berdasarkan sabda Rasulullah SAW sebagai berikut :

 حَدَّثَنَا الرَّبِيعُ بْنُ سُلَيْمَانَ الْمُؤَذِّنُ، حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ يَعْنِي ابْنَ بِلَالٍ، عَنِ الْعَلاَءِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، أُرَاهُ عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةِ أَشْيَاءَ:
” مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ 
__________
[حكم الألباني] : صحيح

Artinya: … dari Abi Hurairah, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Ketika manusia mati maka putuslah darinya amalannya, kecuali tiga perkara, yakni : shodaqoh jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak sholih yang mendoakan kepadanya”. [Hadist Sunan Abi dawud No. 2880 Kitabul Washoya].

 
 

Doa anak shalih (doa pengampunan/memintakan ampun kepada Allah SWT untuk orang tuanya) akan terus terkirim kepada orang tuanya, hingga dalam hadis lain diterangkan, orangtua akan terkaget-kaget ia telah mengerjakan amalan apakah gerangan yang menjadikannya mendapat derajat surga yang demikian tinggi.

Allah SWT menjawab: “sebab permohonan ampun anakmu untukmu !”.

Betapa berbahagianya kedua orang tua yang anaknya senantiasa mendoakannya.

Anda masih punya orang tua?

Yuk doakan orang tua kita !  

DOA ANAK UNTUK KEDUA ORANG TUA

 1. Ya Alloh semoga engkau tetapkan kedua orangtua saya dalam keimanan/ hidayah sampai akhir hayatnya.

2. Ya Alloh semoga engkau terima semua amal baik kedua orang tua saya.

3. Ya Alloh semoga engkau ampuni semua dosa – dosa dan kesalahan kedua orang tua saya.

4. Ya Alloh semoga engkau memberi kedua orang tua saya: kesehatan, kewarasan, kekuatan, umur panjang barokah, dan rizki yang halal lancar dan barokah.

5. Ya Alloh semoga engkau memberi kedua orang tua saya, sewaktu-waktu Engkau panggil, dalam keadaan husnul khotimah, Engkau masukkan ke dalam surga selamat dari neraka.

6. Robbigfirlii, waliwaalidayya, warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo.

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

7. Robbanaghfirlii, waliwaalidayya, walilmu’miniina yauma yaquumul hisaab.

ربَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ    . سورة إبراهيم( 41)
Ya Allah ampunilah saya dan kedua orang tua saya, dan ampunilah orang-orang iman pada harinya hisaban (hari qiamat).
 

DOA ANAK UNTUK DIRINYA SENDIRI

1. Ya Alloh jadikanlah kami, menjadi anak-anak yang sholih dan sholihah, yang ahli ibadah, ahli perjuangan dan ber-akhlaqul karimah.

2. Ya Alloh jauhkanlah kami, dari perbuatan-perbuatan dosa, perbuatan-perbuatan maksiat, perbuatan-perbuatan yang menyebabkan hina dan tercela di dunia dan akhirot.

3. Ya Alloh jadikanlah kami, menjadi anak-anak yang ahli ilmu, baik ilmu dunia dan utamanya ilmu akhirot.

4. Ya Alloh jadikanlah kami, selalu berbakti, ta’dzim dan thoat kepada kedua orang tua dan menjadi jariyah bagi kedua orang tua.

5. Ya Alloh berilah kami, berhasil dan sukses, dalam menggapai cita-cita yang luhur, untuk kebarokahan hidupnya di dunia dan akhirot.

6. Allohummaj’alna aulaadan shoolihiin, haafidhiina lil qur’aani wassunnah, Fuqohaa-a fiddiin, mubaarokan hayaatana fiddun-yaa wal aakhiroh.

(Ya Allah, jadikanlah kami menjadi anak-anak yang sholih, yang hafal quran dan sunnah/hadits, yang memiliki kefahaman agama, hidup kami barokah di dunia dan alhirat)

7. Allohumma habbib ilainal iimaan, wa zayyinhu fii quluubina, wa karrih ilainal kufro, walfusuuqo, wal ish-yaan, waj ‘alna minarrosyidiin.

(Ya Allah, senangkanlah/cintakanlah kami pada keimanan, dan hiasilah keimanan itu dalam hati kami. Dan bencikanlah kami pada kekufuran dan kefasiqan/kemunafikan dan menentang. Dan jadikanlah kami orang-orang yang benar/jujur)

Robbana aatina fiddunya hasanah, wafil aakhiroti hasanah, waqinaa adzaabannar.

Allohumma sholli ‘alaa muhammad, wa ‘ala ‘ali muhammad. 

Walhamdulillaahi Robbil ‘aalamiin. 

Aamiin.

Demikian, doa yang bisa dipraktekkan bagi seorang anak mendoakan untuk kedua orang tuanya dan doa untuk dirinya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *