Bagaimanakah Cara Membaca Asmaul Husna dalam Doa Kita

By | 31 Maret 2016
Alloh-lahul asmaul husna

Dalam artikel sebelumnya telah kami tuliskan bahwa Allah SWT memerintahkan kita untuk membaca Asmaul Husna saat berdoa. Juga telah kami tuliskan kefadholan atau keutamaan menghafalkan, membaca, memahami, menghayati dan mengamalkan 99 Nama Allah yang disebut Asmaul Husna di dalam doa sehari-hari kita.

Baca juga :

Kefadholan Menghafalkan, Memahami, Menghayati & Mengamalkan Asmaul Husna

Kumpulan Doa

Dengan kita membaca asmaul husna dalam doa kita berarti kita mengagungkan nama-nama dan sifat-sifat Allah yang Maha Agung. Kita akan lebih taqorrub ilalloh (mendekatkan diri kepada Alloh). Tentu doa kita akan makin diijabah (dikabulkan) oleh Allah SWT.

Lalu, bagaimanakah cara membaca Asmaul Husna tersebut dalam Doa kita?.

Caranya mudah saja, yakni kita hanya menambahkan kata “Yaa”, yang artinya “Wahai”, sebelum Nama Allah yang 99 itu yakni seperti ini : Yaa Allahulladzi laa ilaaha illa anta, Yaa Rohmanu, Yaa Rohiimu, dst. Yang berarti, “Wahai Alllah Dzat yang tiada tuhan selain Engkau, wahi Dzat Yang Maha Pengasih, Wahai Dzat yang Maha Penyayang, dst.

Asmaul Husna
asmaul husna latin

Jadi, cara membacanya : Yaa Allahulladzi Laa Ilaaha Illa Anta, Yaa Rohmanu, Yaa Rohiimu, Yaa Maliku, Yaa Qudduusu, dst. Mohon diperhatikan panjang pendeknya dan bagian mana yang di tasydid serta pelafalan huruf perhurufnya.

Disamping itu, saat membaca kita juga mesti meresapi/menghayati arti dan sifat/keagungan Allah sesuai nama Allah yang berjumlah 99 tersebut.

Kalau kita baca norolang (tanpa dihayati) tentu paling hanya satu menit atau satu menit setengah sudah selesai, namun tentu kita perlu lebih khusuk dan mengenal betul nama-nama Allah tersebut beserta sifat dan keagungannya.

Bukankah kita sedang bermohon kepada Allah dengan merendahkan diri kita dan menyadari betapa agungnya Allah baik nama maupun sifat-sifatnya, bukankah kita ingin lebih dekat kepada Allah SWT?.

Contoh Penerapan Membaca Asmaul Husna dalam Doa Malam (Doa Sepertiga Malam).

Point 1 merupakan doa yang dibaca Rasulullah saat bangun malam,

Point 2-8 merupakan permohonan ampun kita kepada Alloh (adab sebelum berdoa, kita memohon ampunan dulu kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan kita),

Point 9 kita membaca Asmaul Husna,

Point 10. Adab sebelum meminta sesuatu kepada Allah SWT, kita membaca shalawat (doa keselamatan/ minta rohmat kepada Allah SWT) untuk Nabi Muhammad SAW dan untuk keluarganya.

Point 11. Mengucapkan Ismullohil ‘adzhom (nama Alloh yang Maha Agung) pada kalimat : ” Allohumma inni as aluka yaa Allah, biannakal waahidul ahadusshomadulladzi lam yalid walam yuulad”.

Seperti disabdakan Rasulullah SAW : Bilamana ada seorang laki-laki membaca doa dengan menggunakan ismil ‘adzom, maka bilamana ia minta sesuatu akan diberi oleh Alloh, bila mana ia berdoa akan dikabulkan.

سمع النبى صلى الله عليه وسلم رجلا يقول

اللهم إنى أسألك بأنك انت الله الاحداصمد الذى لم يلد ولم يولد ولم يكن له كفوا أحد

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم

لقد سأل الله بسمه الاعظم الذى إذا سئل به أعطى وأذا دعى به أجاب

Nabi Muhammad SAW mendengar ada seorang laki-laki yang membaca Allohumma inni as aluka biannaka antallah al ahadushomaduladzii lam yalid walam yuulad (ismullohil a’dzom), maka Rasulullah bersabda : bilamana ia minta sesuatu akan diberi oleh Alloh, bila mana ia berdoa akan dikabulkan. (HR. Ibnu Majah 3857)

Itulah cara membaca Asmaul Husna dalam Doa kita.
Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Bagaimanakah Cara Membaca Asmaul Husna dalam Doa Kita

  1. Ahmad Fahizh

    Pada point 9,Asmaul Husna apa yang saya baca,apa saya harus baca/mewiridkan salah satu di antara 99 Asmaul Husna,apa sama dengan point ke 11, mohon penjelasannya Ka?

    Reply
    1. BtmOn Post author

      Dibaca semua asmaul husna dari nomor 1 sd 99, tentu lebih baik…..Yaa Alloohulladzii laa ilaaha illa ant, Yaa Rohmaan, Yaa Rohiim…..dst…. Atau mau membaca salah satu atau beberapa juga tentu baik….misal Yaa Dzaljalaali wal ikrom…Yaa Dzaljalaali wal ikrom…Yaa Dzaljalaali wal ikrom…atau misal : Yaa Hayyu, Yaa Qoyyum, Yaa Malikal Mulki, Yaa Dzaljalaali wal ikrom… kemudian lanjut ke urutan berikutnya baca shalawat dan berdoa untuk kebutuhan masing2…Yang Jelas Allah SWT berfirman : Aku punya nama2 yg baik (asmaul husna), berdoalah (pakailah untuk berdoa) dengan asmaul husna tsb…

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *