Resolusi (Harapan dan Target) Ramadhan 1438 H

By | Mei 26, 2017

Sabtu Tanggal 27 Mei 2017 sebagai awal Ramadhan 1438 H telah diumumkan secara resmi melalui sidang isbat Kementrian Agama Pemerintah Republik Indonesia. Semoga Alloh SWT memberi kita umur, kesempatan, kesehatan dan kekuatan hingga akhir ramadhan nanti dan masih menjumpai ramadan berikutnya.

Sudahkah kita membuat sebuah resolusi (harapan/target/tujuan) untuk ramadhan yang lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya?. Mana tahu apakah kita akan berjumpa kembali dengan ramadhan tahun depan apa tidak. Resolusi itu jangan hanya dipersiapkan saat menjumpai tahun baru saja, namun juga saat menjumpai ramadan seperti ini, ada baiknya kita membuat sebuah resolusi (harapan). Apalagi ramadhan adalah bulan istimewa dibanding bulan-bulan yang lain, penuh lipatan pahala dan pengampunan Allah SWT.

Arti Kata & Pengertian Resolusi Menurut Kamus Bahasa Indonesia

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online di http://kbbi.web.id/resolusi, kata “resolusi” dalam Bahasa Indonesia berarti :

re·so·lu·si /résolusi/ n : putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal: rapat akhirnya mengeluarkan suatu — yang akan diajukan kepada pemerintah.

Kalau kita merujuk pada arti tersebut, berarti resolusi adalah hasil dari sebuah rapat yang biasanya berisi permintaan atau tuntutan suatu hal. Misalnya, ketika organisasi buruh akan melakukan aksi, terlebih dahulu mereka melakukan rapat atas tuntutan apa yang akan mereka ajukan. Hasil dari rapat tersebut disebut resolusi.

Namun kata resolusi dalam artikel ini merupakan perluasan makna dari arti aslinya. Di sini, makna dari resolusi bisa berarti berbagai harapan (resolusi) tentunya dalam arti positif yakni harapan yang sungguh-sungguh dari pribadi seseorang, di mana ia metetapkan tujuan yang ingin dicapainya/ diraihnya dalam sebuah momen, dalam hal ini kita sedang membicarakan resolusi/harapan di Bulan Ramadhan 1438 H yang in syaa Allah sebentar lagi akan menjelang dalam hitungan hari ke depan.

Jadi, kata resolusi yang saya tulis di judul artikel merupakan makna luas dari sebuah ungkapan harapan seseorang atau cita-cita tentang apa saja yang mau diraih dalam suatu momen tertentu, sehingga tujuan hidupnya lebih terarah dan tertarget.

Dengan menuliskan sebuah resolusi, berarti seseorang memiliki semangat dan komitmen untuk melakukan sesuatu yang ingin diwujudkannya. Adanya resolusi menandakan ia memiliki semangat untuk melakukan perbaikan diri yang lebih baik daripada sebelumnya. Ketetapan hati ini tentu ini merupakan hasil “rapat di dalam hatinya” tentang apa saja yang mau diraihnya, sebagai tuntutan bagi diri kita sendiri untuk mewujudkan hal-hal yang kita cita-citakan.

Biasanya kita lihat atau kita baca di berbagai media sosial, orang-orang ramai membuat resolusi di awal pergantian tahun (tahun baru). Resolusi di sini diartikan tujuan atau sesuatu yang hendak di capainya untuk tahun-tahun ke depan. Acara-acara gosip pun ramai menayangkan liputan-liputan mengenai resolusi-resolusi artis di awal tahun baru. Atau juga ketika seseorang selesai mengadakan sebuah momentum besar dalam hidupnya seperti menikah, bertunangan, perayaan ulang tahun atau kenaikan jabatan.

Tentang resolusi tahun baru, bisa dilihat di Wikipedia Bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, https://id.wikipedia.org/wiki/Resolusi_Tahun_Baru

Berikut adalah beberapa resolusi tahun baru yang paling populer yang sering dibuat orang :

  • Meningkatkan kesejahteraan fisik: makan makanan yang sehat, menurunkan berat badan, berolahraga teratur, makan yang lebih bernutrisi, mengurangi minum alkohol, berhenti merokok, berhenti menggigit kuku, dan menyingkirkan kebiasaan buruk yang lama
  • Meningkatkan kesejahteraan mental: berpikir positif, lebih sering tertawa, menikmati hidup
  • Meningkatkan kesejahteraan keuangan: bebas dari utang, menghemat uang, berinvestasi kecil-kecilan
  • Meningkatkan karier: lebih baik dalam pekerjaan saat ini, mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, membangun bisnis sendiri
  • Meningkatkan pendidikan: meningkatkan nilai, mendapatkan pendidikan yang lebih baik, belajar sesuatu yang baru (seperti bahasa asing atau musik), belajar lebih sering, membaca lebih banyak buku, mengembangkan bakat, lulus atau wisuda
  • Meningkatkan kemampuan diri: menjadi lebih terorganisir, mengurangi stres, mengurangi sifat pemarah, bisa mengatur waktu, menjadi lebih mandiri, mengurangi menonton televisi, mengurangi bermain permainan video
  • Pergi berlibur
  • Menjadi relawan untuk membantu orang lain, mempraktikkan keterampilan hidup, beramal, bekerja paruh waktu di sebuah organisasi amal (NGO)
  • Bergaul lebih baik dengan orang-orang sekitar, meningkatkan keterampilan sosial, meningkatkan kecerdasan sosial
  • Memiliki teman-teman baru
  • Meluangkan waktu yang berkualitas dengan anggota keluarga
  • Bertunangan/menikah, memiliki momongan
  • Mencicipi makanan asing, menemukan budaya baru
  • Beribadah lebih sering, lebih dekat dengan Tuhan, menjadi lebih taat pada agama

Mengapa Kita Perlu Membuat Resolusi Ramadhan ?

Resolusi juga bisa dikatakan kebulatan tekad dalam hati seseorang ketika mengambil sikap atau tindakan serta perilaku yang lebih baik dibandingkan dengan yang sudah dilalui, dengan bahasa mudahnya di tahun baru harus lebih baik dari tahun sebelumnya, begitu pula untuk ramadhan, kita perlu sebuah resolusi agar kita terpacu mengisi ramdhan yang lebih baik.

Tidak ada salahnya menjelang Bulan Ramadhan pun kita membuat sebuah resolusi/ harapan. Malah insyaaAllah baik karena kita ingin sebuah peningkatan dibanding ramadhan-ramadhan sebelumnya, mengingat belum tentu tahun depan kita akan menjumpai ramadhan kembali.

Apalagi di Bulan Ramadhan, pahala dilipatgandakan tidak seperti hari-hari biasa, seperti yang disabdakan Rasulullah SAW :

فَإِنَّ الْحَسَنَاتِ تُضَاعَفُ فِيهِ مَا لَا تُضَاعَفُ فِيمَا سِوَاهُ …

… Rasulullah s.a.w. bersabda: “…maka sesungguhnya kebaikan dilipat-gandakan pada bulan Ramadhan tidak seperti dalam bulan-bulan lainnya…

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
  كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ ، الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ ، قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ :  إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي ، وَأَنَا أَجْزِي بِهِ ، يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي ، لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ : فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ ، وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ ، وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ “

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisalnya hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman, “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi

Resolusi ialah ketetapan hati. Itu adalah kebulatan tekat untuk mengambil sikap, melakukan tindakan, serta menunjukkan perilaku baru yang berbeda dengan yang sudah-sudah. Lazimnya yang baru ini lebih baik daripada yang dulu.

Resolusi ramadhan adalah tujuan atau sesuatu yang hendak saya capai dalam Bulan Ramadhan nanti. Kenapa kita bikin resolusi hidup? Karena kadang kala kita lupa akan tujuan yang hendak kita capai. Jadi dengan adanya resolusi kita bisa mengingat dan menguatkan tekat kita untuk resolusi yang telah kita buat. Manfaatnya adalah kita mempunyai tujuan yang terarah selama ramadhan.

Di Bulan Ramdhan 1438 H nanti, sudahkah anda membuat sebuah resolusi sukses ramadhan ? Apa sajakah?

” Oh sudah dong, resolusi saya adalah saya harus turun berat badan sampai seperti dulu lagi, yakni kurang lebih 55 kg!”.

Oh bukan itu maksudnya…kita perlu resolusi yang lebih visioner jauh ke depan yakni urusan ibadah untuk meraih pahala dan pengampunan Alloh SWT.

Kalau belum, yuk kita bikin sebuah target / harapan / cita-cita akan yang kita lakukan agar menjadi pribadi yang lebih baik dan mendapat banyak pahala dan pengampunan-Nya.

Jika resolusi itu berhasil dilaksanakan, maka itu adalah satu langkah besar dalam kehidupan kita, kita bisa menulis resolusi untuk ramadhan ini pada selembar kertas resolusi mengenai apa yang ingin dicapai, kita tulis pada kertas dan tempel pada dinding kamar kita sebagai pengingat.

Resolusi 5 Sukses Ramadhan 1438 H

1. Sukses Puasa
2. Sukses Shalat Tarawih
3. Sukses Baca AlQuran
4. Sukses Lailatul Qodar
5. Sukses Zakat Fitroh

Untuk mewujudkan 5 target sukses ramadhan tersebut, tentu perlu dirinci apa yang akan kita lakukan di bulan ramadan tersebut supaya sukses.

Misal : kita punya resolusi menjadi penjahit handal, tentu langkah rill nya misalnya saya harus segera menyelesaikan kursus jahit saya secepat mungkin, dengan rajin datang dan memanfaatkan waktu untuk praktek-praktek menjahit lagi. Juga, mencari info sebanyak mungkin tentang ilmu menjahit dari berbagai media seperti memanfaatkan Internet untuk menjelajahi Google, Yahoo, Facebook, Twitter, blog baik blogspot, wordpress, Burdastyle, serta blog atau situs lain yang terkait sehingga Saya bisa mengoptimalkan kemampuan Saya dalam menjahit.

Dengan sebuah resolusi yang kita targetkan kita akan lebih terarah dan terpacu bagaimana mewujudkannya. Misal dalam bulan ramadan ini saya ingin lancar membaca Al Quran, tentu kita perbanyak menderes membaca Al Quran tidak seperti hari biasanya yang mungkin hanya membaca 3 ayat perhari. Supaya jadi lancar membaca Al Quran misal minimal membaca 3 lembar perhari.

Bila kita bikin resolusi ingin mengkhatamkan membaca Al Quran minimal 1 x selama Bulan Ramadhan ini tentu kita targetkan perhari minimal membaca Al quran sebanyak 1 juz supaya dalam 30 hari bisa khatam 30 juz. Bila ingin khatam 2 kali berarti minimal harus membaca Alquran minimal 2 juz. dst.

Berikut ini contoh Resolusi Target 5 Sukses Ramadhan, silakan di sesuaikan sikon, kemampuan dan kondisi masing-masing :TARGET SUKSES RAMADHAN

TARGET SUKSES RAMADHAN
HARI Ke-1 sd 19
No
DESKRIPSI
TARGET
Estimasi
Hari ke :
minimal
durasi
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
1
Puasa
tiap hr
2
Salat Tarawih
tiap mlm
3
Membaca AlQuran (minimal……..juz)
tiap hr
4
Lailatul Qadar (mulai mlm 20)
5
Zakat Fitrah
6
DOA PAGI-SORE :
* Bc Raja Istighfar (PR13 No.10), K.Doa hal.7
17det
* Bismillahi layadhurru…(PR-13 No. 9), K.Doa hal.6
3x
15 det
* Surat Al Iklash-Al Falaq-An nas
@3x
3mnt
* Asyhadu alla ilaaha illalloh wahdahu laasyarikaalah
10x
2 mnt
ilaahan waahidan ahadan shomadan lam yattaakhid
shohibatan walamyakunlahu kufuwan ahadd
Tasbih-Tahmid-Takbir-Tahlil PR-13 No.12
@100x
6-7mnt
* Albaqoroh 1-4 + ayat kursyi (ayat 255) +
2 ayat setelah ayat kursi (ayat 256-257) +
3 ayat terakhir albaqoroh (ayat 284-286)
3.5mnt
7
BACA PR-13 yang lain :
PR-1 (Laailaahaillalohu wahdahu ……)
100x
9′
PR-2 (Subhanaalloh Wabihamdihi), K.Doa hal.30 a
100x
3′
PR-3 (Subhanaallohu wabihamdihi, Subhanallohil adzim), K.Doa hal.30 b
100x
7′
PR-4 (Laaillaha illallohu wallohu akbar…)
PR-5 ketika mau tidur (Astagfirulllohalladzi…)
PR-6 (Rodhitu billahi robban…) K.Doa hal.52
PR-7 (subhanakallohumma…)
PR-8 (Robbighfirli watub alayya…) K.Doa hal.49
100x
PR-11 (Do’a ketika susah), K.Doa hal.19
PR-13 (alhamdulillahilladzi aafani…)
8
Baca Istighfar
1000x
18mnt
9
Baca Sholawat
………..x
10
Baca Al-ikhlas 50x (diampuni 50 tahun)
6 mnt
11
Shodaqoh
12
Berdo’a 1/3 malam
13
Sahur
14
Shalat Dhuha 4 rakaat/ 12 rakaat
tiap hr
15
Sholat Hajat
tiap hr
5 mnt
16
Sholat Istikhoroh
tiap hr
5 mnt
17
Sholat Tasbih
tiap hr
15 mnt
18
Mendengar nasehat bada tarawih
tiap mlm
19
Tadarus Alquran bada tarawih
tiap mlm

Cara pengisian Target Sukses Ramadhan di atas cukup di checklist(√) kolom yang ada. Setiap selesai ramadhan kita simpan hasilnya. Sebagai evaluasi dari tahun ke tahun kita bandingkan rekapnya, sehingga sebagai masukan untuk kita sendiri amalan apa yang perlu kita tingkatkan, sehingga dari tahun ke tahun kita harapkan bisa lebih meningkat.

Hakikat sesungguhnya dari Resolusi Sukses Ramdhan 1438 H adalah membangun diri untuk menyadari tujuan kita, fokus, dan terarah dengan amalan terbaik yang bisa kita lakukan untuk tidak menyia-nyiakan Ramadan berlalu begitu saja.

BACA JUGA :
5 Amalan yang Melejitkan Pahala & Pengampunan Allah SWT di Bulan Ramadhan

Akhir kata, selamat menunaikan ibadah puasa. Mari kita berusaha menjadi pribadi yang lebih baik. Dan bila kita praktekkan hal di atas mudah-mudahan kita setelah melewati Bulan Ramadhan bisa menjadi ahli dzikir, ahli shalat sunnah, ahli membaca AlQuran, dsb sehingga kita bisa memiliki amalan andalan di sisi Allah.

Semoga kita bisa meraih 5 Sukses Ramadhan. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *