Memperkecil File Pdf berukuran di atas 10 MB Secara Online

By | Januari 30, 2016
Terkadang kita memerlukan perangkat lunak (software) untuk memperkecil/ mengkompress file pdf (adobe reader) berkaitan misalnya akan kita kirim via email. Bila kita mengirim email tentu makin besar file yang di kirim maka makin besar kuota internet yang tersedot dan tentu makin berat untuk dikirim bila kecepatan internet kita sedang lemot.
Coba saja anda kirim lampiran (attachment) file pdf sebesar 10 MB….beugh beurat man! hehe…
Makin kecil file pdf tentu makin ringan saat dikirim dan jatah kuota internet kita lebih sedikit tersedotnya apalagi yang memakai jatah kuota dan bukan unlimited.
Software untuk memperkecil ukuran file pdf ini tentu saja bukan hanya asal memperkecil, tetapi kita membutuhkan yang bisa mempertahankan kualitas file pdf yang kita bagikan atau kita kirim. Buat apa filenya jadi kecil tapi filenya jadi tidak jelas tidak terbaca.
Nah, kita memerlukan software untuk memperkecil file pdf ini dan kita bisa melakukannya secara online di berbagai situs yang menyediakan jasa memperkecil/ compress file pdf, tanpa harus mengunduh (download) software-nya ( Reduce the size of your PDF online ). 
Kalau kita bicara memperkecil file secara online dengan ukuran file di bawah 5MB tentu banyak berserakan di dunia maya internet, namun ternyata tidak semua situs mau mengkompresi file berukuran di atas 5MB karena mereka hanya menerima maksimal 5MB.
Mungkin banyak juga yang sudah memposting tentang hal ini, namun tidak ada salahnya saya juga ikut berbagi software yang memang sudah saya coba sendiri dan terbukti jos gandhos
Nama situsnya adalah smallpdf.com, dan asyiknya di sini kita bisa memperkecil file pdf di atas 10MB karena tidak semua lho situs yang menyediakan pengecilan file pdf yang ukuran file pdf.nya di atas 10MB, kadang mereka membatasi maksimal untuk file pdf 5MB saja.
Langsung saja ke TKP, inilah software untuk memperkecil ukuran file pdf secara online:
2. Pilih file yang akan diperkecil (choose file) atau tarik file pdf anda dan lepaskan di drop pdf here (drag and drop your file).
3. Tunggu smallpdf.com meloading file yang anda pilih.

4. Tunggu sampai proses loading selesai, lalu klik Contoh hasil kompress

Contoh di atas, saya mengkompresi/ memperkecil file pdf dari ukuran 10,64MB dan didapatkan hasil 8.01MB, lumayan berkurang ukuran filenya sebesar 2,63 MB.

5. Langkah terakhir adalah tekan “Download File Now” yakni untuk mengunduh hasil kompres file pdf kita.

Maksud hati ingin lebih kecil lagi file nya, saya mencoba mengulang langkah di atas atas hasil kompresan, ternyata tidak bisa dikompress lagi…hehe..

Bila Anda ingin mengkompresi/ memperkecil file pdf yang lain, silakan klik “Start Over” dan ulangi langkah di atas.

Apa yang bisa dilakukan situs smallpdf.com selain memperkecil file pdf?

Sesuai motto smallpdf.com ” A Free Solution to all your pdf problems “, di situs smallpdf.com selain menyediakan compress pdf secara online juga mengkonversi (convert) ppt (file powerpoint) ke pdf dan sebaliknya pdf ke ppt, file jpg ke pdf, file pdf ke jpg, file excel ke pdf, file pdf ke excel, file word ke pdf, file pdf ke word, merge pdf dan split pdf.

Mudah bukan cara untuk memperkecil file pdf secara online. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *