Koleksi Gambar Bahasa Sunda Unik, Bodor, Lucu, Gokil, Keren, Nasehat, Terbaru

By | Agustus 7, 2015
bodor
Bila anda mencari gambar atau kata-kata untuk DP Whatsapp Bahasa Sunda / Basa SundaLucu, gokil, pikaseurieun, unik, bodor, keren, terbaru 2019, yang berisi heuheureuyan, bobodoran, namun berisi nasehat,kata kata bijak motivasi lucu Bahasa Sunda, di sinilah tempatnya.
DP BBM ini, bisa juga digunakan untuk FB maupun DP Whatsapp.Selamat, Anda di website / blog yang tepat.Silakan Luur, mumpung masih fresh dan haneut keneh (masih hangat, red).

DP WA Bahasa Sunda “Rek Kitu Wae ?” (apakah kamu tidak akan berubah ?)

Pertanyaan ini mengandung makna yang cukup dalam, melihat perilaku negatif seseorang yang seolah tidak ada perubahan dan terus mengulang-ulang hal yang sama. Atau juga merupakan pernyataan keheranan terhadap perilaku atau perbuatan seseorang yang di luar kebiasaan / tidak umum.

DP BBM/ Whatsapp (WA) Sunda “Rezeqi Anak Sholeh”


Anak Sholeh, hartosna murangkalih anu sholeh (pami pameget, sedengkeun kangge istri mah namina sholehah). Anak Sholeh teh sanes maksadna anakna Pa Sholeh. Nya ari tos mah anakna Pa Shoeleh, katurug-turug kalakuanna sholeh, nya eta mah pas pisan atuh.

Ciri-cirina anak sholeh teh, “selalu berbakti, takdzim dan mendoakan kepada orang tuanya”. Budak sholeh alias anak sholeh, merupakan investasi masa depan bagi orang tua saat buku catatan amalnya sudah ditutup karena sudah dipanggil oleh Allah, ia akan mendapat kiriman pahala dari anaknya yang selalu mendoakannya, baik di kala orang tuanya masih hidup maupun setelah tiada. Itulah yang disebut amal jariyah, amalan yang pahalanya terus mengalir walaupun orang tersebut telah meninggal.

Doa anak sholeh terus terkirim kepada orang tuanya. Bahkan, nanti orang tua terkaget-kaget, mendapat derajat surga yang tinggi. “Ya Allah, telah beramal apakah saya, hingga derajat surga saya demikian tinggi..?”, Allah menjawab : “Sebab permintaan ampun anakmu !”.

MasyaAllah !

… dari Abi Hurairah,
sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Ketika manusia mati maka putuslah
darinya amalannya, kecuali tiga perkara (yang terus mengalir dan tiada
putus), yakni : shodaqoh jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak
sholih yang mendoakan kepadanya”. [Hadist Sunan Abi dawud No. 2880 fii
Kitabul Washoya].

Sumber: http://www.bandungtimur.net/2015/10/amal-jariyah-investasi-royalty-masa-depan.html
Artikel ini berasal dari bandungtimur.net. Terima kasih telah mencantumkan sumber artikel ini

Baca Juga : Anak Sholih salah satu Jariyah Bagi Orang Tuanya.

Budak sholeh mah nu jelas mah tangtu dipikanyaah ku ibu ramana (kolot nu sholeh oge). Mun kolot na ridho, tangtu gusti Allah oge ridho jeung mikanyaah ka budah sholeh mah.



DP BBM/ Whatsapp (WA) “Akur Jeung Dulur Sakasur, Sadapur, Salembur, Sagubernur, Jst”.

DP BBM, DP WA, DP whatsapp, akur batur sakasur sadapur salembur
Akur teh atau rukun, bisa dimulai dari teman/ batur sakasur, sadapur, salembur, sagubernur, jeung saterusna.

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Jagoan mah Biasana Eleh Heula”

Biasana dina pilem-pilem, jagoan mah sok eleh heula, meh rame atuh, panongton na bakal deg-deg an. Jagoan mah, biasana eleh heula, papaehan heula, tuluy happy ending.

Tapi dina kahirupan saenyana mah, mun taqdirna tos waktosna maot, nya maot we.

Sadayana jalmi anu hirup bakal maot. Gatot Kaca oge anu otot kawat balung wesi, akhirna maot oge. DP BBM ieu keur pepeling urang, yen urang ge bakal maot.

Gambar DP Whatsapp (WA) Bodor “Hitut Teh Peureus”


Kentut dalam Bahasa Sunda di sebut hitut atau bekok, lemesna bobos. Kata lainnya dalam bahasa Sunda tidak resmi, disebut meledug, ngagedebos, dll. Meuni seueur nya piraanan hitut ge. Berbeda dengan Bahasa Inggris yang hanya satu kata yakni “fart“.

Beda budaya, tentu beda menyikapinya. Ada budaya yang mengatakan bahwa tindakan kentut adalah sebuah perbuatan tidak sopan secara tata krama. Ada juga yang biasa saja (B aja) dan malah mengatakan justru sendawa (teurab dalam bahasa Sunda) itu malah yang tidak sopan.

Ada kalanya saat kita ada dalam sebuah acara atau perkumpulan, kita sudah kebelet (ingin sekali) mengeluarkan gas yang sering disertai rasa bau tidak sedap ini. Malah kadang tak tertahankan sebelum sempat keluar ruangan.

Tahukah Anda, ada orang yang mengalami susah mengeluarkan kentut dan akhirnya harus pergi ke dokter untuk urusan bekok ini ?.

Jadi ternyata bisa kentut dengan nikmat, itu adalah sebuah kenikmatan tersendiri dan sebuah anugrah yang mahal.

Namun, ada baiknya bila kita ingin kentut, ya baiknya keluar ruangan dahulu lah atau menjauh dari kerumunan manusia. Bila anda sering kentut dan baunya bingits, ya mungkin perlu selalu bawa plastik sehingga setiap kentut bisa langsung ditampung ke dalam plastik. Walaupun anda ingin berbagi rezeqi, jangan hal kentut lah 🙂 , rezeqi yang lain saja.

Saat kita kentut, kadang merupakan sebuah perjuangan, dan terasa peureus saat mengeluarkannya. Bila sudah begini, ya sudah, katakan dengan jujur : “maaf barusan saya tidak tertahankan mengeluarkan kentut, mohon diterima dengan iklas ya, ditampi kalayan kabingahan

dp bbm sunda, dp wa sunda, hitut

Hidup ini perlu perjaungan dan pengorbanan. Untuk meraih sesuatu, kita kadang bersusah payah dahulu, berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Saat kita kentut pun terkadang, peureus dan kaluar jeung bukurna.

DP Whatsapp (WA) “Akan Sakali Sewang Pada Waktunya”
gambar dp bbm sunda gokil, dp bbm sunda
#duniaberputar, #semuaakanmengalami, #sakaliewang
Gambar DP di atas “Akan Sakali Sewang pada Waktunya” artinya : “Semua akan bergantian kebagian pada Waktunya”. Yap, tiada yang abadi di dunia ini. Semua orang, pada saatnya akan mengalami berbagai macam problematika kehidupan dan berbagai pengalaman hidup baik yang manis maupun yang getir.
Jodoh-pati-bagja-cilaka semua akan kebagian, hanya menunggu saat takdirnya dan kita tidak dapat menawar atau menolaknya saatnya tiba. Semua akan kebagian jatahnya, pada saatnya. Yang jelas, kita berdoa akan tidak diberi cobaan yang melebihi kemampuan kita/ yang kita tidak mampu menghadapinya.

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Tong Sok Mangkarunyakeun Batur, Boa Teuing Urang Ge Pikarunyaeun”

DP BBM Bahasa Sunda Bodor, dp bbm bahasa sunda
Kadang-kadang kita suka merasa kasihan melihat nasib atau kelakuan orang lain yang pikagemeseun (membuat kita gemas), hanya saja kita kadang-kadang sering lupa bahwa kita pun sebenarnya mungkin lebih menyedihkan dan lebih patut dikasihani, malah mungkin kita lebih membuat orang lain “gemas dan geram”…hehe…atau kelakuan kita juga mungkin sering membuat orang lain marah atau tersinggung.

Mungkin kata-kata yang cocok seperti gambar di atas : Tong sok mangkarunyakeun batur, boa teuing urang oge pikarunyaeun (jangan suka mengasihani orang lain, mungkin kita sendiri justru yang patut dikasihani, hanya saja kita tidak merasa !!!).

Intinya adalah kita harus senantiasa instrospeksi diri dan mawas diri. Pepatah mengatakan, ” kuman diseberang lautan tampak, tapi gajah segede “alaihim” dipelupuk mata tidak kelihatan”.

Kalau kata sesepuh urang Cicadas nyaeta Pa H. Ismail Karnasuriatna mah cenah kieu ” uteuk tongo dina tarang batur katingali, tapi gajah depa dina punduk mah teu karasa“. Jero pisan tah paribasa teh (peribahasa yang maknanya dalam sekali).

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Ngambek VS Rujak”

DP BBM Sunda, DP BBM Bahasa Sunda
Setiap orang punya sesuatu yang disenangi, kalau contoh di atas adalah senang rujak. Mungkin dengan memberikan sesuatu yang disenangi orang tersebut maka saat ia marah dll bisa pulih dari marahnya/hilang kemarahannya.
Anda mungkin pernah mendengar atau membaca, seperti diberitakan merdeka.com bahwa Presiden Soekarno pernah dibebenjokeun / diupahan (dibujuk supaya kemarahannya hilang) dengan tarian setengah telanjang oleh Amerika Tahun 1955 saat mengadakan kunjungan kenegaraan ke Amerika Serikat. Saat itu sambutan dari Presiden Dwight Eisenhower kurang hangat. Eisenhower yang pensiunan jenderal perang dunia II, memandang sebelah mata pada Presiden Soekarno. Eisenhower membiarkan Soekarno menunggu berjam-jam. Ini membuat Soekarno marah pada Amerika karena merasa tak dihargai. Di depan Kongres AS, Soekarno menyampaikan kemarahannya.
“Indonesia menolak diperlakukan seperti seekor burung kenari dalam sangkar emas dan diberi makanan yang enak-enak. Indonesia ingin diperlakukan sebagai burung garuda yang berada di atas batu cadas, tetapi bebas berjuang mencari makanannya sendiri. Jangan membanjiri dolar anda ke Indonesia dengan ikatan, karena pasti ditolak,” tegas Soekarno di depan Kongres.
Nah untuk membujuk Soekarno, pemerintah AS mencoba segala cara. Ketika mendengar KBRI di Washington akan menggelar malam kesenian, AS ingin ikut menghibur Presiden Soekarno. Mereka bertanya pada KBRI, hiburan apa yang disukai Presiden Soekarno. Ada yang menyeletuk Soekarno senang lihat wanita telanjang. Rupanya hal ini dianggap serius oleh Amerika atas masukan teu ecreug tersebut.
Awalnya acara malam kesenian di KBRI Washington berjalan dengan hangat. Tapi muka Soekarno berubah merah saat seorang gadis yang diutus pemerintah AS mulai menari. Ternyata gadis seksi berambut pirang itu membawakan tarian telanjang. Padahal di sana banyak anak-anak. Soekarno dan para rombongan pun kaget tertawa-tawa sambil sibuk menutup mata anak-anak yang berada di sana. Memang saat itu kemarahan Soekarno hilang sementara atas suguhan tontonan yang tidak biasa ini.
“Namun kemudian beliau marah kembali karena tari yang disuguhkan oleh pihak Amerika itu adalah tarian yang tidak pantas yang dipentaskan seorang wanita Amerika,” kata Panglima Mobile Brigade Komisaris M Jasin. Jasin ketika itu sedang mengikuti pelatihan Rangers di AS demikian ditulis dalam buku Memoar Jasin Sang Polisi Pejuang yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama.
Dengan marah Soekarno memerintahkan atase kebudayaan KBRI segera kembali ke Indonesia. Soekarno menganggap ini penghinaan luar biasa pada Republik Indonesia.
Tentu saja Soekarno jadi bulan-bulanan pers barat. Foto-foto Soekarno sedang menonton striptease tersebar luas.

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Sabar teh Sanes Sagala Bareuh”

Kata kata Lucu Bahasa Sunda
dp bbm sunda lucu pisan, dp wa sunda lucu pisan, dp whatsapp lucu pikaseurieun
Sabar itu bukan SAgala BAReuh, tapi betul-betul tawakkal/pasrah kepada Allah SWT dan ridho menerima dan mensyukuri pemberian Allah SWT dan atas semua cobaan yang diberikan oleh Allah SWT, kita tidak marah-marah. Shobar adalah kata yang mudah diucapkan, namun berat dalam menghadapinya. Namun, kalau kita tidak shobar, ya tidak akan merubah sesuatu yang kita hadapi.
“Innallaaha idza ahabba qouman, ibtalahum, faman rodhiya falahurridho, waman sakhitho falahu sukhtu”
Ketika Allah mencintai suatu kaum, bukan diberi harta kekayaan yang berlimpah, tapi justru memberinya cobaan. barang siapa yang ridho/shobar dengan cobaan itu, maka Allah akan ridho kepadanya. Dan, barang siapa yang marah-marah (tidak menerima bahkan meluapkan kekesalannya, maka Allah pun akan murka kepadanya).

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Ibak Heula Atuh”

DP BBM Bahasa Sunda lucu dan Kocak, gambar sunda lucu
DP BBM/ Whatsapp (WA) ” #ibakheula (mandi dulu)”
#ibakheula, Awali pagi dengan mandi…hehe. Masa bangun-bangun langsung OL (online), buka FB, buka BBM, buka WA. Ya mandi dulu lah, supaya tidak “bararau cakcak” (bau cicak, red) hehe…abis mandi sholat dulu lah, inget dulu sama yang Maha Kuasa. Mari awali pagi dengan mengingat Allah SWT. Sholat, baca doa dan sempatkan baca Quran.
DP BBM/ Whatsapp (WA) “Ongkoh Preman Tapi Utah waktu Naek Beca, Ceurik nalika Ngadahar Rujak”.
DP BBM keren, DP BBM Bahasa Sunda gokil
Jangan mengaku preman atau jawara lamun masih keneh suka kerokan karena masuk angin dan ongkek hanya gara-gara angin-anginan naik sapedah. Badan sih tatoan/bertatto, rambut gondrong, tapi nyatanya, naik sepedah saja harus kerokan karena masuk angin, naik angkot mabok, naik becak muntah, makan rujak nangis ingsrek-ingsrekan…hehe
DP BBM/ Whatsapp (WA) “Cenah, Kolesterol teh mun Mayar Sorangan”
Gambar DP BBM Bahasa Sunda, Gambar DP BBM Bahasa Sunda lucu
Ini hanya candaan ya, tidak serius…kalau anda memaksa makan makanan berkolesterol karena berpedoman dalil “mun haratis mah teu kolesterol” padahal merupakan pantangan, kami tidak ikut bertangggung jawab ya..hehe…
DP BBM/ Whatsapp (WA) “Waduh, Samarukna Sayah teh Lalagi Kasep Macam Apa”.
DP BBM Bahasa Sunda Terbaru
DP BBM Bahasa Sunda Terbaru Lucu
DP BBM/ Whatsapp (WA) #UngkapanPriaPunyaHarga Diri
Ungkapan di atas menunjukkan seorang pria punya harga diri dan teguh keimanannya, ciyee..ciyee…yang tidak mudah dibujuk rayu dengan kerling wanita apalagi hanya oleh sendal pegat (sandal putus) hehe..aya kitu?
DP BBM/ Whatsapp (WA) “Iraha Batur Jiga Urang. Lain Urang Jiga Batur !”
DP BBM Bahasa Sunda Terbaru 2016

Kalimat: “iraha urang jiga batur?” (kapan kita seperti orang lain) adalah ungkapan/pernyataan orang yang putus asa dan kurang bersyukur atas pemberian Allah SWT bahwa semua orang punya bagiannya masing-masing. Kalimat iraha urang jiga batur, perlu dirubah menjadi “iraha batur jiga urang?”. hehe…

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Alloh mah Langkung Uninga”
DB BBM Bahasa Sunda Keren

#AllohMahaTahu. ALLOH SWT langkung UningaI artinya Alloh lebih tahu tentang kita, bahkan tentang dunia seisinya dan seluruh alam semesta ini. Kadang orang berprasangka jelek kepada kita, kita sudah menjelaskan namun tidak mau menerima, ya sudah : “Alloh langkung uninga” dan nanti Alloh yang akan membukakan kebenaran yang sesungguhnya.

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Mangga Nyanggakeun Beuheung Teukteukeun Peuseulaneun”

DP BBM, DP BBM Sunda
DP BBM/ Whatsapp (WA) “Sapagodos”
DP BBM Basa sunda HUT RI 70

DP BBM/ Whatsapp (WA) #HUTRI70
Biasanya ormas Islam di Indonesia suka berbeda dalam penentuan 1 Ramadhan sebagai awal bulan Ramadhan dan 1 Syawal sebagai Hari Raya, namun untuk urusan HUT RI semua sepakat jatuh pada tangga 17 Agustus, ya iyalah…maenya we.

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Sayah kudu kumaha? Kudu Seuri atawa Ceurik ?”
Ieu mah DP BBM Bahasa Sunda nyindir. Kudu Seuri atawa kudu ceurik ?

dp bbm sunda lucu kudu seuri atawa ceurik

“Kumaha ieu teh? sayah kudu seuri atawa kudu ceurik?” (Bagaimana ini? saya harus tertawa atau harus menangis?). Ya, terkadang kita dihadapkan hal ironis seperti ini. Antara harus tertawa (mentertawakan diri sendiri) ataukah harus menangis (misal karena sesuatu hal sehingga menjadi sedih tidak dapat membantu seseorang yang sedang membutuhkan bantuan kita).

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Jelema mah Silih Sangka / Sawang Sinawang”

DP BBM lucu terbaru, dp bbm sunda

#SalingSangka

Kita sering saling sangka (kalau dalam bahasa Jawa : “sawang sinawang”). Si A menyangka si B hidup enak, tidak pernah susah, dsb dan sebaliknya si B juga demikian menyangka si A baik-baik saja. Ya, demikian lah kehidupan manusia, saling sangka ” Jelema mah sok saling sangka, majarkeun urang teh loba duit, hirup senang, padahal…boa teuing ENYA ! (Orang itu, suka saling menyangka, disangkanya kita ini banyak uang, hidup senang, padahal, siapa tahu memang IYA! siapa tahu memang hidup senang..hehe.. (karena senantiasa belajar dan mencari cara untuk bersyukur). “

Dalam kondisi seperti di atas, kita disangka selalu banyak uang dsb, namun misalnya kondisinya sedang mengetatkan ikat pinggang, dsb, akhirnya kita memakai DP BBM yang di atas “kumaha ieu teh, saya kudu seuri atawa kudu ceurik ?! ”

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Lelah Tapi Puas”

gambar dp bbm lucu

Mindahkeun Lomari (memindahkan lemari) akan terasa ringan bila bisa bekerja sama saling bahu-membahu, apalagi dilakukan oleh suami-istri dengan penuh kerukunan dan kekompakan. Walau cape/ lelah tapi puas bila berhasil.

Stop Bikin Status Malam Jumat Sunnah Rosul !”

db bbm sunda malam jumat

Berhubungan suami-istri di malam jumat bukanlah Sunnah Rasul. Saudaraku, pelajarilah sunnah rosul dengan benar, berhentilah menggunakan dan memasang status “sunnah rosul”, yang secara tidak disadari justru hal tersebut melecehkan Rasulullah. Pelecehan pisan eta teh atuh bro!

Tidak ada satu hadits pun yang menjelaskan/ mengkhususkan sunnah rasulullah untuk berhubungan suami-istri di malam-malam tertentu, apalagi khusus di malam Jumat.

Baca artikel tentang penjelasan apakah hubungan suami-istri di malam Jumat adalah sunnah Rosul :

Stop Bicara dan Bikin Status Malam Jumat Sunnah Rasul

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Kata lain “Jatuh” Dalam Bahasa Sunda”

kata-kata lucu, kata-kata sunda lucu, dp lucu

Tigubrag, tijalikeuh, titajong, tisoledat, tikosewad, tijongklok, tikusruk, ragrag ” adalah jenis-jenis jatuh dalam Bahasa Sunda. Tigubrag = terjatuh terduduk/ jatuh terlentang/telungkup, tijalikeuh = biasanya pergelangan kaki tiba-tiba terlipat, titajong = tersandung, menendang sesuatu hingga terhuyung akan jatuh, tisoledat = terpeleset misal menginjak kulit pisang atau menginjak air / jalan/ media yang licin, tikosewad = sejenis jatuh seperti terpeleset, tijongklok = sejenis jatuh karena terdorong baik oleh diri sendiri atau orang lain, tikusruk = jatuh tersungkur, ragrag = jenis jatuh untuk benda (benda yang jatuh), tikunclung = jatuh ke sumur, tikecebur = jatuh ke kolam atau sungai, tibeubeut = jatuh telak, tisorodot = terpeleset.

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Parfum VS PPO”

kata-kata lucu sunda

Parfum vs PPO (minyak angin)

Yap, dulu kita masih muda, segar dan wangi. Berbagai minyak wangi/ parfum telah kita coba. Kemana-mana harum. Kini kita sudah berumur dan mudah masuk angin. Benar, itu tandanya kita tidak muda lagi..sudah harus banyak beribadah, banyak baca istighfar, ingat “umur sudah berapa, tinggal berapa.”

#uranggeuskolot (kita sudah tua), #geuskudulobaistighfar (sudah harus banyak baca istighfar).

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Pahili Bukan Nama Orang”DP Bodor Sunda berikut ini tentang “Jangan bertanya Dimana Rumahnya Pa Hili ya, karena pahili bukanlah nama seorang bapak-bapak”.

kata-kata lucu terbaru

Lur, aya nu apal dimana bumina Pa Hili? (Saudaraku, ada yang tahu dimanakah rumahnya Pa Hili?.

Mohon maaf ya, kalau ada yang namanya Hili dan dipanggil Pak Hili. Ini hanya gurauan, tentang “pahili”. Dan tidak menyangkut nama orang, jadi mohon pembaca jangan mencari dimana rumahnya Pa Hili…

Pahili di sini bukanlah nama orang. Pahili adalah bahasa Sunda yang berarti “tertukar”, misal : tertukar sandal, atau tertukar barang lain.

Kata lain dalam bahasa Sunda untuk kata pahili yakni patuker dan pagentos. Ketiganya mempunyai arti yang sama yakni kondisi tertukar, hanya saja patuker lebih kasar daripada pagentos.

Patuker dipakai sebagai bahasa dengan sesama/ teman sebaya, sedangkan pagentos diterapkan kepada orang yang lebih tua atau yang patut dihormati.

Seperti diceritakan di blog http://zainalvisitsamarinda.blogspot.co.id/2010/05/seputar-bahasa-daerah-bahasa-sunda.html, ini ada cerita lucu tentang “pahili” :

Seusai shalat Jumat, seorang pria asal Medan yang baru seminggu di tanah Sunda bingung saat mengetahui sandalnya hilang. Lalu, ia bertanya kepada orang-orang di sekitarnya.

Orang Medan : “Bah, Kemana sandal saya?”

Orang Sunda 1 : “Pahili meureun, Pak!”

Orang Medan : “Siapa itu Pak Hili?”

Orang Sunda 2 : “Oh, pagentos meureun, Pak!”

Orang Medan : “Siapa pula Pak Gentos?”

Orang Sunda 3 : “Aduh kumaha nya… patukeur meureun, Pak!”

Orang Medan : “Nah, tambah pula yang lain. Siapa itu Pak Tuker?

Berarti Pak Hili, Pak Gentos, dan Pak Tuker bersekongkol nyolong sandal saya!”

Orang Sunda 1, 2, 3 : “Panginteun!”

Ada hal yang tidak mungkin pahili, yakni tentang jodoh, rezeki, kematian. Jodoh kita tidak mungkin tertukar, semua sudah ada catatan takdirnya di louhil mahfudz, begitu pula rezeki yang sudah ditetapkan Allah SWT kita hanya wajib mencarinya, sedangkan masalah kematian tentunya Malaikat Izroil sebagai petugas Allah SWT tidak akan salah mencabut nyawa orang.

Kalau di atas DP BBM sunda tentang pahili, nah di bawah ini tentang paciweuh dan pabaliut.

Paciweuh dan pabaliut adalah suatu kondisi sedang mengalami kerepotan atau sedang mengalami masalah yang ruwet atau sedang banyak hal yang harus dihadapi atau dilakukan.

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Paciweuh Bukan Nama Orang”
kata-kata kocak, paciweuh, pabaliut

Sekali lagi, paciweuh dan pabaliut bukanlah nama orang Pak Ciweuh dan Pak Baliut, jangan mencari-cari alamat rumah pak ciweuh dan pak baliut ya.

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Tampang Rambo, Hati Melankolis”.

#mukasangarjalmabageur
Jangan menilai orang dari tampangnya. Walaupun berwajah sangar ibarat Rambo tapi hatinya baik.

#tampangsangarhatimelankolis
Alamak…tampang sih sangar. Eh, jatahnya nonton sinetron atau film India malah ikut nangis…hik…hik…hik…

Kadang-kadang penampilan seseorang memang menipu.

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Ulah Tuturut Munding”

Tuturut Munding adalah sebuah babasan dan paribasa sunda.

Arti tuturut munding adalah perbuatan ikut-ikutan yang dilakukan orang lain padahal ia tidak tahu maksudnya atau kalau dalam urusan ibadah .hanya ikut-ikutan yang dilakukan orang lain tanpa ada dasar ilmunya. Padahal, urusan amalan ibadah kita harus tahu dulu ilmunya,
darimana dasarnya, dari hadits apa, perintah Rasulullah apa bukan, amalan wajib atau sunnah, dsb. Jangan kita hanya ikut-ikutan orang lain.

Bagaimana kalau yang kita ikuti ternyata amalannya bukan seperti yang
diperintahkan Allah dan Rasul? Sabda Rasulullah SAW : Barang siapa yang
beralah, dan amalan itu bukan perintahku, maka amalan itu ditolak alias
tidak diterima. Akhirnya, “Cape Gawe teu kapake kalahka menang teke.”

dp bbm sunda, tuturut munding, ulah tuturut munding
DP BBM Sunda, Cape Gawe Teu Kapake

DP BBM Lucu Bahasa Sunda, “Disakolakeun meh jadi Jelema !”

DP BBM, DP BBM Sunda, DP BBM Sunda Lucu

Kita sering mendengar orang tua kita mengatakan bahwa kita disekolahkan supaya “jadi orang”, “Jang/nyai, maneh teh disakolakeun meh jadi jelema ! bukan berarti dulunya kita “bukan jelema” alias sejenis tenyom !

Maksudnyasupaya jadi orang yang sukses, sukses dunia-akhirat.

DP BBM/ Whatsapp (WA) “Tong Nguyek Wae Dina HP, Geura Ngaos Qur’an Heula”

Ti isuk jedur, nepi ka sore jeder, ngan nguyek we dina HP, sagala dibukaan, pesan asup, status facebook, BBM, browsing, ari maca Quran kaliwat. Ari manggih duit di jalan, majarkeun “rezeqi anak sholeh”…cik atuh….hehe…

Hayu ah, awali pagi dengan membaca Al Quran !.

Demikian beberapa Gambar DP BBM/ DP WA/ whatsapp Sunda lucu, mudah-mudahan lucu pisan…hehe…sekedar hiburan dan nasehat.

Bersambung ya, insyaAllah nanti kami tambahkan DP BBM Sunda/ DP BBM Bahasa Sunda keren terbaru yanglain yang masih di olah di meja redaksi.Bagi anda yang suka cerita bodor sunda atau banyolan sunda, tatarucingan, kumpulan carita sunda, Koleksi DP BB Paribasa Sunda Bodor bergambar, silakan kunjungi halaman artikel kami yang lain di bawah ini :

Bobodoran Sunda
Kumpulan Carita Sunda
DP BBM Paribasa Sunda
Tatarucingan (Tebak-tebakan Bahasa Sunda)

Babasan dan Paribasa Sunda

Silakan bila ada yang mau menambah perbendaharaan gambar DP BBM/WA kata kata bijak motivasi lucu dalam Bahasa Sunda ini atau silakan bila mau request DP BBM/WA yang anda inginkan, insyaAllah kami bikinkan DP nya.

2 thoughts on “Koleksi Gambar Bahasa Sunda Unik, Bodor, Lucu, Gokil, Keren, Nasehat, Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *