Bingung memilih Sekolah? Laksanakan Shalat dan Doa Istikharah !

By | Juni 26, 2015
Shalat Istikharah untuk Segala Perkara

Saat ini di Bandung sedang berlangsung Penerimaan Siswa Baru. Adik-adik SD/ SMP/ SMA/ SMK  yang akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, tentu adik-adik sedang mencari ilham, menimbang-nimbang dan memilah dan memilih mau melanjutkan sekolah kemana.
Sebelum menjatuhkan pilihan, tentu banyak pertimbangan yang harus dipikirkan matang-matang supaya tidak menyesal di kemudian hari.
Dalam agama Islam, ada satu proses ibadah yang dinamakan shalat istikharah (meminta pilihan) untuk meminta ilham kepada Allah SWT dalam pemilihan apapun termasuk memilih sekolah.
Shalat istikharah merupakan shalat sunnah untuk meminta pilihan kepada Alloh SWT Yang Maha Kuasa dan Maha Mengabulkan Doa dan permintaan.
berdoa, istikharah, shalat istikharah, doa istikharah

Dengan melaksanakan shalat istikharah/ doa istikharah, selain kita meminta langsung kepada Sang Pencipta yang mempunyai segala urusan dan perkara yakni Allah SWT, juga akan bernilai ibadah dan mendatangkan pahala, serta dijamin tidak akan rugi/menyesal, berdasarkan dalil Hadits dalam Riwayat At-Thabrani sebagai berikut :

مَا خَابَ مَنِ اسْتَخَارَهُ وَلاَ تَدِمَ مَنِ اسْتَشَارَ وَلاَ عَالَ مَنِ اقْتَصَدَ ـ الطبراني
Artinya : Tidak rugi orang yang ber-istikharah dan tidak akan menyesal orang yang selalu bermusyawaroh dan tidak akan miskin orang yang selalu hemat.
Mengapa Kita Harus Shalat / Doa Istikharah

Apa yang menurut kita baik, belum tentu baik menurut Allah SWT dan sebalinya yang menurut kita jelek belum tentu jelek menurut Allah SWT. Yang kita cari dalam kehidupan ini tentu kebarokahan hidup.
Kita minta pilihan kepada Allah SWT supaya sekolah kita barokah, pekerjaan kita barokah, pasangan hidup kita shalih/shalihah, rumah yang kita tempati barokah, dan seterusnya.Dengan kita melakukan shalat istikharah, kita minta piliha kepada Allah agar pilihan kita barokah untuk agama kita, untuk penghidupan kita dan akibat perkara nanti di akhirat. Jadi tidak hanya pertimbangan keduniaan saja, namun juga amma ba’du nya di akhirat nanti. Bukankah kita ingin sukses dunia dan akhirat ?!

Niat Sholat Istiqoroh 

Dalam hal ini, silahkan sesuai keyakinan masing-masing. Menurut yang kami kaji dari AlQuran dan Al Hadits, ternyata tidak ada lafal khusus untuk niat sholat istiqoroh yang dicontohkan Rasulullah SAW.
Niat ada di dalam hati dan Alloh SWT pasti Maha Mengetahui, sehingga niat sholat istiqoroh cukup di dalam hati dan tidak perlu dilafalkan.
Adapun anda memiliki referensi lain, silahkan yang penting sudah mengkajinya dan bukan taqlid atau ikut-ikutan.
Cara Shalat Istikharah
Adapun cara shalat istikharah adalah melakukan shalat sunnah 2 rakaat kemudian membaca doa istikharah sebagai berikut :
Shalat istikharah, Doa Istikharah, istikharah
Doa Shalat Istikharah 
Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka biqudrotika, wa as aluka min fadhlikal adziim. Fainnaka taqdiru wala aqdiru, wa ta’lamu walaa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyuubb.
Allohumma inkunta ta’lamu anna hadzaal amro……….(sebutkan yang menjadi pilihan, misal SMA A ataukah SMA B)…
Khoirunlii fii diini wama ‘asyi wa ‘aqibati amri, faqdurhulii wa yassirhu lii , tsumma barikli fiihi.
Wainkunta ta’lamu anna hadzal amro………….(sebutkan yang menjadi pilihan, misal SMA A ataukah SMA B)…
Syarrun lii fii diinii wa ma ‘asyi wa ‘aaqibati amri, fashrifhu ‘anni washrifnii ‘anhu, waqdurliyalkhoiro haitsu kaana tsumma roddhinii bihi.
Artinya:
“Ya Allah, saya memohonkan pilihan kepada-Mu menurut ilmu Engkau dan memohonkan penetapan dengan kesuasaan-Mu, juga saya memohonkan keutamaan-Mu yang besar, Sesungguhnya Engkaulah Yang memiliki kekuasaan dan saya tidak memiliki kekuasaan apa-apa, Engkaulah yang Maha Mengetahui dan saya tidak mengetahui apa-apa dan Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang ghaib”
“Ya Allah, sekiranya Engkau tahu bahwa urusan/perkara saya ini……………..(sebutkan di sini perkaranya/pilihan yang diistikhorohinya) seandainya perkara/pilihan ini baik untukku dalam agamaku, kehidupanku serta akibat urusanku (akibat dunia-akherat), maka takdirkanlah untukku dan mudahkanlah serta berikanlah berilah barokah kepadaku di dalamnya”
“Sebaliknya sekiranya Engkau tahu bahwa urusan/perkara saya ini……………..(sebutkan di sini perkaranya/pilihan yang diistikhorohinya) buruk untukku, dalam agamaku, kehidupan serta akibat urusanku, maka jauhkanlah hal itu daripadaku dan jauhkanlah aku daripadanya serta takdirkanlah untukku yang baik-baik saja dimana saja adanya, kemudian berilah keridhoan hatiku dengan takdirMu itu.”

Jawaban Shalat Istikharah

Bagaimanakah cara kita mengetahui hasil dari sholat istikhorah kita?
Ada yang dilewatkan mimpi dan ada juga yang tidak. Yang tidak dilewatkan mimpi biasanya kita dimudahkan dan dilancarkan dalam perjalanan sesuai pilihan kita tersebut. Bisa juga misalkan kita melaksanakan shalah istikharah memilih A dan B tapi ternyata Allah malah melancarkan yang C. Artinya apapun hasilnya, insyaAllah itulah yang terbaik bagi kita, agama kita, penghidupan kita dan akibat perkara di akhirat nanti. Itulah yang barokah untuk kita. Allah mengetahui yang terbaik untuk kita, sementara ilmu kita sangatlah terbatas. Ceuk urang Sunda mah :   Moal kaelmuan !

Yang jelas kita sudah mendapat pahala dari melaksanakan ibadah sunah istikharah ini dan Allah nanti yang memberi yang terbaik untuk kita.

Silakan praktekkan shalat istikharah ini agar segala ihwal masalah, pilih memilih bernilai pahala bagi kita, apapun hasilnya kita sudah mendapatkan pahala dan insyaAllah sesuai janji Allah bahwa tidak akan rugi orang yang melaksanakan istikharah.
Selain usaha, barengi semua aktivitas hidup kita dengan berserah diri dan meminta pilihan kepada-Nya. Kita hanya wajib berusaha, urusan hasil kita serahkan kepada Yang Maha Kuasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *