Yuk, Kita Renungkan Kumpulan Kata-kata Mutiara Kehidupan ini !

By | September 25, 2016

Dalam kehidupan sehari-hari kita sebenarnya bertebaran kata mutiara kehidupan berupa kata-kata bijak, falsafah kehidupan, kristalisasi makna kehidupan, dll yang bisa menjadi penyemangat hidup, inspirasi dan nasehat bagi kita dalam menjalani kehidupan yang fana di dunia ini.

Berikut ini kumpulan kata-kata mutiara kehidupan yang bisa kita renungkan :

NRIMO ING PANDUM

Nrimo ing pandum adalah falsafah Jawa yang berarti mau, ridha, iklas, menerima pemberian (dari Allah SWT).

Orang yang nrimo ing pandum adalah individu yang tawakal dan bersyukur kepada Allah SWT. Seberapa pun yang Allah berikan kepadanya, ia akan tetap bersyukur kepada Allah SWT dan menerima dengan tawakkal, penuh keiklasan .

kata kata mutiara kehidupan

Nrimo ing pandum berarti, mensyukuri pemberian Allah tersebut tanpa berkeluh kesah dan mengkufuri pemberian Allah tersebut. Pada dasarnya, tak satupun kejadian termasuk pemberian yang luput dari campur tangan Allah yakni Dzat Yang Maha Memberi baik memberi rezeki, memberi rupa, maupun semua kejadian di langit, bumi dan seluruh alam semesta ini.

BENER-KURUP-JANJI

Bener, kurup, janji merupakan prinsip dalam bekerja. Pada dasarnya prinsip kerja bener-kurup-janji adalah prinsip kerjanya orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir. Dimana di dalam mencari maisyah/ mata pencaharian tidak melulu dilihat dari besarnya gaji/ penghasilan tapi juga kelancaran dalam beribadah.

Bener artinya kita bekerja di dalam bidang yang benar (halal), kurup artinya pekerjaan dan hasil sebanding khususnya dikaitkan dengan ibadah, janji artinya bagaimana perjanjian kerjanya yang harus ditetapi.

kata mutiara, prinsip kerja orang iman, bener-kurup-janji

Suatu pekerjaan walaupun hasilnya besar/ banyak namun kalau bukan dari pekerjaan yang halal berarti tidak menetapi prinsip bener. Gaji besar, penghasilan berlimpah tapi kita tidak sempat ibadah berarti tidak kurup.

Misal kesepakatan kerja kita dengan kantor tempat kita bekerja, masuk pukul 8 dan pulang pukul 16.00, kemudian kita selalu terlambat atau pulang duluan tanpa izin, berarti kita tidak menetapi “janji”.

Begitu pula misal dalam perjanjian kerja, anda sebagai pemilik perusahaan akan memberikan upah kepada karyawan kita dengan upah 3 juta/bulan, kemudian kita hanya memberikan sebagian saja tanpa udzur/ alasan jelas, berarti kita tidak menetapi “janji”.

Dengan prinsip bener-kurup-janji, semua pihak terlindungi dan akan berusaha menetapi hak dan kewajibannya masing-masing.

Jodo – Pati – Bagja – Cilaka Kagungan Gusti Allah, Kumaha Gusti Allah

Jodo-pati-bagja-cilaka (Jodoh, kematian, kebahagiaan dan musibah) milik Allah SWT. Allah lah yang menentukan semuanya. Semua sudah tertulis di louhil mahfudz (papan yang terjaga) yakni tempat Allah SWT menulis semua takdir makhluq ciptaan-Nya.

kata mutiara kehidupan

Pada dasarnya kita hanya menjalani takdir / qodar yang telah ditetapkan-Nya. Siapa jodoh kita, kapan kematian kita, kebahagiaan dan musibah, semua sudah ditulis. Semua di bawah otority (kekuasaan) Allah SWT.

Manusia hanya wajib bedoa karena ” tak ada satupun yang bisa merubah qodar kecuali doa ” dan kita wajib berikhtiar/ berusaha, hasilnya dipasrahkan kepada Allah SWT. Percaya dengan takdir inilah yang menjadikan kita lebih tenang dalam menjalani kehidupan yang fana di dunia ini.

PAPAN-EMPAN-ADEPAN

papan,empan,adepan

Papan, Empan, Adepan merupakan salah satu Pepatah Jawa yang sarat makna berkaitan tata krama ketika bersikap maupun berbicara maka supaya memperhatikan tiga hal ini:

  • papan :  tempat/ situasi dimana seorang berada
  • empan : isi pembicaraan
  • adepan : siapa yang dihadapi.

Jadi dalam berbicara atau bersikap tidak boleh seenaknya, tapi memperhatikan tiga aspek tersebut yakni tempat, isi pembicaraan dan siapa yang dihadapi.

Berbicara kepada yang lebih tua apalagi kepada orang tua tentu tidak bisa disamakan dengan berbicara dengan teman atau yang umurnya di bawah kita. Kita harus unggah-ungguh dan memperhatikan tata krama.

Silakan kata-kata mutiara kristalisasi kehidupan ini bisa digunakan sebagai DP BBM dan Whatsapp anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *