Fitnah ! Utang Negara Bertambah, Tiongkok minta Pulau Sumatera dan Jawa Dijual untuk Utang RI

By | September 10, 2018

Jangan mudah percaya apalagi menyebarkan sebuah berita. Alih-alih mendapat simpati, bisa-bisa anda terjerat kasus hukum. Seperti berita fitnah yang beredar belakangan ini yang menyebutkan : Utang Negara Bertambah, Cina minta Pulau Sumatera dan Jawa Dijual untuk Utang RI.

Waduh, emangnya sebuah pulau itu sebuah permen, sehingga mudah diminta begitu saja!

Seperti dilansir dari laman jpnn.com, belakangan ini ada berita palsu alias hoaks yang disebarkan blog-blog pendulang iklan online. Berita palsu itu menyebut Tiongkok meminta Pulau Sumatera dan Jawa untuk membayar utang Indonesia.

’’gimna tanggapan kalian kalau ini..’’ tulis akun Facebook Dewa Amor di sebuah grup Facebook, Kamis siang (9/8) lalu.

Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di East Hall, Great Hall of the People, Beijing, Tiongkok, Minggu (14/5). FOTO: Biro Pers Istana Presiden

Judul berita yang beredar, “Utang Negara Bertambah, Tiongkok minta Pulau Sumatera dan Jawa Dijual untuk Utang RI” disertai foto Jokowi sedang berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping, pastinya membuat geger masyarakat Indonesia.

Menurut sumber dari JPNN.com, berita fitnah itu berasal dari nkri-news-trending.blogspot.com. Saat penulis mengunjungi blog tersebut, ternyata sudah dihapus.

Berita tersebut banyak warganet yang percaya bahwa berita itu benar, dan kemudian dibagikan di media sosial.

Faktanya, berita itu adalah fitnah dan hoaks.

Foto dalam berita tersebut diambil dari jepretan fotografer Reuters saat kunjungan Jokowi datang ke China dalam rangka peringatan ulang tahun ke-65 hubungan kedua negara pada Maret 2015, di Balai Agung Rakyat di Beijing.

Dalam kunjungan itu sekaligus ditandatangani beberapa nota kesepahaman atau “Memorandum of Understanding” (MoU) di berbagai bidang termasuk keuangan, perindustrian, infrastruktur, penanggulangan bencana, dan antariksa.

Jadi, berhati-hatilah menyebarkan sebuah berita, jangan sampai kita termasuk “agen penyalur” berita hoaks dan fitnah! Ancamannya pidana, lho!

Referensi :

  • turnbackhoax.id
  • www.jpnn.com/news/awas-hoaks-tiongkok-minta-jawa-sumatera-untuk-bayar-utang
  • sp.beritasatu.com/home/jokowi-bertemu-presiden-xi-jinping/82482

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *