Categories: Bandung Info

Teras Cikapundung Tempat Destinasi Wisata Murah Meriah di Bandung

Wisata di Bandung

Di Bandung bertebaran tempat wisata yang bisa menjadi pilihan saat liburan keluarga anda. Ada yang berbayar, dengan biaya murah bahkan tiket gratis.

Teras Cikapundung adalah sebuah salah satu diantara destinasi wisata liburan keluarga yang murah meriah di Kota Bandung. Bila anda sedang jalan jalan dan rekreasi di Kota Bandung dan mempertimbangkan tempat wisata yang murah di Bandung. Objek wisata Teras Cikapundung dan Hutan Kota Babakan Siliwangi merupakan salah satu tempat menarik di Kota Bandung.

Teras Cikapundung yang dikelola oleh Pemerintah Kota / Pemkot Bandung berlokasi di Jalan Siliwangi, Kota Bandung, Jawa Barat. Pengerjaan area publik di kawasan Babakan Siliwangi ini ditangani langsung oleh Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS ) Citarum. Sehingga tak heran tulisan, BBWS Citarum terpampang di samping sungai kawasan teras Cikapundung ini.

Lokasi Teras Cikapundung, juga dekat dengan Sasana Budaya Ganesha Bandung dan Hutan Kota Babakan Siliwangi.

Saking dekatnya, Anda bisa mengunjungi dua tempat wisata keluarga yakni Hutan Kota Babakan Siliwangi dan Teras Cikapundung.

Teras Cikapundung merupakan salah satu kawasan hijau Babakan Siliwangi. Kawasan “Babakan Siliwangi” ini oleh warga Bandung biasanya menyebut “Baksil“.

Di Hutan Kota Baksil, anda bisa berswafoto ria sepuasnya dengan background suasana rindangnya pepohonan. Sambil jalan-jalan di jalanan tangga yang sengaja dibuat dan dipersiapkan untuk pengunjung. Setelah puas jalan-jalan dan berfoto ria, anda cukup berjalan kaki sekitar 3-5 menit
ke lokasi teras cikapundung.

Kawasan Parkir Hutan Kota Babakan Siliwangi
Tangga-tangga yang sengaja dibuat untuk pengunjung Hutan Kota Babakan Siliwangi

Kembali ke artikel tentang Teras Cikapundung.

Mendengar kata “teras” tentu kita bayangkan bermain di teras rumah sehingga lebih terkesan “dekat” di hati rakyat merakyat dan berkesan hiburan yang murah meriah alias tidak mahal.

Sungai Cikapundung sendiri adalah merupakan aliran sungai yang membelah Kota Bandung, yang membentang mulai dari kawasan Bandung Utara dan bermuara di sungai citarum di wilayah Bandung Selatan.

Hulu sungai Cikapundung ini adalah berlokasi di sekitar kawasan Tempat Wisata di Lembang, tepatnya di Curug Omas, dan airnya mengalir melewati
Babakan Siliwangi, kemudian masuk Kota Bandung dengan melintasi Jalan Braga serta Alun-Alun kota Bandung.

Sesuai dengan namanya yang merakyat, Teras Cikapundung sebagai tempat wisata di daerah Dago Bandung merupakan tempat wisata murah meriah di Kota Bandung bahkan bisa dikatakan wisata gratis di Kota Bandung, lokasi teras cikapundung, tempat wisata terkenal di Bandung

Di sini, Anda bisa menikmati tempat rekreasi di Bandung yang cukup asyik dan murah. Anda bisa menikmati pemandangan pepohonan yang hijau dan asri, sambil sekedar duduk-duduk, bercengkrama dengan keluarga atau nongkrong dengan rekan-rekan, berselfie ria, kukuyaan dengan ban yang disewakan, naik wahana rafting perahu karet.

Rafting di Teras Cikapundung jangan dibayangkan di berarung jeram di arus sungai yang deras seperti  rafting outbound yang sesungguhnya, karena rafting di Teras Cikapundung di lakukan di air sungai yang tenang. Harga tiketnyapun tidak begitu mahal.

Di Teras Cikapundung juga ada kolam khusus untuk terapi dengan ikan lho. Di sebelahnya buat anak-anak, bisa memancing ikan plastik. Dan menikmati jagung bakar.

Wahana permainan yang ada di Teras Cikapundung ini tidaklah dikenakan biaya mahal, apalagi kalau anda hanya untuk berswafoto / berselfie ria, dijamin tidak bayar !. Benar-benar tempat liburan dan wisata di kota Bandung.
Ikon wisata taman kota di Bandung ini merupakan salah satu tempat wisata murah meriah dari sekian banyak tempat wisata keluarga di Bandung yang disediakan Kang Emil dan tim nya yang menarik untuk dikunjungi dan dinikmati.

Sebenarnya, di Kota Bandung banyak tersebar ruang terbuka dan taman wisata murah meriah, seperti Hutan Kota Babakan Siliwangi yang lokasinya berdekatan dengan Teras Cikapundung, Taman Lansia, Taman Superhero, Taman Jomblo, Taman Film Bandung, Peta Park, dll.

Lokasi dan Alamat Teras CikapundungJl. Siliwangi, Cipaganti, Coblong, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40131, Indonesia.

Karena letak taman hiburan ini di Jalan Siliwangi, maka banyak juga yang menyebut dengan Teras Cikapundung Babakan Siliwangi.

Peta Lokasi Teras Cikapundung

•    Silahkan anda bisa melihatnya di sini

Waktu Buka Teras Cikapundung

Taman  wisata Teras Cikapundung ini buka setiap hari dari senin sampai minggu setiap pukul 07.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB (7 AM – 10 PM).

Tempat parkir di Teras Cikapundung

Yang menarik, memasuki kawasan Teras Cikapundung, anda tidak akan ditarik biaya alias gratis kecuali untuk bayar parkir motor.  Tempat (lahan) parkir di Teras cikapundung hanya untuk kendaraan roda dua/ motor saja yang bisa parkir di area taman ini.

Sedangkan bagi Anda yang membawa kendaraan roda empat, mengingat jalanan di Jalan Siliwangi ini cukup padat, dan bila parkir di pinggir jalan akan memacetkan jalan, maka untuk parkir kendaraan roda empat atau mobil bisa di kawasan parkir Babakan Siliwangi atau di Sabuga. Karena lokasinya tidak terlalu jauh, Anda cukup jalan kaki menuju “Teras Cikapundung” ini.

Sejarah Teras Cikapundung Riverspot Bandung

Teras Cikapundung sejak dulu memang sudah dikenal sebagai basecamp atau tempat berkumpulnya orang-orang kreatif di kota bandung, termasuk diantaranya adalah pusat berkumpulnya para Seniman Bandung.

Di tempat ini pernah berdiri saat itu sejumlah sanggar seni hingga salah satu lokasi Tempat Wisata Kuliner di kota Bandung berupa warung-warung makan, sebelum akhirnya terlantar dan tidak terurus.

Hingga keadaanya saat itu bagi masyarakat sekitar dikenal sebagai salah satu tempat yang angker di Kota Bandung, hingga berjuluk sebagai lokasi ” tempat jin buang anak ”

Puncaknya adalah terjadi tahun 2013 yang lalu, sejumlah warga kota bandung dalam gerakan ” Save Babakan Siliwangi ” berunjuk rasa besar-besaran menolak rencana pembagunan kawasan konservasi alam ini menjadi kawasan komersial dan pemukiman.

Perlu diketahui, pengerjaan area publik di kawasan Babakan Siliwangi yang ditangani langsung oleh Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS ) Citarum ini, di dalam perjalannya mengalami banyak kendala.

Masalah tersebut diantaranya mulai dari relokasi pemukiman penduduk di sekitarnya hingga proses pengerjaan proyek yang sempat berhenti di tahun 2014 yang lalu.

Dan kini, sesuai dengan perkembangan zaman dan dibawah tata kelola seorang walikota bandung yang lulusan ITB, wajah kawasan Baksil ini pun dibenahi hingga menjadi seperti yang sekarang.

Daya Tarik Teras Cikapundung RiverspotDestinasi Tempat Wisata Baru di kota Bandung ini memang sejak awal diperkenalkan dan dibuka untuk umum telah menjadi objek wisata yang fenomenal dan populer.

Sejumlah penampakan foto-foto di medsos yang menggambarkan aktifitas pengunjung di sana dengan background eksotisme taman kota kota bandung yang indah di malam hari bertebaran di dunia maya.

Memang tidak salah kiranya jika Teras Cikapundung ini ke depan akan menjadi magnet wisata baru yang tidak hanya bisa dinikmati warga bandung, akan tetapi wisatawan yang sedang liburan di kota bandung.

Bagi warga kota bandung, tempat ini bisa dijadikan elternatif tempat wisata murah di kota bandung yang menyenangkan untuk bersantai sepulang beraktifitas kerja, atau menghabiskan libur akhir pekan.

Sementara bagi pengunjung dari luar kota bandung, tempat ini bisa dijadikan tempat untuk lebih mengenal kebiasaan masyarakat kota bandung, dan tentunya menaikmati sisi eksotisme bandung dari sisi yang lain.

Suasananya yang instagramable, menjadikan lokasi wisata Taman Teras Cikapundung Bandung ini tempat favorit bagi pengunjung yang suka foto selfie maupun wefie.

Selain itu, dengan sejumlah fasilitas yang melengkapinya seperti dibangunmya ampitheater, taman, monumen, jembatan, kolam, gazebo dan yang lainnya membuat wisatawan yang berkunjung betah berlama-lama tinggal di sini.

Anda juga akan menemui candaan khas Kang Emil Walikota Bandung dalam bentuk tulisan seperti ini :

Fasilitas Teras Cikapundung

Teras Cikapundung adalah salah satu lokasi wisata baru kota bandung yang berkonsep urban tempat berkumpulnya masyarakat umum, komunitas hingga tempat berkumpulnya para seniman bandung.

Lokasinya yang tepat berada di salah satu kawasan hijau Babakan siliwangi, dan dekat dengan Sasana Budaya Ganesha Bandung, menjadikan konsep ekologi sangat tepat untuk lokasi ini.

Untuk menjadikan kawasannya menjadi kawasan wisata baru terpadu yang bisa menarik pengunjung datang dan nyaman berkumpul di sini, maka sepanjang daerah aliran sungai (DAS) cikapundung pun diperbaiki dan diberdayakan.

Diantaranya dengan relokasi sejumlah bangunan liar di pinggir aliaran sungai, pembersihan air sungai dari sampah, pengangkatan endapan lumpur dan kini telah disediakan perahu karet sebgai alat transportasi wisata seperti halnya Bus Bandros.

Konsep tempat ini masih sejalan dengan rencana pemkot bandung dalam membangun lokasi-lokasi yang dulunya dianggap terbengkalai, tak terawat, kumuh dan “angker” menjadi tempat yang menyenangkan bagi publik.

Kita pastinya tahu dengan sejumlah tempat yang dulunya hampir serupa dengan Teras Cikapundung yaitu kotor dan menakutkan, seperti lokasi di bawah jembatan Pasupati di mana kini berdiri Taman Jomblo.

Nah, kini keberadaan sebuah Taman kota di sekitar kawasan konservasi hutan kota teras Cikapundung ini menjadi alternatif tempat berkumpul warga kota bandung yang lainnya.

Terlebih saat ini, sejumlah fasilitas sudah dibangun untuk menambahkan fungsi dari Teras Cikapundung ini, selain tentunya untuk menambah kenyaman pengunjung yang datang ke sini.

Dan berikut adalah beberapa fasilitas yang sudah berada di Teras Cikapundung Bandung :

1. Amphitheater

amphitheater

Inilah fasilitas utama lokasi dari Teras Cikapundung, dimana pengunjung yang datang bisa melakukan banyak aktifitas hiburan yang menarik di selama berada di sini.

Sejumlah kegiatan acara seperti pertunjukan hiburan seperti live music, nonton bareng acara pertandingan sepakbola seperti laga Persib Bandung, hingga kegiatan eksebisi, pameran dan yang lainnya.

Pembangunan salah satu fasilitas utama wisata ini masih tetap mengedepankan tata kelola lingkungan ( Amdal ) serta memperhatikan konsep ekologi, dengan dibangunnya beberapa sumur resapan sebanyak 15 buah.

Tidak hanya itu saja, kawasan ini pun dipercantik menjadi salah satu Taman di kota bandung yang asri dan hijau, seperti taman balai kota bahkan tak kalah dengan Peta Park di jalan Peta.

Pembangunan amphitheater ini sendiri merupakan proyek nasional dalam program restotasi sungai cikapundung yang seharusnya sudah beres di tahun 2013 yang lalu, namun barhenti di tahun 2014 dan berlanjut di tahun 2015 di bawah kontraktor PT ARJUNA.

Kini, masyarakat sudah bisa menikmati ruang publik dengan konsep wisata edukasi di kota bandung ini, dimana Teras Cikapundung ini mempunyai kembarannya di jalan Cikapundung Timur yang populer dengan nama Cikapundung Riverspot.

Menurut Kang Emil, Walikota Bandung, tempat ini akan dipersiapkan menjadi sebuah Tempat Wisata di dalam kota Bandung yang bisa bersaing dengan yang lainnya, terutama di kawasan Jalan Asia Afrika dan Alun-Alun.

2. Jembatan Merah Cikapundung Riverspot

Inilah merupakan identitas atau ciri khas dari Teras Cikapundung, sebuah jembatan dengan warna yang terlihat cantik berwarna merah yang menghubungkan bantaran sungai cikapundung.

Jembatan Merah Cikapundung Riverspot

Di sekitar lokasi tersebut juga dibangun tempat duduk berundak alias terasering yang bisa dipergunakan temat bersantai pengunjung dan tempat nonton ke arah amphitheater.

3. Air Mancur

Nah, inilah spot yang menawarkan sisi eksotis dan romantisme malam kota bandung, berupa air mancur yang memancar dari beberapa lubang yang ada di lokasi air mancur tersebut.

Pas waktu malam, tempat ini paling ramai oleh pengunjung yang ingin mengabadikan keindahan air yang memancur dengan terpaan warna lampu yang berwarna-warni yang indah.

Tempat ini menjadi lokasi favorit pengunjung untuk berselfie hingga nongkrong bareng keluarga, teman atau hingga pasangannya sambil mencicipi aneka makanan yang disiapkan.

4. Kolam

Selain fasilitas di atas, di lokasi sini pun ada juga kolam ikan yang diisi dengan sejumlah jenis ikan khas sungai cikapundung mulai dari ikan badar, kehkel hingga beunteur.

Nah sahabat sekalian, selain fasilitas di atas, ternyata di lokasi Teras Cikapundung ini pun nantinya akan dibangun hutan kota, areal pesawahan dan masih banyak yang lainnya.

Yang akan menjadi partner pembangunannya adalah kerja sama dengan Komunitas Sungai Cikapundung, yang mana komunitas inilah yang akan membantu menyediakan dan menyiapkan prasarana untuk jadikan kawasan ini menjadi pusat wisata edukasi.

Di kawasan Teras Cikapundung juga ada kolam khusus bagi anda yang menyukai therapi ikan.

Harga Tiket Masuk Teras Cikapundung

Berdasarkan pengalaman penulis saat mengunjungi Teras Cikapundung di Bulan Juli 2017, ternyata tidak dikenakan biaya alias gratis. Kabarnya, dulu memang pernah diberlakukan tarif bagi pengunjung dewasa dengan harga tiket masuk Rp.10.000, sementara untuk anak-anak sebesar Rp.5.000. Namun saat ini tidak dikenakan tarif masuk lagi alias gratis.

Sedangkan untuk menikmati fasilitas lain seperti naik rakit karet, berendam di kolam terapi ikan, dll dikenakan tarif murah meriah.

Rute Jalan Menuju Teras Cikapundung
1.    Dari Jalan Ir. H. Juanda (Dago) di simpang lima belok kiri ke Jln. Sumur Bandung, pas pertigaan ambil arah kanan ke Jln. Tamansari kemudian belok kiri ke arah Jalan Siliwangi/kawasan Babakan Siliwangi (sebelum pertigaan ke arah Puncak Ciumbuleuit).

2.    Dari Jln. Cihampelas, ambil ke arah Jln. Ciumbuleuit, di pertigaan belok kanan ke Jln. Siliwangi (jalan ke arah stopan simpang Dago). Tak jauh dari turunan, lihat sebelah kiri.

Tata Tertib Wisata Teras Cikapundung

Sebagai salah satu tempat nongkrong di bandung yang baru dan telah menjadikan tempat ini sebagai tempat yang asyik, asri dan nyaman di kota bandung maka sudah seharusnya kita menjaga dan merawat tempat ini bersama-sama.

Dan berikut adalah tata tertib bagi pengunjung yang berkewajiban berperan serta di dalam mengembangkan tempat ini sebagai taman yang tetap menarik untuk kita kunjungi selamanya :

1.    Untuk kenyamanan bersama janganlah membuang sampah sembarangan di sini. Bunag sampah ke tempat yang telah disediakan.

2.    Fasilitas ini adalah milik publik, dan jangan dirusak olek aksi vandalisme seperti corat-coret di tembok ataupun properti yang ada di sana.

3.    Parkirkan kendaraan anda di sekitar Babakan Siliwangi atau Sabuga, untuk menghindari macet di kawasan wisata ini.

Demikianlah informasi seputar Objek Wisata di Kota Bandung terbaru yang sedang nge-hits dan menjadi buruan warga bandung dan destinasi wisatawan, yaitu Teras Cikapundung.

Resume Info Wisata Teras Cikapundung

  • Nama : Teras Cikapundung
  • Alamat : Jl.Siliwangi, Cipaganti Coblong
  • Jam Buka : senin s/d minggu, pukul 07.00 s/d pukul 22.00 WIB (7 AM – 10 PM) .
  • Wahana Rafting : 08.00 – 16.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk : gratis
  • Fasilitas : Perahu Karet, Kukuyaan, Kolam Terapi Ikan, Taman, Hiburan dll

Terima kasih telah membaca artikel “Teras Cikapundung Bandung Alternatif Destinasi Wisata di Bandung mengisi Liburan Keluarga yang Murah Meriah” di “http://www.bandungtimur.net yang berisi review sebuah ruang publik baru kota bandung yang populer dengan nama Teras Cikapundung, sebagai bahan referensi buat Anda untuk berlibur asyik yang murah meriah di Kota Bandung.

Itulah daya tarik dan fasilitas wisata Teras Cikapundung yang bisa dinikmati pengunjung,  tempat yang populer dengan sebutan TeCi, Amphitheater Cikapundung dan  kembaran Cikapundung Riverspot.

Ingin Liburan dan Wisata di Bandung dengan biaya murah ? Teras Cikapundung dan Hutan Kota Babakan Siliwangi, bisa menjadi alternatif pilihan.

www.bandungtimur.net contains information about the city of Bandung and its surroundings, Sundanese, real life, inspiration, health information, educations, business and technology.

BtmOn

Leave a Comment
Share
Published by
BtmOn

Recent Posts

Ucapan Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445H Tahun 2024

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Dari meja redaksi, untuk seluruh umat muslim perkenankan kami… Read More

3 minggu ago

Ucapan Idul Fitri Minal aidin wal faizin maaf lahir bathin

Banyak yang mencari arti ucapan lebaran idul fitri minal aidzin wal faidzin apakah artinya maaf… Read More

12 bulan ago

Review Al Ma’Soem – Pesantren Modern di Bandung

Pesantren Modern di Bandung Di Bandung selain terkenal sebagai Paris Van Java juga terkenal dunia… Read More

1 tahun ago

Rupa-rupa Aambeuan jeung Rarasaan

Rasa Jeung Bau Rupa-rupa Aambeuan jeung Rarasaan (mcam-macam bau-bauan dan rasa) ieu teh mangrupa kabeungharan… Read More

3 tahun ago

Ngabuburit di Masa New Normal

Ngabuburit adalah Bahasa Sunda yang dipakai untuk pengganti kata menunggu waktu berbuka puasa datang. Kata… Read More

3 tahun ago

Inilah Papatah Wasiat Sunda Karuhun, Leluhur, Sesepuh Orang Sunda

Inilah beberapa wasiat pepeling (pengingat) dari para sesepuh urang Sunda (wasiat pengingat dari para leluhur/karuhun… Read More

3 tahun ago