Apakah Poptm Jaringan Periklanan Pop-Under, mulai berstatus Scam?

By | Agustus 3, 2017

Mengenal Poptm Iklan Pop-Under

Artikel kali ini tentang pengalaman penulis mengikuti program periklanan poptm.com salah satu situs dengan periklanan berjenis iklan Pop-Under/ Pop-Up yang berasal dari India. Dengan segala kelebihannya, iklan pop up ini dianggap terbaik untuk saat ini dan menjadi sumber penghasilan para penerbit/ publisher iklannya. Apakah saat ini Poptm mulai berstatus scam ?

Bagi para blogger yang blog nya atau website nya belum di approve / disetujui program periklanan raksasa google yakni google adsense tentu akan mencari alternatif goggle adsense untuk menghasilkan uang/memotisasi (blog monetize) dari blog/situsnya dengan memasang iklan alternatif adsense.

Alternatife google adsense juga diterapkan para blogger yang karena alasan tertentu blog nya di banned oleh google adsense.

Banyak sekali pilihan untuk hal ini. Kita bisa memilih alternatif adsense lokal seperti adsensecamp, kumpulblogger, dahulu : kliksaya, dll atau produk luaran seperti Bidvertiser, Chitika, PopCash, Exoner, PropellerAds, Mobicow, AdsOptimal, Adsterra, Adversal, Payclick.com, Adnow, dll.

Ada banyak sekali pilihan penerapan iklan dalam suatu blog yang menghasilkan uang ke rekening kita, jenis iklan yang disebutkan di atas pun tidaklah sama.

Ada yang membayar iklan yang terpasang di blog kita dengan perhitungan perklik pengunjung pada iklan yang terpasang /Pay Per Click/PPC (Cost Per Click /CPC) artinya kita akan mendapatkan sejumlah pembayaran biasanya sekian sen bilamana iklan kita ada pengunjung-blog yang mengklik iklan kita.

Ada juga jenis iklan yang memperhitungkan berdasarkan tayangan perseribu tayangan (Cost Per Million/CPM), jenis iklan PopUnder, native ads, dll.

BACA JUGA :
Blogging / Nge Blog Sambil Hasilkan Uang
Cara Menghasilkan Uang dari Internet dengan Bisnis Afiliasi Gratis

Yang akan kita bahas dalam tulisan ini adalah program periklanan poptm.com salah satu jenis iklan Pop-Under yang berasal dari India.

poptm.com, alternatif google adsense

Mungkin anda bertanya bagaimana dan seperti apa iklan Pop-Under atau iklan Pop-Up itu?

Bila anda buka suatu situs / blog kemudian tiba-tiba muncul iklan yang mengarah kepada suatu iklan misal iklan lazada, elevenia, dll. Biasanya iklan ini muncul di halaman baru browser anda. Itulah iklan Pop-Up/ PopUnder.

Malah kadang iklan jenis Pop-Up/Pop-Under ini muncul berkali-kali dan mengganggu pengunjung. Bahkan mungkin kalau info dari blog tersebut tidak terlalu dibutuhkan, pengunjung langsung menutup blog tersebut.

Ditambah lagi iklan Pop-Up/Pop-Under kadang terdeteksi oleh google sebagai sneaky mobile redirect alias pengalihan tersembunyi halaman blog yang dilarang oleh google.

Poptm.com adalah salah satu jenis iklan Pop-Under tersebut. Namun, iklan poptm punya kelebihan hanya muncul satu kali per-IP adress/ perpengunjung yang membuka artikel kita atau mengklik apa saja dari blog kita. Jadi iklan Poptm tidak terlalu mengganggu pengunjung karena hanya muncul satu kali.

Mendaftar menjadi publisher Poptm.com sangatlah mudah dan cepat karena tidak mempersyaratkan jumlah pageviews/ lalu lintas minimum dari blog kita, berbeda dengan jaringan iklan yang lain.

Kelebihan lain iklan ini adalah  fitur Bypass Adblock/ plugin yang dipasang suatu browser untuk memblok suatu iklan. Sehingga walaupun anda memasang blokade iklan, iklan poptm ini tetap akan muncul dan menghasilkan uang untuk blog yang kita pasangi iklan PopUnder Poptm.

Selain hal telah disebutkan di atas, yang menjadi kelebihan jaringan periklanan poptm ini adalah statistik diperbarui secara real time, Poptm WordPress Plugin untuk menempatkan Rotating Code Anda pada semua halaman dengan mudah,  Iklan yang ditampilkan berkualitas dan tidak berbahaya,  Iklan tidak redirrect blog ke situs lain atau download aplikasi sendiri, Iklan muncul tiap 3 jam sekali, sehingga tidak mengganggu pengunjung, Impresi yang didapat cukup tinggi dibanding jaringan iklan CPM sejenis

Tertarik untuk menjajal poptm akhirnya penulis mencoba mendaftar dan dengan cepat disetujui. Alhasil dipasanglah code script iklan poptm di blog penulis.

Apakah Poptm Saat ini Berstatus Scam ?

Pertanyaan, apakah jaringan iklan poptm termasuk scam karena ditengarai beberapa blogger tidak mendapatkan haknya untuk menerima pembayaan dan hanya tertulis “pending payment”?

Entahlah, berdasarkan pengalaman penulis, pada payout pertama saat mencapai minimum payout diajukan yakni sebesar 10 USD, dalam hitungan hari sudah masuk ke rekening paypall penulis.

Masalah timbul pada pengajuan kedua yang diajukan sejak tanggal 22 Juli 2017 yang lalu hingga saat tulisan ini dibuat, pihak poptm melakukan “pending payment” alias penundaan pembayaran tanpa alasan yang jelas dan hingga saat ini tanpa respon walaupun penulis sudah mengirim surat elektronik ke support poptm. Tanpa balas dan seperti tidak ada tanda-tanda kehidupan di pihak poptm.com

Penulis telah memberikan penjelasan kepada pihak poptm bahwa penulis tidak melakukan kecurangan seperti traffic palsu/ fraud traffic. Tapi, lagi-lagi tidak ada jawaban atas pertanyaan mengapa pihak poptm melakukan penundaan pembayaran tanpa penjelasan.

Berikut email yang penulis kirimkan kepada tim support poptm :

Please I need a response to my question.
I have requested a withdrawal from 22 July 2017.
Is there something wrong about my site bandungtimur.net so it has pending payment?
I’m not doing a fraud traffic like fake traffic on my site.

regards,

Padahal di bagian halaman support tertulis “Average response time is 1hr 38min & maximum response time is 12 hours.” 24/7 Support through Tickets system & Livechat.

Kenyataannya, sudah 12 hari  berlalu, tidak ada balasan sama sekali. Sayang sekali pihak Poptm tidak didukung tim support yang responsif membalas keluhan para penerbitnya.

Akhirnya, walaupun untuk mengumpulkan sen demi sen yang dihasilkan dengan memasang iklan mereka, daripada pusing-pusing memikirkannya, dan menyadari mungkin belum rezeqi kita, ya sudah, untuk sementara iklan Poptm ini di cabut dulu dari blog penulis sambil melihat perkembangan selanjutnya. Masih banyak jaringan periklanan yang membayar para publisher nya kok. Fine-fine saja lah !

Silakan rekan blogger yang mengalami hal yang sama, atau punya pengalaman lain mengenai jaringan periklanan poptm ini, bisa berbagi pengalaman di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *