Menelisik Mainan Fidget Spinner untuk Mengurangi Kebosanan Saat Mati Gaya

Fidget spinner atau hand spinner? Hmm, rasanya banyak orang yang sudah tahu mainan kekinian yang sedang ngehits ini ya, dimana-mana kita jumpai anak-anak, remaja (mungkin juga kita jumpai orang dewasa) yang memainkan mainan unik yang mirip baling-baling kipas atau mirip shuriken (senjata para ninja) ini baik melihat langsung ataupun lewat tayangan dan video di sosial media bahkan para youtube creators me-review mainan satu ini yang katanya dapat menghilangkan stress.

Tidak dipungkiri, tidak sedikit juga orang yang tidak paham tentang apa sebenarnya mainan ini dan mengapa banyak sekali orang yang memainkannya.

Dari penelusuran informasi, ternyata sebenarnya mainan ini sudah ada dari tahun 1996 lho saat pertama kali dipatenkan oleh Catherine A Hettinger (walaupun hak paten dari si penemu mainan unik ini Catherine A Hettinger sudah kadaluarsa).

Sebenarnya di Amerika mainan ini sudah cukup lama populer. Mainan ini bahkan masuk dalam 10 jenis mainan paling laris di Amazon.com pada bulan Mei 2017.

Malah di AS, sekolah-sekolah mulai melarang muridnya membawa fidget spinner ke sekolah karena mengganggu belajar. Di Indonesia, fidget spinner yang lagi ngetren ini juga mulai dilarang di beberapa sekolah terutama saat kegiatan belajar mengajar tentu tidak sepantasnya sambil bermain spinner.


Mainan ini baru menjadi gadget hits yang digandrungi oleh anak-anak dan remaja di Indonesia dalam waktu beberapa bulan belakangan di Tahun 2017 ini. Di negara kita, mainan unik ini baru marak di tahun 2017 an ini sejak permainan ini ramai diunggah ke media sosial dan menjadi viral di masyarakat.



Saat penulis kanak-kanak, di era tahun 80.an memang mainan ini memang belum ada, yang ada saat itu permainan yoyo, gasing, suriken dari kertas, permainan gatrik, petak umpet, cari jangkrik ke sawah, menangkap kodok hijau dan ngurek belut, mancing jangkrik gangsir, mancing ikan, naik pohon kersen, jalan-jalan naik sepeda, mencari tebu di kebun tebu dll...hehe...jadul banget ya.


Sekilas kita melihatnya, orang yang sedang memainkan mainan fidget spinner ini, seperti kurang kerjaan ya...hehe...Tapi jangan salah, permainan ini ternyata diklaim bisa meredakan stress, bahkan digunakan sebagai alat bantu terapi pasien yang mengidap penyakit cemas berlebihan, autisme dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). benarkah?

Fidget Spinner ini disebut juga fidget toys. Toys dalam Bahasa Indonesia artinya mainan, sedangkan fidget dalam Bahasa Indonesia artinya gelisah atau cemas, sedangkan spinner sendiri artinya pemutar.

Dari namanya, fidget spinner toys, mungkin anda sudah bisa menebak fungsi dari mainan unik satu ini yakni sebuah mainan alat pemutar yang dimainkan untuk mengurangi rasa cemas atau bosan. Dimainkan ketika sedang mati gaya, saat menunggu atau ketika tidak ada aktivitas sama sekali.


Saat fidget spinner, pertama kali dibuat oleh Catherine A Hettinger dan dipatenkan pada tahun sudah 1996, tujuan awalnya, sebenarnya adalah untuk mengurangi kebiasaan buruk seseorang seperti mengigit-gigit kuku yakni kegiatan sekedar untuk menghilangkan rasa bosan saat menganggur atau tidak ada kerjaan.


Waah, ini benar-benar memperkuat seperti kurang kerjaan ya, karena mainan ini dimainkan saat saat sedang merasa bosan dan mati gaya. Untuk menghilangkan jenuh karena menunggu sesuatu alias saat kurang kerjaan. hehe....


Cara Memainkan Fidget Spinner
Cara memainkan mainan ini gampang banget kok. Kita tinggal memegang mainan ini dengan menjepitnya dengan dua jari tangan yakni jempol dan jari telunjuk atau jempol dan jari tengah (tergantung nyamannya apakah memakai tangan kanan ataukah tangan kiri) , lalu memutarnya dengan tangan satunya lagi. Biarkan berputar terus hingga nanti berhenti sendiri. Saat berputar, kita bisa melepaskan jari jempol dan membiarkannya berputas di jari tengah atau jari telunjuk.

Beberapa orang bilang pada saat Fidget Spinner berputar, kita akan merasakan sensasi nikmatnya bermain mainan unik ini.

Dimana Kita Bisa Beli Fidget Spinner?

Tertarik untuk beli fidget spinner? Kesempatan peluang bisnis ini tentu tidak disia-siakan para pelaku bisnis yang menangkap peluang terhadap mainan yang sedang ngehits ini. Tengok saja di toko online bukalapak, tokopedia, kudo, berbagai jenis dan model spinner ditawarkan.

Dari yang harga murah dengan fasilitas standar, berbahan body plastik, bearing plastik, dan tanpa tambahan led sampai dengan yang berbahan logam, dengan bearing logam, model standar tiga sisi, model logo batman, model Captain Amerika, tinggal pilih dan sesuaikan budget.



fidget spinner standar / klasik
Mulai dari model klasik yang terdiri dari satu buah bearing di tengah untuk berputar dan ditambah 3 Bearing lagi buat penyeimbang di tiga sisi lainnya, sampai model Batman Hand Spinner yang punya bentuk seperti logo nya Batman.

Dari banyaknya model fidget spinner ini, mungkin yang paling banyak dicari adalah model yang bisa mengeluarkan cahaya warna-warni dan menyala di kegelapan (glow in the dark).

Lihat Video di bawah ini contoh fidget spinner atau hand spinner dengan led yang memberikan nyala warna warni saat dimainkan.



Berapa Harga Fidget Spinner?

Sebuah fidget spinner dihargai beragam, mulai dari Rp. 10.000. an s/d ratusan ribu Rp 300.000.an juga ada lho. Niat banget ya ? Yang membedakan harganya di desain/keunikan spinner, bahan body spinner tersebut dan bearing nya.

Banyak perusahaan komersil yang melihat peluang bisnis di mainan unik ini. Mereka berkompetisi dalam mengembangkan mainan yang berbentuk seperti baling-baling tersebut baik dari segi bentuk, desain, maupun tampilan yang unik seperti ditambah led sehingga Spinner Fidget terasa lebih menarik bagi masyarakat.

Fidget spinner berbahan dari body plastik tentu akan beda yang dibuat dari logam apalagi baja stainless steel. Makin bagus dan mahal bearing yang berfungsi untuk memutar spinner fidget ini makin bagus kualitas nya yakni waktu/lamanya berputarnya.

Para perusahaan komersil juga memposisikan fidget spinner ini dengan propaganda mereka seperti : "Fidget Spinner no Jutsu! Ini Fidget Spinner yang Cocok untuk Fan Naruto Sejati!"

Manfaat Fidget Spinner


Coba perhatkan orang-orang di sekitar kita lebih teliti, maka kita akan menyadari bahwa sebagian dari mereka suka tidak bisa diam. Ketika disuruh duduk tenang, ada aja bagian tubuhnya yang bergerak-gerak, entah itu kakinya goyang-goyang, tangannya ngetok-ngetok kursi atau meja, atau mulutnya bergumam-gumam. Itulah yang disebut fidget.

fidget dalam Bahasa Indonesia artinya gelisah atau cemas. Nah, memainkan spinner bertujuan untuk mengurangi rasa cemas atau bosan tersebut untuk menyalurkan hasrat fidgeting mereka dengan fidget spinner atau hand spinner.

Menurut psikolog, mainan itu adalah terapi yang baik buat kita yang cenderung gampang gelisah, susah fokus, hiperaktif, ADHD, atau punya trauma tertentu.

Dorongan fidgeting bisa membuat susah fokus dan kesulitan dalam mengerjakan berbagai hal.

Mainan yang dimainkan dengan cara diputar ini diklaim bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi anak karena saat memainkannya dibutuhkan koordinasi antara tangan dan mata agar mainan ini bisa berputar lama dan seimbang.


Pertanyaannya, "Benarkah mainan "fidget spinner" bikin anak fokus dan konsentrasi?"

Bukan hanya disukai anak-anak, mainan mirip baling-baling kipas ini juga banyak dicari orang dewasa. Alasannya, fidget spinner bisa menghilangkan stres.


Mungkin anda juga berpendapat mainan spinner ini adalah mainan tak berfaedah, apalagi bagi para generasi tua yang membandingkan dengan mainan-mainan jadul di era tahun 70-90-an yang dirasakan lebih bermakna dan bermanfaat dibandingkan dengan mainan Fidget Spinner.

Menurut Direktur Time Psycology, Rachel Andrew, mainan ini diyakini mampu menjadi alat untuk membantu orang-orang yang menderita gangguan psikologis seperti gangguan kecemasan, sulit fokus, dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder.

Permainan hand spinner atau fidget spinner selain hanya untuk dimainkan saja, namun ternyata permainan ini diklaim memiliki banyak manfaatnya.


Berikut ini manfaat dari memainkan permainan hand spinner atau fidget spinner yang penulis rangkum dari berbagai sumber, yakni diantaranya :

1. Menghilangkan Kebiasaan Fidgeting

Kebiasaan fidgeting merupakan kebiasaan tangan yang berupa gerakan atau getaran yang dilakukan secara tidak sadar terjadi pada jemari akibat perasaan gelisah, bosan, was-was dan perasaan buruk lainnya. Atau dikatakan sebagai respon dari tubuh terhadap kecemasan atau kebosanan karena tubuh mengalami stress, yang kemudian mengirimkan pesan kepada anggota tubuh untuk menurunkan kadar hormon stress dengan menggoyangkan kaki atau menggigit kuku.

Dengan adanya hand spinner atau fidget spinner maka kita bisa mengalihkan aktivitas-aktivitas yang timbul dari kecemasan tersebut kepada permainan ini. Sehingga permainan ini akan membantu kita dalam mengurangi kebiasaan fidget dengan mengalihkannya menggunakan permainan fidget spinner atau hand spinner.

2. Melatih Ketangkasan

Permainan ini mampu melatih kekakuan jari-jari tangan dalam merespon sesuatu, atau ketika kita mudah lelah dengan aktivitas yang terfokuskan kepada kekuatan jari-jari tangan kita seperti menulis, maka akan menjadikannya lebih tangkas dan kuat. Dengan kata lain melakukan hand spinner atau fidget spinner sama halnya kita melakukan olah raga terhadap jari-jari kita. Jadi tidak ada salahnya mencoba permainan ini bagi kamu yang mudah mengalami kelelahan saat menulis.

3. Meningkatkan Kemampuan Belajar

Permainan hand spinner atau fidget spinner jika dilakukan dengan teratur, terkontrol dan stabil dapat meningkatkan kemampuan belajar.

4. Melatih Otak Kiri dan Kanan

Permainan ini diyakini mampu melatih otak kanan dan otak kiri secara bersamaan dengan menggunakan permainan ini.

5. Melatih Fokus dan Konsentrasi

Dengan memainkan permainan hand spinner atau fidget spinner ini diyakini mampu melatih kefokusan kita yakni meningkatkan memori serta tingkat kreativitas.

6. Melancarkan Peredaran Darah

Seperti dikutip dari dikutip dari falony.com, gerakan fidget spinner sebanyak 250 ketukan per menit diklaim mampu memperlancar peredaran darah, hal ini.

Hal ini dibuktikan seorang professor bernama Jaume Padilla dari MU Nutrisi dan Latihan Departemen Fisiologi.

Sehingga dengan bermain permainan ini kita berkontribusi pada diri sendiri dalam melakukan latihan ringan untuk memperlancar aliran darah.

7. Mengurangi Stress

Stress adalah suatu hal yang wajar ketika kita hidup. Sehingga upaya untuk mengurangi stress tersebut amatlah perlu dilakukan. Karena jika stress menumpuk di pikiran kita, maka penyakit berat lainnya bisa jadi ikut menerjang tubuh kita. Oleh karenanya, permainan hand spinner menjadi alternative solusi untuk mengurangi sress yang ada pada diri.

8. Membantu Orang Berkebutuhan Khusus

Seseorang dengan kebutuhan khusus seperti autis, gangguan kecemasan, dan Attentiont Deficit Hyperactive Disorder (ADHD) dapat dirangsang untuk mengeluarkan kreativitas dan menjadi lebih rileks dengan menggunakan permainan ini.

Psikolog Mark Rapport dari University of Central Florida dikutip dari Detik Health menyebutkan bahwa mainan yang dapat berputar (fidget spinner) manfaatnya lebih kearah memberikan distraksi daripada manfaat nyata untuk individu dengan Attentiont Deficit Hyperactive Disorder (ADHD).”

9. Mengurangi Resiko Kematian pada Pekerja yang sering Duduk

Hasil penelitian terbaru di Inggris yang melibatkan 14.000 wanita berusia 35-69 tahun mengatakan bahwa pekerja kantor yang menghabiskan jam kerjanya dengan duduk memiliki resiko buruk pada kesehatan.

Sedangkan wanita yang melakukan fidgeting memiliki resiko kematian dini lebih rendah dibandingkan dengan yang duduk diam saja selama berjam-jam. Sehingga dengan melakukan fidget spinner akan semakin membantu mengurangi resiko kematian jika dibandingkan dengan melakukan fidgeting.

10. Mengisi Waktu Luang dan Pengalih Kejenuhan Pekerjaan

Bosen waktu luang digunain buat itu-itu saja? Pengen sesuatu yang beda? Tidak ada salahnya mencoba permainan Hand Spinner atau fidget spinner. Disamping bisa membunuh waktu luangmu, dengan memainkan permainan ini bisa mendapatkan manfaat yang sangat banyak seperti yang dipaparkan di pont pertama hingga point ke delapan.

Bagi kita yang work holic, permainan yang satu ini sangat cocok untuk menemani kita saat sedang bekerja. Di sela-sela menumpuknya pekerjaan dan saat kejenuhan melanda, tidak ada salahnya buat mencoba memainkan permainan unik ini.

Cukup lima sampai dengan sepuluh menit memainkan permainan ini akan membantu mengurangi kejenuhan dalam bekerja. Setelah itu, kita bisa melanjutkan kembali pekerjaan kita.

Penelitian


Beberapa pakar mengatakan bahwa melakukan permainan memutar dengan tangan bisa membantu kita tetap fokus dan tenang.

Menurut Julie Schweitzer, peneliti bidang perilaku, anak-anak yang memiliki gangguan pemusatan perhatian dan perilaku (ADHD) akan mendapatkan manfaat dari melakukan permainan fidget (memutar pelan, memantul, atau bergerak perlahan-lahan).


Walau begitu, alat yang dipakai dalam terapi itu biasanya bola karet yang besar. Hasilnya pun belum tentu sama dengan menggunakan alat pemutar kecil di tangan seperti spinner. Jadi, belum terbukti apakah fidget spinner memang bisa meningkatkan fokus.


 


Resume dan Bahan Diskusi

Mainan yang diputar-putar dengan jari ini diklaim memiliki banyak manfaat seperti disebutkan di atas, yakni diantaranya bisa mengurangi kebosanan dan stres. Selain itu juga bisa meningkatkan konsentrasi, melatih fungsi otak kanan dan kiri dan melancarkan peredaran darah.

Namun kembali kepada anda sendiri. Saat membeli atau membelikan spinner untuk anak-anaknya apakah sekedar membelikan mainan hanya untuk kesenangan/ hiburan saja, sebagai hadiah kecil, agar anak kita tidak dikatakan kurang bahagia di masa kecil, ataukah untuk tujuan dengan manfaat di atas. Semua kembali kepada Anda. Pertimbangkan manfaat dan madhorotnya saat akan membeli mainan ini.


Pada dasarnya menghilangkan bosan (fidgeting) merupakan aktivitas yang sudah sering kita lakukan, walau tanpa spinner. Bila Anda pernah menekan ujung kepala pulpen berulang-ulang, sebenarnya kita juga sedang melakukan "fidgeting".

Banyak orang mengatakan bahwa menekan objek di tangan memang membantu mereka tetap fokus saat melakukan sebuah pekerjaan atau mengikuti rapat yang panjang. Objeknya tak cuma pulpen, tapi juga earphone, penjepit kertas, atau kuku.


Kita juga bisa menyalurkan keinginan geratak dengan gerakan fisik seperti olahraga.

Di saat luang kita juga bisa memanfaatkannya dengan kegiatan yang berpahala seperti membaca dzikir dan membaca Al Quran.

Sekali-kali kita memainkan fidget spinner untuk hiburan, menurut penulis, tidaklah mengapa, yang penting tidak terus-terusan memainkannya, apalagi sampai mengganggu saat di kelas atau saat mengikuti kegiatan di rumah ibadah dan kegiatan formal lainnya.

Sesuatu aktivitas duniawi yang dilakukan berlebihan dan tak tahu waktu sering mengandung mudhorot.

Bila anda punya pendapat lain, silakan langsung aja tulis di kolom komentar di bawah ini ya.

(***dari berbagai sumber)
Loading...

Urang Sunda Asli (USA). Asal Kota kembang, Paris Van Java, Bandung. Hanya blogger biasa yang ingin berbagi info dan sumbangsih "Ngamumule Basa jeung Budaya Sunda".

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
July 14, 2017 delete

artikel yang sangat bermanfaat saya suka artikel yang mebahas tentang kelebihan suatu benda thanks bro buat artikel nya.
data recovery jakarta boleh dilihat juga artikel nya siapa tau bermanfaat bagi anada terima ksaih.

Reply
avatar

Terima kasih telah membaca artikel blog ini. Senang sekali bila Anda berkenan meninggalkan jejak dengan memberikan komentar positif untuk perbaikan dan pengembangan blog ini. Silakan lanjut untuk membaca artikel Menarik lainnya.
Semoga blog ini bermanfaat. Terima Kasih, Hatur Nuhun.