Puasa Sunnah Syawal Dikerjakan Berapa Hari ? Jangan Kaget, ini Pahalanya !

By | Juni 30, 2017

Pahala Puasa Syawal

Sebelum kami melanjutkan tulisan kami tentang pengertian puasa syawal, pahala puasa di Bulan Syawal, puasa syawal berapa hari, puasa syawal dimulai kapan, puasa syawal berapa hari setelah lebaran, apa dalil hadits tentang puasa syawal, dll, mumpung masih di Bulan Syawal dan suasana shilaturahim lebaran masih terasa kental seperti opor ayam, dengan segala kerendahan hati perkenankan kami mengucapkan :
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H..

تَقَبَّلَ اللّٰهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ
“Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan anda sekalian “

Serta semoga Alloh SWT memberi rohmat, kesempatan, kesehatan dan rizqi untuk bertemu kembali di ramadhan tahun depan.

آمــــــــــــــين

Para pembaca yang budiman, Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah telah berlalu beberapa hari yang lalu. 

Orang beriman memang tiada henti-hentinya terhadap lapangan pahala & kebaikan. Bukan hal yang aneh, dan memang sudah seyogyanya bahwa “beriman dan beramal shalih” adalah satu paket. Innalladziina aamaanu wa amilushholihaat. 

Setelah selesai satu amal shalih, maka akan menunggu amal shalih berikutnya. Seperti di firmankan Allah SWT dalam Surah Al Insyirah ayat 7-8: “Faidza faroghta fanshob, wa ilaa robbika farghob.” 

Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan/amal shalih), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. Lanjutkanlah/teruskanlah dengan amal shalih berikutnya ! Dan Hanya kepada Tuhanmu lah kamu berharap (pengampunan).

Setelah menyelesaikan kewajiban puasa ramadhan, pada bulan syawal ini sudah menunggu lapangan amal shalih kebaikan yang lain yaitu puasa sunnah yang dikerjakan selama enam hari saja. 

Memang merupakan cobaan tersendiri harus berpuasa lagi setelah satu bulan penuh berpuasa di Bulan Ramadhan. Namun demi mendapat keridhoan dan pengampunan Alloh SWT dan bonus dari Alloh berupa pahala yang sebanding puasa satu tahun penuh, kita perlu mengalahkan hawa nafsu dan segera mengendakan kapan mulai berpuasa syawal. 

Berpuasa 6 hari bulan Syawal pahalanya juga tidak main-main, pahalanya sebanding dengan puasa satu tahun penuh. Adakah diantara kita yang kuat berpuasa selama satu tahun penuh ?

Dengan dalil puasa syawal tersebut, bukankah sungguh satu amalan yang sayang bila dilewatkan begitu saja?

Pengertian Puasa Syawal 

Puasa syawal adalah sebuah puasa shunah (bukan puasa wajib) yang dikerjakan di Bulan Syawal pasca melaksanakan puasa ramadhan. Puasa Syawal dikerjakan selama 6 Hari, bisa berturut-turut, bisa juga selang-seling, yang penting dikerjakan di Bulan Syawal.

Walaupun puasa syawal merupakan amalan sunnah, namun mengingat keutamaan puasa sunnah syawal ini sangatlah besar. Dan, dalam satu tahun, bulan syawal hanya terjadi satu bulan saja, hanya satu kali dalam setahun, dan puasa syawal hanya di bulan syawal. Ya, iyalah!

Selain puasa syawal, masih ada beberapa puasa sunnah yakni puasa arafah di bulan dzulhijah/ tgl. 9 dzulhijah, puasa asyura yakni puasa bulan muharram / tanggal 9-10 muharram, puasa Nabi Daud yakni sehari puasa sehari tidak puasa, dll. 

Hadits Tentang Puasa Syawal 

Berikut ini dalil hadits tentang Puasa Syawal, yang akan menjelaskan berapa hari puasa syawal itu, dan apa pahalanya :

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ، كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْر

…Sesungguhnya Rasulalloh SAW bersabda, ”Barang siapa berpuasa Ramadhan, kemudian melanjutkannya dengan enam hari pada bulan Syawal, maka ada (ia) seperti puasa selama satu tahun penuh”. (HR Shohih Muslim 204 – (1164) fii kitabushiam)

عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ

مَنْ صَامَ سِتَّةَ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ كَانَ تَمَامَ السَّنَةِ، مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا

… dari Rasulillahi SAW, sesungguhnya beliau bersabda,”Barang siapa berpuasa enam hari setelah Idul Fitri sebagaimana (berpuasa) satu tahun penuh”. (Barang siapa datang dengan sebuah kebaikan maka baginya sepuluh kali sebagaimana kebaikan tersebut)[surat Al-An’am 16o].(HR. Sunan Ibnu Majah No. 1715 Kitabushiam).

MasyaAllah, kalau tiap tahun kita bisa mengerjakan puasa syawal berarti seperti puasa sepanjang tahun. waaahh…mantaps bro, mantaps sis !

Puasa Syawal Dimulai Kapan ? 

Pertanyaan, kapan puasa sunnah enam hari di bulan Syawal ini dimulai, tentu dimulainya pada hari kedua bulan syawal. Artinya sehari setelah berlebaran kita bisa memulai puasa syawal, karena pada hari berlebaran tanggal 1 syawal kita tidak boleh berpuasa, bahkan sunnahnya sebelum berangkat ke tempat pelaksanaan shalat ied, disunnahkan makan/sarapan dulu. 

Selanjutnya, puasa syawal bisa dikerjakan berturut turut selama 6 hari atau berselang-seling misalnya sehari puasa, sehari tidak, atau dua hari sekali, dan sebagainya, yang penting genap enam hari dan masih di Bulan Syawal.

Berdasarkan kalender Masehi berarti puasa syawal dikerjakan mulai tanggal 26 Juni 2017 yakni sehari pasca berlebaran 1 syawal 1438 H dan berakhir pada tanggal 24 Juli 2017. Tanggal 25 Agustus 2017 sudah memasuki Bulan Dzulqa’dah.

Niat Puasa Syawal 

Bagaimanakah lafal niat puasa syawal ? Sepanjang yang penulis ketahui, belum ditemukan hadits tentang lafal berpuasa syawal dan yang namanya niat cukup di dalam hati. Tidak usah kuatir, Allah SWT pasti mengetahui niat kita kok. 

Niat hati yang tidak karena-Allah saja diketahui oleh Allah, apalagi hanya niat puasa.

Namun bagi anda yang memang ingin melafalkan niat puasa syawal, mungkin bisa mengkajinya terlebih dahulu kepada guru mengajinya bagaimana lafal niat puasa syawal tersebut, supaya amalan kita benar-benar sesuai dengan perintah Allah dan Rasul-Nya yang termaktub di dalam Al Quran dan Al Hadits. 

Bayar Hutang Puasa dulu apa Puasa Syawal dulu?

Tentu saja pertanyaan dilema antara bayar hutang puasa ramadhan dulu ataukah mengerjakan puasa sunnah syawal dulu baru bayar hutang puasa, jawabannya ada pada diri masing-masing, tergantung situasi kondisi, kemauan, kemampuan, kesempatan dan kekuatan masing-masing. 

Bagi kaum muslimin yang di qodar sakit saat bulan Ramadhan atau bagi para wanita/ibu-ibu yang datang bulan sehingga diqodar punya hutang puasa, mungkin merasa dilema ya, apakah bayar hutang puasa dulu ataukah mengerjakan puasa shunah syawal dulu?

Katakanlah hutang puasa ramadhannya 5 hari. Bila bulan syawal waktunya masih panjang sampai berakhirnya bulan syawal, tentu lebih afdhal membayar hutang puasa dulu baru mengerjakan puasa syawal. 

Itu pun kalau dirinya mampu mengerjakannya (membayar hutang puasa yang 5 hari tadi ditambah puasa syawal 6 hari). Bila waktu syawalnya masih panjang dan mengerjakan puasa syawal itu tidak harus berturut-turut tapi bisa selang-seling hari ini puasa besoknya tidak atau diatur 2 hari sekali dsb. 

Namun kalau waktunya sudah mepet dimana bulan syawal akan berakhir tentu tidak ada salahnya mengerjakan puasa syawal dulu mengingat besarnya ganjaran pengampuanan dosa selama satu tahun penuh yang dijelaskan hadits di atas. 


Melihat besarnya ganjaran pahala seperti dijelaskan di atas, kita nggak mau ketinggalan dong? Yuk, paling tidak kita persiapkan diri kita, bagi yang mampu kita perlu-perlukan puasa syawal 6 hari ! 

Semoga para pembaca diberi kesehatan, kekuatan dan kemampuan untuk melaksanakan puasa sunnah syawal ini. 

Bro, Sis, Nyak, Babe ! Puasa Syawal Berapa Hari kita kerjakan ? Cuma 6 (enam) hari doang, tapi ganjaran pahalanya mantaps. bayangin saja anda puasa selama setahun berturut-turut, bukankah itu berat ? Berarti pahalanya besar dong ! Kalau kita sehat, kuat, longgar, kesempatan ada, masa sih kita sia-siakan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *