Yuk, kita kenali Apa Saja yang Membatalkan Puasa

By | Mei 31, 2017

Bagi orang yang berpuasa tentu akan menahan makan dan minum sejak shubuh hingga tiba adzan maghrib. Dan mereka akan menjauhi hal-hal yang membatalkan puasa.

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ، ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ

Artinya :  Makan dan minumlah sampai jelas  bagi kalian benang putih dari benang hitam yaitu sampai terbit fajar shidiq, kemudian sempurnakanlah puasa sampai malam (terbenam matahari). QS Al Baqoroh 187.

Dalam surat Al Baqoroh tersebut dijelaskan bahwa bagi orang yang berpuasa supaya menahan makan dan minum sejak fajar shidiq / shubuh hingga terbenamnya matahari.

Mungkin ada diantara pembaca yang bertanya-tanya, apa saja kah yang bisa membatalkan puasa?

Apakah memasukkan sesuatu ke dalam tubuh, selalu membatalkan puasa? Misalnya : saat kita menggunakan obat tetes mata, biasanya terasa ada yang masuk ke hidung.

Apakah menggunakan obat tetes mata membatalkan puasa ?

Apakah menghirup obat hisap membatalkan puasa?
Apakah mengoleskan remason atau salep membatalkan puasa?
Apakah suntik insulin membatalkan puasa?
dll

Yuk, kita lanjutkan !

Saudara-saudariku, segala sesuatu, baik berupa makanan maupun minuman yang mengenyangkan perut akan membatalkan puasa.

Walaupun masuknya makanan dan minuman tersebut tidak melalui mulut, hukumnya tetap membatalkan puasa, seperti memasukkan cairan yang mengandung zat-zat makanan )sebagai pengganti makanan dan minuman) baik melalui suntikan maupun infus.

Adapun segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh, yang tidak melalui mulut dan bukan merupakan pengganti makanan atau minuman, maka hukumnya tidak membatalkan puasa.

Nah, berarti beberapa hal berikut ini, tidaklah membatalkan puasa :

1. Suntikan cairan obat, contoh : suntikan obat ant biotik, analgesik )penghilang rasa sakit) atau suntikan cairan yang bukan sebagai pengganti makanan dan minuman, conth : suntikan insulin, vaksin meningitis.

2. Mengoleskan minyak angin, remason, menghirup inhaler, fresh care dan sejenisnya.

3. Obat tetes mata

4. Obat semprot Asma )nasal spray bronchodilator)

5. Transfusi darah

Demikian semoga penjelasan ini cukup menjelaskan kepada kita apa saja yang membatalkan puasa ? dan apa saja yang tidak membatalkan puasa ?

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *