Keren, Bule Norwegia Ini Bikin Lagu Nasi Padang !

By | Oktober 9, 2016

Masih teringat ketika ku mengecapmu (nasi padang), rasanya tak percaya bahwa ini nyata, pertama kali dalam hidupku. Bila kau adalah manusia, aku akan menikahimu.”

Itulah penggalan syair lagu “cinta” yang saat ini sedang jadi trending topic dan menjadi viral di Indonesia sejak diunggah di youtube pada tanggal 4 oktober 2016 !

Gara-garanya, seorang bule asli warga Trondheim – Norwegia yang bernama Audun Kvitland Røstad, ia seorang pria yang doyan travelling dan bekerja di sebuah rumah produksi musik yang berlibur selama tiga minggu di Indonesia. Selama di Indonesia ia mengunjungi Jakarta, Bali, Lombok dan Labuan Bajo Juli lalu.

Ceritanya, satu hari sebelum kembali Norwegia, Audun mencoba salah satu makanan khas nusantara dari Minang yakni Nasi Padang, nah…saat ia mencoba nasi Padang itulah, ia sangat terkesan dengan nikmatnya Nasi Padang.

Ia mengatakan : “rasaya sulit menggambarkan, karena rasa baru yang belum pernah saya coba sebelumnya !”. Ia begitu terkesan hingga ia “membuat lagu khusus untuk menggambarkan sedapnya nasi Padang dan untuk mengobati rasa rindunya akan makanan dari negara yang baru saja ia kunjungi tersebut”.

“Saya coba banyak makanan, dan pada hari terakhir, sebelum pulang ke Norwegia, dan kami makan nasi Padang, menimbulkan perasaan luar biasa, dan tak pernah saya rasakan. Dan langsung makan masakan Padang itu merupakan salah satu yang paling berkesan dalam liburan saya ini,” kata Audun.

“Begitu pulang, saya langsung rindu berat, dan buat lagu cinta untuk makanan sedap ini. Setelah lima menit saja, lirik lagu ini sudah jadi. Buat lagu ini sangat cepat.

Dalam blog pribadinya (www.kvitland.com), ia mengatakan :

This summer I was traveling in Indonesia for three weeks. It was one of the best travel experiences I have had so far. A country with beautiful breath taking nature, colorful corals, welcoming and generous people, and last but not least the amazing food!

On my last day in Jakarta, I tasted Nasi Padang. It was the best meal on the trip, and when I came home to Norway, I decided to show some love back to this amazing country and made this song as a tribute to Indonesia and Nasi Padang.

Bila diterjamahkan ke dalam Bahasa Indonesia, kurang lebih sebagai berikut :

“Musim panas lalu saya jalan-jalan ke Indonesia selama tiga minggu. Perjalanan itu adalah salah satu pengalaman jalan-jalan terbaik yang pernah saya alami sejauh ini. Sebuah negara dengan alam yang indah, karang-karang yang berwarna-warni, orang-orang yang ramah dan baik hati, dan yang terakhir makanannya yang luar biasa!”.

“Pada hari terakhir saya di Jakarta, saya mencicipi Nasi Padang. Itu adalah makanan terbaik selama dalam perjalanan, dan saat saya kembali ke Norwegia, saya memutuskan untuk menunjukkan kecintaan saya terhadap negara yang luar biasa itu dan saya membuat lagu ini sebagai persembahan kepada Indonesia dan Nasi Padang.”

Nasi Padang, menurutnya sebagai makanan yang luar biasa enak hingga ia langsung terinspirasi membuat lagu khusus untuk nasi Padang bahkan andai nasi Padang adalah seorang perempuan, ia ingin menikahinya! waduh!? Ada-ada saja ya!

Kebetulan Audun memang bekerja memproduksi musik untuk film di kotanya. Uniknya ia membuat lirik lagu nasi Padang ini dan merekam lagunya hanya dalam waktu dua jam saja.

“Favorit saya tentu saja adalah rendang…sangat enak..tidak seperti orang Norwegia lain, saya suka pedas, dan saya suka sambal cabe ijo, menurut saya tak terlalu pedas,” tambahnya.

“Aku adalah penggemar beratmu…dan ingatlah satu hal, pakai tangan kalau makan,” begitu antara lain lirik lagu Audun berjudul Nasi Padang dan diunggahnya di YouTube serta akun Facebooknya.

“Bila engkau manusia, aku akan menikahimu,” nyanyi Audun.

Melalui akun Facebooknya, Audun mengatakan tak hanya jatuh cinta pada makanannya namun juga keindahan alam Indonesia.

“Saya jatuh cinta dengan negara yang indah dan beragam ini, saya jatuh cinta dengan orang yang baik hati dan ramah, alamnya yang indah, dan saya juga jatuh cinta dengan makanannya.”

Bahkan Audun mengatakan ia ingin sekali membuka restoran Padang di negaranya suatu saat kelak.

Komentar positif pun membanjiri unggahan video tersebut. Semua setuju bahwa Audun menyanyikannya dengan bagus dan cukup menghibur.

Selain menuai apresiasi dan komentar positif dari banyak netizen, informasi mengenai video itu pun sudah sampai ke Menteri Pariwisata. Selain ucapan terima kasih karena mempromosikan kuliner khas nusantara, wacana yang beredar menyebutkan bahwa Audun akan diberikan penghargaan.

Videoklip lagu “Nasi Padang” di Youtube berdurasi 3:11 dari Audun ‘Kvitland’ itu kini telah ditonton sebanyak lebih dari 750.000 kali. Wow keren!

Membahas Nasi Padang, jadi lapar ya…? 

Sebenarnya, sebelum “Nasi Padang” sebelumnya juga telah ada lagu tentang makanan Indonesia yang dicipta oleh orang asing.

Lama sebelum “Nasi Padang” lahir dan populer, sudah ada, sebut saja “Geef Mij Maar Nasi Goreng” (Beri Saja Saya Nasi Goreng) tentang nasi goreng yang dicipta pada 1979 oleh perempuan warga negara Belanda bernama Louisa Johanna Theodora “Wieteke” van Dort atau Tante Lien, sebagai ekspresi rindunya kepada Indonesia.

Band punk Fransoa dari Perancis membuat lagu berjudul “Aku Lapar” yang diunggah ke YouTube oleh Fransoa pada 15 Januari 2015. Lagu ini tentang rasa lapar yang timbul karena menginginkan aneka makanan Indonesia dan rasa kenyang sesudah mendapatkan makanan-makanan itu diantaranya empal gentong.

Makanan khas nusantara berbahan pokok nasi sebenarnya masih banyak yang bisa dinikmati, berasa enak dan sedap seperti nasi lengko, nasi jamblang yang dibungkus daun jati, nasi liwet, nasi kuning, dan lain sebagainya.

Fuih, jadi tambah lapar deh….!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *