Wow, Keutamaan Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijah, Diampuni Dosa 2 tahun, Mau ?

By | September 10, 2016

Ada apa dengan tanggal 9 Dzulhijah? Apa Keutamaan Puasa Arafah?

Jawabannya : “Ada peluang pengampunan dosa dengan Puasa Yaumu Arafah pada tanggal 9 dzulhijah !” Ayo, Segera daftarkan diri Anda jadi pesertanya.

Berdasarkan keputusan Kementrian Agama Pemerintah RI, tanggal 1 Dzulhijah 1437 H jatuh pada Hari Sabtu (3 September 2016), berarti besok in syaa Allah bertepatan dengan tanggal 9 Dzulhijah 1437 H.

Tanggal 9 Dzulhijjah, bagi para jamaah haji sedang melaksanakan ibadah haji melakukan ritual ibadah haji yakni wukuf di padang Arafah. Bagi yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji, ada satu amalan sunnah Rasulullah SAW yang besar keutamaannya. Amalan besar tersebut adalah kita disunahkan melaksanakan puasa tanggal 9 dzulhijah yakni yang dinamakan PUASA ARAFAH/ AROFAH.
Puasa Arafah khusus bagi mereka yang tidak sedang melakukan wuquf di Arafah, adapun yang sedang wuquf di Arafah, tidak disunnahkan.
Nah, in syaa Allah besok, Minggu (11 September 2016) di Indonesia bertepatan dengan tanggal 9 Dzulhijjah 1437 H sehari menjelang kita akan merayakan Hari Raya Iedul Adha 1437H yakni insyaaallah jatuh pada Hari Senin 10 Dzulhijah 1437H.
Keutamaan Puasa Arafah diantaranya disebutkan dalam Hadits Shahih Muslim no. 1162, Hadits Sunan Abu Dawud no. 2425-2426, Hadits Sunan An-Nasa’i no. 2826, Hadits Sunan Ibnu Majah No. 1730, Hadits Al-Baihaqiy 4/286 & 300, diterangkan bahwa Rasulullah, Nabi Muhammad صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda,
 صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ
Puasa Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah), saya berharap bahwa Alloh SWT menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram), saya berharap bahwa Alloh SWT menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (Hadist Shohih Muslim no. 196 (1162) Kitabu Shiam).
عَنْ قَتَادَةَ بْنِ النُّعْمَانِ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ صَامَ يَوْمَ عَرَفَةَ غُفِرَ لَهُ سَنَةٌ أَمَامَهُ وَسَنَةٌ بَعْدَهُ
Dalam Hadits Riwayat Ibnu Majah di atas, bersabda Rasululloh صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, “barang siapa puasa hari Arofah (tgl. 9 Dzulhijjah) maka diampuni baginya 1 tahun yang akan datang dan setahun sebelumnya. (HR Ibnu Majah)
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ وَأَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ الضَّبِّيُّ قَالَا حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ غَيْلَانَ بْنِ جَرِيرٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَعْبَدٍ الزِّمَّانِيِّ عَنْ أَبِي قَتَادَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ إِنِّي أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ أَبِي قَتَادَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ وَقْدِ اسْتَحَبَّ أَهْلُ الْعِلْمِ صِيَامَ يَوْمِ عَرَفَةَ إِلَّا بِعَرَفَةَ
Artinya: Puasa hari arofah Aku (Nabi Muhammad SAW) berharap (mencari pahala) atas Alloh bahwa Allah menghapus dosa satu tahun sebelumnya puasa dan satu tahun sesudahnya puasa/ setahun yang akan datang (Hadits Riwayat At-Tirmidzi).
Jadi, Satu hari puasa arafah keutamaannya berpotensi pengampunan dosa dari Allah SWT setahun sebelum dan sesudah puasa, sementara puasa asyura keutamaannya pengampunan dosa sebelum puasa
Dalam hadits di atas, selain puasa Arafah, ada lagi satu puasa sunnah yang dinamakan Puasa hari ‘Asyura’ yakni pada tanggal 10 Muharram, yang keutamaannya adalah berpotensi pengampunan satu tahun sebelum puasa.
Niat Puasa Arafah
Bagaimanakah niat puasa arofah? Niat adalah pekerjaan hati, sehingga kita tinggal berniat dalam hati akan melaksanakan puasa arafah dengan berharap pengampunan dari Allah.
Setiap ada peluang amalan dengan pahala besar dan berpotensi pengampunan dari Allah SWT sehingga Allah ridho, menyayangi dan senantiasa mengampuni dosa-dosa kita, tentu kita tidak ingin ketinggalan ikut sebagai pesertanya, apalagi kalau tidak ada udzur atau aral melintang dimana kita longgar, mampu dan kuat. setuju?
Ayo kita daftarkan diri untuk jadi pesertanya! Jangan lewatkan kesempatan emas mendapatkan keutamaan puasa arafah ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *