Pengalaman Memperpanjang Surat Izin Mengemudi di SIM Corner Batununggal Bandung

By | Mei 28, 2016

Sebelumnya penulis sudah pernah berbagi pengalaman memperpanjang Surat Izin Mengemudi (perpanjang SIM) di layanan mobil SIM keliling Polrestabes Bandung, kali ini penulis akan membagikan cara memperpanjang SIM di SIM Corner terletak di Kompleks Pertokoan Modern Batununggal Bandung.

Perlu diingat “memperpanjang” ini maksudnya memperpanjang “masa berlaku” SIM tersebut, bukan “membuat SIM jadi lebih panjang ukurannya sehingga malah jadi nggak masuk di dompet”  😀

Baca juga yang ini :
Cara Memperpanjang SIM di Layanan Mobil Keliling Carrefour Kiaracondong Bandung

hap Mudah Memperpanjang SIM di Pelayanan SIM Keliling di Griya Hemat Bandung

Sumber: https://www.bandungtimur.net/2017/04/3-langkah-mudah-memperpanjang-masa-berlaku-sim-di-griya-hemat-bandung.html
Artikel ini berasal dari bandungtimur.net. Terima kasih telah mencantumkan sumber artikel ini

 3 Tahap Mudah Memperpanjang SIM di Pelayanan SIM Keliling di Griya Hemat Bandung

 Tahap Mudah Memperpanjang SIM di Pelayanan SIM Keliling di Griya Hemat Bandung

Sumber: https://www.bandungtimur.net/search?q=sim
Artikel ini berasal dari bandungtimur.net. Terima kasih telah mencantumkan sumber artikel ini

3 Tahap Mudah Memperpanjang SIM di Pelayanan SIM Keliling di Griya Hemat Bandung

Sumber: https://www.bandungtimur.net/2017/04/3-langkah-mudah-memperpanjang-masa-berlaku-sim-di-griya-hemat-bandung.html
Artikel ini berasal dari bandungtimur.net. Terima kasih telah mencantumkan sumber artikel ini

Yang perlu dipersiapkan sebelum mendatangi SIM Corner untuk perpanjang SIM, adalah :

1. Tekad yang kuat untuk memperpanjang SIM ke SIM Corner dan membaca Bismillah. Dan, jangan salah jalan, carilah Kompleks Batununggal, jangan malah ke alun-alun Bandung atau berfoto ria di Jalan Asia Afrika dengan boneka boboboi, spongebob, transpormer atau foto-foto sama pocong dll dari komunitas jurig.

NB: Lokasi SIM Corner Batununggal Bandung, yakni di bagian belakang kompleks Batununggal. Begitu Anda memasuki kompleks Batununggal maka carilah pertokoan Pasar Moderen Batununggal. Lurus saja sampai mentok belakang di tempat pool bis Primajasa (jurusan : Bandung-Bandara Soekarno Hatta).

2. Bawa Ballpoint untuk mengisi form isian nanti (biar nggak usah minjem atau beli lagi). Tapi tidak usah bawa buku gambar dan crayon/pensil warna ya, karena kita bukan mau lomba mewarnai. hehe…Satu lagi, jangan sekali-kali minjem bolpen kepada penjual bolpen karena anda memang harus membelinya dan tidak disewakan.

3. Siapkan Foto copy KTP.

4. Siapkan Foto copy SIM lama yang akan habis masa berlakunya.

5. Siapkan hasil pemeriksaan/Surat Keterangan Sehat dari puskesmas. (data kesehatan yang dibutuhkan yakni data berat badan, tidak buta warna dan tensi darah).

6. Uang sejumlah 130.000 sudah termasuk biaya parkir. NB: kecuali kalau belum bawa surat pemeriksaan kesehatan maka bawa uang untuk pemeriksaan kesehatan di lokasi SIM Corner dengan biaya Rp 40.000,- jadi total yang perlu di bawa kurang lebih Rp 170.000,- (Biaya perpanjang SIm Rp 120.000+pemeriksaan Kesehatan Rp 40.000+parkir+ dll misal beli teh kotak atau sukro)

7. Kalau perlu : bawa cemilan dan minuman, nasi timbel (barangkali saja belum sarapan dan laper berat).

Jadi persyaratan yang harus dibawa yaitu point 2-6 ya…. 🙂
Untuk point 4. sebenarnya disediakan juga layanan di tempat SIM Corner dengan membayar biaya Rp 40.000,- (empat puluh ribu rupiah), kalau di puskesmas tentu lebih murah ya, cuma bagi anda yang ingin praktis dan tidak ingin ribet harus ke puskesmas dulu, ya langsung di tempat saja.

Singkat cerita, dengan semangat 45, penulis datang di lokasi layanan SIM Corner di Batununggal Bandung pada pukul 8.30 WIB dengan pertimbangan sepagi mungkin agar tidak  terlalu antri.

Hohoho, jam segitu ternyata cukup banyak juga ya yang sudah datang dan berdiri mengantri di pintu gerbang (ada juga yang sambil cingogo sambil ngobrol-ngobrol dengan temannya atau kenalan barunya.

Jam 8.30 loket masih tutup (karena memang belum waktunya buka..hehe). Tertulis, loket di buka pk.09.00 WIB sd pk. 15.00, pantas saja belum ada petugas yang hadir karena baru dibuka pk.09.00.

Walaupun belum saatnya buka, petugas ternyata sudah tiba lima belas menit sebelum pk.09.00 yakni sekitar pukul 08.45 dan meminta para pendaftar untuk mendaftarkan diri di kertas yang tergantung di gerbang loket.

Tips! Mohon diperhatikan!

Bila anda jeli di pintu gerbang loket ada tergantung kertas untuk pendaftaran peserta, baiknya begitu datang langsung saja isi kertas tersebut, karena calon pendaftar akan dipanggil sesuai urutan di kertas tersebut. Jangan nunggu disuruh isi, karena akan rebutan, bisa-bisa anda yang datang lebih pagi terdaftar di bagian belakang karena telat daftar…!!!

Gambar di bawah adalah pemandangan saat antri ngisi pendaftaran di kertas pendaftaran tersebut. Siapa cepat, dia lebih duluan….

antri isi pendaftaran perpanjang SIM

Mengisi pendaftaran perpanjang SIM.

Setelah mengisi pendaftaran, para pendaftar dipersilahkan masuk ruangan SIM Corner.

memasuki ruang SIM Corner Batununggal Bandung

Dan, setelah semua pendaftar masuk, petugas akan memberikan penjelasan tentang syarat-syarat dan ketentuan untuk memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) di SIM Corner Batununggal Bandung, beserta penjelasan berapa biayanya dan tentang uji kesehatan boleh dilakukan di luar (di puskesmas dsb) atau mau dilakukan di tempat, dipersilahkan.

perpanjang SIM di SIM Corner Batununggal Bandung

petugas memberikan penjelasan syarat & ketentuan perpanjangan SIM.

Lihat juga penjelasan petugas di video berikut :

Setelah mendapatkan penjelasan dari petugas tersebut, kemudian para peserta yang setuju pemerikasaan kesehatan di tempat dipersilahkan mengantri di tempat pemeriksaan kesehatan dengan biaya Rp 40.000,-, di tempat tersebut juga ada mesin fotocopy bagi yang belum memfoto copy SIM atau Kartu Tanda Penduduknya (KTP).

antri pemeriksaan kesehatan

Setelah pemeriksaan kesehatan, pendaftar kembali ke petugas awal untuk mendapatkan form isian dan mengisinya sesuai data-masing-masing.

Setelah selesai mengisi form isian maka diserahkan ke bagian input data (lihat picture di atas atau bawah, lokasi ruang input data di sebelah kanan/ di belakang pendaftar yang berdiri sambil mengisi formulir).

Gambar di bawah, formulir isian yang harus di isi sesuai data pribadi masing-masing.

For,ulir pendaftaran perpanjang SIM.Jangan lupa di halaman kedua, membubuhkan nama lengkap dan tanda tangan anda.

Jangan lupa bubuhkan tanda tangan dan nama lengkap anda.

Setelah formulir di isi lengkap dan diserahkan ke bagian input data, kita tinggal menunggu panggilan untuk pencocokan data dan foto diri anda di ruang yang letaknya lurus lorong (gambar di atas).

Setelah itu, tinggal dipanggil lagi setelah print out SIM selesai di cetak.Selesai dah….setelah itu anda bisa langsung pulang melanjutkan aktivitas yang lain atau mau merayakankan selebrasi keberhasilan memperpanjang SIM dengan ngabaso dulu juga boleh. Yang bawa sangu timbel silahkan bisa dipurak balakecrakan ngariung we botram.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Jadilah warga negara yang baik, bila masa berlaku surat izin mengemudi anda akan habis masa berlakunya segeralah memperpanjangnya.

Saat ini pelayanan jasa SIM mobil Keliling dan SIM Corner seperti di Batununggal Bandung ini, banyak dibuka di mana-mana untuk menjangkau dan mempermudah para pengguna kendaraan bermotor untuk memperpanjang SIM nya.

15 thoughts on “Pengalaman Memperpanjang Surat Izin Mengemudi di SIM Corner Batununggal Bandung

  1. kharisma's world

    Kang jajang mau tanya kalo sim baru kadaluarsa seminggu masih bisa kan di sim corner? Dulu saya pernah tanya 3 bulan.. apa ada peratiran baru lg?

    Reply
  2. Unknown

    Nuhun infonya 😊😊
    Setidaknya ini bisa membantu bumil untuk bisa perpanjang sim dengan nyaman , engga kaya di sim mobile keliling , pagujud 😑

    Reply
  3. tiwie wulan

    Terima kasih infonya. Berguna sekali, tp kalau saya beda cerita, soalnya blanko SIMnya abis jd cm dikasih resi dan balik lagi buat foto dan cetak SIM bulan depan..

    Reply
  4. Reza

    Nuhun kang. Sangat informatif sekaligus menghibur baca postinganya si akang. Bodor tulisana haha..

    Pasti bisa kan ya kang kl bawa surat kesehatannya dr klinik atau puskesmas lain? Soalnya ada keterangan ada ‘Surat Keterangn Sehat dari Dokter yg Ditunjuk oleh Kepolisian’

    Reply
    1. BtmOn Post author

      Hatur nuhun komen na…yaah jangan sutris alias stress kang…enjoy aja.

      Harita mah, dari penjelasan Pak Petugas boleh pakai surat kesehatan dari Puskesmas asal sama dengan yang diujikan di tempat yang ditentukan…in syaa Allah nggak jauh beda da harganya, daripada uncag-incig tereleng ke sana kemari, di situ aja kang lebih praktis. Saya juga belum nyobaan dari puskesmas mah…demikian sekilas ingpo

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *