Cara Setting Email dengan Domain Sendiri di Google Apps pada blog Berplatform Blogspot

By | Mei 15, 2016

Pada tulisan kami sebelumnya tentang cara setting email dengan nama domain sendiri di google apps pada blog Berplatform Blogspot, silakan baca yang ini  :

Ini Dia Cara Membuat Email Berbayar di Blogger Tanpa Sewa Hosting

Nah, untuk dapat menggunakan gmail sebagai penyedia email utama anda untuk website anda, anda harus mendaftarkan dan memverifikasi domain anda di Google Apps ( menverifikasi domain dan men-setup email berakhiran domain sendiri di google apps). Pada contoh kasus ini, kami memberi contoh pembuatan email info@bandungtimur.net.

Setelah terdaftar di google Apps, anda harus membuat perubahan Mail Exchane (MX) record, disetting agar website anda dapat menggunakan Gmail untuk komunikasi email.

Nah pada tulisan kali ini, kita akan menyelesaikan 3 langkah lagi untuk menyelesaikan pembuatan email yang berakhiran nama domain kita sendiri yang sudah kita beli (email dengan nama domain sendiri yakni domain TLD (Top Level Domain) yang berakhiran .com, .net, dsb di google apps pada blog yang berplatform blogspot.

  1. Buka panel kontrol untuk domain Anda
  2. Buat data MX baru untuk Google Apps.
  3. Simpan data MX
Dan, step terakhir tinggal klik : VERIFIKASI DOMAIN DAN SIAPKAN EMAIL

Mari kita selesaikan, kita kupas langkah demi langkah integrasi domain dan email di Google Apps,

1. Buka Panel Kontrol (CPanel atau SPanel) atas Domain yang telah kita beli.

Pasca kita membeli sebuah domain di sebuah server (situs web dimana kita mendaftarkan domain), maka kita akan ada akses masuk ke CPanel atau SPanel.

Nah, kebetulan domain blog ini (www.bandungtimur.net), saya beli via Masterweb Network (MWM) dan saya memilih SPanel (bukan Cpanel), maka kita tinggal masuk ke :

Member area > Layananku > Domain yang sedang di setting emailnya > SPanel

Setelah kita memasukkan username dan password ke ke SPanel, maka akan muncul tampilan di bawah ini :

 Klik Kelola Domain dan DNS

2. Buat data MX baru untuk Google Apps. 

MX Record ( Mail eXchange Record) adalah record yang menunjukkan dimana, nama komputer ip address dari mailserver kita

Tampilan Awal sebelum ditambahkan data MX baru

Tambah Record MX

* Masukkan MX tersebut pada pada kontrol panel anda.

Tambah 5 Record MX di atas (prioritas 1,5,5,10,10 dengan masing-masing nilai/host), Nama Host: isi dengan @,  di isi satu persatu dan setiap input klik simpan.

3. Simpan data MX

Simpan maka tunggu proses Resolve DNS 1×24 Jam. Maka anda akan bisa kirim dan terima email di google apps dengan lancar.

Itulah cara Setting email dengan nama domain Sendiri di Google Apps pada blog Berplatform Blogspot.

Cukup menguras tenaga dan pikiran ya…hehe…
Tapi bagi Anda yang “menyukai tantangan” khan perlu mencoba dong untuk mengasah keterampilan berblogger ria. Biar tidak penasaran.

Namun, perlu diingat bahwa layanan gratis menggunakan email domain sendiri ini berbatas waktu lho, kita hanya diberi waktu satu bulan bisa memakai email dengan nama domain kita tersebut, dan selanjutnya bila anda berminat ingin meneruskan, maka google akan menawarkan beberapa paket berikut :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *