Ini Dia Cara Membuat Email Berbayar di Blogger Tanpa Sewa Hosting

By | April 28, 2016

Bagaimanakah, Cara Membuat Email Berbayar/ Email dengan Nama Domain Sendiri Tanpa Sewa Hosting?

Sebelum melanjutkan ke pembahasan berikutnya, ada baiknya kita mengetahui apa maksud email (electronic mail/ surat elektronik) dengan nama domain sendiri/ email berbayar?

Email dengan domain sendiri atau email custom domain adalah email yang berakhiran dengan nama domain berbayar (yang sengaja kita
beli/sewa) atau Top Level Domain (TLD) seperti .com (com : commercial biasanya blog-blog dagang/bisnis/ komersil) .net (net : network/ jaringan) .info (info : information) .org (org : organization/ blog-blog organisasi) .web.id .or.id
.co.id atau yang sejenisnya.

Ibarat toko di dunia nyata, bila kita tidak punya toko tentu pilihannya adalah kita harus sewa tempat atau sewa toko/ruko milik orang lain. Nah, di dunia maya istilah sewa toko/ sewa tempat disebut sewa hosting di penyedia jasa persewaan hosting.

Sedangkan domain adalah nama toko kita di dunia maya/ internet. Kita harus beli nama toko agar nama toko kita dikenali orang lain (beda dengan di dunia nyata, nama toko tidak perlu bayar lagi, cukup dengan sewa tempat/toko saja ke pemilik tempat/toko).

Jadi cukup jelas ya apa yang disebut domain dan apa yang disebut hosting?.
Baik domain maupun hosting, keduanya harus kita sewa ke penyedia jasa yang servernya disewakan kepada kita. Bisa sewa bulanan (perbulan) maupun tahunan (dibayar pertahun).

Kecuali, kalau kita pakai kepunyaan mang gugel (google) yakni blogspot/blogger, kita cukup bayar beli/sewa nama domain (nama toko) saja tanpa sewa hosting (sewa toko) karena kita pake server toko punya mang gugel. Enak khan?

Seperti situs atau blog ini yakni
www.bandungtimur.net
, merupakan blog berbayar dengan domain sendiri.
Sebenarna, dahulunya blog ini adalah blog gratisan berakhiran blogspot.com,
lengkapnya www.bandungtimur.blogspot.com, kemudian kami membeli domain
bandungtimur.net ke penyedia jasa domain dan hosting, lalu kami setting
dan berubahlah menjadi bandungtimur.net.

Kenapa kami menggunakan .net (dot net) karena memang yang .com (dot com) sudah ada yang pakai, sehingga “not available” (tidak bisa dipakai) bila kita membeli/ sewa domain bernama bandungtimur.com.

Blog ini dalemannya blogspot
milik google, sehingga kami tidak perlu sewa hosting lagi agar blog ini
bisa online di dunia maya. Beda cerita kalau blog kita dalemannya
wordpress, maka kita harus sewa hosting lagi agar bisa mengudara di
dunia online.


Bagi anda yang terbiasa menggunakan email (baca: i-mel bukan : e-mil atau e-mail), tentu sudah tidak aneh dengan alamat email yang berakhiran dengan @gmail.com, @hotmail.com, @yahoo.com, @yahoo.co.id dan sebagainya.

contoh-contoh email di atas adalah email gratisan yang bisa kita gunakan dalam berkorespondensi secara online lewat internet. Namun bagi para pebisnis baik perorangan maupun skala perusahaan, tentu akan lebih bonafid kalau kita menggunakan email dengan nama domain kita sendiri.

Misal bisnis atau perusahaan anda bernama PT. Alim Rugel tentu akan lebih terlihat professional bila alamat emailnya adalah sebagai berikut : kontak@alimrugel.com, info@alimrugel.com, admin@alimrugel.com. Tentu berbeda khan dengan alamat email gratisan berikut : alimrugel@gmail.com, info_alimrugel@gmail.com, dsb.
Kadang-kadang, seakan “tidak mahram” email yang dikirim dari email gratisan ke email berbayar (email dengan domain sendiri) suka tidak sampai atau masuk ke spam box.

Lagi pula, sayang khan kita pakai domain berbayar tapi tidak kita gunakan untuk nama email kita, padahal bisa kita setting dengan mudah.

Nah, kembali ke pembahasan Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Tanpa Hosting, bagaimanakah caranya?

Perlu diingat, email berbayar tanpa hosting ini hanya berlaku selama satu bulan, selanjutnya bisa Anda putuskan akan dilanjut atau kah tidak?

Yaa, paling tidak anda sebagai orang yang “menyukai tantangan” pernah mencoba dan mengasah keahlian beraktifitas blogging.

Misal: kita akan membuat nama email dengan domain bandungtimur.net, contoh : info@bandungtimur.net

Syarat mutlak untuk membuat email dengan nama domain sendiri adalah :

1. Memiliki domain berbayar atau Top Level Domain (TLD) seperti .com .net .info .org .co.id .or.id .web.id, dll. Bila anda berminat membeli nama domain bisa di sini (masterweb.com) atau di sini (idwebhost.com) atau yang ini (dewaweb.com).

2. Memiliki akun Google Apps.


Langkah-langkah membuat email custom domain :

•    Membuat akun Google Apps
•    Verifikasi Kepemilikan Domain
•    Menambahkan Pengguna di Google Apps (Opsional)
•    Mengarahkan Email ke Server Google Apps

Apakah yang Disebut Akun Google Apps dan Bagaimanakah Cara Membuatnya?

Google Apps adalah sebuah program gratis oleh Google yang sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan bisnis online bagi pemilik blog atau situs web seperti membuat email gratis dan direct domain. 

Cara membuat akun Google Apps untuk domain:

1. Silahkan menuju halaman pendaftaran Google Apps : klik disini !
 Klik kotak berwarna hijau : Mulai Uji Coba Gratis

2. Mulai ke Langkah 1. Lengkapi data diri anda kemudian klik berikutnya :

Silahkan lengkapi data-data yang diperlukan. Jangan lupa menambahkan
alamat email alternatif yakni alamat email yang anda gunakan di tempat kerja, yang akan berguna jika suatu saat anda lupa
password Google Apps.

 3. Langkah 2. Gunakan Domain Anda Sendiri atau Beli Domain Baru —-> Pilih : Gunakan Nama Domain yang telah saya beli —-> isi nama domain milik Anda (yang telah dibeli sebelumnya), kemudian klik : Berikutnya.

4. Langkah 3. Buat Akun Google Apps Baru Anda.
Masukkan nama pengguna anda (alamat email berbayar sesuai domain anda) dan Password untuk login ke Google Apps. Username
nantinya akan menjadi alamat email dan akun administrator yang memiliki
kuasa penuh untuk mengatur semua pengguna pada akun Google App anda.

ketik text yang menunjukkan Anda adalah manusia (bukan robot).
centang : Saya telah membaca dan menyetujui perjanjian Google Apps for Work. klik : setuju dan daftar.

5. Tunggu proses bahwa akun sedang disiapkan :

6. Anda akan memasuki setup akun bila akan menambahkan orang lain selain akun info@bandungtimur.net, misal menambahkan : contact@bandungtimur.net, klik: MULAI

Misal kita akan menambahkan rekan kerja kita dengan nama depan: eko dan nama belakang: odoy.dan nama pengguna nya (email selain yang dibuat tadi), misal : contact@bandungtimur.net, klik : TAMBAHKAN.

Bilamana tidak akan menambahkan, centang saja kotak :
Saya menambahkan semua alamat email pengguna yang saat ini menggunakan @bandungtimur.net

 

Klik : BERIKUTNYA.

klik : MULAI

7. Kita akan memasuki halaman : Verify your domain and set up email (memverifikasi bahwa anda pemilik domain tersebu dan mensettup email).




8. Salin tag meta yang muncul dan tempelkan di html blog anda. bila bingung cara memasangnya, klik : LIHAT CONTOH. (tag meta terletak di bawah <head> dan di atas <tiltle>Judul Blog</title>

9. Masuk ke blogger Anda dan tempelkan tag meta tadi di TEMPLATE blogger anda —> klik “edit HTML” (Blogger > Template > Edit HTML > tempelkan kode tag meta)

Kemudian Simpan Perubahan template, klik : “Save Template”

10. Kembali lagi ke halaman verifikasi google apps dan centang kotak : Saya menambahkan tag meta ke beranda saya.

Anda akan dibawa ke : Panel Kontrol Domain.

Sampai tahap ini sebenarnya akun email dengan domain kita sendiri sudah jadi dan kita akan mendapat ucapan selamat dari Tim Google Apps.

Tambahkan email dengan domain sendiri tersebut ke email kita, klik foto di ujung paling kanan email kita, sbb:

Masih ada Tinggal 3 langkah lagi untuk menyelesaikan pembuatan Email berbayar untuk diintegrasikan di blogger (verifikasi domain dan setup email untuk domain sendiri), yakni :

*Buka panel kontrol untuk domain Anda
*Buat data MX baru untuk Google Apps.
*Simpan data MX

Dan, langkah terakhir tinggal klik : VERIFIKASI DOMAIN DAN SIAPKAN EMAIL

Pembahasannya akan kita lanjut di artikel berikutnya.

One thought on “Ini Dia Cara Membuat Email Berbayar di Blogger Tanpa Sewa Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *