Seru juga Pengalaman Dokter Gigi Spesialis Orthodonti yang Satu Ini. Membuka Behel Jenazah !

By | Oktober 31, 2015
Ya, namanya drg. H. Dicky Harun, Sp.Ort, ia adalah seorang dokter gigi alumni FKG Unpad tahun 1989 yang mengambil spesialis orthodonti (merapikan gigi).

Pria humoris orang Cerbon yang Sundanis ini tentu tidak asing lagi bagi penulis. Ya, kami biasa bercanda, “silih asah, silih asih, silih asuh, silih heureuyan, dan silih dedetkeun…,” hehe… dont be angry please, I am just kidding ! We are brothers, inshaAllah in the world and hereafter (akhirat).

Sebelum kita lanjutkan pengalaman pertama pa dokter yang seru karena diminta untuk membuka bracket orthodonti/ behel orang yang telah meninggal,  mari kita kenali apa sih cabang ilmu orthodonti itu ?

Orthodonti adalah cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari pertumbuhan, perkembangan, variasi wajah, rahang dan gigi yang sangat besar dan abnormalitas dentofasial serta perawatan perbaikannya.

Tujuan dari perawatan ortodonti adalah didapatkannya letak gigi geligi yang beraturan sehingga memperbaiki estetika wajah dan gigi, dapat menghilangkan daerah tempat penimbunan kotoran, menghilangkan prematur kontak yang menimbulkan pergeseran mandibula dan menimbulkan rasa sakit pada sendi atau otot, mencegah terjadinya trauma yang dapat ditimbulkan karena letak gigi yang tidak beraturan dan engurangi kemungkinan kerusakan gigi anterior Karena letak gigi yang terlalu protrusi (tonggos). 

Apakah dokter gigi spesialis Sp.Ort itu? 
Dokter gigi spesialis adalah dokter gigi yang mengkhususkan diri dalam suatu bidang ilmu kedokteran gigi tertentu. Seorang dokter gigi harus menjalani pendidikan dokter gigi spesialis untuk dapat menjadi dokter spesialis. Pendidikan dokter gigi spesialis merupakan program pendidikan lanjutan dari program pendidikan dokter gigi setelah dokter gigi menyelesaikan wajib kerja sarjananya ( dan profesi) dan atau langsung setelah menyelesaikan pendidikan dokter gigi. Di bawah ini adalah gelar-gelar dokter gigi spesialis di Indonesia antara lain: 
1. Sp.KGA- spesialis kedokteran gigi anak 
2. Sp.BM – spesialis bedah mulut 
3. Sp.Perio – spesialis periodonsia (jaringan gusi dan penyangga gigi) 
4. Sp.Ort – spesialis orthodonti (merapikan gigi) 
5. Sp.KG – spesialis konservasi gigi (termasuk penambalan dan perawatan urat saraf gigi) 
6. Sp.Pros – spesialis gigi tiruan

Nah, Pa drg. Dicky Harun, Sp.Ort ini mengambil spesialisasi orthodonti.

Karena artikel ini bukan mau membahas terlalu dalam tentang keilmuan spesialis gigi, saya kira penjelasan apa itu spesialis orthodonti sudah cukup.

Pengalaman Pertama drg. H. Dicky Harun Sp.Ort Membuka Behel Orang Meninggal

ortodonti, dokter gigi, spesialis

Dicky Harun
29 Oktober pukul 12:39 ·

Drg. Dicky Harun, Sp.Ort, Spesialis Ortodonti

Alhamdulillah..


Pengalaman pertama diminta rujukan dokter UGD RS untuk mbuka behel/bracket orthodonti pada jenazah di UGD…
yang lucu..saya lupa kalau pasiennya sudah meninggal dunia…
saya bilang..: “tolong nengok ke kanan sedikit…”
pasien diam saja…
astagfirulloh….

smoga almarhumah diampuni dosa dan kesalahannya serta diterima amal ibadahnya…

Kayyis Card, Ayah Ud, Shantyy O’hara dan 60 lainnya menyukai ini.
Komentar
Siti Makhmudah : kalau sdh habit ssah ya dok hehehe
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 12:41
Dicky Harun : hehe..bukan habit..tp prosedur krj…
Suka · Balas · 29 Oktober pukul 12:42
Anna Paramitha : Waduh gk takut tu dok
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 12:43
Dicky Harun : anna…mbantu sesama tdk blh takut..
takut itu kl qt berbuat salah…
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 12:45
Oki Susilawati : Kalo sampe pasiennya nengok ke kanan gimana tuh pak dokter D..
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 12:49
Anna Paramitha : Jos ,memang betul tu pak dokter,miss u
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 12:50
Dicky Harun : Oki Susilawati…nah itu dia..seru tuh..behelnya ga jd dibuka..lanjutkan perawatan ortho nya…hehee
Suka · Balas · 2 · 29 Oktober pukul 12:54
Dian Hayati Hihi ini ortodontisnya yg….
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 13:12
Dicky Harun Dian Hayati…yg apaan Di..hehee…
Suka · Balas · 29 Oktober pukul 13:14
Athin Srihatin : Astaqfirollah……meninggal’a menddak xli yach n msi muda. Bnyk perbedaan ga tuch dok klw pasien’a sdh wafat
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 13:35
Dicky Harun mbak Athin Srihatin..meninggal krn penyakit meningitis… prbedaanya ya itu td..g nengok waktu dikasih nstruksik..hehe
Suka · Balas · 29 Oktober pukul 13:39
Cici Lusi Kusdiantoro : Q” _ _)
( _ ) Aamiin,,,O:)
_.>(“i”) tapii ngemeng2,,, pasien alm nya tertawa ngiikikkikk gakk denger instruksi Dokter???
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 13:57
Addlewise Subhaan : Amien … Nanti mlm beliau akan dtg d mimpi anda dan blg” trima kasih Dok…tapi maap sya gk bs nengok kekanan…tengokin dunk smile emotikon ..#becanda smoga alm d trima dsisi Alloh Swt.amien
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 13:57
Dicky Harun : Cici Lusi Kusdiantoro…hehe…ga lah Ci…paling ngomong dlm hatinya…
Suka · Balas · 29 Oktober pukul 14:34
Dicky Harun : Addlewise Subhaan..kn org sdh meninggal arwahnya ga bs kluyurn…hihii…
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 14:38
Cici Lusi Kusdiantoro : Wahhh kog pas ya, kan nanti Malem Jumat Ɣªª Dok??bisi datang minta behelnya dipasang lagi ceunah,,, Just kidding ya Dok , Hë•⌣•hë•⌣•Hë•⌣•Hë
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 14:40
Dicky Harun : Cici Lusi Kusdiantoro…asik dong..bayar lg dia..
Suka · Balas · 29 Oktober pukul 14:42
Mulyadi Yadi : Kata siapa nggak bisa keluyuran Ruhnya———!!! Subhannaallah kalau Si pulan itu diterima amalianya……kalau Amalia rusak bisa minta tolong di sempurnain……….Awas tuh pak Dokter kan sore ini mlm Jum’at
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 14:42
Nia Kurniati Sapari : Wow, pengalaman yang luar biasa …
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 14:44
Dicky Harun : kang Mulyadi Yadi..kt dalil kang…kl dia baik amalanya..ditidurkn ibarat tdrnya pengantin br…
tp kl amalanya buruk…ya ada siksa kubur..
kpn dong kluyuranya..? hehe..
Suka · Balas · 29 Oktober pukul 14:49
Susana Cempaka : Untung pasiennya nga jawab. Coba dia nengok ke kanan plus senyum dikit hihihi… pingsan dokternya
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 14:51
Cici Lusi Kusdiantoro : Bayar pake daun atau mau dikredittt ajh ya Dok ??? Pizzz ahhhhh aduhh maaf jadi becandaan teruss,,,kaburrr ahhhh, bisiii nanti datang ikutan komen =))˚˚°W̶̲̅ªªκ̣̇ªκ̣̇ª˚˚°º˚˚κ̣̇ªκ̣̇ªκ̣̇ªκ̣̇ª˚˚°=))=))=))˚˚°W̶̲̅ªªκ̣̇ªκ̣̇ª˚˚°º˚˚κ̣̇ªκ̣̇ªκ̣̇ªκ̣̇ª˚˚°=))=))
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 14:53
Dicky Harun : Susana Cempaka..hihii..paling sy nasehatin…jgn pasang behel d tukang gg ya…wkwkwk
Suka · Balas · 29 Oktober pukul 14:57
Susana Cempaka : Jangan ky, kasian ntar pasiennya maluuu. Kyaaa ketauan deh modalnya cuma sama tukang gigi
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 14:58
Dicky Harun : Th Nia Kurniati Sapari..alhmdllh trnyata orthodontis tdk hy dibutuhkn org hdp…
Suka · Balas · 29 Oktober pukul 15:16
Dicky Harun : btr nhn..ajkkh buat yg kasih like..kum we sadayana..teu dihiji hiji…
Suka · Balas · 29 Oktober pukul 16:28
Edi Novijanto : Hehehe…
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 18:34
Dicky Harun : ciih..mendi bae koh Edi kuh..tembeke ngekek jeh…
Suka · Balas · 29 Oktober pukul 18:37
Mulyadi Yadi : Leres pak Dokter…….Delengen bae kayak hantu Sundel bolong/ kuntilanak upami kepanggih niku aslie Nyuwun tolong di dongakke ben bebas dari siksa……upami ndeleng perjlnane niku yoh bengene….1.Tdk hormat kpd Orang tua / suaminya ….2.suka menghardik anak yatim/ faqir miskin…3.suka bikin issu/ hasut atau fitnah dll….yoh Niku Contohe jeh Pak Dokter Dicky
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 19:00
Herman Wonk Cerbon : Sikap atau akhlaq yg d ajarkan oleh Rosululloh thd orng yg sdh meninggal dunia…sebaiknya hanya menceritakan kebaikan2nya sj slma Beliau hidup d dunia…dan sm se x tdk dianjurkan/dilarang utk menceritakan kejelekan2nya…lagian dr mn Kang Mas Muyadi Mulyadi Yadi bs mengatakan ybs prnh berbuat dosa/dosa beaar ini dan itu…Na’udzubillaah…Semoga Allah mengampuni segala kekhilafan2nya slma hdp d dunia ..Aamiin…@Dutamar Furniture ; @dr .Dicky Harun ..Barakallaah….
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 19:47
Mulyadi Yadi : Aku ora menceritakan Keburukan siapapun jeh ust Herman……….Maaf jgn salah apabila Ente suatu melihat dgn mata sendiri nggak kata2nya yoh moko Ente jls bro……tp kata2nya orang yoh Berabe———-!!! Ati2 Ente bicara nanti aku Amini…………..
Suka · Balas · 29 Oktober pukul 21:48
Mulyadi Yadi : Maksudnya buat contoh yg hidup …………..Ente kalau koment lihat dulu
Suka · Balas · 29 Oktober pukul 21:49
Dicky Harun : super skali kangmas Herman Wonk Cerbon…matur kesuwun..smakin bijak d dewasa…hehe..
slm untk klrga..
Suka · Balas · 1 · 29 Oktober pukul 20:12
Athin Srihatin : Aduuuh aduuuuh kang mas mulyadi yadi ojo ribut komenan toooch. Inti’a gini aja »» manusia meninggal tdk bs gentayangan. Sundel boling/kuntilanak itu hny cerita fiktif. Klw pun ada arwah gentayangan itu mgkin syetan yg menggoda keImanan. Wis wis ja ribut yaaach heheee
Suka · Balas · Kemarin pukul 0:34
Mulyadi Yadi : Enggak Ribut jeh Athin………..kata siapa fiktip nanti kalau ketemu Nyata baru bisa percaya………..kita bukan mau menakut nakuti……jls itu Nyata jeh
Suka · Balas · Kemarin pukul 2:28
Suka · Balas · 1 · 23 jam
Heri Santoso : Hehehe pengalaman seru dan gokil dok. Salut…
Suka · Balas · 1 · 22 jam
Athin Srihatin : Hahahaaaa bs ja kakang mulyadi yadi…..
Suka · Balas · 20 jam
Dicky Harun : kang Heru Wibowo…ustad dutamar mh salah fokus bae..pilpres salh pilih…bc status salh maning..pan wis jelas almarhumah…priben seh bro..
Suka · Balas · 1 · 20 jam
Dicky Harun : kang Heri Santoso..mhn kang..sakantenan ngemutkeun…urang oge nj ngantri..mung kedah dibekeln ku amal ibadah nu leres sasuai petunjuk Alloh- Rosul…ajkkh kang
Suka · Balas · 20 jam

Keahlian Profesi Dokter Gigi Spesialis Ortodonti Tidak Hanya untuk Orang Hidup Saja!

Ternyata pengalaman pa drg.H.Dicky Harun, Sp.Ort ini membuktikan bahwa profesi spesialis orthodonti juga masih diperlukan bagi orang yang meninggal khususnya untuk membuka bracket orthodonti/ behel. Selamat bertugas pa dokter…lain kali pasiennya jangan disuruh nengok kanan dikit ya dok…

2 thoughts on “Seru juga Pengalaman Dokter Gigi Spesialis Orthodonti yang Satu Ini. Membuka Behel Jenazah !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *