Makna dan Pesan Logo dan Tema HUT RI ke 70 tahun 2015

By | Agustus 17, 2015
Gerakan ayo kerja, HUT RI 70
” Selamat HUT ke-70 Kemerdekaan RI, ayo kerja membangun Bangsa.”
Demikian pesan short message service (sms) yang saya terima dari KEMKOMINFO pada tanggal 17.08.2015 pukul 10.00. Mungkin saya terpilih menjadi Warga Negara Republik Indonesia yang baik ya sehingga dapet sms tersebut..hehe.. Anda juga sebagai warga negara yang baik tentu menerima sms yang sama khan?

sms Kemkominfo
sms dari Kemkominfo dan Humas MPR-RI

kemkominfo, kemkominfo RI
sms Kemkominfo RI

Sebelumnya, saya juga (dan Anda juga) para warga negara yang baik, telah menerima sms dari HumasMPR-RI pada tanggal 12.08.2015 pukul 15.00 yang isi pesan singkatnya adalah “Konvensi Ketatanegaraaan, Sidang Paripurna MPR RI, Jumat 14 Agustus 2015 (08.00-09.30), dengan Agenda Pidato Presiden tentang Kinerja Lembaga-Lembaga Negara”. Bagaimana sudah diikuti? Kalau belum, isi pidato bisa di lihat di laman resmi http://setneg.go.id.

humas MPR RI, MPR RI
sms Humas MPR RI

Adakah Makna dan Pesan pada Logo dan Tema HUT RI ke 70 tahun 2015?

Kembali ke judul artikel/ tulisan ini, yakni “Makna dan Pesan Logo dan Tema HUT RI ke-70 Tahun 2015”, sebagaimana yang kita ketahui, logo resmi peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 yang diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tepat di tugu kilometer nol, Sabang, Aceh bertemakan “Gerakan Ayo Kerja”.

Logo dan Tema HUT RI ke-70
Dikutip dari tulisan reporter Fadhil Nugroho,RED/CN41/SMNetwork, berita.suaramerdeka.com, logo ini ternyata memiliki nilai filosofis yang ingin disampaikan. 
Pertama, logo ini didominasi warna merah dan putih, mengadopsi warna bendera Indonesia.
Kedua, angka 70 pada logo tersebut tak hanya mengingatkan masyarakat Indonesia akan usia Indonesia yang sudah tua. Namun, di balik usia yang dianggap sebagian orang sebagai usia senja, ada negara yang besar yang berdiri, yakni Indonesia.
Ketiga, di angka 70, terlihat bentuk angka 7 dan 0 menyerupai kepala burung garuda yakni lambang negara Indonesia. Angka ‘7’ dan ‘0’ didesain dengan bulu kepala (jambul) masing-masing sebanyak empat dan lima helai bulu, yang melambangkan tahun kemerdekaan RI.
Keempat, angka 70 dilingkari dengan lingkaran berwarna merah. Lingkaran tersebut dibuat sesuai arahan Presiden Jokowi. Arti lingkaran tersebut adalah semangat kerja tanpa batas dan tidak pernah berhenti.
Kelima, tagline “Ayo Kerja” yang berada di luar lingkaran, menjadi ajakan bersama kepada pemangku negeri dan rakyat untuk bersama-sama bekerja keras mewujudkan mimpi dan harapan cita-cita kemerdekaan. Dan, di luar dari lingkaran ‘simbol semangat kerja’, tertulis ‘Indonesia Merdeka’ dan ‘Ayo Kerja’.

Sementara itu, Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2015 tanggal 17 Agustus 2015, dapat kita lihat di laman resmi http://setneg.go.id.

Dirgahayu, Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *