Puasa Syawal 6 hari Membandingi Puasa Satu Tahun

By | Juli 21, 2015
Alhamdulillahirobbil aalamiin, Puja dan puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kenikmatan yang begitu banyak yang tak mungkin kita bisa menghitungnya : 
وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللهِ لَا تُحْصُوهَا
Artinya : “Dan jika kalian hitung-hitung nikmatnya Allah, niscaya kalian tidak akan bisa menghitungnya (saking banyaknya)”.
Diantara nikmat Allah adalah kita masih diberi kesempatan umur bisa melewati ramadhan dan bisa merasakan kemenangan dan kegembiraan, hingga pada Jumat 1 Syawal 1436 H, beberapa hari yang lalu, kita telah sama-sama mengumandangkan takbir serta melaksanakan shalat Idul Fitri, sementara sudah banyak saudara kita yang sudah dipanggil o/ Alloh SWT, baik sebelum ramadhan maupun di saat bulan ramadhan kemarin.
Pasca lebaran, kita memasuki bulan syawal. Di bulan syawal, ada satu amalan lagi yang tak kalah besar pahalanya yakni puasa syawwal. Dalam Hadits Shahih Riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda :

(مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ (رواه مسلم

“Barangsiapa yang telah berpuasa Ramadhan dan kemudian dia mengikutkannya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka dia seperti orang yang berpuasa selama satu tahun.”
Berpuasa 6 hari di Bulan Syawal, seperti puasa satu tahun. Kalau tiap tahun kita puasa syawal, berarti seperti puasa terus terusan sepanjang tahun. Wow, Bukankah itu mantap!
syawal, puasa syawal, nyawalan
Puasa syawal selama 6 hari ini, bisa dilakukan berturut-turut, bisa dilaksanakan selang-seling, bisa dilakukan awal bulan, di tengah bulan syawal, bisa dilakukan di akhir bulan, yang penting masih di Bulan Syawal. Tidak susah bukan? Addinu yusrun (Agama memang gampang/ tidak memberatkan umatnya). 
Kalau kita hitung-hitungan, banyakan mana sih, dalam satu tahun, berapa kali kita puasa dibandingkan tidak puasanya? (Kecuali yang melaksanakan puasa Nabi Dawud yakni sehari puasa, sehari berbuka / tidak puasa). 
Kalau kita sehat/ longgar dan kuat, ah sigana teh meni teungteuingeun kalau tidak melaksanakan puasa syawal/ nyawalan ngan saukur 6 dinten wae teh !? asa lebar weh atuh ari urang sehat tur kuat mah tuluy teu puasa mah.
Ayo jangan ketinggalan, yang sehat, longgar dan kuat, ayo lakukan puasa syawal ! 
Just for 6 days only! 
Sok der ah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *