Masa Orientasi Siswa (MOS) Tahun Pelajaran 2015/2016

By | Juli 28, 2015

Senin (27/7/2015) merupakan tahun ajaran baru tahun pelajaran 2015/2016 di sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) secara serentak dimulai.

Kegiatan umum yang dilaksanakan dalam memasuki tahun ajaran baru dalam menyambut peserta didik baru adalah adanya kegiatan masa orientasi siswa (MOS) atau yang sekarang diberi istilah MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik), terutama di tingkat SMP dan SMA.

MOS sering dimanfaatkan oleh senior sebagai ajang balas dendam atas apa yang dialaminya dahulu, kepada juniornya. Bahkan, untuk beberapa kasus telah menelan korban.

Sejatinya, MOPD dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MOPD juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah. https://id.wikipedia.org/wiki/Masa_Orientasi_Peserta_Didik)

Tujuan MOPD adalah :

  • Memperkenalkan siswa pada lingkungan fisik sekolah yang baru mereka masuki

  • Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
  • Memperkenalkan siswa pada keorganisasian
  • Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah
  • Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah
  • Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka
  • Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
  • Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.

Seperti diberitakan Liputan6.com (27/7) yang dilaporkan Fitri Syarifah dengan judul berita “Masa Orientasi Siswa, Mendikbud Larang Praktik Perpeloncoan”.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, mengeluarkan surat edaran nomor 59389/MPK/PD/Tahun 2015 yang dikeluarkan pada 24 Juli 2015, ditujukan kepada gubernur, bupati, dan walikota seluruh Indonesia agar mencegah praktik perpeloncoan, pelecehan, dan kekerasan pada Masa Orientasi Siswa (MOS) peserta didik baru di sekolah.

Kang Emil (Ridwan Kamil), Walikota Bandung telah meminta Dinas Pendidikan Kota Bandung untuk menyusun aturan untuk mengantisipasi MOS yang berbau perpeloncoan senior kepada yunior warisan jadul (jaman dahulu) yang sering berpotensi kepada kekerasan fisik dan pungutan di luar aturan. Kang Emil, mengharapkan agar MOS berjalan lebih edukatif dan harus fokus pada pendidikan karakter misalnya dalam hal sopan santun. http://www.tribunnews.com (27/7).

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Rahmat, yang akrab dipanggil Ahok, menegaskan, bila ada senior yang melakukan aksi kekerasan atau bulliying, ancaman dan paksaan terhadap junior selama MOS, maka siswa tersebut diancam dikeluarkan dari sekolah. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta juga telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 59/SE/2015 tentang Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) Tahun Pelajaran 2015/2016 berisi himbauan kepada seluruh sekolah di wilayah DKI Jakarta supaya meninggalkan tradisi lama perpeloncoan.

Mengutip laman Kemendikbud, Senin (27/7/2015) ada dua poin penting yang disebutkan dalam surat edaran ini. Pertama, para kepala daerah diminta untuk menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk mengantisipasi dan memastikan bahwa dalam pelaksanaan orientasi peserta didik baru tidak ada praktik dan atau menjurus pada praktik perpeloncoan, pelecehan, kekerasan terhadap peserta didik baru baik secara fisik, maupun psikologis yang dilakukan di dalam dan luar sekolah.

Dalam melakukan masa orientasi peserta didik baru (MOPD), tugas penting sekolah adalah mengenalkan program sekolah, lingkungan sekolah, cara belajar, dan penanaman konsep pengenalan diri, kegiatan kepramukaan, dan kegiatan lainnya. Kakak kelas atau alumni, dilarang untuk mempermainkan atau melakukan tindak perpeloncoan, pelecehan, dan atau kekerasan terhadap adik kelas.

Selama MOPD, sekolah juga tidak boleh memungut biaya dan membebani orang tua/wali dalam bentuk apapun. Kepala sekolah juga harus mengetahui isi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 55 tahun 2014 tentang Masa Orientasi Peserta Didik Baru di sekolah, dan wajib menginformasikannya kepada para pelaksana di sekolah masing-masing.

Dalam surat edaran itu pula tertulis, dinas pendidikan harus memastikan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wali kelas, dan guru adalah pihak yang bertanggung jawab sepenuhnya atas penyiapan dan pelaksanaan kegiatan orientasi peserta didik baru. Jika tindak kekerasan, perpeloncoan maupun pelecehan tetap terjadi, maka dinas pendidikan dapat melakukan tindakan dan atau hukuman disiplin sesuai kewenangannya.

Poin kedua, Mendikbud mengimbau kepada masyarakat khususnya orangtua atau wali peserta didik untuk memantau dan mengawasi pelaksanaan orientasi peserta didik baru. Orangtua atau wali diminta melaporkan ke dinas pendidikan setempat.

Sudah seyogyanya pihak sekolah mengawasi seluruh kegiatan siswa di sekolah agar terhindar dari segala bentuk kekerasan dan perilaku menyimpang, seperti tawuran, bullying, kekerasan seksual, pemerasan, pungutan liar.

Sudah bukan zamannya lagi, peserta didik baru dibentak-bentak dan diberi tugas yang aneh-aneh yang akhirnya mubazir. Seperti disuruh membeli balon, bayangkan harga satu balon gas pada saat berlangsung MOS, melambung seharga Rp 7000 – Rp 10.000, katakanlah ada 200 siswa/i, kalau harga balon Rp 10.000 maka Rp 2.000.000,0 (dua juta rupiah) terbang begitu saja karena ternyata balon tersebut hanya untuk menerbangkan nama sekolah ke udara. Bukankah itu tidakan mubazir? dan hanya akan menjadi sampah yang mengotori kota? Ya, kalau tujuannya untuk membantu penjual balon, mungkin lain cerita. Namun tentu ada cara lain yang lebih berguna. Juga, apakah tidak belajar dari kejadian di Makasar tahun 2014 yang lalu saat balon gas meledak dan melukai banyak orang hingga luka bakar terkena sambaran api dan zat hidrogen gas balon yang meledak.

Belum lagi ada senior yang membuat susah tidak hanya kepada siswa/i baru bersangkutan namun berimbas pada para orang tua siswa/i baru karena biasanya anak-anak sudah kecapean dan akhirnya yang mencari tugas senior yang aneh-aneh dan harus dibeli mendadak, ya orang tuanya yang dibuat kalang-kabut menyiapkan untuk keperluan anaknya. Seperti hal balon tadi saja, bayangkan para orang tua siswa shubuh-shubuh harus mencari balon untuk anaknya, diberi tugas membawa makanan popeye (bayam) hingga malam-malam harus mencari bayam dan akhirnya karena sudah malam terpaksa beli di supermarket, yang ada bayam import, ya akhirnya terpaksa membeli bayam import tersebut padahal harganya jelas mahal, anak-anak baru disuruh membawa minuman alien, dsb yang membuat puyeng para orang tua dan harus mengeluarkan uang tambahan yang memberatkan bagi yang tidak mampu, padahal biaya untuk membeli seragam dan atributnya juga bukan uang sedikit, ada lagi anak-anak disuruh membuat surat cinta untuk satgas panitia, dsb yang menurut hemat kami betul-betul tidak mendidik dan hanya menjadi ajang cari-cari kesalahan para junior kemudian bisa seenaknya membentak-bentak yunior padahal mungkin jejak rekam medis yunior tersebut tidak siap mendapat perlakuan seperti itu. Mungkin bisa membuat trauma mental.

Cik atuh lah jang, nyai, geus teu usum ayeuna mah maen sosorongot popolotot, pating gorowok, teu pararantes, jeung gandeng deuih ka tatangga,sok komo mun niat goreng mah (hayang balas dendam baheula atawa ngengera atawa nyusahkeun budak anyar) sok geura tungguan we ngngke ge aya babales hukum karma kalakuan kitu mah.”

Apakah tidak lebih berguna bilamana MOS dipakai ajang pengenalan lingkungan baru wilayah sekolah, pengenalan jurusan/laboratorium/ kurikulum di sekolah, penyaluran/peluang/kesempatan kerja setelah lulus, atau mungkin dalam hal yang lebih agamis semisal pengenalan tata cara shalat karena mungkin ada yang belum bisa, pembinaan akhlaq/budi pekerti, tata krama, cara berdoa sehari-hari, dsb.

 

Teka-teki Aneh saat MOS

Salah satu teka-teki panitia MOS, bawa kursi goyang
Pada saat MOS biasanya panitia (biasanya para senior kelas XI dan XII) menyuruh siswa/i baru membawa sesuatu dengan bahasa teka-teki, misalnya: harus bawa minuman alien, dsb. Berikut kami sertakan contoh teka-teki aneh tersebut dari blog sebelah (http://penghuni60.blogspot.com/2013/07/kamus-istilah-istilah-aneh-saat-mos.html dan http://iet-za.blogspot.com/2011/07/teka-teki-mosospek.html).

1. Air Desa = Air putih / Aqua,

2. Air anget = Air Jahe

3. Air Bening = Air putih

4. Air bernutrisi berbagai rasa = minute maid pulpy tropical

5. Buku terang = Buku merk ‘Sinar Dunia’

6. Permen serigala = permen Foxs

7. Permen dangdut = permen Lolipop

8. Pasir rakyat jelata + 3T = Nasi + Tahu, Tempe, Telur

9. Makanan singa bergoyang = Leo kripik kentang

10. Minuman matahari hijau = Minuman dari SunGreen seperti Vitazone

11. Buah putri salju = Apel / Kesemek

12. Nasi betadine = Nasi goreng / Nasi + Kecap

13. Nasi fullcolour = Nasi apa aja, asalkan warna warni

14. Nasi aking basah = Nasi putih biasa

15. Nasi michael jackson = Nasi putih (kayak mukanya yang putih)

16. Sayur sabun warna-warni = Sayur sop dengan berbagai macam isi terutama wortel

17. Tumis padi sunda = Tumis pare

18. Sayur ibu menyusui = sayur daun katuk

19. Pasangan barbie megang tong berdarah = kentang balado

20. Kedelai borokan = Tempe

21. Keripik cacar = Peyek

22. Snack perban jangan dibawa, jangan disentuh = Taro (pelesetan dari kata TAROH!! ga boleh diambil hehe)

23. Buah berjantung = Pisang

24. Air infuse 195ml = Air diganti labelnya jadi tulisan infuse 195ml

25. Rambut reggae goreng = Indomie keriting goreng

26. Teletubies merah bertato besar = PoTato besar

27. Chiki eko teriak = Cuba (dulu pas mamamia — ba cuba cuba hehe)

28. Snack melayang = snack hiu = Jetz

29. Coklat biliar besar = Caca besar

30. Biskuit tiga diva = Biskuit roma yang ada gambar tiga divanya

31. Buah full colour = Jeruk

32. Telur mata sapi normal = Telur mata sapi gak pecah

33. Spongebob goreng = Tahu goreng

34. Singkong I Love U = Kusuka

35. Keju berputar = Richese roll

36. Ratu perak = Silverqueen

37. Permen senang putih = Happydent white

38. Buah upacara = Apel

39. Air mbah surip = Jamu

40. Ikan masuk angin = Ikan kembung

41. Biskuit ade rai = Biskuat (kan aderai kuat. OTOT gitu loh!)

42. Minuman daerah saya, minuman area saya, minuman dunia saya = Mizone (plesetan dari me = saya dan zone=daerah/ area. MEZONE tapi diplesetin)

43. Buah lesbi/homo = Jeruk

44. Susu kebangsaan = Susu bendera

45. Coklat hujan = Coklat payung

46. Minuman perkakas = 2Tang

47. Mall cilandak = Chitos

48. Wafer piramida = Gery piramid

49. Minuman dugem = Club

50. Pocong ijo = Lontong

51. Teh hijau baru = NU green tea

52. Guling berdarah = Sosis diberi saus

53. Nasi trio macan = Nasi + iwak peyek

54. Coklat kembar = choki choki

55. Minuman permisi = mangga

56. Minuman trio macan = JG ( Jus Ginseng )

57. Chiki pesawat tempur = Jetz

58. Kue waktu bagus = Good time

59. Buah sir = Buah sirsak

60. Permen band = Goliat

61. Nasi orang meninggal = nasi penyakitan = Nasi kuning

62. Buah vampir = Buah pir

63. Buku suci isi 38 cap lawang sewu = Buku gambar cap lawang sewu

64. Chiki mall = Chetos

65. Snack sendawa = TUC

66. Air mineral merk osis = Air mineral cap oasis

67. Saya minum 2 = Yakult

68. Buah dad say yes = papaya

69. Chiki pembohong = Lays

70. Nasi suci = Nasi putih biasa

71. Buah raja mesir = Buah pir

72. Minuman boom = Tebs

73. Kerupuk dangdut = Kerupuk udang

74. Buah firaun = pir

75. Sayur PH-7 = Sayur asem

76. Biskuit cium itali = Malkist roma

77. Air putih dihormati = Susu bendera putih

78. Minuman piala dunia = Coca-cola

79. Biskuit keberuntungan = Biskuit selamat

80. Minuman waria bencong = Aquaria

81. Kacang cina = Kacang sanghai DEKA

82. Permen maksiat = Kiss

83. Nasi Magma = Nasi Beras Merah

84. Mata melirik ke kanan = telor ceplok, kuningnya dibuat di kanan

85. Cacing menggeliat = Mie goreng

86. Sayur si putih berkepala kuning = sayur toge

87. Buah selimut = pisang dikupas kulitnya dibawa

88. Minuman ustad = air putih ( kalau sembur orang kesurupan pan pake aer putih ustad”)

89. Minuman aku dan kamu = Tekita (kita artinya aku dan kamu)

90. Rumah iglo = nasi yang dibentuk kayak direstoran

91. Telor mata kedip = telor mata sapi

92. Sayur kuah 5 warna = sop (berkuah, isinya warna warni kayak wortel kentang dsb)

93. Buah dad say yes = papa ya (pepaya)

94. Air “putih” = susu

95. Snack monyet monyet gila = MOnyet MOnyet GIla (MOMOGI)

96. Dewi Sri Berjemur = nasi Goreng

97. Dodol Sapi….= SOZZIS

98. 1+lada = Selada

99. T+Kekebalan = Timun

100. Air Bilangan ‘2,3,5’ = Air minum cap Prima

101. Buah Bulan Sabit = Pisang

102. Kaka’ Amis Trick = Teh Manis

103. Binatang Dua Huruf Kriuk-kriuk = Kerupuk Udang (Udang=dua huruf ‘U dan G’)

104. Minuman Dwi panzer = Air Merk 2tang

105. Kerupuk union = Kerupuk Bawang (plesetan dari bhs inggris ONION = bawang)

106. Minuman Kanibal= Nutrisari (jeruk makan jeruk. Kanibal kaan? hehe)

107. Sayur cina / Stempel AIR = Cap Cay (stempel = cap, air = cai dalam bahasa sunda)

108. Usus Merdeka = Susu Bendera

109. Telletubbies mencari keringat = Po cari sweat

110. Botol minum team = CLUB

111. Keripik cinta = minori (bentuk kripiknya hati )

112. Landak fruit = salak

113. Pulpen cepat = Pulpen bermerk ‘Faster’

114. Pulpen cita-cita = Pulpen merk ‘Pilot’

115. Buku terang = Buku merk ‘Sinar Dunia’

116. Permen serigala = Foxs

117. Permen dangdut = Lolipop

118. Air kencing kuda 1 botol = Air aqua 1 botol

119. Pasir rakyat jelata + 3T = Nasi + Tahu, tempe, telur

120. Terowongan berlumpur = Kue semprong berisi

121. Makanan singa bergoyang = Leo kripik kentang

122. Minuman matahari hijau = Minuman dari sungreen seperti Vitazone

123. Pisang 1 sisir = Pisang dan 1 buah sisir (bukan pisang sesisir)

124. Biskuit argentina = Wafer Tango

125. Buah cium matahari = Sunkiss (plesetan dari sunkist)

126. Buah permisi = Mangga

127. Air mineral enam T = Air mineral merk VIT (dipisah VI T)

128. Buah putri salju = Apel/Kesemek

129. Buah centil = Kesemek

130. Lolipop tawar = Jarum pentul

131. Roti tawar/jepang = Pembalut

132. Terigu, jagung, wortel, toge, seharga Rp 500,- = Bakwan

133. Gulali Tawar = Kapas

134. Alas kaki jepit = Sandal jepit

135. Chiki Life Is Never Flat = Chitato

136. Po Cari Manis = Pocari sweat

137. Save snack = Snack merk selamat

138. Sabun genit = Sabun colek

139. Buah kasian = Apel malang

140. Avatar damai = Pisang (damai: peace, avatar: aang = peace aang = pisang)

141. Permen bau = Permen kaki (hot hot pop)

142. Minuman tiga kaki = Minuman larutan cap kaki tiga

143. Ketombe = Nasi putih

144. Pudding goreng = Tahu goreng

145. Sayur basi = Sayur asem

146. Nasi betadine = Nasi goreng / Nasi + Kecap

147. Nasi full colour = Nasi apa aja, asalkan warna-warni

148. Nasi aking basah = Nasi putih biasa

149. Nasi michael jackson = Nasi putih (kayak mukanya yang putih)

150. Sayur sabun warna-warni = Sayur sop dengan berbagai macam isi terutama wortel

151. Tumis sayur (apa aja) = Tumisnya sebentar aja, masih ijo seger

152. Sayur ibu menyusui = sayur daun katuk

153. Pasangan barbie megang tong berdarah = kentang balado

154. Kedelai borokan = Tempe

155. Sayur cina = Capcay

156. Sayur PH-7 = Sayur asem

157. Biskuit cium itali = Malkist roma

158. Air putih dihormati = Susu bendera putih

159. Biskuit keberuntungan = Biskuit selamat

160. Minuman waria/bencong = Aquaria

161. Kacang cina = Kacang sanghai DEKA

162. Air 235 = Air minum cap prima

163. Buah Nasib = Srikaya ( mbak sri jadi kaya )

164. Triplek isi Pasir = Creaker

165. Makanan bulan = keju/terang bulan

166. Kacang ilmuwan = kacang atom

167. Makanan pelaut = bayam

168. Minuman ngeres = marimas

169. Bantal tepung terigu = roti bantal deh kayaknya

170. Santan sapi murni = Susu cair putih

171. Spongebob coklat lembek = Brownies

172. Ikan harta karun = Ikan Mas

173. Bakal ayam = telur

174. Minuman 1000 pandang = Vitamin C 1000 (You see one thousand)

175. P3k = oky jell

176. Kentut Stela = qtela

177. Bantal Sobek isi nya Tanah liat = roti sobek isi coklat

178. Guling Sobek rasa darah = roti panjang isi stroberi

179. Buah mandarin = buah naga / jeruk mandarin

180. Minuman energi = serbuk cap tinju = extra joss

181. Tinta merah = sirup merah

182. Coklat balok = chungky bar

183. Telephone hewan khas china = biskuit hello panda

184. Tongkat badai cokelat = twister choco stick

185. Buah teh macintosh = fruit tea apel

186. Panggangan orang belanda cokelat = klapertart

187. Teh hijau gembira bunga melati = joy tea

188. Pesisir melingkar keju = richeese / rings

189. Trans jakarta bertenaga macan = biskuat

190. Cokelat lebih baik = better

191. Cokelat peralatan kucing = kit kat

192. Permen pria bertepuk = permen mentos

193. Buah harajuku = buah j-rock = buah jeruk

194. Lucky stick = tongkat keberuntungan

195. Minuman ringan membangkitkan ulama = NU Green Tea

196. Biskuit dengan texline”brr..brr..brr ” = oreo ungu

197. Biskuit super = biskuat

198. Bread essence = sari roti

199. Susu penurut = susu yes

200. Biskuit lebih baik = Better

201. Snack monyet petualang = Taro

202. Wafer coklat merk oli = TOP

203. Tongkat host happy song = coki-coki

204. Usus Merdeka = Susu Bendera

205. keripik cinta = minori (bentuk kripiknya hati )

206. Coklat pintar = smarties

207. Pulpen biasa2 aja = standard

208. Lengket rapet/jaring spiderman = lem atau lakban

209. Makanan pelancong = snack Tourist

210. Minuman spiritus = pepsi blue

211. Kotak dekat atas = kotak pasta gigi close up

212. Cahaya Matahari yang mencair = sunlight

213. Batu Bata Belanda = Oncom.

214. Air Minum 6T = VIT

215. Permen penyelamat = permen karet

216. Snack Sepatu Kekeringan = SOES KERING

217. Sabit merah = semangka

218. Pesawat akhir alphabet = chiki Jet-Z

219. Nasi band = nasi bluben

220. Buah raja mesir = pear

221. Air lumpur = susu coklat

222. Telur gunung berapi = telor balado

223. Sayur butek = sayur LODEH

224. Sprite tak bersoda = air putih

225. Coklat marshanda= cha cha

226. Chiki Bohong = Lays

227. Roti tukul = roti sobek

228. Tangan anti smash = ANTIS

229. Coklat michael jakson = TOP black & white

230. Buah menangis = Manggis

231. Sibulat dari tentara = Telur Puyuh

232. Trio macan = Ciki

233. Stronge bus = biskuat

234. Siratu perak = silver queen

235. Chiki gujlegan ato rege rege = Chitato’s

236. Si botak berketombe = onde-onde

237. Permen sik asik = garuda ting ting

238. Shake fruit mountain water = Mountea Rasa Buah

239. Buah janda = Anggur

240. Air tanah = Susu coklat

241. Sayur pos = Sop

242. Air kehidupan = nestle pure life

243. Air lumpur semut suka = teh manis

244. Coklat kuburan kucing= cadburry

245. Burung biru buat masjid = sendal jepit swallow biru

246. Teh 2 huruf = niiu green tea (kan NU doang merknya)

247. Permen gunung cinta = Alpenlible

248. Permen pocong = Sugus

249. Snack yang ga abis-abis = Pilus garuda

250. Panjang, lembek, tapi enak = Coki-coki

251. Susu tengkorak = Susu putih

252. Makanan raja hutan = Leo

253. Permen genit = Yuppy

254. Kacang jepang = Mayashi

255. Impus = air putih ( aqua)/ sprite

256. Kapur putih = rokok sampurna

257. Impus merah = fanta

258. Makan obat = makan pete

259. Teh band = teh kotak

260. Permen ac = relaxa

261. Coklat dansa = cha-cha

262. Permen cium = chupacup

263. Buah cantik = kesemek

264. Susu si mbok = milkymaid

265. Minuman trat trit trut tret trot trut = vit (lihat t nya ada 6 = vi)

266. Buah ibu mengandung = pisang

267. Buah pemakaman = jeruk purut

268. Buah waktu mama = buah jambu

269. Air telaga = air teh c-2

270. Nasi seksi = nasi ama paha ato dada ayam

271. Permen bacot = permen say ato kiss

272. Rambut nenek = arum manis

273. Keripik berbaring = keripik lays

274. Permen kayu = permen woods

275. Jus teknologi = jus apel

276. Pembantu dibayar menitan = minute maid pulpy orange

277. Bata merah merk OT = Tango gede rasa stroberi

278. Minuman ga ada disini = C2 (si-tu)

279. Susu Unta = Real Good (mata uang arab=real)

280. Gorengan bisul = Bakwan jagung

281. Permen atom = dinamit

282. Kelereng mas = polong mas

283. Sponge bob = tahu kuning

284. Telor garuda = snack pilus

285. Sayur besi = bayem

286. Stik cenat cenut = sosis so nice

287. Snack 3 saudara = tini wini biti

288. Coklat isi kacang tari + poco2 2buah = coklat chacha

289. Penyihir pasir = sandwich

290. Mencium matahari = sunkist

291. Pelicin kucing = kitkat

292. Semua di campur menjadi satu = gado-gado

293. Air semut = sprite

294. Roti sundel bolong = Donat

295. Ngombean bulir = Pulpy orange

296. Susu lonjong bunyi klakson = Ovaltin ( tinn tiinn.. )

297. Nasi lapangan hijau = Nasi pake sayur

298. Coklat ratu = Silverqueen

299. Roti Ratu Inggris = Diana bakery

300. Gelas isi rambut = mie gelas

301. Snack hi-five 2 taro 1= chittos

302. Makanan upin ipin diatas awan = ayam goreng diatas nasi

303. Minuman girlband = pocary sweat

304. Minuman gunung = Mount Tea

305. Minuman angin ribut = Torpedo

306. Buah kesukaan janda = anggur (warna ungu wkwkwk) bisa juga pisang (If you know what i mean)

307. Pensil warna Artis = Pensil warna Luna (Maya)

308. Cokelat berjerawat = Beng-beng

309. Biskuit zebra cross = Oreo

310. Minuman superhero = Ultra(man) Milk

311. Sayur stempel= CAP cay

312. Permen labil = permen karet (berubah-rubah gitu…)

313. Sandal jelly = Sandal Swallow (swallow kan juga merk agar-agar)

314. Lubang hewan China = LIANG teh cap PANDA

315. Air kencing banteng = Kratingdaeng (warnanya kuning kan)

316. Biskuit Hotel Bintang 5 = Ritz

317. Bata Argentina = Wafer Tango

318. Wafer pegal linu = Wafer Crunchox

319. Jagung ngebut = jagung Turbo

320. Minuman yang dilindungi = Larutan Penyegar Cap Badak

321. Nasi Lampu Merah = Nasi kuning+lalapan+sambal

322. Mie Lagu = PopMie

323. Biskuit Tahi Lalat = GoodTime Chocochip

324. Permen Thailand = Pagoda Pastiles

325. 1 buah laptop = sebiji apel

326. Minuman semut dingin = Coolant

327. Buah 12 shio = buah naga

328. Air penjumlahan = Air kali

329. Air putih tidur = Susu bantal

330. Nasi kalah perang = Nasi putih

331. Nasi hepatitis = Nasi kuning

332. Air ketek = Pocari Sweat

333. Makanan orang kaya = Richeese

334. Cokelat pelit = Silverqueen Chunky Bar (gede sih, tapi rela bagi-bagi?)

335. Lauk bendera jepang = Telur mata sapi

336. Nasi Kerucut = Nasi Kuning/Tumpeng

337. Kerupuk T*i Kucing = Kerupuk yang bentuknya panjang-panjang

338. Cokelat Tabung = Makanan Astor dan Sejenisnya

339. Telur Segitiga = Telur Dimasak dan dibentuk menjadi Segitiga

340. Kursi Goyang = Karton yang ditulisin “Kursi Goyang”

341. Buah Malam Minggu = buah upacara = Buah Apel

342. Bantal = Tahu Putih

343. Nasi Uduk Peta = Nasi Uduk + temPE TAhu

344. Kapur Cap Kota Amerika = Rokok LA Lights

345. Jus Pancasila = Jus Belimbing

346. Air Emas dari Hutan Tropis = Minyak Goreng Tropical

347. Snack Tornado = Twister

348. Nasi jelek = nasi goreng (goreng bahasa sunda artinya jelek)

349. Susu 130 neto = susu Boneto (1 ama 3 kalo digabung jadi B)

350. Permen bau = permen kaki

351. Makanan aku = mie

352. Kue channel tv = TRENZ (plesetan dari TRANS)

353. Batu bata bisa terbang = wafer yg merk superman

354. Bantal kedelai = tahu

355. Piring terbang = kerupuk

356. Triplek berlapis = tanggo

357. Minuman alat musik tanpa nol = Viand

358. Sayur kakek2 tua = Kangkung

359. Permen pocong = Sugus yang dibungkus tiap ujungnya

360. Telur tentara = Telur puyuh

361. Penghapus Prajurit = Penghapus faber castle

362. Kertas penyakit = Kertas Folio

363. Chiki sexy lips = Chuba

364. Bantal isi olie = roti bantal coklat

365. Ballpoint sejuta umat = standar

366. Biji kehidupan = beras

367. Roti malam pertama = roti kasur / roti sobek

368. Kacang Kimia = kacang atom

369. Bolpoint/ballpoint/pulpen cita-cita = pulpen profesi = Pulpe/bolpoin merk ‘Pilot’

370. Ular Cincin = snack ring

371. Sayur kamu banget = Sayur lo deh

372. Terowongan berlumpur = Kue semprong berisi

373. Si manis cap ehem = susu cap enak

374. Bantal manis = roti selai

375. Snack obat = pilus kapsul

Silakan bila ada yang mau menambahkan.
Semoga bermanfaat.

One thought on “Masa Orientasi Siswa (MOS) Tahun Pelajaran 2015/2016

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *