Inilah Doa yang Kita Baca Ketika Susah

By | Juli 9, 2015
Kecil Sukaria,
Muda Kaya Raya,
Tua Bahagia,
Mati Masuk Surga.


Alangkah Indahnya bila kehidupan mengalir mulus dan lancar seperti itu. Namun, ternyata kehidupan di dunia yang fana ini, tidaklah semulus itu. 
Dalam kehidupan yang fana di dunia ini, kesenangan, kesusahan, kegembiraan, kesedihan, kebahagiaan, berita duka, berita baik,  dst datang silih berganti.
Adakalanya kita dihadapkan perkara yang sulit dan belum ada solusinya. Berbagai cara/ ikhtiar sudah kita tempuh, namun masih mentok seolah tak berujung.

Apakah saat ini sedang mengalami gegana (gelisah galau dan merana?). Bagaimana dalam keadaan susah itu kita malah mendapat pahala sekaligus pertolongan Allah SWT?

Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada kita agar tidak berputus ada. Selain usaha lahir, juga diperlukan usaha bathin agar kita terlepas dari kesusahan dan kesulitan tersebut. Sementara, usaha bathin adalah mengimani dengan qodar/ takdir Allah, berpasrah diri dan berdoa memohon kepada-Nya.


Sebagai contoh dengan proses penerimaan siswa baru (PPDB) ternyata setelah kita melakukan proses shalat istikharah, ternyata hasilnya putra/putri kita tidak diterima dimana-mana karena kita salah strategi memilih sekolah (pilihan 1 dan pilihan 2 yang salah). Atau memilih pilihan 1 ternyata terlempar ke pilihan kedua, dll.
Pertama, yang harus kita lakukan adalah istirja, mengucapkan “Innalillahi wainna ilaihi rojiun, Allohumma’jurni fii mushibati wa akhlifli khoiron minha” Artinya: Sesungguhnya kami hanyalah bagi (milik) Allah dan kepada Allah kami akan dikembalikan. Ya Allah berilah saya pahala atas musibah saya ini dan gantilah dengan yang lebih baik.
Berikutnya, mengimani bahwa ini adalah takdir jalan kehidupan yang harus ditempuh putra/putri kita, dimana kita telah minta pilihan (istikharah) kepada-Nya dan inilah yang terbaik untuk kita/ putra/i kita. Yakin, bahwa itulah jawaban istikharah kita yang terbaik untuk anak kita. Bukankah apa yang menurut kita baik, belum tentu baik bagi Allah? dan sebaliknya.
Selanjutnya kita banyak berdoa ketika tertimpa kesusahan. Doa ini tentu untuk segala kesusahan apa saja dan kita memasrahkan diri kita kepada Allah dengan sepenuh hati.

sudah, doa ketika susah
ilustrasi : susah, sedih, kecewa, frustasi.Image credit : pixabay.com
DO’A YANG DIBACA SEWAKTU MENDAPATKAN/ TERTIMPA KESUSAHAN ATAU SUDAH DALAM KESUSAHAN

      اَلله ُ اَلله ُ رَبِّى لاَ اُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا  (رواه ابوداود ١٣٠٤)
(dibaca: Allahu, Allahu Robbii, laa usyriku bihi syaian.)

Artinya: Alloh, Alloh Tuhanku, Tidak Kusekutukan DIA dengan sesuatu pun.

Keterangan: Kalimat di atas mengandung arti kita mohon kepada Allah dalam keadaan apapun yang terjadi, kita tidak menyekutukan kepada Allah dan kita selalu bergantung/pasrah kepada Allah SWT.

لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ اْلعَلِيُّ اْلحَلِيْمُ

لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ اْلعَرْشِ اْلعَظِيْمِ

لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمٰوَاتِ وَ اْلاَرْضِ وَ رَبُّ اْلعَرْشِ اْلكَرِيْمِ (رواه الترمذى)
Artinya: Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Luhur lagi Maha Aris. Tiada Tuhan selain Allah Tuhannya Singgasana yang agung, Tiada Tuhan selain Allah Tuhannya beberapa langit dan bumi dan Tuhannya arsy/ singgasana yang mulya.

DO’A YANG DIBACA KETIKA MENGHADAPI PERKARA YANG SULIT

  اَللّٰهُمَّ لاَسَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً  (رواه ابن السنى)
Ya Alloh, tiada kemudahan kecuali apa-apa yang telah Engkau jadikan mudah, dan Engkau menghendaki bukit pasir menjadi rata itu mudah (Allah lah yang menjadikan gundukan pasir dipadang pasir dan jika Allah menghendaki untuk jadi rata, itu mudah saja. Termasuk jika Allah akan memberi kemudahan atas kesulitan kita, itu mudah saja).

DO’A KETIKA MELIHAT ORANG YANG TERTIMPA COBAAN
(Agar kita tidak diberi cobaan seperti orang yang kita lihat tersebut).


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى عَافَانِى مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَ فَضَّلَنِى عَلَى كَثِيْرٍ مِمَّن خَلَقَ تَفْضِيْلاً
 (رواه الترمذى)
Segala puji bagi Allah (milik Allah), yang telah menyelamatkan saya dari segala cobaan, dan yang telah memberi kefadholan kepadaku dibandingkan kebanyakan orang yang elah Engkau ciptakan, dengan sungguh-sungguh memberi kefadholan.

Keutamaan doa tersebut : cobaan yang dilihat tersebut, tidak akan menimpa orang yang baca doa ini.
DO’A KELAYAKAN DI DUNIA DAN DI AKHIROT

اَللّٰهُمَّ أَصْلِحْ لِى دِيْنِى الَّذِى هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِى وَ أَصْلِحْ لِى دُنْيَايَ الَّتِى فِيْهَا مَعَاشِى وَ أَصْلِحْ لِى اٰخِرَتِى الَّتِى فِيِهَا مَعَادِى وَاجْعَلِ اْلحَيَاةَ زِيَادَةً لِى فِى كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلِ اْلمَوْتَ رَاحَةً لِى مِنْ كُلِّ شَرٍّ  (رواه مسلم كتاب الذكر و الدعاء ٤٨٩٧)
Artinya: Ya Alloh, perbaikilah agama saya yang menjadi pegangan perkara saya, dan perbaikilah keduniaan saya yang merupakan mata pencaharian/ maisyah saya, dan perbaikilah akhirat saya yang menjadi tempat kembali saya, dan jadikanlah hidup/panjang umur sebagai tambahan bagi saya di dalam semua kebaikan, dan jadikanlah kematian saya sebagai istirahat saya dari setiap kejelekan.
Demikian beberapa doa saat kita mengalami kesusahan/ kesulitan. InsyaAllah kita akan lanjutkan di beberapa kumpulan doa yang lain. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *