Sekilas Profil Kota Bandung

By | Mei 20, 2015
kota bandung

Kota Bandungsaat ini merupakan kota metropolitan terbesar dengan jumlah penduduk terpadat di Jawa Barat sekaligus menjadi ibu kota provinsi Jawa Barat. Penduduk Kota Bandungdidominasi oleh etnisSunda, sedangkan etnisJawamerupakan penduduk minoritas terbesar di kota ini dibandingkan etnis lainnya.

Kota ini terletak 140 km sebelah tenggaraJakarta. Berdasarkan Jumlah penduduknya, Kota Bandung merupakan kota terbesar ketiga diIndonesiasetelahJakartadanSurabaya. Sedangkan wilayah Bandung Raya (Wilayah Metropolitan Bandung) merupakan metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelahJabodetabekdanGerbangkertosusila(Grebangkertosusilo).

Kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan, sehingga bentuk morfologi wilayahnya bagaikan sebuah mangkok raksasa yang menunjukkan pada masa lalu merupakan sebuah telaga atau danau.Secara geografis kota ini terletak di tengah-tengah provinsi Jawa Barat, serta berada pada ketinggian ±768 m di atas permukaan laut, dengan titik tertinggi di berada di sebelah utara dengan ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut dan sebelah selatan merupakan kawasan rendah dengan ketinggian 675 meter di atas permukaan laut.

Kota Bandung dialiri dua sungai utama, yaitu Sungai Cikapundung dan Sungai Citarum beserta anak-anak sungainya yang pada umumnya mengalir ke arah selatan dan bertemu di Sungai Citarum. Dengan kondisi yang demikian, Bandung selatan sangat rentan terhadap masalah banjir terutama pada musim hujan.

Keadaan geologis dan tanah yang ada di kota Bandung dan sekitarnya terbentuk pada zaman kwartier dan mempunyai lapisan tanah alluvial hasil letusan Gunung Tangkuban Parahu. Jenis material di bagian utara umumnya merupakan jenis andosol begitu juga pada kawasan dibagian tengah dan barat, sedangkan kawasan dibagian selatan serta timur terdiri atas sebaran jenis alluvial kelabu dengan bahan endapan tanah liat.
Iklim kota Bandung dipengaruhi oleh iklim pegunungan yang lembab dan sejuk, dengan suhu rata-rata 23.5 °C, curah hujan rata-rata 200.4 mm dan jumlah hari hujan rata-rata 21.3 hari per bulan.

Di kota ini tercatat pelbagai sejarah penting, di antaranya sebagai tempat berdirinya sebuahperguruan tinggiteknik pertama di Indonesia (Technische Hoogeschool te BandoengTH Bandung, sekarangInstitut Teknologi BandungITB), lokasi ajang pertempuran di masakemerdekaan, serta pernah menjadi tempat berlangsungnyaKonferensi Asia-Afrika1955,suatu pertemuan yang menyuarakan semangat antikolonialisme, bahkanPerdana MenteriIndiaJawaharlal Nehrudalam pidatonya mengatakan bahwa Bandung adalah ibu kotanya Asia-Afrika.

Pada tahun1990kota Bandung terpilih sebagai salah satukota paling aman di duniaberdasarkan survei majalahTime.
Kota kembang merupakan sebutan lain untuk kota ini, karena pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Selain itu Bandung dahulunya disebut juga denganParijs van Javakarena keindahannya.

Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, denganmalldanfactory outletyang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner. Di Kota Bandung bertebaran spot-spot kuliner dan wisata belanja fashion. Berbagai merk terkenal juga ada di Kota Bandung, tak heran karena di Kota Bandung banyak desainer dan pabrik fashion, tas, sepatu, dll.

Dan pada tahun2007,British Councilmenjadikan kota Bandung sebagaipilot projectkota terkreatif se-Asia Timur. Saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utamapariwisatadanpendidikan.

Demikian sekilas tentang Profil Kota Bandung. Semoga bermanfaat.

sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *