Tahukah Anda Go Green juga Ibadah?

By | Januari 16, 2013

Tahukah Anda Go Green juga Ibadah?


goinggreencleaning.net.nz

Tahukah anda bahwa Go Green atau Gerakan Penghijauan merupakan ibadah ? Gerakan penghijauan merupakan perbuatan mulia berupa amal shalih dan amal jariah yang mengandung banyak manfaat bagi manusia dan makhluk lainnya?Tanaman dan pohon yang ditanam oleh seorang muslim memiliki banyak manfaat, seperti pohon apalagi yang berbentuk kanopi (payung) bisa menjadi naungan bagi manusia dan hewan, buah dan daunnya ada yang bisa dimakan, batangnya bisa dibuat menjadi berbagai macam peralatan, akarnya bisa mencegah terjadinya erosi dan banjir, daunnya bisa menyejukkan pandangan bagi orang melihatnya, dan pohon juga bisa menjadi pelindung dari angin, membantu sanitasi lingkungan dalam mengurangi polusi udara, dan masih banyak lagi manfaat tanaman/pepohonan.

Mari kita khidmati sabda Rasulullah SAW berikut:  


مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ بَهِيمَةٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ

“Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman, lalu burung memakannya atau dimakan manusia atau hewan, kecuali menjadi shodaqoh baginya (penanam)”. [HR. Al-Bukhoriy dalam Kitab AL-Muzaro’ah (2320), dan Muslim dalam Kitab Al-Musaqoh (3950)]

 “Tidaklah seorang pun menanam pohon tanaman, kecuali Allah tulis baginya pahala (ganjaran) sesuai dengan buah (manfaat) yang dihasilkan oleh tanaman itu”. (HR. Ahmad).


Ini menunjukkan bahwa sedekah untuk semua jenis hewan dan makhluk bernyawa di dalamnya terdapat pahala yang akan terus mengalir selama pohon dan tanaman itu ada, serta sesuatu (bibit) yang lahir darinya sampai hari kiamat masih ada. 

Mengingat banyak manfaat dari penghijauan, maka tak heran jika agama Islam memerintahkan  umatnya untuk memanfaatkan tanah dan menanaminya.
Penghijauan Nasional telah dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan jargon One Man One Tree (OMOT) pada awal 2007, Pada tahun 2010 pemerintah juga mempunyai wacana untuk menanam satu milyar pohon untuk dunia dengan jargon One Billion Indonesian Trees (OBIT) of The World. Menyikapi hal ini, sebagai rakyat Indonesia dan anggota masyarakat yang cinta lingkungan, paling tidak kita secara moral (etika) bisa ikut berpartisipasi bekerjasama pada setiap program yang berkait dengan kelestarian lingkungan hidup yang dicanangkan oleh pemerintah.

Manfaat Penghijauan Terhadap Lingkungan dan Makhluk Hidup
Dari berbagai literatur, manfaat penghijauan terhadap lingkungan dan makhluk hidup adalah 
sebagai berikut :

1.   Estetika (Keindahan)
      Pohon / tanaman yang disusun dan di padu-padankan secara rapi akan terlihat dan terasa indah bahkan menimbulkan rasa nyaman. Misal di Taman atau di kiri-kanan jalan yang ditumbuhi pepohonan akan terasa indah dan nyaman. Dari Berbagai warna dan bentuknya tanaman/pohon maupun bentuk & relief pohonnya menimbulkan keindahan tersendiri.

2.  Mencegah Erosi
     Akar pohon dengan tanah merupakan satu kesatuan yang kuat sehingga mampu mencegah erosi,

3.   Persediaan Air
    Akar-akar pepohonan merupakan media penyimpan air sehingga menjadikan persediaan air bagi mahluk hidup yang akan mencegah bencana kekeringan. 

4.   Penyejuk   
     Walaupun dalam kondisi terik matahari, di bawah pohon yang rindang akan terasa sejuk dan nyaman. 

5.   Ketenangan
     Di lingkungan yang rimbun dan lebat dengan pohon-pohon, secara alami satwa dapat hidup dengan tenang.

6.  Kesimbangan Ekosistem
     Keseimbangan lingkungan alam akan tercipta dari paduan ekosistem pohon, tanaman, manuasia, air dan binatang/satwa.

7.  Perlindungan
      Pepohonan dapat memberikan perlindungan diantaranya dari panasnya sinar matahari, mengurangi emisi gas berbahaya karbondioksida (CO2) dan karbonmonoksida (CO), penahan debu, juga peredam suara. 

8.  Kesehatan 
   O2 (Oksigen) yang dihasilkan dari proses fotosistesi dedaunan sangat diperlukan oleh mahluk hidup termasuk manusia. Juga, pepohonan dapat menyerap gas berbahaya CO2 dan CO. 

9.   Edukasi/Pendidikan

      Seperti di Taman Hutan Raya THR Ir. Djuanda Bandung, terdapat berbagai macam pohon, bisa dipakai sebagai media pendidikan dengan mengenali nama, jenis dan asal/sejarah pohon. 


Lestarikan Lingkungan dengan Penghijauan
Beragam bentuk kerusakan lingkungan, seperti pencemaran udara, pencemaran air, dan menurunnya kualitas lingkungan akibat bencana alam, banjir, longsor, kebakaran hutan,kekeringan/ krisis air bersih pada dasarnya merupakan akibat kurangnya kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan misalnya Pembangunan di berbagai daerah di Indonesia yang tidak memperhatikan ekosistem di sekitarnya. 

Kesadaran pelestarian lingkungan dengan penghijauan dengan penanaman pohon yang tren dengan istilah “go green” saat ini marak dilaksanakan baik oleh instansi pemerintah maupun swasta (bank, perusahaan swasta) sebagai program CSR (corporate social  responcibility) nya, bahkan TNI dan ormas-ormas Islam pun turut berpartisipasi dalam kegiatan gerakan penghijauan ini. Tak ketinggalan CV. Mitra Bibit pun sebagai turut serta mengajak kita untuk melestarikan lingkungan dengan ajakan Hijaukan bumi bersama mitrabibit.com.  www.mitrabibit.com adalah web/blog jual bibit berbagai jenis tanaman secara online.


CV. Mitra Bibit jual bibit tanaman berkualitas 

www.mitrabibit.com

CV. Mitra Bibit adalah sebuah perusahaan penyedia bibit dan benih dari berbagai macam tanaman melayani pembelian dalam skala besar ataupun kecil yang melayani penjualan biji dan bibit tanaman ke seluruh Indonesia, bahkan expor keluar negeri. Produk unggulan dari CV. Mitra Bibit adalah bibit jeruk (bibit nipis, bibit jeruk siam/manis, bibit jeruk purut, bibit jeruk santang)Bilamana Anda memerlukan benih dan bibit berkualitas bisa hubungi bagian Pemesanan atau Informasi Tentang Benih & Bibit Tanaman di nomor HP: 0852-2848-4369 atau via email kePengelola@MitraBibit.com atau datang langsung ke alamat di Jl. Kemiri-Karangduwur, Ds. Karangduwur,Kec. Kemiri,Kab. Purworejo, Jateng..Silahkan buktikan sendiri bahwa kualitas dan pelayanan adalah prioritas utama CV. Mitra Bibit.



Upaya menata dan memelihara kelestarian lingkungan tidaklah hanya mengandalkan pemerintah saja, namun lebih jauh masyarakat pun mempunyai peranan penting dalam upaya mewujudkan dan memelihara kelestarian lingkungan hidup sebagai potensi pemenuhan generasi mendatang. Amanah dan tanggung jawab melestarikan bumi sesungguhnya sudah menjadi tugas manusia sebagai khalifah fil-ardhi (khalifah di muka bumi) bertanggung jawab memakmurkan bumi atau menjadi pelaksana penghijauan lingkungan. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Alquran, berbunyi; “Dan-Dialah yang menjadikan kamu di bumi, dan Dia menjadikan kamu penduduknya kepadanya (untuk memakmurkannya”). (QS. Hud : 61).

Ayo Dukung Hijaukan Bumi. ..!



Akhirnya, sebagai penutup tulisan ini, mari kita resapi sajak berjudul “bumi” yang 
diperkenalkan/dibacakan saat pencanangan penghijauan nasional di Makasar Sulawesi 
Selatan oleh Prof.Dr.KH.Abdullah Syam, M.Sc salah seorang pakar kehutanan IPB dan salah 
satu Ketua Umum Ormas Islam.
Bumi 

Jika bumi tertutup sampah dan polusi serta emisi kabon dioksida. 
Dimanakah tempat untuk kaki berdiri ?? 
Tempat yang penuh hijau dedauanan?
 Tak ada hijauan daun yang menyejukkan hati. 
Masih adakah sesuatu yang akan menyejukan hati? 
Masih adakah cahaya matahari mengenai diri? 
Yang bersih tanpa ultra violet yang galak dan keji. 
Ya Tidak ada sinar matahari yang nyaman, 
Yang ada yang tajam menyengat memanaskan bumi ini !

Mengapa manusia masih ada disini, 
 Terdiam memperhatikan bumi perlahan-lahan pergi 
Bumi meronta dan merana di sisi dirimu, menangis pilu dan merintih sakit. 
Bumi terlihat telajang kedinginan tanpa pohon-mu, 
Aku sangsi kawan, di bola matamu yang seolah tak peduli, hati yang mati. 
Tidakkah kau tahu bahwa alam ini memanggilmu 
Menunggu uluran tanganmu 
Camkan-lah jangan wariskan air mata pada anak turun-mu,
generasi pewaris negeri ini 
Kau harus wariskan mata air, yaaa mata air kehidupan, 
Berharap kau ada bersamaku 
Untuk menjaga bumi.. 
Dengan keajaiban kecil yang ada pada dirimu 
 Komitmen dan kepedulian
Jangan wariskan air mata pada anak turun-kita, 
 Wariskan mata air, mata air kehidupan.

5 thoughts on “Tahukah Anda Go Green juga Ibadah?

  1. penyuluh perikanan

    Benar sekali sobat, saya sangat mendukung, apalagi kalau bekerja bersama mitra bibit, pasti hasilnya bagus, karena cv miytra bibit kwalitasnya bagus

    Reply
  2. yoppy irawan

    Alhamdulillah,sobat-sobat mari kita sama-sama cari amal jariah…terima kasih juga buat CV. Mitra Bibit yang menggugah kita turut memakmurkan dan menghijaukan bumi ini

    Reply
  3. Alfi Syahrin

    Siang 🙂

    Boleh Mintaa sedikit partisipasinya ,
    Tolong komentari kedua artikel saya dibawah inii

    1. http://situsalfi.blogspot.com/2013/01/cv-mitra-bibit-salah-satu-media.html?showComment=1360477663299#c2857872914429311175

    2. http://situsalfi.blogspot.com/2013/01/mau-bikin-website-hosting-murah-abizz.html

    Tolong iya 🙂 makasih ~
    dan klik baca'an/link/url dibawah ini untuk berlangganan kiriman atau mengikuti blog saya 🙂

    1. http://www.blogger.com/follow-blog.g?blogID=2474236344294621681

    Kalau ada yang ditanyakan atau apapun silahkan tanya saja ke saya , insyaalah saya bisa tolong 🙂 makasih atas partisipasinya

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *