Apa Arti Diskusi, Seminar, Lokakarya (Workshop), Rapat, Simposium, Sarasehan, Muktamar, Konferensi

By | September 26, 2010

Apa arti seminar, lokakarya, simposium, dll ?

Kadang kita (mungkin juga diantara anda), masih bingung, belum bisa membedakan, apa itu seminar, lokakarya/ workshop, rapat, simposium, sarasehan, kongres/muktamar, diskusi panel, dsb.

Ternyata, semua tadi (seminar, lokakarya/ workshop, rapat, simposium, sarasehan, kongres/muktamar, diskusi panel) adalah termasuk macam-macam diskusi.

Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka/kelompoktersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar.

Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik. Dari topik inilah diskusi berkembang dan diperbincangkan yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut. (http://id.wikipedia.org/).

Macam-macam Diskusi

Seminar

Pertemuan para pakar yang berusaha mendapatkan kata sepakat mengenai suatu hal. Seminar adalah pertemuan berkala yang diadakan oleh seseorang yang sedang melaksanakan tugasnya. Materi yang dikemukakan penyaji dibahas dari berbagai aspek dan sudut pandang. Seminar bertujuan menemukan cara atau jalan pemecahan masalah.

Sarasehan

Pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat (prasaran) para ahli mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu.

Lokakarya/Sanggar kerja (Inggris : Workshop)

Pertemuan yang membahas suatu karya. Lokakarya (Workshop) adalah pertemuan yang khusus dihadiri oleh sekelompok orang yang pekerjaannya sejenis. Tujuan lokakarya mengevaluasi proyek kerja yang telah dilaksanakan dan bertukar pengalaman untuk meningkatkan kualitas kerja agar lebih efektif dan efisien.

Simposium

Pertemuan yang diselenggarakan untuk memberikan pengarahan singkat menjelang pelaksanaan kegiatan. Simposium adalah diskusi umum yang diikuti oleh moderator, beberapa pembicara, dan banyak peserta. Kadang-kadang juga peninjau.Simposium dimulai dengan pidato pembicara dan dilanjutkan dengan tanya jawab. Simposium bertujuan membekali peserta dengan sejumlah materi, wawasan ataupun pengetahuan.

Kongres / Muktamar

Pertemuan para wakil organisasi mengambil keputusan mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama. Kongres atau muktamar adalah pertemuan para wakil organisasi (politi, sosial, profesi) untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan suatu masalah yang dihadapi bersama yang bertalian dengan keorganisasian.

Acara ini diadakan secara berkala oleh sebuah organisasi besar yang mempunyai banyak cabang di berbagai daerah.
Menurut artikata.com, kongres dapat didefinisikan sebagai berikut :
1. Pertemuan besar para wakil organisasi (politik, sosial, profesi) untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan mengenai pelbagai masalah; muktamar; rapat besar;
2. Pertemuan wakil-wakil negara untuk membicarakan satu masalah;
3. (Politik) dewan legislatif yang terdiri atas senat dan dewan perwakilan di Amerika Serikat, yang pada dasarnya bertugas mengawasi dan mencocokkan kegiatan pemerintah.

Konferensi

Pertemuan untuk berdiskusi mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama. Konferensi adalah diskusi yang diselenggarakan oleh suatu badan atau organisasi yang membicarakan masalah-masalah aktual.Konferensi bertujuan membicarakan kebijakan-kebijakan telah dilakukan sebelumnya sebagai proses evaluasi.

Diskusi panel

Diskusi yang dilangsungkan oleh panelis (peserta diskusi panel) dan disaksikan/dihadiri oleh beberapa pendengar, serta diatur oleh seorang moderator. Diskusi Panel adalah diskusi yang diikuti oleh seorang moderator dua sampai empat orang pembicara, dan diikuti oleh banyak peserta.

Pembicara adalah orang yang bertugas sebagai panelis yang menyajikan materi atau masalah diskusi. Para peserta hanya berhak mendengarkan, bila diberi kesempatan, mereka bisa mengajukan pertanyaan atau menanggapi pendapat penulis. Tujuan diskusi panel adalah memberikan pemahaman kepada pendengar mengenai suatu masalah.

Diskusi kelompok

Penyelesaian masalah dengan melibatkan kelompok-kelompok kecil. Diskusi kelompok ialah pertemuan yang direncanakan atau dipersiapkan untuk dilaksanakan untuk membahas suatu topik dengan seorang pemimpin.

Diskusi ini relatif sederhana dengan peserta yang tidak begitu banyak antara empat sampai sepuluh orang. Masalah yang dibahas tidak demikian kompleks dengan tujuan untuk lebih mendalami atau memahami suatu masalah dari disiplin ilmu tertentu.

Bentuk diskusi ini memberikan peluang kepada setiap anggota untuk mengemukakan pendapat sekaligus memperluas wawasan dan pandangannya.

Metode ini merupakan pendekatan demokratis, mendorong rasa kesatuan anggota, menghayati kepemimpinan bersama, dan membantu pengembangan sikap kepemimpinan.

Diskusi Berkelompok
Kelompok Bentuk diskusi ini sering dipakai bila jumlah peserta kegiatan diskusi relatif banyak. Bentuk kegiatan ini dilakukan dengan tujuan setiap peserta mempunyai peluang besar untuk berperan aktif berbicara.

Setelah kegiatan diskusi kelompok-kelompok diadakan pertemuan pleno dengan mempersilakan setiap kelompok untuk mengemukakan pendapatnya. Dalam forum terakhir ini kegiatan dikendalikan oleh ketua diskusi yang lebih inti dari penyelenggara.

Rapat

Rapat adalah pertemuan wakil-wakil eselon dari suatu instansi untuk membahas yang berkaitan dengan tugas atau fungsi instansi tersebut. Masalah yang dibahas adalah program kerja yang akan dilaksanakan.

Santiaji 

Santiaji adalah pertemuan yang diselenggarakan untuk memberikan pengerahan (petunjuk, penjelasan) singkat menjelang pelaksanaan kegiatan.

Dari penjelasan di atas, semoga kita sudah bisa membedakan, apa itu arti seminar, lokakarya, simposium, muktamar, sarasehan, dll.

(dari berbagai sumber)

Loading...

One thought on “Apa Arti Diskusi, Seminar, Lokakarya (Workshop), Rapat, Simposium, Sarasehan, Muktamar, Konferensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *