Juknis (Petunjuk Teknis) PPDB Kota Bandung

By | 13 Juni 2015

Juknis (Petunjuk Teknis) PPDB Kota BandungDi Situs PPDB Online Kota Bandung di alamathttp://ppdb.bandung.go.id yang merupakan situs resmi untuk informasi PPDB Kota Bandung bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung dan Disdik Kota Bandung, Anda bisa mengunduh juknis PPDB Kota Bandung di link DOWNLOAD ini, silakan klik!. Juknis (Petunjuk Teknis) merupakan sebuah dokumen yang dirancang untuk dijadikan acuan dalam berjalannya sebuah sistem. Juknis PPDB adalah petunjuk teknis yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung sebagai acuan dalam pelaksanaan PPDB Online Kota Bandung tiap tahunnya.

Juknis untuk PPDB Online Kota Bandung Tahun ini agak berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, karena pada tahun ini seluruh kebijakan penerimaan peserta didik baru di Kota Bandung dirubah.

Juknis bersifat umum dan tidak ada sesuatu hal yang ditutupi, jadi bagi masyarakat kota Bandung, pemerhati pendidikan di seluruh nusantara dan juga LSM yang terlibat dalam pengawasan dunia pendidikan Nasional.

Silahkan anda dapat mengunduh Juknis PPPDB Online Kota Bandung Tahun 2015, klikini.

PPDB masih dalam tahap verifikasiSesuai dengan peraturan walikota No. 361 Tahun 2015 tentang perubahan kelima atas peraturan walikota Bandung Tahun 2010 tentang tata cara penerimaan peserta didik baru pada taman kanak-kanak/raudhatul athfal dan sekolah /madrasah disampaikan bahwa penetapan pengumuman peserta didik baru ditetapkan oleh Dinas Pendidikan melalui sidang pleno bersama dewan pembina.

Sehubungan dengan hal tersebut disampaikan bahwa sidang pleno belum dapat dilaksanakan pada tanggah 12 Juni 2015 dikarenakan Bpk. Wali Kota Bandung sebagai ketua dewan pembina panitia pelaksana PPDB 2015 sedang tugas luar kota yang tidak dapat diwakilkan, maka pengumuman PPDB akan disampaikan segera setelah rapat pleno dilaksanakan dan hasilnya disampaikan melalui web ini.

Seperti dijelaskan di situs PPDB Online Kota Bandung tersebut : “Untuk sementara petunjuk dan jadwal masih dalam tahap pengembangan, sehingga pertanyaan seputar kebijakan belum bisa memastikan sampai Juknis PPDB kota Bandung 2015 terselesaikan”.

Sampai hari ini, 13 Juni 2015, hasil seleksi jalur non akademik belum ada karena masih menunggu rapat pleno yang dihadiri Bapak Walikota. Forum Tanya di situs resmi PPDB Online Kota Bandung cukup ramai dengan pertanyaan berkaitan dengan hal ini. Lebih dari 4500 komen/ tanya jawab meramaikan forum ini.

Bisa dimengerti kekhawatiran para orang tua, siswa dan pihak terkait yang mendaftarkan diri dari jalur non akademik karena hari ini (tgl.13 Juni 2015) menurut jadwal harus daftar ulang, dan bilamana tidak daftar ulang akan dianggap mengundurkan diri. “13 juni kedah daftar ulang,, yang tidak daftar ulang di anggap mengundurkan diri, hasil seleksina teu acan aya,,hadeuhh,,, solusina kumaha yeuhh dunungan ??” , demikian salah satu kekhawatiran pengunjung forum.

Yap, tidak ada kata lain kecuali bersabar menunggu hasil rapat pleno pemerintah Kota Bandung karena pihak Panitia PPDB Online Kota Bandung belum dapat menjawabnya, dan di sini dituntut pengertian warga/pihak yang terkait sambil tentu saja proaktif mendatangi sekolah yang dituju, siapa tahu sudah ada perkiraan siswa yang bakal diterima berdasarkan kriteria sesuai perwal/ juknis.

Berikut Perwal Nomor 361 yang manjadi juknis PPDB Kota Bandung :
PERATURAN WALIKOTA BANDUNG NOMOR 361 TAHUN 2015
TENTANG
PERUBAHAN KELIMA ATAS PERATURAN WALIKOTA BANDUNG NOMOR 177 TAHUN 2010 TENTANG TATA CARA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA TAMAN KANAK-KANAK/RAUDHATUL ATHFAL DAN SEKOLAH/MADRASAH

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

WALIKOTA BANDUNG,

Menimbang :

a. bahwa Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak/ Raudhatul Athfal dan Sekolah/Madrasah di Kota Bandung telah ditetapkan dengan Peraturan Walikota Bandung Nomor 177 Tahun 2010 sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir 2014 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Walikota Bandung Nomor 177 Tahun 2010 tentang Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak/Raudhatul Athfal dan Sekolah/ Madrasah di Kota Bandung, namun demikian masih terdapat substansi teknis yang belum diatur secara terperinci dan untuk memenuhi perkembangan di bidang pendidikan perlu dilakukan perubahan dan penyesuaian kembali Peraturan Walikota termaksud;

b. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, perlu menetapkan Peraturan Walikota Bandung tentang Perubahan Kelima Atas Peraturan Walikota Bandung Nomor 177 Tahun 2010 tentang Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-kanak/ Raudhatul Athfal Dan Sekolah/Madrasah;

Mengingat:

1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah beberapakali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentangStandar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013;
4. Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2008 tentang WajibBelajar;
5. Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan;
6. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan;
8. Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 08 Tahun 2007 tentang Urusan Pemerintah Daerah Kota Bandung;
9. Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 15 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Pendidikan;
10.Peraturan Walikota Bandung Nomor 177 Tahun 2010 tentang Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak/ Raudhatul Athfal dan Sekolah/ Madrasah di Kota Bandung sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Walikota Bandung Nomor 725 tahun 2014 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Walikota Bandung Nomor 177 Tahun 2010 tentang Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak/ Raudhatul Athfal dan Sekolah/ Madrasah di Kota Bandung.

MEMUTUSKAN:
Menetapkan :
PERATURAN WALIKOTA TENTANG PERUBAHAN KELIMA ATAS PERATURAN WALIKOTA BANDUNG NOMOR 177 TAHUN 2010 TENTANG TATA CARA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA TAMAN KANAKKANAK/ RAUDHATUL ATHFAL DAN SEKOLAH/MADRASAH.
Pasal I

Ketentuan Pasal 34 Peraturan Walikota Bandung Nomor177 Tahun 2010 tentang Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak/Raudhatul Athfal dan Sekolah/Madrasah (Berita Daerah Kota Bandung Nomor 08 tahun 2010), yang telah diubah beberapakali dengan Peraturan Walikota Bandung:

a. Nomor 384 Tahun 2012 (Berita Daerah Kota Bandung Nomor 19 Tahun 2012);
b. Nomor 36 Tahun 2013 (Berita Daerah Kota Bandung Nomor 36 Tahun 2013);
c. Nomor 666 Tahun 2014 (Berita Daerah Kota Bandung Nomor 27 Tahun 2014);
d. Nomor 725 Tahun 2014 (Berita Daerah Kota Bandung Nomor 31 Tahun 2014).

Ketentuan Pasal 34 diubah, sehingga Pasal 34 berbunyi sebagai berikut:Pasal 34

Uraian prosedur dan mekanisme penerimaan peserta didik baru tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Walikota ini.
Pasal II

Peraturan Walikota ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.

Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Walikota ini dengan penempatannya dalam Berita Daerah Kota Bandung.


Ditetapkan di Bandung Pada tanggal 16 April 2015

WALIKOTA BANDUNG,
TTD.

MOCHAMAD RIDWAN KAMIL

Diundangkan di Bandung pada tanggal 16 April 2015

SEKRETARIS DAERAH KOTA BANDUNG,
TTD.
YOSSI IRIANTO

BERITA DAERAH KOTA BANDUNG TAHUN 2015 NOMOR 13Salinan sesuai dengan aslinya

KEPALA BAGIAN HUKUM DAN HAM,

DRS. ARIEF SYAIFUDIN, SH
Pembina TK. I
NIP. 19690111 199603 1 002

LAMPIRAN I :

PERATURAN WALIKOTA BANDUNG

NOMOR :
361 TAHUN 2015

TANGGAL :
16 APRIL 2015

PETUNJUK TEKNIS PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

ADA TAMAN KANAK-KANAK, RAUDHATUL ATHFAL, SEKOLAH DAN MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

DI KOTA BANDUNG

I. KETENTUAN UMUM

A. Calon Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2015/2016, yaitu :

1. Calon peserta didik baru TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK adalah semua calon peserta didik baru yang telah memenuhi syarat dan ketentuan usia sekolah sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

2. Calon peserta didik baru SMP/MTs, SMA/MA/SMK adalah semua calon peserta didik baru lulusan tahun berjalan dan lulusan satu tahun sebelumnya, termasuk lulusan program Paket A, Paket B, tahun berjalan dan tahun sebelumnya sesuai ketentuan.

3. Calon peserta didik baru terdiri dari 2 ( dua ) kategori, meliputi:

1 kategori A, yaitu calon peserta didik yang berdomisili di dalam kota Bandung dan asal sekolah di dalam maupun di luar kota Bandung, dan calon peserta didik yang berdomisili di Bandung Raya (Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat serta Kota Cimahi) dan asal sekolah di dalam kota Bandung;

2 kategori B, yaitu calon peserta didik yang berdomisili dan asal sekolah di luar kota Bandung.

B. Jalur Seleksi PPDB terdiri dari ;

1. Jalur Non Akademis adalah penerimaan peserta didik baru berdasarkan afirmasi (keberpihakan) terhadap kelompok tertentu dan/atau apresiasi prestasi dengan kriteria utama bukan nilai hasil Ujian Sekolah/Madrasah dan/atau nilai hasil Ujian Nasional sebagai dasar utama seleksi.

Jalur Non Akademis terdiri dari :

1.1 Afirmasi (keberpihakan) untuk warga miskin secara ekonomi, yatim, yatim piatu, warga sekitar sekolah yang memiliki MoU, warga yang dilindungi berdasarkan peraturan perundang- undangan; dan

1.2 Apresiasi prestasi siswa dalam bidang Iptek, Seni, Olah Raga. diutamakan pada prestasi yang diperoleh pada kejuaraan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementeriam Agama, dan lembaga/Organisasi yang memiliki induk organisasi tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional.

2. PPDB Jalur Akademis adalah proses penerimaan peserta didik baru dengan menggunakan kriteria utama berupa nilai hasil Ujian Sekolah/Madrasah dan/atau nilai hasil Ujian Nasional dan kewilayahan (jarak tempat tinggal) sebagai dasar seleksi.

C. Kuota atau Daya Tampung

1. Kuota atau daya tampung tiap sekolah ditentukan oleh Kepala Sekolah melalui rapat dewan guru dan komite sekolah dengan mempertimbangkan kesiapan ruang kelas, jumlah guru, beban belajar mengajar berdasarkan stuktur kurikulum yang berlaku, serta kajian teknis lainnya. Selanjutnya usulan kuota/daya tampung diajukan kepada Kepala Dinas paling lambat tanggal 30 Mei 2015 untuk diverifikasi oleh Kepala Bidang sesuai jenjang dan ditetapkan sebagai kuota sistem PPDB online Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Untuk SMK, informasi daya tampung disertai informasi bidang keahlian yang tersedia.

2. Kuota atau daya tampung Jalur Non Akademis untuk afirmasi (keberpihakan) sebanyak 20% termasuk kuota MOU serta calon peserta didik yang dilindungi Undang-Undang dan apresiasi siswa berprestasi sebanyak-banyaknya 5%.

3. Jika animo warga miskin di suatu sekolah tertentu (terutama sekitar pemukiman mayoritas warga miskin) tinggi, daya tampung jalur warga miskin pada sekolah tersebut dapat bertambah dari alokasi daya tampung 20 % sesuai kondisi riil, diusulkan sebelum pelaksanaan seleksi PPDB online jalur non Akademis untuk disetujui oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung; dan/atau Kepala Sekolah tersebut membantu menyalurkan ke sekolah terdekat dalam wilayah yang sama yang kuota warga miskinnya belum terpenuhi.

4. Kuota atau daya tampung bagi calon peserta didik baru dari jalur apresiasi siswa berprestasi yang termasuk kategori B, maksimal 50% dari total kuota apresiasi siswa berprestasi.

5. Jika kuota non akademis tidak terpenuhi, dialihkan untuk kuota jalur Akademis.

6. Kuota atau daya tampung bagi calon peserta didik baru dari jalur akademis yang termasuk kategoriB sebanyak-banyaknya 10%. Jika calon peserta didik Kategori B yang berminat ke sekolah perbatasan tinggi, kepala sekolah dapat mengajukan kuota lebih dari 10% untuk diverifikasi dan disetujui Dinas Pendidikan.

D. Penyelenggara PPDB

1. Penyelenggara PPDB terdiri dari Panitia PPDB tingkat Kota Bandung, dan Panitia PPDB Tingkat Satuan Pendidikan.

2. Panitia PPDB tingkat Kota Bandung yang terdiri dari Dewan Pembina dan Panitia Pelaksana. Dewan Pembina terdiri dari anggota forum komunikasi pimpinan daerah Kota Bandung. Panitia Pelaksana tingkat kota terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, Tim Audit Pengelolaan ICT, Tim Perumus Petunjuk Teknis, Tim Pengembang Sistem PPDB Online, Koordinator Bidang TK/SD, SMP, Tim Verifikasi Data, Penanggungjawab Operasi Sistem PPDB Online, dan Tim Pengaduan/Aspirasi Masyarakat yang terdiri dari pengawas internal Dinas Pendidikan meliputi pengawas TK/SD, SMP, SMA/SMK dan pengawas eksternal yang merupakan kolaborasi Dewan Pendidikan Kota Bandung, Komite sekolah dan masyarakat.

3. Panitia PPDB tingkat Satuan Pendidikan, meliputi Kepala sekolah sebagai penanggungjawab, tim pendaftaran, tim verifikasi, tim pelayanan informasi dan pengaduan.

E. Mekanisme Seleksi

Proses seleksi untuk TK/RA dilaksanakan secara offline, sedangkan untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, maupun SMK, berlangsung secara otomatis melalui Sistem Operasi PPDB Online.

F. Tahapan PPDB

Tahapan PPDB terdiri dari :
1 Penyusunan database calon peserta didik afirmasi yang bersumber dari database penduduk miskin kota Bandung, daftar siswa penerima program layanan miskin, usulan kelurahan berdasarkan pernyataan orang tua yang tidak mampu membiayai keberlanjutan sekolah anaknya.

2 Pendaftaran, berupa penerimaan persyaratan dan entri data/informasi calon peserta didik yang dilakukan secara offline oleh panitia/operator tingkat sekolah.

3 Setiap calon peserta didik dapat memilih dua sekolah pilihan yang dituju dengan ketentuan :

3.1 pilihan ke-1, bebas memilih satu sekolah dari seluruh sekolah yang ada di berbagai wilayah di kota Bandung;

3.2 pilihan ke-2, wajib memilih satu sekolah yang terdapat pada wilayah yang sesuai dengan tempat tinggal, daftar terlampir. Khusus bagi warga Bandung Raya Kategori A, wajib memilih sekolah terdekat di perbatasan;

3.3 Ketentuan pada poin 3.2 tidak berlaku bagi calon peserta didik kategori B;

3.4 Jika calon peserta didik yang tempat tinggalnya berlokasi dalam radius 2 Km dari sekolah yang masuk wilayah berbeda, (melalui cara pengukuran manual dengan IT) maka kondisi ini dapat dikategorikan satu wilayah;

3.5 Calon peserta didik berkebutuhan khusus dapat diterima apabila tidak memiliki hambatan dalam intelektual, komunikasi dan prilaku, bagi yang memiliki hambatan tersebut mendaftar ke sekolah khusus;

4 Verifikasi data/informasi, dilakukan oleh Tim Verifikasi untuk menjamin kebenaran data/informasi calon peserta didik yang telah dientri secara offline. Data/informasi yang sudah diverifikasi, di-upload kedalam Sistem PPDB sehingga dapat dipantau secara online

5 Proses Seleksi

5.1 Proses seleksi dilakukan dengan memberi skor (scoring) terhadap kriteria persyaratan yang dimiliki calon peserta didik masing- masing jenjang/jenis sekolah.

5.2 Seleksi TK/RA dan SD/MI dilaksanakan melalui pemeringkatan berdasarkan pada skor total yang diperoleh dari penjumlahan skor usia dan skor akses jarak tempuh tempat tinggal ke sekolah calon peserta didik.

5.3 Seleksi SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK jalur non Akademis afirmasi siswa miskin secara ekonomi/ anak yatim/ anak yatim piatu, dilakukan melalui verifikasi database, serta pertimbangan akses jarak tempuh tempat tinggal ke sekolah calon peserta didik.

5.4 Warga sekitar sekolah yang memiliki MoU dan warga yang dilindungi perundang-undangan yang berlaku, diseleksi melalui verifikasi data di sekolah terdekat, melalui jalur non akademis.

5.5 Seleksi SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK jalur non Akademis apresiasi siswa berprestasi, dilakukan melalui pemeringkatan dengan ketentuan sebagai berikut :

5.5.1 Jika prestasi yang dimiliki lebih dari satu, baik dari cabang/bidang yang sama ataupun berbeda, diambil prestasi tertinggi dari salah satu cabang/bidang kejuaraan yang dimiliki calon peserta didik serta lolos verifikasi data base.
5.5.2 Apabila prestasi yang dimiliki tidak terdapat dalam database, maka dilakukan klarifikasi kebenaran prestasi kepada pihak yang berwenang oleh panitia sekolah.

5.5.3 Calon peserta didik peraih prestasi Olimpiade Sains Nasional (OSN), International Mathematic and Science Olympiade (IMSO) yang termasuk dalam kualifikasi Passing Grade di bawah 3 (tiga) dan kualifikasi mewakili dari tingkat kota ke tingkat propinsi atau dari tingkat propinsi ke tingkat nasional, mendapat apresiasi berupa pemberian skor sama dengan peraih juara 3 (tiga) pada tingkat Passing Grade yang diperolehnya.

5.5.4 Calon peserta didik peraih prestasi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olah raga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni dan Sastra Nasional (FLS2N) pada tingkat Provinsi dan mewakili ke tingkat nasional, langsung dapat diterima sebagai peserta didik baru, berdasarkan hasil verifikasi dan pemetaan oleh masing – masing Bidang pada Dinas Pendidikan Kota Bandung.
5.6 Seleksi jalur Non Akademis bagi calon peserta didik SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dilaksanakan secara otomatis oleh sistem PPDB online Dinas Pendidikan Kota Bandung melalui pemeringkatan dari jumlah skor yang diperoleh.

5.7 Calon peserta didik yang tidak diterima pada jalur non Akademis dapat mendaftarkan diri kembali pada jalur Akademis.
5.8 Calon peserta didik yang sudah diterima pada jalur non Akademis tidak dapat mengundurkan diri dan mendaftar kembali pada jalur Akademis.

5.9 Seleksi jalur Akademis bagi calon peserta didik SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dilaksanakan secara otomatis oleh sistem online Dinas Pendidikan Kota Bandung melalui pemeringkatan dari jumlah nilai pada SHUS/M atau SHUN serta insentif kewilayahan/jarak.

5.10 Ketentuan pada poin 5.9 tidak berlaku bagi seleksi pada calon peserta didik Kategori B serta satuan pendidikan SMK/MAK.

6 Seleksi untuk nilai sama pada batas quota.

6.1 Untuk jalur non Akademis kelompok siswa berprestasi

Jika pada batas akhir daya tampung terdapat nilai akhir yang sama, maka pemeringkatan selanjutnya berdasarkan domisili calon peserta didik terdekat ke sekolah yang dituju dalam suatu wilayah.

6.2 Untuk jalur Akademis

6.2.1 dilakukan pemeringkatan berdasarkan nilai US/M mata pelajaran, secara berurutan: Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA (untuk calon peserta didik SMP/MTs); atau berdasarkan nilai UN mata pelajaran, secara berurutan : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA (untuk calon peserta didik SMA/MA/ SMK ).

6.2.2 Jika berdasarkan pemeringkatan sebagaimana nomor 6.2.1 masih juga menunjukkan kesamaan, maka pemeringkatan selanjutnya berdasarkan tempat tinggal calon peserta didik terdekat ke sekolah yang dituju dalam suatu wilayah.
7 Pengumuman hasil PPDB.
Hasil PPDB merupakan daftar urutan calon peserta didik yang terdapat pada display (tampilan data) online sesuai kuota atau daya tampung masing-masing sekolah, kemudian ditetapkan Dinas Pendidikan melalui sidang Pleno bersama Dewan Pembina dan diumumkan secara serempak, transparan, dan akuntabel melalui Sistem PPDB online.

8 Penetapan siswa yang diterima.Kepala sekolah membuat Surat Keputusan tentang peserta didik baru yang diterima tahun pelajaran 2015/2016 di masing-masing sekolah berdasarkan data yang telah ditetapkan sidang Pleno dan diumumkan melalui Sistem PPDB online.

Display Online rekapitulasi peserta didik yang diterima ditampilkan selama 3 (tiga) bulan setelah tanggal penetapan, untuk pengecekan konsistensi kesesuaian data antara siswa yang telah ditetapkan diterima, daftar ulang, mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS), hingga Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung.

Daftar Ulang

Sekolah melakukan proses daftar ulang terhadap calon peserta didik baru yang dinyatakan diterima, dengan ketentuan sebagai berikut :

9.1 Selama pelaksanaan daftar ulang tidak diperkenankan ada pungutan apapun.

9.2 Bagi peserta didik yang diterima dan tidak melaksanakan daftar ulang, maka dianggap mengundurkan diri, dibuktikan dengan surat pengunduran diri.

G. Awal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

Awal KBM tahun pelajaran 2015/2016 dimulai pada tanggal 9 Juli 2015.

H. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

1. Kegiatan MPLS dilaksanakan maksimal 2 (dua) hari setelah masuk awal KBM tahun Pelajaran 2015/2016 dalam minggu pertama.

2. Kegiatan MPLS tidak diperkenankan adanya pembebanan biaya kepada peserta didik dan mengarah kepada kegiatan perpeloncoan.

II. KETENTUAN KHUSUS

A. PPDB TK/RA

1. Jadwal dan tempat pendaftaran

1.1 Pendaftaran calon peserta didik baru dilaksanakan mulai tanggal 29 Juni sampai dengan tanggal 4 Juli 2015.

1.2 Layanan pendaftaran dilakukan setiap hari mulai pukul 08.00 –14.00 WIB.

1.3 Tempat pendaftaran di TK/RA yang dituju.

2. Persyaratan calon peserta didik

2.1 Berusia 4 (empat) s.d. 5 (lima) tahun untuk kelompok A, dan

2.2 Berusia 5 (lima) s.d. 6 (enam) tahun untuk kelompok B,

2.3 Photo Copy akte kelahiran,

2.4 Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua, Foto copy Kartu Keluarga (KK) dan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua calon peserta didik serta Kartu Keluarga (KK) asli.

3. Tata Cara Pendaftaran

3.1 Pendaftaran dilakukan oleh orang tua/wali di sekolah yang dituju dengan membawa kelengkapan syarat-syarat yang ditentukan.

3.2 Setiap calon peserta didik baru wajib mempertimbangkan jarak terdekat dari tempat tinggal ke sekolah.

4. Seleksi Penerimaan

Seleksi calon peserta didik TK/RA dilakukan melalui pemeringkatan skor yang diperoleh berdasarkan kriteria utama usia dan jarak akses dari rumah ke sekolah. Tidak melakukan seleksi berdasakan kemampuan baca, tulis dan hitung.

B. PPDB SD/MI

1. Jadwal dan tempat pendaftaran

B.1.1 Pendaftaran calon peserta didik baru dilaksanakan mulai tanggal 29 Juni sampai dengan tanggal 4 Juli 2015.

B.1.2 Layanan pendaftaran dilakukan setiap hari mulai pukul 08.00 –14.00 WIB.

B.1.3 Tempat pendaftaran di SD/RA yang dituju.

2. Persyaratan calon peserta didik

B.2.1 Berusia 7 (tujuh) tahun, paling rendah berusia 6 (enam) tahun.

B.2.2 Bagi yang usianya kurang dari 6 (enam) tahun, dapat dipertimbangkan diterima setelah ada rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.

B.2.3 Tidak melakukan seleksi baca, tulis dan hitung.

B.2.4 Foto copy akte kelahiran, Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua, Foto copy Kartu Keluarga (KK) dan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua calon peserta didik serta Foto copy Kartu Keluarga (KK) asli.

B.2.5 Surat Keterangan Tanggung jawab Mutlak Orangtua/Wali contoh format terlampir.

3. Tata cara Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan oleh orang tua/wali, dengan membawa kelengkapan syarat-syarat yang telah ditentukan.

4. Seleksi Penerimaan

B.4.1 Seleksi calon peserta didik SD/MI dilakukan secara otomatis dengan Sistem PPDB Online.

B.4.2 Sistem seleksi calon peserta didik SD/MI dalam PPDB Online dilakukan dengan memperhitungkan kriteria utama berupa faktor usia dan akses jarak tempuh dari tempat tinggal ke sekolah.

B.4.3 Untuk keperluan seleksi, dilakukan pemberian skor pada data usia dan akses jarak tempuh dari tempat tinggal ke sekolah calon peserta didik (pedoman pemberian skor usia dan akses jarak dapat dilihat pada lampiran).

B.4.4 Skor setiap calon peserta didik yang merupakan hasil penjumlahan dari skor usia dan skor akses jarak, dijadikan dasar untuk membuat urutan (pemeringkatan) calon peserta didik dari skor yang terbesar sampai dengan yang terkecil, yang dilakukan komputer secara otomatis.

B.4.5 Urutan teratas perolehan skor calon peserta didik sampai dengan jumlah sesuai kuota akan ditetapkan melalui sidang pleno Dinas Pendidikan bersama Dewan Pembina pada tanggal 6 Juli 2015 dan diumumkan secara online dan/atau pada papan pengumuman sekolah sebagai calon peserta didik SD/MI yang diterima pada tahun pelajaran 2015/2016. Selanjutnya Kepala Sekolah menerbitkan surat keputusan diterima dan melaporkan peserta didik yang diterima kepada Dinas Pendidikan kota Bandung.

Bagi calon peserta didik yang diterima, wajib melaksanakan daftar ulang pada tanggal 7 s.d 8 Juli 2015.

B.4.6 Setelah pengumuman hasil seleksi, bagi SD yang belum memenuhi daya tampung wajib lapor ke Dinas Pendidikan untuk ditindaklanjuti agar dapat menerima calon peserta didik yang tidak diterima pada pendaftaran online. Pendaftaran di sekolah yang belum memenuhi daya tampung diperpanjang hingga tanggal 8 Juli 2015 dengan sistem seleksi berdasarkan pemeringkatan data usia dan tempat tinggal terdekat dari sekolah.

Data Pendaftar dan hasil seleksi selanjutnya dilaporkan ke Dinas Pendidikan. untuk ditetapkan sidang pleno Dinas Pendidikan bersama Dewan Pembina sebagai siswa yang diterima pada tahun pelajaran 2015-2016.

C. PPDB SMP/MTs

1. Jadwal dan tempat pendaftaran

Pendaftaran calon peserta didik baru dilaksanakan sebagai berikut :

C.1.1 Jalur Non Akademis mulai tanggal 17 s.d 23 Juni 2015.

C.1.2 Jalur Akademis mulai 29 Juni sampai dengan 4 Juli 2015.

C.1.3 Layanan pendaftaran dilakukan setiap hari mulai pukul 08.00 –14.00 WIB.

C.1.4 Tempat pendaftaran di SMP/MTs yang dituju.

C.1.5 Khusus pendaftaran calon peserta didik SMP Terbuka dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai dengan 8 Agustus 2015, dan Kegiatan Belajar Mengajarnya dimulai tanggal 10 Agustus 2015.

2. Persyaratan calon peserta didik


2.1 Berusia paling tinggi 18 tahun pada awal tahun pelajaran baru 2015/2016

2.2 Telah lulus dan memiliki ijazah SD/MI/Program Paket A

2.3 Memiliki SHUS atau Surat Hasil Ujian Sekolah Dasar/Madrasah.

3. Persyaratan administrasi pendaftaran

3.1 Jalur Non Akademis

3.1.1 Foto copy akte kelahiran.

3.1.2 Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua, Foto copy Kartu Keluarga (KK) dan menunjukkan KTP orang tua calon peserta didik serta KK asli.

3.1.3 Surat Hasil Ujian Sekolah Dasar/Madrasah (SHUS/M).

3.1.4 Surat Keterangan Tanggungjawab Mutlak Orangtua/Wali (format disediakan pihak sekolah, contoh format dapat dilihat pada lampiran).

3.1.5 Khusus calon peserta didik Jalur Non Akademis untuk afirmasi warga miskin secara ekonomi, Yatim/Yatim Piatu/ yang memiliki MoU/ dilindungi Undang- undang:

3.1.5.1 Menyerahkan Surat Keterangan Tidak Mampu/anak yatim/yatim piatu/ yang memiliki MoU, dari pejabat yang berwenang;

3.1.5.2 Surat Keterangan Tanggungjawab Mutlak Orangtua/Wali (format disediakan pihak sekolah, contoh format dapat dilihat pada lampiran).

3.1.6 Khusus calon peserta didik Jalur Non Akademis untuk apresiasi prestasi siswa :

3.1.6.1 menyerahkan foto copy Sertifikat penghargaan yang dilegalisir oleh Pejabat/lembaga terkait;

3.1.6.2 menyerahkan Surat Keterangan Tanggungjawab Mutlak dari Pimpinan Lembaga yang mengeluarkan Sertifikat (format disediakan pihak sekolah, contoh format dapat dilihat pada lampiran);

3.1.6.3 Surat Keterangan Tanggungjawab Mutlak Orangtua/Wali (format disediakan pihak sekolah , contoh format dapat dilihat pada lampiran).

3.2 Jalur Akademis

3.2.1 Surat Hasil Ujian Sekolah Dasar/Madrasah (SHUS), atau Ijazah paket A.

3.2.2 Foto copy akte kelahiran.

3.2.3 Foto copyKartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua, Foto copy Kartu Keluarga (KK) dan menunjukkan KTP orang tua calon peserta didik serta KK asli.



3.2.4 Surat Keterangan Tanggungjawab Mutlak Orangtua/Wali (format disediakan pihak sekolah, contoh format dapat dilihat pada lampiran).

4. Tata cara pendaftaran

4.1 Jalur non Akademis

4.1.1 Pendaftaran bisa dilakukan oleh orang tua/wali secara individu atau secara kolektif oleh sekolah asal, dengan membawa kelengkapan syarat-syarat yang ditentukan.

4.1.2Calon peserta didik afirmasi warga miskin/yatim/yatim piatu/ memiliki MoU dan calon peserta didik apresiasi prestasi, dapat memilih dua (2) sekolah pilihan.

4.1.3Untuk sekolah pilihan ke-1, calon peserta didik bebas memilih sekolah tanpa memperhatikan wilayah, untuk pilihan ke-2 wajib memilih sekolah di daerah/wilayah dengan jarak terdekat dengan tempat tinggal.

4.2 Jalur Akademis

4.2.1 Pendaftaran bisa dilakukan oleh orangtua/wali secara individu atau secara kolektif oleh sekolah asal, dengan membawa kelengkapan syarat-syarat yang ditentukan.

4.2.2 Setiap calon peserta didik baru Kategori A berhak memilih 2 (dua) pilihan sekolah, yakni: pilihan 1(satu) dan pilihan 2 (dua).

Untuk pilihan-1 (satu), setiap calon peserta didik bebas memilih sekolah dari seluruh sekolah yang ada di Kota Bandung.

Untuk pilihan-2 (dua), setiap calon peserta didik wajib memilih satu sekolah yang terdapat pada wilayah yang sesuai dengan tempat tinggal. Khusus bagi warga Bandung Raya Kategori A, wajib memilih sekolah terdekat di perbatasan.

4.2.4 Setiap calon peserta didik baru Kategori B bebas memilih 1 (satu) pilihan sekolah, yang ada di Kota Bandung.

5. Seleksi Penerimaan

5.1 Jalur Non Akademis

5.1.1 Afirmasi kelompok warga miskin secara ekonomi, Yatim/Yatim Piatu/ yang memiliki MoU dan yang dilindungi Undang-Undang.

5.1.1.1 Calon peserta didik jalur ini diseleksi berdasarkan database. Data base warga miskin sudah terdapat dalam Sistem PPDB Online, bersumber pada Keputusan Walikota Nomor : 440/ KEP.014.BAPPEDA/2014 tanggal 13 Januari 2014 tentang Penetapan Daftar Warga Miskin Kota Bandung Tahun 2014 hingga 2015, dan data resmi lain yang diverifikasi dan ditetapkan Dinas Pendidikan Kota Bandung

5.1.1.2 Setelah pemeringkatan skor oleh sistem online, daftar urut skor perolehan calon peserta didik tertinggi sampai dengan jumlah sesuai kuota penerimaan masing-masing sekolah ditetapkan melalui sidang pleno Dinas Pendidikan bersama Dewan Pembina , dan diumumkan tanggal 26 Juni 2015 sebagai calon peserta didik SMP/MTs yang diterima pada tahun pelajaran 2015/2016.

5.1.1.3 Selanjutnya, kepala sekolah menerbitan surat keputusan diterima dan melaporkan peserta didik yang diterima kepada Dinas Pendidikan,

5.1.1.4 Bagi calon peserta didik yang tidak dapat diterima di sekolah pilihan 1 (satu), akan dilimpahkan secara otomatis oleh sistem online ke sekolah pilihan 2 untuk selanjutnya diperingkat di sekolah pilihan-2 sampai dengan jumlah daya tampung di sekolah pilihan-2 tersebut terpenuhi.

Bagi calon peserta didik yang diterima, wajib melaksanakan daftar ulang pada tanggal 27 juni 2015.
5.1.2 Apresiasi prestasi siswa

5.1.2.1 Calon peserta didik jalur ini diseleksi berdasarkan database prestasi siswa yaitu daftar nama siswa dan prestasi yang diperoleh dari berbagai kejuaraan yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Agama, organisasi induk olahraga/kesenian atau lembaga lainnya dan telah ditetapkan Dinas Pendidikan Kota dan menjadi database dalam Sistem PPDB Online.
5.1.2.2 Bagi Calon peserta didik jalur prestasi yang tidak masuk dalam database Sistem PPDB Online akan dilakukan verifikasi oleh panitia sekolah pada tanggal 17 sampai dengan 25 juni 2015, dan data yang di entry operator sekolah akan diproses sistem menjadi skor perolehan secara otomatis.
5.1.2.3 Seleksi didasarkan perolehan skor dari sertifikat prestasi kejuaraan yang dimiliki calon peserta didik (daftar prestasi dan penskoran terlampir).

5.1.2.4 Skor perolehan tiap calon peserta didik diperingkat. Daftar urut calon peserta didik berdasarkan skor tertinggi sampai dengan jumlah sesuai kuota penerimaan masing-masing sekolah ditetapkan melalui sidang pleno Dinas Pendidikan bersama Dewan Pembina dan diumumkan sebagai calon peserta didik SMP/MTs yang diterima pada tahun pelajaran 2015/2016 pada tanggal 26 Juni 2015. Selanjutnya kepala sekolah menerbitkan Surat Keputusan diterima dan melaporkan peserta didik yang diterima kepada Dinas Pendidikan.

5.1.2.5 Bagi calon peserta didik yang tidak dapat diterima di sekolah pilihan 1 (satu), akan dilimpahkan secara otomatis oleh sistem online ke sekolah pilihan 2 (dua) untuk diperingkat di pilihan 2 (dua) sampai batas daya tampung sekolah pilihan- 2 terpenuhi.

5.1.2.6 Bagi calon peserta didik yang diterima, wajib melaksanakan daftar ulang pada tanggal 27 juni 2015.

5.2 Jalur Akademis

5.2.1 Seleksi calon peserta didik SMP/MTs dilakukan secara otomatis dengan Sistem PPDB Online, pada tanggal 29 Juni sampai dengan 5 Juli 2015.

5.2.2 Sistem seleksi calon peserta didik SMP/MTs dalam PPDB Online akan memperhitungkan kriteria utama yaitu nilai US/M.

5.2.3 Seleksi pada intinya didasarkan pada besarnya nilai US/M.
5.2.4 Seleksi jalur Akademis. Bagi calon peserta didik SMP/MTs, dilaksanakan secara otomatis oleh sistem online Dinas Pendidikan Kota Bandung melalui pemeringkatan dari jumlah nilai pada SHUS/M serta insentif kewilayahan/jarak.

5.2.5 Nilai US/M calon peserta didik selanjutnya diperingkat. Urutan teratas calon peserta didik sampai dengan jumlah sesuai kuota penerimaan peserta didik masing- masing ditetapkan melalui sidang pleno Dinas Pendidikan besama Dewan Pembina dan diumumkan pada tanggal 6 Juli 2015 sebagai calon peserta didik SMP/MTs yang diterima pada tahun pelajaran 2015/2016. Selanjutnya kepala sekolah menerbitkan surat keputusan diterima dan melaporkan kepada Dinas Pendidikan.

5.2.6 Bagi calon peserta didik yang diterima, wajib melaksanakan daftar ulang pada tanggal 7 s.d 8 Juli 2015.

5.2.7 Bagi Sekolah yang belum memenuhi daya tampung, ditindaklanjuti dengan diisi oleh calon peserta didik baru dari wilayah tersebut yang tidak diterima pada sekolah dalam satu wilayah, melalui pemeringkatan Nilai US/M urutan teratas calon peserta didik sampai dengan jumlah sesuai kuota, dengan tidak mengubah hasil sebelumnya.

D. PPDB SMA/MA/SMK/MAK

1 Jadwal dan tempat pendaftaran

Pendaftaran calon peserta didik baru jalur non Akademis dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 9 Juni 2015.

Pendaftaran jalur Akademis pada tanggal 29 Juni sampai dengan tanggal 4 Juli 2015, Layanan pendaftaran dilakukan setiap hari mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Pendaftaran jalur non Akademis maupun Akademis di SMA/MA/SMK/MAK yang dituju.

2 Persyaratan calon peserta didik
2.1 Telah lulus dan memiliki ijazah SMP/MTs/Program Paket B.

2.2 Berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran baru 2015/2016.

2.3 Bagi calon peserta didik yang mendaftar ke SMK tertentu dilengkapi dengan Surat Keterangan dokter yang menyatakan yang bersangkutan tidak buta warna.
3 Persyaratan administrasi pendaftaran
3.1 Jalur non akademis



3.1.1 Foto copy akte kelahiran

3.1.2 Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua, Foto copy Kartu Keluarga (KK) dan menunjukkan KTP orang tua calon peserta didik serta KK asli.
3.1.3 Surat Keterangan Tanggungjawab Mutlak Orangtua/Wali (format disediakan sekolah, contoh format dapat dilihat pada lampiran).
3.1.4 Khusus calon peserta didik Jalur Non Akademis untuk afirmasi warga miskin secara ekonomi, Yatim/Yatim Piatu/ yang memiliki MoU/dilindungi undang-undang yang berlaku :
3.1.4.1 menyerahkan Surat Keterangan tidak mampu dari pejabat yang berwenang.
3.1.4.2 Surat Keterangan Tanggungjawab Mutlak Orangtua/Wali (format disediakan pihak sekolah, contoh format dapat dilihat pada lampiran).

3.1.4.3 Bagi calon peserta didik jalur non akademis untuk afirmasi warga miskin secara ekonomi, yatim/yatim piatu yang tidak terdaftar dalam database warga miskin, dilakukan verifikasi lapangan oleh pihak sekolah didampingi/diketahui RW setempat dengan menggunakan instrumen (format disediakan sekolah, contoh terlampir) yang ditandatangani RW setempat.

3.1.5 Khusus calon peserta didik Jalur Non Akademis untuk apresiasi prestasi siswa:

3.1.5.1 menyerahkan foto copy Sertifikat penghargaan yang dilegalisir oleh Pejabat/lembaga terkait;
3.1.5.2 menyerahkan Surat Keterangan Tanggungjawab Mutlak dari Pimpinan Lembaga yang mengeluarkan Sertifikat (format disediakan sekolah, contoh format dapat dilihat pada Lampiran).
3.2 Jalur akademis
3.2.1 SHUN SMP/MTs atau surat keterangan nilai hasil ujian nasional yang diterbitkan sekolah, atau Ijazah paket B.
3.2.2 Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua, Foto copy Kartu Keluarga (KK) dan menunjukkan KTP orang tua calon peserta didik serta KK asli.
3.2.3 Surat Keterangan Tanggungjawab Mutlak yang dibuat Orangtua/Wali (format disediakan sekolah, contoh format dapat dilihat pada lampiran).
4 Tata cara pendaftaran

4.1 Pendaftaran bisa dilakukan oleh orangtua/wali atau secara kolektif oleh sekolah asal, dengan membawa kelengkapan syarat- syarat yang ditentukan.

4.2 Setiap calon peserta didik baru Kategori A berhak memilih 2(dua) pilihan sekolah, yakni: pilihan 1(satu) dan pilihan 2 (dua).
4.2.1 Untuk pilihan 1 (satu), setiap calon peserta didik bebas memilih sekolah dari seluruh sekolah yang ada di Kota Bandung.
4.2.2 Untuk pilihan 2 (dua), setiap calon peserta wajib memilih satu sekolah yang terdapat pada wilayah yang sesuai dengan tempat tinggal. Khusus bagi warga Bandung Raya Kategori A, wajib memilih sekolah terdekat di perbatasan.
4.4 Setiap calon peserta didik baru Kategori B bebas memilih 1 (satu) pilihan sekolah, yang ada di Kota Bandung.

4.5 Ketentuan pilihan satu dan pilihan dua untuk SMK Negeri tidak memperhatikan pembagian wilayah.
4.6 Calon peserta didik SMK dapat memilih 2 (dua) program keahlian (pilihan 1 (satu) dan pilihan 2 (dua)) dalam satu SMK, atau program keahlian lain dalam bidang keahlian yang sama (pilihan 1 (satu) dan pilihan 2 (dua)) untuk 2 ( dua ) SMK di lingkungan Kota Bandung, kecuali SMK 10, SMK 14 dan SMK 15.

4.7 Khusus untuk SMA Negeri 27 dan SMK Negeri 16 Bandung sebagai satuan pendidikan rintisan wajib belajar pendidikan menengah ( Wajar Dikmen) 12 Tahun, tidak menerima pendaftar dari Bandung Raya dan kategori B.

4.8 Calon peserta didik yang sudah mendaftar secara online tidak dibenarkan mengubah pilihan satuan pendidikan yang menjadi pilihannya.

5 Seleksi Penerimaan

5.1 Jalur non akademis

5.1.1 Afirmasi

5.1.1.1 Afirmasi kelompok warga miskin secara ekonomi, Yatim/Yatim Piatu/ yang memiliki MoU dan dilindungi undang-undang.

5.1.1.2 Calon peserta didik jalur ini diseleksi berdasarkan database yang sudah terdapat dalam Sistem PPDB Online dan akses jarak dari tempat tinggal ke sekolah. Data base yang ada dalam sistem bersumber pada Keputusan Walikota Nomor: 440/ KEP.014.BAPPEDA/2014 tanggal 13 Januari 2014 tentang Penetapan Daftar Warga Miskin Kota Bandung Tahun 2014 dan data dari Kepala Sekolah/Pihak terkait yang sudah diverifikasi dan ditetapkan Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Skor perolehan akan diperingkat sistem, daftar urut calon peserta didik sampai dengan jumlah sesuai kuota penerimaan masing-masing sekolah ditetapkan melalui sidang pleno Dinas Pendidikan bersama Dewan Pembina dan diumumkan pada tanggal 12 Juni 2015 sebagai peserta didik SMA/MA yang diterima pada tahun pelajaran 2015/2016. Selanjutnya kepala sekolah menerbitkan surat keputusan diterima dan melaporkan ke Dinas Pendidikan.

5.1.1.3 Skor perolehan akan diperingkat sistem, daftar urut calon peserta didik sampai dengan jumlah sesuai kuota penerimaan masing-masing sekolah ditetapkan melalui sidang pleno Dinas Pendidikan bersama Dewan Pembina dan diumumkan pada tanggal 12 Juni 2015 sebagai peserta didik SMA/MA yang diterima pada tahun pelajaran 2015/2016. Selanjutnya kepala sekolah menerbitkan surat keputusan diterima dan melaporkan ke Dinas Pendidikan.

5.1.1.4 Bagi calon peserta didik yang tidak dapat diterima di sekolah pilihan 1 (satu), akan dilimpahkan secara otomatis oleh sistem online ke sekolah pilihan 2 (dua) untuk selanjutnya diperingkat di sekolah pilihan 2 (dua) sampai dengan jumlah daya tampung di sekolah pilihan 2 (dua) tersebut terpenuhi.

5.1.1.5 Bagi siswa yang diterima wajib melaksanakan daftar ulang pada tanggal 13 Juni 2015.

5.1.1 Apresiasi prestasi siswa
5.1.1.1 Calon peserta didik jalur ini diseleksi berdasarkan database prestasi siswa yaitu daftar nama siswa dan prestasi yang diperoleh dari berbagai kejuaraan yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Agama, organisasi induk olahraga/kesenian atau lembaga lainnya dan telah ditetapkan Dinas Pendidikan Kota dan menjadi database dalam Sistem PPDB Online.

5.1.1.2 Bagi Calon peserta didik jalur ini yang ternyata tidak masuk dalam Sistem PPDB Online akan dilakukan verifikasi oleh panitia sekolah pada tanggal 1 s.d 9 Juni 2015 untuk klarifikasi kebenaran prestasi kepada pihak yang berwenang. Data yang di entry operator sekolah akan diproses sistem online menjadi skor perolehan secara otomatis.

5.1.1.3 Seleksi didasarkan perolehan skor dari sertifikat prestasi yang dimiliki calon peserta didik (daftar prestasi dan penskoran dapat dilihat pada lampiran).

5.1.1.4 Daftar urut perolehan skor tertinggi calon peserta didik sampai dengan jumlah sesuai kuota penerimaan ditetapkan melalui sidang pleno Dinas Pendidikan bersama Dewan Pembina dan diumumkan pada tanggal 12 Juni 2015 sebagai calon peserta didik SMA/MA, SMK/MAK yang diterima pada tahun pelajaran 2015/2016. Selanjutnya kepala sekolah menerbitkan surat keputusan diterima dan melaporkan kepada Dinas Pendidikan.

5.1.2.5 Bagi calon peserta didik yang tidak dapat diterima di sekolah pilihan 1 (satu), akan dilimpahkan secara otomatis oleh sistem online ke sekolah pilihan 2 (dua) untuk selanjutnya diperingkat di sekolah pilihan 2 (dua) sampai dengan jumlah daya tampung di sekolah pilihan 2 (dua) tersebut terpenuhi.

5.1.2.6 Bagi siswa yang diterima wajib melaksanakan daftar ulang pada tanggal 13 Juni 2015.

5.2 Jalur Akademis
5.2.1 Seleksi calon peserta didik SMA/MA, SMK/MAK dilakukan secara otomatis dengan Sistem PPDB Online, pada tanggal 29 Juni sampai dengan tanggal 5 Juli 2015.

5.2.2 Sistem seleksi calon peserta didik SMA/MA,SMK/MAK dalam PPDB Online akan memperhitungkan kriteria utama yaitu nilai UN.

5.2.3 Seleksi pada intinya didasarkan pada besarnya nilai UN.

5.2.4 Seleksi jalur Akademis Bagi calon peserta didik SMA/MA, dilaksanakan secara otomatis oleh sistem online Dinas Pendidikan Kota Bandung melalui pemeringkatan dari jumlah nilai pada SHUN/M serta insentif kewilayahan/jarak.

5.2.5 Ketentuan pada angka 5.2.4 tidak berlaku bagi calon peserta didik kategori B dan SMK/MAK.

5.2.6 Nilai UN calon peserta didik selanjutnya diperingkat. Urutan teratas calon peserta didik sampai dengan jumlah sesuai kuota penerimaan peserta didik masing- masing sekolah ditetapkan melalui sidang pleno Dinas Pendidikan bersama Dewan Pembina dan diumumkan pada tanggal 6 Juli 2015 sebagai calon peserta didik SMA/MA,SMK/MAK yang diterima pada tahun pelajaran 2015/2016.

Selanjutnya kepala sekolah menerbitkan surat keterangan diterima dan melaporkan peserta didik yang diterima ke Dinas Pendidikan.

5.2.7 Bagi calon peserta didik yang tidak dapat diterima di sekolah pilihan 1 (satu), akan dilimpahkan secara otomatis oleh sistem online ke sekolah pilihan 2 (dua) untuk selanjutnya diperingkat di sekolah pilihan 2 (dua) sampai dengan jumlah daya tampung di sekolah pilihan 2 (dua) tersebut terpenuhi.

5.2.8 Bagi calon peserta didik diterima wajib melaksanakan daftar ulang pada tanggal 7 s.d 8 Juli 2015.

5.2.9 Bagi Sekolah yang belum memenuhi daya tampung, ditindaklanjuti dengan diisi oleh calon peserta didik baru dari wilayah tersebut yang tidak diterima pada sekolah dalam satu wilayah, melalui pemeringkatan Nilai UN urutan teratas calon peserta didik sampai dengan jumlah sesuai kuota, dengan tidak mengubah hasil sebelumnya.

C. Perpindahan Peserta Didik

1. Perpindahan peserta didik antar sekolah dalam Kota Bandung atau dari luar Kota Bandung hanya boleh dilakukan apabila di sekolah yang menjadi tujuan pindah terdapat kekurangan kuota atau daya tampung setelah pembagian raport di akhir tahun pelajaran, kecuali apabila mengikuti perpindahan orang tua karena alasan dinas.

2. Proses perpindahan peserta didik dilaksanakan berdasarkan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.

3. Perpindahan peserta didik dari satu sekolah ke sekolah lain melalui pertimbangan rasio siswa dengan luas ruang kelas sesuai aturan Standar Pelayanan Minimum.

D. Pembiayaan PPDB

Pada saat pendaftaran, dan daftar ulang di TK/RA, Sekolah dan Madrasah Negeri, calon peserta didik baru tidak dipungut biaya.

E. Pengawasan Dan Pengendalian

1. Untuk menjamin pelaksanaan ketentuan sebagaimana diatur dalam peraturan PPDB ini, pengawasan dan pengendalian dilakukan Tim Pengawasan. Pengawasan dilakukan secara internal dan eksternal. Secara internal Dinas Pendidikan Kota Bandung oleh Pengawas Pembina atau pejabat yang ditunjuk, dan pengawasan eksternal oleh Dewan Pendidikan Kota Bandung berkolaborasi dengan elemen masyarakat peduli pendidikan dan Komite sekolah/Majelis Madrasah yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan.

2. Semua pejabat, panitia, dan petugas PPDB termasuk Tim IT dan Tim Independen serta para pemangku kepentingan terkait dengan pelaksanaan PPDB, wajib membuat surat pertanggungjawaban mutlak di atas segel (materai 6000) untuk tidak melakukan pelanggaran dan menyalahgunakan wewenang yang telah diberikan.

3. Pelanggaran dalam pelaksanaan PPDB dapat dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

F. Pelanggaran dan Sanksi
1. Pelanggaran dapat berupa :

F.1.1 menerima/mendaftarkan calon peserta didik dengan menggunakan dokumen yang tidak sesuai/tidak benar sebagaimana dipersyaratkan.

F.1.2 menyetujui untuk menerima dan mengentri data pendaftar pilihan ke 2 (dua) yang tidak sesuai dengan wilayah tempat tinggal.

F.1.3 membantu pendaftar untuk mencabut pendaftaran/mengganti pilihan 2 (dua) yang telah dientri untuk dipindahkan ke sekolah lain

F.1.4 mengentri data palsu (surat keterangan miskin/surat keterangan prestasi/ mengubah data asli nilai UN) ke dalam sistem saat pendaftaran.

F.1.5 menerima pendaftaran pada waktu diluar yang telah ditetapkan dalam petunjuk teknis PPDB.

F.1.6 menerima calon peserta didik melebihi kuota daya tampung yang telah ditetapkan dan dilaporkan sebelum PPDB telah didaftarkan secara online.

F.1.7 menerima sejumlah uang/gratifikasi dari orangtua calon peserta didik/pihak lain untuk penerimaan calon peserta didik yang tidak memenuhi persyaratan/tidak lolos seleksi.

F.1.8 memungut biaya PPDB

F.1.9 Pelanggaran lainnya yang sejenis.

2. Sanksi

Sanksi yang akan diberikan terhadap pelanggaran pelaksanaan PPDB disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan mempertimbangkan jenis pelanggaran setelah diobservasi, konfirmasi, dan klarifikasi melalui prosedur pelaporan pengaduan pelanggaran PPDB.

G. Pelaporan Pengaduan Pelanggaran

1. Pelapor memiliki identitas yang jelas.

2. Laporan harus objektif, transparan, dan akuntabel terkait dengan pelaksanaan teknis PPDB dilengkapi dengan bentuk tulisan disertai bukti fisik kejadian pelanggaran. Tidak dalam kapasitas memaksakan kehendak diluar ketentuan yang berlaku.

3. Pelaporan pengaduan dilakukan satu pintu mengikuti alur pengaduan PPDB tahun pelajaran 2015/2016.

4. Saksi dan Pelapor dilindungi oleh Undang-Undang.

5.Pelaporan/pengaduan disampaikan kepada Tim Penanganan Pelaporan/Pengaduan Masyarakat, alamat pengaduan: Dinas Pendidikan Kota Bandung, melalui email[email protected],melalui aplikasi pengaduan web Dinas Pendidikan dihttp://disdikkota.bandung.go.id.

6.Walikota sesuai dengan kewenangannya dapat memberikansanksikepada semua pihak yang telah melaksanakan tugas PPDBtahunpelajaran 2015/2016.

WALIKOTA BANDUNG,

TTD.

MOCHAMAD RIDWAN KAMIL

Salinan sesuai dengan aslinya

KEPALA BAGIAN HUKUM DAN HAM,
DRS. ARIEF SYAIFUDIN, SH
Pembina TK. I

NIP. 19690111 199603 1 002
LAMPIRAN
II :
PERATURAN
WALIKOTA
BANDUNG

NOMOR : 361
TAHUN
2015

TANGGAL : 16
April
2015

  1. PENSKORAN
    JARAK
    TEMPAT

    TINGGAL
    CALON
    PESERTA
    DIDIK
    SD/MI
NO.
KRITERIA
SKOR
1.
Satu
Kelurahan
dengan
sekolah

yang
berada
pada
0,12
2.
Satu
Kecamatan
dengan
satuan
pendidikan
yang
dituju
0,06
3.
Lintas
kecamatan
di
wilayah
kota

Bandung
0,03
4.
Dari
luar
kota
Bandung
0,00
  1. PENSKORAN
    USIA
    CALON
    PESERTA
    DIDIK
    SD/MI
NO.
USIA
SKOR
1.
7 tahun
7,00
2.
6
tahun
lebih
11
bulan
6,11
3.
6
tahun
lebih
10
bulan
6,10
4.
6
tahun
lebih
9
bulan
6,09
5.
6
tahun
lebih
8
bulan
6,08
6.
6
tahun
lebih
7
bulan
6,07
7.
6
tahun
lebih
6
bulan
6,06
8.
6
tahun
lebih
5
bulan
6,05
9.
6
tahun
lebih
4 bulan
6,04
10.
6
tahun
lebih
3
bulan
6,03
11.
6
tahun
lebih
2
bulan
6,02
12.
6
tahun
lebih
1
bulan
6,01
13.
6 tahun
6,00
14.
Kurang
dari
6
tahun
0,00
  1. PENSKORAN
    JARAK
    TEMPAT

    TINGGAL
    CALON
    PESERTA
    DIDIK
    SMP/MTs,
    SMA/MA,
    SMK UNTUK

    JALUR
    NON
    AKADEMIS
NO.
KRITERIA
SKOR
1.
0 – 500 m
6
2.
501 – 1000 m
5
3.
1001 – 1500 m
4
4.
1501 – 2000 m
3
5.
2001 – 3000 m
2
6.
>
3000
m
1
  1. PENSKORAN
    KRITERIA
    PRESTASI
NO.
KEJUARAAN
DARI
KEMENDIKBUD/KEMENAG
SKOR
1.
Juara
International
48
2.
Juara
1
Nasional
24
3.
Juara
2
Nasional
15
4.
Juara
3
Nasional
13,5
5.
Juara
1
Propinsi
12
6.
Juara
2
Propinsi
10,5
7.
Juara
3
Propinsi
9
8.
Juara
Harapan
Provinsi
7,5
9.
Juara
1
Tk.
Kota
6
10
Juara
2
Tk.
Kota
4,5
11.
Juara
3
Tk.
Kota
3
KEJUARAAN
DARI
INDUK
ORGANISASI
DAN
DI LUAR

KEMENDIKBUD/KEMENAG
12.
Juara
International
12
13.
Juara
1
Nasional
10,5
14.
Juara
2
Nasional
9
15.
Juara
3
Nasional
7,5
16.
Juara
1
Propinsi
4
17.
Juara
2
Propinsi
3,5
18.
Juara
3
Propinsi
3
19.
Juara
Harapan
Provinsi
2,5
20.
Juara
1
Tk.
Kota
2
21.
Juara
2
Tk.
Kota
1,5
22.
Juara
3
Tk.
Kota
1
  1. KRITERIA
    PESERTA
    DIDIK
    WARGA
    MISKIN
NO.
KRITERIA
SKOR
1.
Terdaftar
dalam
data

base
warga
miskin
Kota
Bandung

2014
/pemilik
KIP
9
2.
Memiliki
Surat
Keterangan
Miskin
(SKM)

/
Kartu
Pra
Sejahtera
(
KPS
)
6
3.
Memiliki
Surat
Keterangan
Tidak
Mampu
(SKTM)
/yatim/yatim
piatu
3
F. DAFTAR
SATUAN
PENDIDIKAN

YANG
BERADA DI
PERBATASAN
KOTA
BANDUNG
NO
NAMA
SATUAN
PENDIDIKAN
WILAYAH
ALAMAT
SATUAN

PENDIDIKAN
KECAMATAN
Sekolah
Menengah
Pertama
Negeri
(SMPN)
1
SMP
NEGERI

26
Jl.
Sarijadi
Blok
23
Sukajadi
2
SMP
NEGERI

29
Jl.
Geger
Arum
No.
11ª
Sukasari
3
SMP
NEGERI

38
Jl.
Borobudur
Cibaduyut
Bojong
Loa
Kidul
4
SMP
NEGERI

46
Jl.
Cigagak
Cibiru
5
SMP
NEGERI

47
Jl.
Budi
Cilember
Cicendo
6
SMP
NEGERI

48
Jl.
Batuiraden
VIII
No.
19
Rancasari
7
SMP
NEGERI

50
Jl.
Pasir
Jati Ujung

Berung
Ujung
Berung
8
SMP
NEGERI

51
Jl.
Derwati
Rancasari
Rancasari
9
SMP
NEGERI

52
Jl.
Ciumbuleuit
Cidadap
10.
SMP
NEGERI

53
Jl.
Sindang
Laya
Arcamanik
Sekolah
Menengah
Atas
Negeri
(SMAN)
1.
SMA
NEGERI

13
Jl.
Raya
Cibereum

No.26
Andir
2.
SMA
NEGERI

15
Jl.
Sarimanis
I
No.
1
Sukasari
3.
SMA
NEGERI

21
Jl.
Rancasawo
Gedebage
4.
SMA
NEGERI

25
Jl.
Baturaden
VIII
No.21
Rancasari
5.
SMA
NEGERI

26
Jl.
Cigagak
Cibiru
G.
DAFTAR
SEKOLAH

YANG
MEMILIKI

MoU/
KESEPAKATAN
KEMITRAAN
NO.
NAMA
SEKOLAH
INSTITUSI/LEMBAGA
YANG
BERMITRA
SMA
:
1.
SMA
NEGERI

14
Pusat
Pendidikan
Infanteri
2.
SMA
NEGERI

9
Angkatan
Udara

Republik
Indonesia
(
AURI)

Lanud
Husein
Sastranegara
SMP
:
1.
SMP
NEGERI

11
Hubdam
3
Siliwangi
2.
SMP
NEGERI

17
Kemenkumham
3.
SMP
NEGERI

27
Pusat
Pendidikan
Infanteri
4.
SMP
NEGERI

30
Kodam
3
Siliwangi
H.
DAFTAR
SMK
BERDASARKAN
PROGRAM
KEAHLIAN
NO.
NAMA
DAN
ALAMAT SATUAN

PENDIDIKAN
PROGRAM
KEAHLIAN
1.
SMK
NEGERI

1
Jl.
Wastukencana
No.
3
Tlp.
022-4204514
  1. Akuntansi
  2. Adm.
    Perkantoran
  3. Penjualan
  4. Usaha
    Jasa
    Pariwisata
2.
SMK
NEGERI

2
Jl.
Ciliwung
No.
4
Telp.
022 – 4231857
  1. Teknik
    Mesin
    Perkakas
  2. Teknik
    Gambar
    Mesin
  3. Teknik
    Las
  4. Tek
    Jaringan
    komputer
  5. Multimedia
  6. Animasi
  7. Rekayasa
    Perangkat

    Lunak
3.
SMK
NEGERI

3
Jl.
Solontongan
No. 10

Telp.
022 – 7305529
  1. Akuntansi
  2. Adm.
    Perkantoran
  3. Penjualan
  4. UJP
  5. Multimedia
4.
SMK
NEGERI

4
Jl.
Kiliningan
No. 6

Telp.
022 – 7303736
  1. Komputer
    Jaringan
  2. Tek.
    Pemanf.
    Tenaga
    Listrik
  3. Teknik
    Audio-Video
  4. Rekayasa
    Perangkat

    Lunak
  5. Multimedia
5.
SMK
NEGERI

5
Jl.
Bojongkoneng
No.
37

A
Telp.
022 – 7100427
  1. Tek.
    Gbr.
    Bangunan
  2. Tek.
    Konst
    Bangunan
  3. Survei
    Pemetaan
  4. Analis
    Kimia
  5. Tek.
    Komputer

    dan
    Jaringan
6.
SMK
NEGERI

6
Jl.
Soekarno
Hatta
RiungBandung
Telp.
022 – 7563293
  1. Teknik
    Gambar
    Bangunan
  2. Teknik
    Konstruksi
    Kayu
  3. Tektik
    Audio
    Video
  4. Teknik
    Listrik
    Pemakaian
  5. Teknik
    Mesin
    Perkakas
  6. Teknik
    Mekanik
    Otomotif
7.
SMK
NEGERI

7
Jl.
Soekarno-Hatta
No.
596 B
andung
Telp.
022 – 7563077
  1. Tek.
    Penyempurnaan
    Tekstil
  2. Kimia
    Industri
  3. Kimia
    Analis
  4. Farmasi
8.
SMK
NEGERI

8
Jl.
Kiliningan
No. 8

Telp.
022 – 7304438
  1. Teknik
    Mekanik
    Otomotif
  2. Teknik
    Mekanik
    Body

    Otomotif
  3. Teknik
    Mekanik
    Sepeda

    Motor
9.
SMK
NEGERI

9
Jl.
Soekarno
Hatta
Km.
9

Telp.
022 – 7315810
  1. Hotel
    dan
    Restoran
  2. Tata
    Busana
  3. Kecantikan
    Kulit
  4. Tata
    Kecantikan
    Rambut
  5. Restoran
  6. Pastry
10.
SMK
NEGERI

10
Jl.
Cijawura
Hilir
Margasenang
Telp.
022 – 7562523
  1. Seni
    Tari
  2. Seni
    Musik
  3. Seni
    Karawaitan
  4. Seni
    Teater
11.
SMK
NEGERI

11
Jl.
Budi
Cilember
Cimahi
Telp.
022 – 6652442
  1. Akuntansi
  2. Adm.Perkantoran
  3. Pemasaran
  4. Rekayasa
    Perangkat

    Lunak
  5. Multimedia
  6. Teknik
    Komputer
    &
    Jaringan
12.
SMK
NEGERI

12
Jl.
Pajajaran
No. 92

Telp.
022 – 6038055
  1. Pemesinan
  2. KRPU
  3. KBPU
  4. EPU
  5. KPU
  6. Air
    Frame

    dan
    Power

    Plant
13.
SMK
NEGERI
13
Jl.
Soekarno
Hatta
Km.
13
Telp.
022 – 7318960
  1. Analis
    Kimia
  2. Teknik
    Komputer
    Jaringan
14.
SMK
NEGERI

14
Jl.
Cijawura
Hilir
No.
341
Telp.
022 – 7460356
  1. Kriya
    Kayu
  2. Kriya
    Keramik
  3. Kriya
    Kulit
  4. Kriya
    Logam
  5. Kriya
    Tekstil
  6. Animasi
  7. Teknik
    perbaikan
    Body

    Otomotif
  8. Multimedia
  9. Desain
    Komunikasi
    Visual
15.
SMK
NEGERI

15
Jl.
Gatot
Subroto
No.
4

Telp.
022 – 7303659
  1. Pekerjaan
    Sosial
  2. Akomodasi
    Perhotelan
16.
SMK
NEGERI

16
Jl.
Solontongan
No.10
Telp.022-7305529
  1. Administrasi
    Perkantoran
  2. Akuntansi
  3. Pemasaran
17.
SMK
NEGERI
PU
PROPINSI
Jawa

Barat
Jl.
Garut
No.
10
Bandung
Telp.022-7208317
  1. Teknik
    Gambar
    Bangunan
  2. Geomatika
  3. Teknik
    Kendaraan
    Ringan
  4. Teknik
    Komputer
    dan
    Jaringan
  5. Teknik
    Pemesinan
  6. Teknik
    instalasi
    Pemanfaatan
    Tenaga
    Listrik
  1. PEMBAGIAN
    WILAYAH
    SEBARAN
    SATUAN

    PENDIDIKAN
    SEKOLAH
    DASAR
    DI
    KOTA
    BANDUNG
NO
WILAYAH
NAMA
SATUAN
PENDIDIKAN
KECAMATAN
1
A
SDN
Gegerkalong

KPAD
Sukasari
2
SDN
Isola
1
Sukasari
3
SDN
Gegerkalong

Girang
Sukasari
4
SDN
Cirateun

Kulon
Sukasari
5
SDN
Sukarasa
3
Sukasari
6
SDN
Sukarasa
1
Sukasari
7
SDN
Cipedes

5
Sukasari
8
SDN
Harapan

1
Sukasari
9
SDN
Cipedes

1
Sukasari
10
SDN
Setiabudi
Sukasari
11
SDN
Cijerokaso

1 &

2
Sukasari
12
SDN
Sarijadi

3
Sukasari
13
SDN
Sarijadi

5
Sukasari
14
SDN
Sarijadi

7
Sukasari
15
SDN
Cilandak
Sukasari
16
SDN
Sejahtera

1
Sukajadi
17
SDN
Luginasari
1
Sukajadi
18
SDN
Sirnamanah
Sukajadi
19
SDN
Sukajadi

3
Sukajadi
20
SDN
Sukajadi

8
Sukajadi
21
SDN
Sukagalih

1
Sukajadi
22
SDN
Sukagalih

2
Sukajadi
23
SDN
Sukagalih

3
Sukajadi
24
SDN
Caringin
1
Sukajadi
25
SDN
Cibogo
Sukajadi
26
SDN
Sarijadi

Selatan
1
Sukajadi
27
SDN
Sukasari

1
Sukajadi
28
SDN
Sukasari

3
Sukajadi
29
SDN
Sukawarna

1
Sukajadi
30
SDN
Sukawarna

3
Sukajadi
31
SDN
Cirateun
Cidadap
32
SDN
Cidadap

I
Cidadap
33
SDN
Cidadap

2
Cidadap
34
SDN
Panorama

1
Cidadap
35
SDN
Panorama

2
Cidadap
36
SDN
Ciumbuleuit

3
Cidadap
37
SDN
Bandung
Baru
2
Cidadap
38
SDN
Bandung
Baru
1
Cidadap
39
SDN
Ciumbuleuit

1
Cidadap
40
SDN
Ciumbuleuit

4
Cidadap
41
SDN
Kresna
Cicendo
42
SDN
Ayudia
Cicendo
43
SDN
Jatayu

1
Cicendo
44
SDN
Dr. Cipto
Cicendo
45
SDN
Pajajaran
Cicendo
46
SDN
Pasirkaliki

96
Cicendo
47
SDN
Pasirkaliki 139
Cicendo
48
SDN
Citepus

1
Cicendo
49
SDN
Citepus

4
Cicendo
50
SDN
Lanuma

Huseinsastranegara
1
Cicendo
51
SDN
Lanuma

Huseinsastranegara
3
Cicendo
52
SDN
Sukaraja
Cicendo
53
SDN
Pasirkaliki

2
Cicendo
54
SDN
Dian
Cicendo
55
SDN
Komara

Budi
Cicendo
56
SDN
Pasirkaliki

7
Cicendo
57
SDN
Gunung

Rahayu
2
Cicendo
58
SDN
Cisitu

1
Coblong
59
SDN
Cisitu

2
Coblong
60
SDN
Cipaganti

2
Coblong
61
SDN
Cihampelas

1
Coblong
62
SDN
Coblong
1
Coblong
63
B
SDN
Coblong
4
Coblong
64
SDN
Pelesiran
Coblong
65
SDN
Neglasari

1
Coblong
66
SDN
Senanggalih
Coblong
67
SDN
Neglasari

2
Coblong
68
SDN
Neglasari

4
Coblong
69
SDN
Langensari
Coblong
70
SDN
Haurpancuh

1
Coblong
71
SDN
Tilil

1
Coblong
72
SDN
Tilil

2
Coblong
73
SDN
Tikukur
Coblong
74
SDN
Sekeloa
Coblong
75
SDN
Sabang
Bandung
Wetan
76
SDN
Ciujung
Bandung
Wetan
77
SDN
Soka
34
Sumur
Bandung
78
SDN
Merdeka

5
Sumur
Bandung
79
SDN
Banjarsari

1
Sumur
Bandung
80
SDN
Embong
Sumur
Bandung
81
SDN
Patrakomala
Sumur
Bandung
82
SDN
Cimuncang

1
Cibeunying
Kidul
83
SDN
Cimuncang

3
Cibeunying
Kidul
84
SDN
Cimuncang

6
Cibeunying
Kidul
85
SDN.
Saluyu
Cibeunying
Kidul
86
SDN
Padasuka

1
Cibeunying
Kidul
87
SDN
Padasuka

4
Cibeunying
Kidul
88
SDN
Jalan

Anyar
Cibeunying
Kidul
89
SDN
Bojongkoneng

1
Cibeunying
Kidul
90
SDN
Sukasenang
Cibeunying
Kidul
91
SDN
Gatot

Subroto
1
Cibeunying
Kidul
92
SDN
Awigombong
1
Cibeunying
Kidul
93
SDN
Awigombong
2
Cibeunying
Kidul
94
SDN
Cicadas

4
Cibeunying
Kidul
95
SDN
Cicadas

1
Cibeunying
Kidul
96
SDN
Cicadas

2
Cibeunying
Kidul
97
SDN
Cikutra
1
Cibeunying
Kaler
98
SDN
Cigadung

1
Cibeunying
Kaler
99
SDN
Cihaurgeulis

1
Cibeunying
Kaler
100
SDN
Cihaurgeulis

2
Cibeunying
Kaler
101
SDN
Muararajeun

1
Cibeunying
Kaler
102
SDN
Sukaluyu

1
Cibeunying
Kaler
103
SDN
Griya
Bumi
Antapani
27
Antapani
104
SDN
Griya
Bumi
Antapani
18
Antapani
105
SDN
Griya
Bumi
Antapani
23
Antapani
106
C
SDN
Griya
Bumi
Antapani
32
Antapani
107
SDN
Antapani

1
Antapani
108
SDN
Sindangari

3
Antapani
109
SDN
Griya
Bumi
Antapani
14
Antapani
110
SDN
Griya
Bumi
Antapani
13
Antapani
111
SDN
Antapani
2
Antapani
112
SDN
Griya
Bumi
Antapani
5
Antapani
113
SDN
Cicabe
Mandaljati
114
SDN
Cikadut

1
Mandaljati
115
SDN
Cikadut

2
Mandaljati
116
SDN
Jatihandap

2
Mandaljati
117
SDN
Jatihandap
Mandaljati
118
SDN
Tanjakan
Mandaljati
119
SDN
Sindanglaya

1
Mandaljati
120
SDN
Sindanglaya

2
Mandaljati
121
SDN
Sindanglaya

5
Mandaljati
122
SDN
Sukaasih
Mandaljati
123
SDN
Pasir
Impun
1
Mandaljati
124
SDN
Binaharapan

1
Arcamanik
125
SDN
Binaharapan

2
Arcamanik
126
SDN
Lokajaya

1
Arcamanik
127
SDN
Sukakarya
Arcamanik
128
SDN
Arcamanik
Arcamanik
129
SDN
Arcamanik

Endah
Arcamanik
130
SDN
Sukamiskin
Arcamanik
131
SDN
Mekarjaya
Arcamanik
132
SDN
Cisaranten

Kulon
1
Arcamanik
133
SDN
Guruminda
Arcamanik
134
SDN
Nugraha
Arcamanik
135
D
SDN
Ujungberung

1
Ujungberung
136
SDN
Ujungberung

2
Ujungberung
137
SDN
Ajitunggal
Ujungberung
138
SDN
Cijambe

2
Ujungberung
139
SDN
Ciporeat

1
Ujungberung
140
SDN
Mekargalih
Ujungberung
141
SDN
Paledang
Ujungberung
142
SDN
Panggungsari

1
Ujungberung
143
SDN
Andir

Kidul
1
Cinambo
144
SDN
Cisaranten

Wetan
1
Cinambo
145
SDN
Gedebage
Cinambo
146
SDN
Sukapura

01
Cibiru
147
SDN
Taruna
Karya
1
Cibiru
148
SDN
Taruna

Karya
2
Cibiru
149
SDN
Cilengkrang

1
Cibiru
150
SDN
Cigagak
Cibiru
151
SDN
Hanura
Cibiru
152
SDN
Cibiru

1
Cibiru
153
SDN
Cibiru

3
Cibiru
154
SDN
Cikudayasa

1,
2
Cibiru
155
SDN
Cipadung

1
Cibiru
156
SDN
Cipadung

3
Cibiru
157
SDN
Pelita

1
Cibiru
158
SDN
Panyileukan

1
Panyileukan
159
SDN
Sukarela

1
Panyileukan
160
SDN
Sukarela

3
Panyileukan
161
SDN
Panghegar
Panyileukan
162
MIN
Cicendo
Panyileukan
163
E
SDN
Sukalaksana

1
Kiaracondong
164
SDN
Cicaheum

1
Kiaracondong
165
SDN
Babakan
Sinyar
1
Kiaracondong
166
SDN
Babakan
Sinyar
2
Kiaracondong
167
SDN
Babakan
Sari
1
Kiaracondong
168
SDN
Babakan
Sari
2
Kiaracondong
169
SDN
Sekejati

3
Kiaracondong
170
SDN
Kiaracondong

3
Kiaracondong
171
SDN
Pindad

1
Kiaracondong
172
SDN
Sekejati

1
Kiaracondong
173
SDN.
Babakan

Surabaya
1
Kiaracondong
174
SDN.
Babakan

Surabaya
3
Kiaracondong
175
SDN
Babakan
Surabaya
4
Kiaracondong
176
SDN
Sukapura

1
Kiaracondong
177
SDN
Sukapura5
Kiaracondong
178
SDN.
Babakan

Sentral
1
Kiaracondong
179
SDN
Babakan
Sentral
2
Kiaracondong
180
SDN
Warungjambu
1
Kiaracondong
181
SDN
Warungjambu
2
Kiaracondong
182
SDN
Centeh

1
Batununggal
183
SDN
Centeh

4
Batununggal
184
SDN
Gambir
Batununggal
185
SDN
Kacapiring
Batununggal
186
SDN
Gumuruh

8
Batununggal
187
SDN
Kridawinya

1
Batununggal
188
SDN
Gumuruh

7
Batununggal
189
SDN
Gumuruh

1
Batununggal
190
SDN
Kebon
Gedang
1
Batununggal
191
SDN
Kebon

Gedang
2
Batununggal
192
SDN
Kebon

Gedang
5
Batununggal
193
SDN
Binongjati

1
Batununggal
194
SDN
Babakanjati

1
Batununggal
195
F
SDN
Buahbatu

1
Buahbatu
196
SDN
Buahbatu

4
Buahbatu
197
SDN
Buahbatu

5
Buahbatu
198
SDN
Margacinta
Buahbatu
199
SDN
Babakan
Jati
Buahbatu
200
SDN
Cijawura

3
Buahbatu
201
SDN
Rancasawo

01
Buahbatu
202
SDN
Rancasawo

02
Buahbatu
203
SDN
Margasari

2
Buahbatu
204
SDN.
Margahayuraya

Blok

I/Ii-01
Buahbatu
205
SDN
Margahayu

Raya
Buahbatu
206
SDN
Batununggal

3
Bandung
Kidul
207
SDN
Jakapurwa
Bandung
Kidul
208
SDN
Parakan

Waas
Bandung
Kidul
209
SDN
Sekelimus

1
Bandung
Kidul
210
SDN
Nengger
Bandung
Kidul
211
SDN
Pasawahan

1
Bandung
Kidul
212
SDN
Pasawahan

4
Bandung
Kidul
213
SDN
Rancaloa
Rancasari
214
SDN
Cipamokolan

I
Rancasari
215
SDN
Derwati
Rancasari
216
SDN
Cijawura
Rancasari
217
SDN
Pasirpogor
Rancasari
218
SDN
Rancabolang

01
Rancasari
219
MIN
Marga
Sari
Bandung
Rancasari
220
SDN
Cempaka

Arum
Gedebage
221
SDN
Cimincrang
Gedebage
222
SDN
Sondariah
Gedebage
223
SDN
Rancasagatan
Gedebage
224
SDN
Cisaranten

Kidul
1
Gedebage
225
SDN
Cisaranten

Kidul
2
Gedebage
226
SDN
Cisaranten

Kidul
3
Gedebage
227
SDN
Durman
Andir
228
SDN
Ciroyom
Andir
229
SDN
Garuda

1
Andir
230
SDN
Dadali
Andir
231
SDN
Karang

Taruna
1
Andir
232
SDN
Karang

Mulya
1
Andir
233
SDN
Cibeureum

1
Andir
234
G
SDN
Cibeureum

2
Andir
235
SDN
Tunas

Harapan
01
Bandung
Kulon
236
SDN
Cijerah
1
Bandung
Kulon
237
SDN
Sayuran

1
Bandung
Kulon
238
SDN
Sayuran

2
Bandung
Kulon
239
SDN
Perumnas

Cijerah
1
Bandung
Kulon
240
SDN
Perumnas

Cijerah
3
Bandung
Kulon
241
SDN
Perumnas

Cijerah
2
Bandung
Kulon
242
SDN
Cijerah
Indah
Bandung
Kulon
243
SDN
Bojong
1
Bandung
Kulon
244
SDN
Gempolsari
Bandung
Kulon
245
SDN
Cibuntu
1
Bandung
Kulon
246
SDN
Warung
Muncang
Bandung
Kulon
247
SDN
Caringin
Bandung
Kulon
248
SDN.
Blok
Sawah
Bandung
Kulon
249
SDN
Cigondewah

1,2
Bandung
Kulon
250
SDN
Cigondewah

4
Bandung
Kulon
251
SDN
Cigondewah

5
Bandung
Kulon
252
SDN
Cigondewah

Hilir
Bandung
Kulon
253
H
SDN
Cibadak

1
Astanaanyar
254
SDN
Bandungkulon

1
Astanaanyar
255
SDN
Bandungkulon

3
Astanaanyar
256
SDN
Pagarsih

1
Astanaanyar
257
SDN
Pajagalan
58
Astanaanyar
258
SDN
Pajagalan

31
Astanaanyar
259
SDN
Pabaki
1
Astanaanyar
260
SDN
Pabaki
3
Astanaanyar
261
SDN
Pajagalan

47-1
Astanaanyar
262
SDN
Kopo

I
Astanaanyar
263
SDN
Dwikora

1
Astanaanyar
264
SDN
Kopo

5
Astanaanyar
265
SDN
Astanaanyar

1
Astanaanyar
266
SDN
Tegallega

2
Astanaanyar
267
SDN
Raya

Barat 1
Babakan
Ciparay
268
SDN
Babakan
1
Babakan
Ciparay
269
SDN
Situgunting

1
Babakan
Ciparay
270
SDN
Babakan
Ciparay
4
Babakan
Ciparay
271
SDN
Babakan
Ciparay
1
Babakan
Ciparay
272
SDN
Babakan
Ciparay
10
Babakan
Ciparay
273
SDN
Babakan
Ciparay
2
Babakan
Ciparay
274
SDN
Sumbersari

Indah
1
Babakan
Ciparay
275
SDN
Babakan
Ciparay
3
Babakan
Ciparay
276
SDN
Cirangrang

1
Babakan
Ciparay
277
SDN
Cirangrang

3
Babakan
Ciparay
278
SDN
Kopo
Elok
Babakan
Ciparay
279
SDN
Margahayu
Utara
2
Babakan
Ciparay
280
SDN
Babakan
Ciparay
5
Babakan
Ciparay
281
SDN
Gentra

Masekdas
1,2
Bojongloa
Kaler
282
SDN
Jamika

1
Bojongloa
Kaler
283
SDN
Tanjung

1
Bojongloa
Kaler
284
SDN
Babakan
Tarogong
1
Bojongloa
Kaler
285
SDN
Citarip

Barat
1
Bojongloa
Kaler
286
SDN
Leuwipanjang

1
Bojongloa
Kidul
287
SDN
Leuwianyar

1
Bojongloa
Kidul
288
SDN
Bojongloa
1
Bojongloa
Kidul
289
SDN
Bojongloa
2
Bojongloa
Kidul
290
SDN
Cibaduyut

1
Bojongloa
Kidul
291
SDN
Cibaduyut

4
Bojongloa
Kidul
292
SDN
Cibaduyut

5
Bojongloa
Kidul
293
SDN
Cangkuang

3
Bojongloa
Kidul
294
I
SDN
Mohamad

Toha
1
Regol
295
SDN
Lengkong

Besar
105-1
Regol
296
SDN
Lengkong

Besar
105-5
Regol
297
SDN
Balonggede

1,3
Regol
298
SDN
Asmi

1
Regol
299
SDN
Ciateul
Regol
300
SDN
Kotabaru
Regol
301
SDN
Babakan
Priangan
1
Regol
302
SDN
Babakan
Priangan
3
Regol
303
SDN
Pamoyanan
Regol
304
SDN
Ciburuy
Regol
305
SDN
Bhakti

Winaya
1
Regol
306
SDN
Pasir
Luyu
1
Regol
307
SDN
Mengger
Girang
1
Regol
308
SDN
Buahbatu

Baru
Lengkong
309
SDN
Cijagra
1
Lengkong
310
SDN
Putraco

Indah
Lengkong
311
SDN
Suryalaya
Lengkong
312
SDN
Turangga

1
Lengkong
313
SDN
Turangga

2
Lengkong
314
SDN
Karangpawulang

1
Lengkong
315
SDN
Nilem

1
Lengkong
316
SDN
Halimun
Lengkong
317
SDN
Lengkong
Kecil
Lengkong
  1. PEMBAGIAN
    WILAYAH
    SEBARAN
    SMPN/MTSN
    DI
    KOTA
    BANDUNG
WILAYAH
NAMA
KECAMATAN
SMP
A
  1. Astana
    Anyar
  2. Bojong
    Loa
    Kaler
  3. Bojong
    Loa
    Kidul
  4. Regol
  5. Babakan
    Ciparay
  6. Bandung
    Kulon
SMPN
3
SMPN
10
SMPN
11
SMPN
21
SMPN
24
SMPN
25
SMPN
33
SMPN
36
SMPN
38
SMPN
39
SMPN
43
MTsN
1
B
  1. Andir
  2. Cicendo
  3. Sukajadi
  4. Sukasari
  5. Cidadap
SMPN
1
SMPN
6
SMPN
9
SMPN
12
SMPN
15
SMPN
23
SMPN
26
SMPN
29
SMPN
32
SMPN
41
SMPN
47
SMPN
52
C
  1. Coblong
  2. Cibeunying
    Kaler
  3. Cibeunying
    Kidul
SMPN
16
SMPN
19
SMPN
22
SMPN
27
SMPN
35
D
  1. Cibeunying
    Kaler
  2. Cibeunying
    Kidul
SMPN
2
SMPN
5
SMPN
7
SMPN
14
SMPN
40
SMPN
44
E
  1. Antapani
  2. Arcamanik
  3. Ujung
    Berung
  4. Cibiru
  5. Panyileukan
  6. Mandalajati
  7. Kiaracondong
  8. Cinambo
SMPN
8
SMPN
17
SMPN
30
SMPN
37
SMPN
45
SMPN
46
SMPN
49
SMPN
50
SMPN
53
MTsN
2
F
  1. Batununggal
  2. Buah
    Batu
  3. Bandung
    Kidul
  4. Rancasri
  5. Lengkong
SMPN
4
SMPN
13
SMPN
18
SMPN
20
SMPN
28
SMPN
31
SMPN
34

25. Gede Bage

SMPN
42
SMPN
48
SMPN
51
SMPN
54
  1. PEMBAGIAN
    WILAYAH
    SEBARAN
    SMAN/MAN
    DI
    KOTA
    BANDUNG
    UNTUK
    PILIHAN

    2
WILAYAH
NAMA
KECAMATAN
KELURAHAN
SMAN
A
Sukasari
  • Geger
    kalong
  • Isola
  • Sarijadi
  • Sukarasa
SMAN
1
SMAN
2
SMAN
15
SMAN
19
Sukajadi
  • Cipedes
  • Pasteur
  • Sukabungah
  • Sukagalih
  • Sukawarna
Cidadap
  • Ciumbuleuit
  • Hegarmanah
  • Ledeng
Coblong
  • Cipaganti
  • Dago
  • Lebak
    Gede
  • Lebak
    Siliwangi
  • Sadang
    Serang
  • Sekeloa
Cibeunying
Kaler
  • Cigadung
  • Cihaur
    Geulis
Bandung
Wetan
  • Citarum
  • Taman
    Sari
Cicendo
  • Sukaraja
B
Cibeunying
Kidul
  • Cicadas
  • Cikutra
  • Padasuka
  • Pasirlayung
  • Sukamaju
  • Sukapada
SMAN
10
SMAN
14
SMAN
20
Cibeunying
Kaler
  • Neglasari
  • Sukaluyu
  • Cihaurgeulis
Bandung
Wetan
  • Citarum
  • Cihapit
Kiaracondong
  • Babakan
    Surabaya
  • Cicaheum
Batununggal
  • Kebon
    waru
  • Kacapiring
Sumur
Bandung
  • Merdeka
Coblong
  • Lebak
    Gede
  • Sadang
    serang
C
Sumur
Bandung
  • Babakan
    ciamis
  • Braga
  • Kebon
    pisang
  • Merdeka
SMAN
7
SMAN
3
SMAN
5
Lengkong
  • Malabar
  • Burangrang
  • Paledang
  • Cikawao
Regol
  • Balong
    gede
  • Pungkur
Bandung
Wetan
  • Taman
    sari
  • Cihapit
  • Citarum
D
Bandung
Kidul
Batununggal
Lengkong
Regol
Bojongloa
Kidul
Astanaanyar
  • Batununggal
  • Kujangsari
  • Mengger
  • Wates
  • Samoja
  • Cibangkong
  • Maleer
  • Gumuruh
  • Binong
  • Lingkar
    selatan
  • Cijagra
  • Turangga
  • Burangrang
  • Malabar
  • Pungkur
  • Ciateul
  • Ancol
  • Cigereleng
  • Ciseureuh
  • Pasirluyu
  • Mekarwangi
  • Kebonlega
  • Pelindung
    hewan
  • Karasak
SMAN
8
SMAN
11
SMAN
22
E
Bandung
Kulon
  • Caringin
  • Cibuntu
  • Cogondewah
    kaler
  • Cigondewah
    kidul
  • Cigondewah
    rahayu
  • Cijerah
  • Gempolsari
  • Warung
    muncang
MAN
1
SMAN
4
SMAN
17
SMAN
18
Babakan
Ciparay
  • Babakan
  • Babakan
    ciparay
  • Cirangrang
  • Margahayu
    utara
  • Margasuka
  • Sukahaji
Bojongloa
Kaler
  • Babakan
    asih
  • Babakan
    tarogong
  • Jamika
  • Kopo
  • Suka
    asih
Bojongloa
Kidul
  • Kebon
    lega
  • Situsaeur
  • Cibaduyut
  • Cibaduyut
    kidul
  • Cibaduyut
    wetan
Andir
  • Ciroyom
  • Kebon
    jeruk
Cicendo
  • Pasirkaliki
  • Arjuna
Astanaanyar
  • Cibadak
  • Karanganyar
  • Nyengseret
  • Panjunan
Sumur
Bandung
  • Babakan
    ciamis
  • Braga
Regol
  • Balonggede
F
Cicendo
  • Arjuna
  • Pasirkaliki
  • Husen
    sastranegra
  • Pajajaran
  • Pamoyanan
  • Sukaraja
SMAN
6
SMAN
9
SMAN
13
Andir
  • Campaka
  • Dungus
    cariang
  • Garuda
  • Maleber
  • Kebon
    jeruk
  • Ciroyom
F
Sukajadi
Astanaanyar
Sumur
Bandung
Bandung
Kulon
  • Sukabungah
  • Sukagalih
  • Karanganyar
  • Cibadak
  • Braga
  • Taman
    sari
  • Babakan
    ciamis
  • Cijerah
F
Sukajadi
Sukabungah
Sukagalih
Astanaanyar
Karanganyar
Cibadak
Sumur Bandung
Braga
Taman sari
Babakan ciamis
Bandung Kulon
Cijerah
G
Buah Batu
Cijaura (margasenang)
SMAN 12
Jatisari
Margasari
Sekejati
Rancasari
Cipamokolan
Derwati
Manjahlega
Mekar mulya (mekarjaya)
GedebageCisaranten kidul
SMAN 16
Antapani
Antapani tengah
Antapani wetan
Antapani kulon
Antapani kidul
SMAN 21
Kiaracondung
Babakan surabaya
SMAN 25
Babakan Sari
Kebun Jayanti
Sukapura
Kebon Kangkung
Batununggal
Binong
Kebon gedang
Gumuruh
Kebonwaru
Arcamanik
Cisaranten endah
Sukamiskin
Bandung KidulBatu nunggal
H
Mandalajati
Jati handap
MAN 2
Karang pamulang
Pasir impun
SMAN 23
Sindangjaya
Ujungberung
Cigending
SMAN 24
Pasanggrahan
Pasir endah
Pasirjati
Pasirwangi
SMAN 26
Cibiru
Cipadung
SMAN 27
Cisurupan
Palasari
Pasiribu
  1. DAFTAR
    SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN
    KHUSUS
NO.
JENJANG/
NAMA
SEKOLAH
SD/MI
:
1.
Tunas
Harapan Jl.Cijerah No.116
2.
Mengger
Girang Jl.Mengger Girang 3 No.4
3.
Dewi
Sartika Jl. Kautamaan Istri 12
4.
Bpi Jl.
Halimun No.40
5.
Muhammadiyah Jl.
Kadipaten Raya No. 4-6
6.
Rancaloa Jl.Cipamokolan
No.62
7.
Yayasan
Beribu Jl. BKR No 1
8.
Gagas
Ceria Jl.Malabar No.61
9.
Sukaluyu Jl.Rereng
Adu Manis 2A
10.
Putraco
Indah Jl.Rajamantri Kaler No.25
11.
Alfa
Centauri Jl. Palasari No 9
12.
Tunas
Unggul Jl.Pasir Impun No.90
13.
Citarip
Barat Jl. Madesa No 24
14.
Az-Zakiyah Jl.Cijawura
Girang IV No.2
15.
Pasirluyu
2 Jl. Pasirluyu 164/205 A
16.
Cendekia
Muda Jl.Arcamanik Endah No.35
17.
Turangga
2 Jl. Salak No 3
18.
Sarijadi
3 Jl.Sarimanis Sarijadi Blok.17
19.
Cijagra
1 & 2 Jl. Situ Lembang No.1
20.
Bhakti
Winaya Jl. Pasir Jaya VI No.1
21.
Al-Ghifari Jl.Cisaranten
Kulon
21.
9
Mutiara Jl. Karapitan 1 No 2
22.
Ikatan
Rukun Keluarga
Jl.Situ
Aksan Permai
23.
Andir
Kidul
Jl.AH
Nasution No 38 A
24.
Muhammadyah
3
Jl.PHH
Mustopa No.90/209 c
25.
Suryalaya
Jl.Arcamanik
Endah 3
26.
Gegerkalong
2
Jl.Surya
Indah No. 81
27.
Isola
Jl.
Surapati 82
28.
Az-Zahra
Jl.
Geger Arum No. 11 B
29
Mutiara
Bunda
Jl.
Raya Panyileukan No.11
30.
Cihaurgeulis
Jl.
Gegerkalong Girang No 12
31.
Sd
Sains Al-Biruni
Jl.
Merdeka
32.
Banjarsari
(Prog. Akselerasi) Jl.Pasirlayung Asri No.15
33.
Citarip
Barat Jl.Cijerah No.116
SMP/MTs
:
1.
SMPN
47
2.
SMP
Mutiara Bunda
3.
SMP
Al-Ghifari
4.
SMP
AL-Biruni
5.
SMP
Cendekia Muda
6.
SMP
Alfa Centaury
7.
SMP
Hikmah Teladan
8.
SMP
Nugraha
9.
SMP
Budi istri
10.
SMP
Muhamadiyah 8
11.
SMP
Dewi Sartika
12.
SMP
BPI
SMA/MA/SMK
:
1.
SMAN
6
2.
SMAN
7
3.
SMA
Al-Ghifari
4.
SMA
Mutiara Bunda
5.
SMA
Alfa Centaury
6.
SMK
BPP
7.
SMK
Nasional
8.
SMAN
4
9.
SMAN
3 (CIBI)
10.
SMA
Santa Maria 2
11.
MAN
1 Cijerah

  1. ALUR
    MEKANISME

    PPDB
    TAHUN

    2015/2016
    1. Alur
      Mekanisme

      Pendaftaran
      PPDB
      jalur

      Akademis
2.Alur Mekanisme Pendaftran PPDB Jalur Non Akademis
FORMULIR

PENDAFTARAN
PENERIMAAN
PESERTA
DIDIK
BARU
(
PPDB)
SMP/MTs,
SMA /MA,

SMK
*)
JALUR
AKADEMIS
1. Nama
calon : ………………………………………………………………………
2. Tempat
dan
tanggal
lahir : ………………………………………………………………………
3. Asal
Satuan
pendidikan
/
Lulusan
tahun : ………………………………………………………………………
4. Agama : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
5. Nama
orang
tua : ……
6. Alamat
orang
tua : Kp/Jl.………………………………………………………………..
RT……….

RW………….Kelurahan……………………………………………..
Kecamatan
:
…………………………………………………
Kabupaten/
Kota
:
……………………………………………….*)
No.
Tlp/HP

:
…………………………………………………
7. Pekerjaan
orang
tua : ………………………………………………………………………
8. Agama : ………………………………………………………………………
:
  1. No.
    Peserta
    UN
    atau
    US/M
  1. Nilai
    UN
    atau
    US/M
    :
………………………………………………………………………
No.
Mata
Pelajaran
Nilai
1
……………….
2
……………….
3
……………….
4
……………….
Jumlah
:
……………….
  1. Satuan
    pendidikan
    yang
    dituju Pilihan
    1 : ………………………………………
Pilihan
2 : ……………………………………..
Demikian
data
di
atas
adalah
data
sebenarnya
dan
dapat
dipertanggungjawabkan.
Jika
data
tersebut
tidak
sesuai
dengan
sebenarnya,
kami
siap
menerima
sanksi
sesuai
dengan
ketentuan
yang
berlaku.
Mengetahui,
Bandung,………………
2015
Orang
tua Calon
Siswa,
Catatan
:
Dibuat
rangkap
3
(tiga)
*)
Coret
yang
tidak
perlu.
FORMULIR

PENDAFTARAN
PENERIMAAN
PESERTA
DIDIK
BARU
(

PPDB)
SMP/MTs,
SMA /MA,

SMK
*)
JALUR
NON
AKADEMIS
PRESTASI
1.
Nama
calon :
……………………………………………………………
2.
Tempat
dan
tanggal
lahir :
……………………………………………………………
3.
Asal
Satuan
pendidikan
/
Lulusan
tahun :
……………………………………………………………
4.
Agama :
……………………………………………………………
5.
Nama
orang
tua :
……………………………………………………………
6.
Alamat
orang
tua :
Kp/Jl.…………………………………………………………RT……….

RW………….Kelurahan……………………………………….
Kecamatan
:
…………………………………………….
Kabupaten/
Kota
:
………………………………………….*)
No.
Tlp/HP

:
…………………………………………….
7.
Pekerjaan
orang
tua :
……………………………………………………………
8.
Agama :
……………………………………………………………
9
No.
Peserta
UN
atau
US/M :
…………………………………………………………………
10.
Prestasi
yang
diperoleh
:
Bidang
Prestasi
Peringkat
Kejuaraan
yang
diraih
Tingkat
Penyelenggara
11. Satuan
pendidikan
yang
dituju Pilihan
1 : ………………………………………
Pilihan
2 : ………………………………………
Demikian
data
di
atas
adalah
data
sebenarnya
dan
dapat
dipertanggungjawabkan.
Jika
data
tersebut
tidak
sesuai
dengan
sebenarnya,
kami
siap
menerima
sanksi
sesuai
dengan
ketentuan
yang
berlaku.
Mengetahui,
Bandung,…………….
2015
Orang
tua Calon
Siswa,
Catatan
:
Dibuat
rangkap
3
(tiga)
*)
Coret
yang
tidak
perlu.
SURAT
PERNYATAAN
TANGGUNG
JAWAB
MUTLAK
PANITIA
PPDB
FORMULIR

PENDAFTARAN
PENERIMAAN
PESERTA
DIDIK
BARU
(
PPDB)
SMP/MTs,
SMA /MA,

SMK
*)
JALUR
NON
AKADEMIS
AFFIRMASI
(SISWA
MISKIN,
MoU,
Dilindungi UU *)
1.
Nama
calon :
………………………………………………
2.
Tempat
dan
tanggal
lahir :
………………………………………………
3.
Asal
Satuan
pendidikan
/

Lulusan
tahun :
………………………………………,,,,……
4.
Agama :
………………………………………………
5.
Nama
orang
tua :
………………………………………………
6.
Alamat
orang

tua :
Kp/Jl.…………………………………………..
RT……….
RW………….Kelurahan…………………………………
Kecamatan : …………………………….. Kabupaten/ Kota :
………………………….*) No. Tlp/HP : …………………………….
7.
Pekerjaan
orang

tua :
…………………………………………………
8
Agama :
…………………………………………………
9.
No.
Peserta
UN
atau
US/M :
………………………………………………..
10.
Dokumen
bukti
Fisik
yang
dimiliki
:
11.
Satuan
pendidikan
yang
dituju :
  1. Pilihan
    1 :…………
  2. Pilihan
    2 :………….
Demikian data di atas adalah data sebenarnya dan dapat
dipertanggungjawabkan.
Jika data tersebut tidak sesuai dengan sebenarnya, kami siap
menerima sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Mengetahui,
Bandung,…………. 2015
Orang tua Calon Siswa,
Catatan
:
Dibuat
rangkap
3
(tiga)
*)
Coret
yang
tidak

perlu.
SURAT
PERNYATAAN
TANGGUNG

JAWAB
MUTLAK
PANITIA
PPDB
  1. Yang bertanda
    tangan di bawah ini :
a.
Nama
Lengkap :……………………………………………………………………….
b.
NIP/NUPTK :……………………………………………………………………….
c.
Jabatan dalam
kepanitiaan :……………………………………………………………………….
d.
Pangkat/Golongan :……………………………………………………………………….
e.
Instansi/Unit
Kerja :……………………………………………………………………….
f.
Alamat Unit
Kerja :……………………………………………………………………….
g.
No. HP
/email :……………………………………………………………………….
MENYATAKAN
  1. Bahwa saya akan melaksanakan tugas PPDB dengan sebaik-baiknya sesuai
    petunjuk teknis yang berlaku sebagaimana sumpah dan janji .
  1. Bahwa saya tidak akan menyalahgunakan wewenang, tidak akan melakukan
    suap-menyuap, dan/atau perbuatan yang melawan hukum serta akan
    melayani kepentingan masyarakat dengan benar sesuai dengan ketentuan
    dan akan mendukung peraturan, mengamankan pelaksanaan PPDB ini dari
    gangguan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
  1. Apabila dikemudian hari ternyata apa yang saya nyatakan tersebut
    tidak benar, maka saya bersedia dikenakan sanksi/hukuman menurut
    ketentuan peraturan yang berlaku.
  1. Demikian surat pernyataan ini saya buat dalam keadaan sadar, tanpa
    paksaan, dan dibuat dengan sebenarnya.
Bandung, ………………..2015
Yang membuat pernyataan
Ttd bermaterai 6000
…………………………………….
SURAT
PERNYATAAN
TANGGUNG
JAWAB
MUTLAK
ORANGTUA/WALI
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama
Lengkap Orang
Tua :……………………………………………………………………….
Nama
Calon
Siswa :……………………………………………………………………….
Alamat
Rumah :……………………………………………………………………….
No.
HP
/email :……………………………………………………………………….
MENYATAKAN
  1. Bahwa seluruh data/informasi yang diberikan dalam
    dokumen-dokumen persyaratan PPDB ini adalah benar.
  2. Bahwa saya tidak akan melakukan suap-menyuap dan/atau
    perbuatan yang melawan hukum dalam pelaksanaan PPDB ini.
  3. Apabila dikemudian hari ternyata apa yang saya nyatakan tersebut
    tidak benar, maka saya bersedia dikenakan sanksi/hukuman menurut
    ketentuan peraturan yang berlaku.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dalam keadaan sadar, tanpa
paksaan, dan dibuat dengan sebenarnya.
Bandung, ………………..2015
Yang membuat pernyataan
Ttd bermaterai 6000
…………………………………….
SURAT
PERNYATAAN
TANGGUNG
JAWAB
MUTLAK
PEJABAT
ORGANISASI/INSTANSI
Yang
bertanda tangan di bawah ini :
Nama
Lengkap :……………………………………………………………………….
Jabatan :……………………………………………………………………….
Organisasi/Instansi :……………………………………………………………………….
Alamat
Kantor :……………………………………………………………………….
:……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
No.
HP
/email :……………………………………………………………………….
MENYATAKAN
  1. Bahwa seluruh data/informasi yang
    diberikan tentang keterangan prestasiatas nama
………………………..
adalah benar.
  1. Apabila dikemudian hari ternyata apa yang saya nyatakan tersebut
    tidak benar, maka saya bersedia dikenakan sanksi/hukuman menurut
    ketentuan peraturan yang berlaku.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dalam keadaan sadar, tanpa
paksaan, dan dibuat dengan sebenarnya.
Bandung, ………………..2015
Yang membuat pernyataan
Ttd bermaterai 6000
…………………………………….
FORMAT DAYA TAMPUNG PPDB 2015-2016
  1. IDENTITAS SEKOLAH :
    1. Nama Satuan Pendidikan : ………………………………………….
2. Alamat :………………………………………….
3. Kelurahan :………………………………………….
4. Kecamatan : ………………………………………….
5. RT/ RW : …………………………………………
  1. Program
    peminatan yang tersedia (SMA/ tahun lalu ) : a)……….b)……….c)………
  2. Program
    keahlian yang tersedia ( SMK ) : a)………b)……….c)………d)
    dst.
  1. TENAGA
    PENDIDIK DAN SARANA PENDUKUNG :
  1. JUMLAH
    GURU : ……………….orang
    1. Guru peminatan
      MIA :………….orang
    2. Guru peminatan
      IIS : ……………orang
    3. Guru peminatan
      Bahasa : ……….orang
2.
KESIAPAN
RUANG
Jumlah
ruang
kelas
untuk
kelas
X :

R1
R2 R3
……………ruang
Luas
: …….m
2
Luas
:…….m
2
Luas
:……..m
2
Dst,
C.
DAYA
TAMPUNG

PPDB
1.
Jumlah
total
daya
tampung
:
…………siswa
2.
Siswa
tidak

naik
kelas
X

:
…………siswa
Demikian data daya tampung PPDB tahun pelajaran 2015- 2016 ini kami
buat dengan sesungguhnya. Jika terdapat ketidaksesuaian data dengan
kondisi riil di sekolah, kami siap menerima sanksi sesuai peraturan
yang berlaku.
Bandung, ………….. Kepala ………….
( )
Salinan
sesuai
dengan
aslinya
KEPALA
BAGIAN
HUKUM
DAN
HAM,
DRS.
ARIEF
SYAIFUDIN,
SH
Pembina TK.
I
NIP.
19690111
199603
1
002
 
WALIKOTA BANDUNG,
TTD.
MOCHAMAD RIDWAN KAMIL
Bilamana Anda merasa kesulitan mendownload Juknis di atas di PPDB Kota Bandung atau Disdik Kota Bandung, berikut link DOWNLOAD Juknis PPDB Kota Bandung.

One thought on “Juknis (Petunjuk Teknis) PPDB Kota Bandung

  1. Anonymous

    Ini gaada pdfnya ya? Bagus banget soalnya, request google drivenya tolong di accept ya. Terima kasih

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *