Pondok Pesantren Hadits (PPH) Kutubusittah Nurul Hakim Jatinangor

By | 4 Mei 2015

Ponpes Kutubussittah NH Jatinangor

pondok pesantren, kutubussittah, ponpes, jatinangor


Jatinangor Kabupaten Semedang terkenal dengan kawasan pendidikannya karena bertebaran sejumlah perguruan tinggi di sana, sebut saja kampus UNPAD, STPDN, UNWIM, IKOPIN, ITB, dll berada di Jatinangor.

Dengan hadirnya kampus-kampus tersebut, Jatinangor mengalami perkembangan fisik dan sosial yang pesat.

Tak ketinggalan aroma bisnis pun menebar dan ditangkap peluangnya oleh para pebisnis/pengusaha. Tempat kos-kosan, rumah sewa untuk mahasiswa, pusat perbelanjaan seperti Jatos Square, dan baru-baru ini Yonas Foto pun berdiri megah di sebelah Hotel Jatinangor sehingga untuk berfoto ria tidak perlu jauh-jauh ke Bandung.

Tentunya disamping dampak positif, selalu ada dampak negatif yang bila tidak diantisipasi akan membahayakan masa depan putra-putri kita yang berkuliah di sana.

Maraknya pergaulan bebas antara laik-laki dan perempuan yang bukan mahromnya dll tidak bisa dihindari.

Beberapa orang tua yang hawatir dengan kondisi tersebut sengaja menitipkan anaknya yang berkuliah di sana di Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) NH Jatinangor daripada di tempat kos-kosan umum.

Selain terawasi juga mereka ditempa dalam hal kefahaman agamanya sehingga selain kuliah mereka juga mendapat pembinaan mental dan agama.

Sehubungan perpindahan satriwan dan santriwati PPM Nurul Hakim Jatinangor ke lokasi baru di Jalan Raya Jatinangor No. 138. maka PPM Nurul Hakim yang berlokasi di Jl. Cibeusi 1 No. 18A RT.01/08, Dusun Bojongeureun, Desa Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, dialihfungsikan menjadi Pondok Pesantren Hadits Kutubussittah dan telahdi launchingawal Januari 2015 yang laludiikuti oleh 25 peserta/ santri.

Kapasitas Pondok PesantrenHaditsKutubussitta ini ada 20 kamar pria dan 21 kamar wanita dan masing-masing kamar bisa diisi 2 orang santri..

Seperti kita ketahui Hadits Kutubussittah adalah Hadis Shahih Bukhary, Hadits Shahih Muslim, Hadits Sunan Tirmidzi, Hadits Sunan Abu Dawud, Hadits Sunan Nasai, dan Hadits Sunan Ibnu Majah.

VISI

Visi Ponpes Kutubussittah Nurul Hakim adalahmembentuk karakter mubaligh/ mubalighot yang faqih dan ‘alim (berilmu).

MISI

  • Mendorong para mubaligh/ mubalighot dari kalangan manapun untuk bisa menuntut ilmu dengan mudah dan nyaman.
  • Memberikan pendidikan agama melalui pengajar yang kompeten.
  • Menciptakan iklim pembelajaran yang serius tapi santai.

PENGELOLA

Pengelola Pondok Pesatren Hadits ini adalah Yayasan Nurul Hakim, SK : Kemenhukam, No. AHU-2557. AH.01.04 Tahun 2011. Sementara Pembina Pendidikannya adalah Biro Pendidikan Agama dan Dakwah (Biro PAD) Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Jawa Barat.

SUSUNAN PENGURUS

Penasehat : KH. Yudi Sumpena

Ketua : H. Kayat Sukayat, S.Pd

Sekretaris: Drh. H. Heri

Bendahara: H. Yos

Ketua Dewan Guru : H. Jumali S.

Dewan Guru : H. Sunarli Abdul Muiz, S.Pdi, M.pd (Alumnus S2 di UIN Sunan Gunung Jati Bandung) dibantu para mubaligh/ pengajar yang mumpuni/kompeten.

PROGRAM

Jangka waktu yang diperlukan untuk mengkhatamkan hadits-hadits tersebut di atas adalah sekitar 16 bulan (sudah termasuk libur dan asrama AlQuran selama Bulan Ramadhan), dengan estimasi waktu sebagai berikut:

  1. HR. Bukhary (4 bulan)
  2. HR. Muslim (3 bulan)
  3. HR. Abu Daud ( 3 bulan)
  4. HR. An-Nasai (2 bulan)
  5. HR. At-Tirmidzi (2 bulan)
  6. HR. Ibnu Majah (2 bulan)

Angkatan pertama PPH NHNurul Hakim ini, telah melaksanakan khataman Hadits Shahih Bukhari periode Januari-April 2015kurang dari 3 bulan dan sudah dilanjut pengkajian Hadits Shahih Muslim pada tanggal 27 April 2015 yang lalu dengan Materi Hadits Shahih Muslim.

“Para santri pasca khatam Hadits Bukhari ini insyaAllah akan memberikan warna dalam pembinaan agama, paling tidak dapat memberi semangat kepada umat karena pengajarnya mumpuni. Setelah khatam ini bisa disampaikan kembali kepada umat,” harap H. Tito Irawan salah satu wanhat LDII.

2 thoughts on “Pondok Pesantren Hadits (PPH) Kutubusittah Nurul Hakim Jatinangor

  1. noer hidayat

    alhamdulillah jadi lebih dekat untuk menambah ilmu agama…:)

    Reply
  2. Uthienya Jenna

    Pesertanya usia berapa… ada gak peserta yang sudah agak lanjut usia yang ingin mengisi pensiunnya dengan belajar (lagi) kuttubusitah, Ajzklh

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *