Duh, 2 berita yang beredar di Bandung Raya ini ternyata HOAX !

Duh, 2 berita yang beredar di Bandung Raya ini ternyata HOAX !

berita hoax, hoax news
2 (dua) berita / informasi hoax yang baru-baru ini beredar di Bandung Raya.

Di era pesatnya informasi saat ini dengan menjamurnya berbagai media sosial / medsos seperti whatsapp, instagram, line, facebook, twitter, telegram, BBM, dll, banjir informasi termasuk berita-berita dan informasi palsu / bohong (hoax) bertebaran dan dengan mudahnya beredar berantai secara viral. Hal tersebut merupakan dampak dari komunikasi yang begitu instan dan banjirnya informasi di berbagai media sosial.

Informasi lowongan kerja, info pendaftaran CPNS, informasi kesehatan, informasi teknologi, informasi beasiswa dan pendidikan, isyu bom, isyu bangunan roboh, dll, namun ternyata oh ternyata HOAX Bro ! waduh !


Berita/info hoax kadang memang sengaja dibikin dan dibuat agar menjadi viral oleh pembuatnya dengan tujuan tertentu, seperti : tujuan scam, phising / penipuan, hingga menyebarkan virus dengan meng-inject-kan script program berbahaya berupa virus atau malware dalam suatu gambar atau tautan yang di klik penerimanya.

Program berbahaya tersebut, tanpa disadari orang yang mengkliknya, menyusup kepada penerimanya dan kemudian si pembuat program bisa mencuri informasi penting dari perangkat orang yang disusupinya.

Tujuan akhirnya adalah meraup untung dari viralnya berita yang sengaja dihembuskannya.

Ada juga orang yang sengaja menghembuskan informasi hoax untuk memecah belah umat, membikin chaos / kerusuhan, menebar kebencian, fitnah, dan lain-lain tujuan tidak terpuji lainnya.

Herannya, walaupun sudah banyak yang akhirnya berurusan dengan polisi karena membikin keresahan bahkan kerusuhan, namun para pelakunya seolah tidak kapok-kapok. Perasaannya aman, padahal menyimpan bom waktu. Seperti yang terjadi di Bulan Juni 2017 yang lalu, Polisi Buru Penyebar Isyu Menara Masjid Raya Bandung Roboh.

Karena ketidaktahuan kita tentang suatu informasi atau berita apa benar ataukah palsu (dengan asumsi : kita tidak tahu itu hoax dan tujuannya hanya ingin berbagi info, kita pikir siapa tahu bermanfaat untuk orang lain), kadang kita pun turut andil menjadi agen penyebar informasi hoax tersebut karena ikut-ikutan copas / copy paste dan menyebarkannya yang kemudian disebarkan lagi oleh orang lain dan seterusnya.

Ada saja dalam satu grup, salah satu anggotanya yang senang copas dari grup tetangga lalu membagikannya di dalam grup yang ia ikuti. Mungkin ingin disebut kekinian, mungkin karena jiwa sosialnya tinggi senang berbagi walaupun sekedar berbagi info (peupeuriheun ngabagi artos mah rada abot, nya ngabagi-bagi ingpo atuh..hehe). Mungkin juga perasaannya dengan menyebarkan info yang sebenarnya tanpa disadari meruopakan info hoax)

Kadang kita suka kesal juga sih bila ada anggota grup yang bolak-balik diingatkan bahwa yang disebarkannya adalah berita/info hoax, tapi ya nggak sadar-sadar sampai akhirnya terpaksa dikeluarkan dari grup.

Kita ambil contoh media sosial whatsapp (WA) yang anggota tiap grup nya bisa sampai ratusan (256 orang), kita mendapatkan suatu berita/informasi, kemudian dengan tujuan mulia tadi atau hanya sekedar berbagi lalu kita share / membagikan suatu informasi/berita hoax tersebut, kemudian sesama teman dari anggota grup tersebut turut membagikan di grup lain, bahkan lintas media sosial misalnya dibagikan di medsos facebook atau twitter yang tentunya anggotanya tidak ratusan lagi tapi ribuan, dan seterusnya. Itulah yang disebut viral, suatu berita / informasi tersebar kemana-mana dengan cepatnya tanpa bisa dibendung.

Kadang juga orang terprovokasi untuk menyebarkan kembali karena di akhir kalimat berita hoax tersebut diberi tambahan kata-kata seperti berikut :

" Setelah membaca. Jangan lupa SHARE pada yang lain, Insyaa Allah Ridho dan Rahmat Allah akan kau raih. Aamiin. Semoga Bermanfaat. "
 " Mohon bantu diinfokan ke rekan-rekan agar tidak menjadi korban salah sasaran !" 
 "  Bagikan info ini !."
 "dll"

Pengertian Hoax

Dikutip dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, Pemberitaan palsu atau hoax artinya adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu. Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya. Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan misalnya pertunjukan sulap; dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton tidak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap, penonton justru mengharapkan supaya ditipu.

Itulah arti dari hoax secara definisi.

2 Berita Hoax Terbaru di Bandung Raya 

Baru-baru ini beredar berita besar di Bandung raya, yang merupakan berita hoax terbaru,  

Yang pertama, adalah berita tentang Bandung Bakal Kacau Terkait Bentokan Ojek Online dan Angkot (Angkutan Umum) di Bandung.

Sejak Jumat (10/3/2017), sebuah pesan singkat provokativ tersebar dan beredar melalui media sosial yang berbunyi sebagai berikut :

"*"Besok Bandung kota di prediksi Bakal Kacau,,* Besok Di sinyalir ada Dua Kubu besar,, 1.Demo lg besar''an,,,2.Ojek Online gabungan Mau Kumpul Minta Tggung jawab ke kubu Angkot Gabungan, Soalnya Di jl.bkr Grab ojek Di Tabrak Sngaja sampe Mati, Di buah batu grab Mati Jg Di Tabrak Angkot, Di karapitan Grab jg Di Gebukin Angkot, Ada jg ojek online Yg Hilang Ga ada kabar,, Trakhir Aktif Aplikasi di Area konflik karapitan jg,,! Info terkini, malam ini para Online lg kumpul di gedung sate,, Besok Bakal Datang Dari cimahi ojek Online skitar 1000 orang Dari jakarta 500 orang, Mau ke Bandung,, Blm dari Yg Lain,,,,, besok jgn main hp Di Motor atau di Pinggir jln,, takut Di kira Ojek online, Besok Udah Ga ada Tanya tanya lg,, Maen Sikat langsung!! Hatur Nuhun,,,
Info dari FKDM, mohon bantu diinfokan ke rekan2 agar tdk menjadi korban salah sasaran"
Pihak kepolisian memastikan, isu atau kabar bahwa kota Bandung bakal rusuh terkait bentokan ojek online dan angkot adalah berita palsu alias hoax.

"Itu tidak benar, itu hoax," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo dikutip Tribun Jabar, Sabtu (11/3/2017).

Hendro meminta masyarakat tidak perlu resah dengan adanya pesan berantai itu. Ia pun mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi-informasi yang belum tentu kebenarannya.

"Jika ada yang seperti itu, jangan mudah percaya. Harus lebih cerdas memilah informasi," tegasnya.
 

Klarifikasi Bandung Kota diprediksi Bakal Kacau juga disampaikan Indonesian Hoax Busters

Lewat Penyelusuran Tim Bandung Anti Hoax menemukan bahwa kabar tersebut tidaklah benar hal tersebut sudah di klarifikasi oleh Pihak Kepolisian. Berikut klarifikasi pihak Kepolisian lewat akun twitter Humas Restabes Bandung :

Kami dari Polrestabes Bandung menghimbau jangan terprovokasi dengan adanya Broadcast seperti ini karena ini HOAX, Bandung dalam keadaan aman & kondusif

Sumber: https://mobile.twitter.com/humasrestab…/…/840358427293499392

Aksi Demo Aliansi Moda Transportasi Umum pada Hari Kamis 7/03/2017 lalu,telah menghasilkan beberapa Kesepakatan antara Pemerintah Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, kepolisian dan Aliansi Moda Transportasi Umum.

Sumber: https://m.detik.com/…/ini-kesepakatan-antara-pemerintah-pol…

Untuk Kasus Perusakan yang sempat Viral di Sosmed Kepolisian saat ini sudah mengamankan beberapa pelaku

"Anggota telah menangkap tujuh pelaku," kata Kapolrestabes Bandung Kombes (Pol) Hendro Pandowo via pesan singkat, Kamis (9/3/2017).

Penyelidik yang dikomandoi Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Yoris Maulana ini terus bergerak mengusut kasus tersebut. Ada kemungkinan jumlah pelakunya bertambah.

Sumber: https://m.detik.com/…/polisi-tangkap-sejumlah-pelaku-perusa…

Info lainya: http://m.antaranews.com/…/pelaku-perusakan-mobil-di-bandung…

IHB (Indonesian Hoax Buster) berharap agar Masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu-isu yang beredar.

Mari sikapi dengan bijak dan menahan diri dalam menerima sebuah Info dengan cek selalu kebenaran dari sebuah info.
Yang Kedua, pemberitaan palsu tentang Razia Gabungan TNI dan Polri secara Serentak "BESOK" di Bandung.

Informasi yang beredar adalah sebagai berikut :
Dari sebelah, Kegiatan Razia Zebra akan direncanakan serentak besok:

1. Pagi, dari jam 10:00-12:00
2. Siang dari jam 15:00-17:00
3. Malam dari jam 22:00-24:00, dilanjutkan dari Jam 03:00-05:00 WIB.

Razia Zebra gabungan TNI dengan Polri
Lengkapi Surat2 kendaraan anda!
Mohon ditertibkan atribut-atribut TNI / Polri yang terpasang di kendaraan anda ..

Titik 1. Jl.Soekarno-Hatta
Titik 2. Batu Jl.Buah
Titik 3. Jl.Pelajar Pejuang
Titik 4. Jl.Sukabumi
Titik 5. Jl.Bojong Soang
Titik 6. Jl.Dayeuh Kolot
Titik 7. Jl.Leuwi Panjang
Titik 8. Jl.Elang
Titik 9 Jl.Cicaheum
Titik 10. Jl.Otista
Titik 11. Jl.Suci
Titik 12. Jl.Dipatiukur
Titik 13. Jl.Sarijadi
Titik 14. Jl.Pajajaran
Titik 15. Jl.Sriwijaya
Titik 16. Jl.Astana Anyar
Titik 17. Jl.Braga
Titik 18. Jl.Supratman
Titik 19. Jl.Sersan Bajuri
Titik 20. Jl.Champelas
Titik 21. Jl.Sumatra
Titik 22. Jl.Jakarta

Info titik Razia Zebra serentak baru di 22 titik, info dari Denitel 37 Kodam III / Siliwangi.

Nyaman berkendara, bagikan info ini .

Sebenarnya dari info tersebut sudah ada kejanggalan, info operasi/Razia Zebra kok dari Kodam III/Siliwangi ?

Kata "BESOK" juga agak aneh ! Sehingga jadi bahan candaan rekan-rekan di grup whatsapp, "Besok ? Tanggal pastinya tidak jelas! Kalau dibacanya kemarin ya bisa berarti HARI INI, tapi kalau di bacanya hari ini bisa berarti BESOK, kalau dibacanya besok bisa berarti LUSA. Jadi pas nya kapan?" hehe...

Ada juga yang menimpali : " Kapan pun razia, tidak jadi masalah, yang penting tidak melanggar aturan dan memenuhi persyaratan berlalu lintas ".

Yang lebih lucu lagi, komentar, " Saya mau bacanya bulan depan ah, biar masih lama :D "

Yaah, akhirnya jadi berita hoax lucu deh...! Ada-ada saja yah...bikin heboh saja!

Itulah dua berita yang beredar di Bandung beberapa waktu yang lalu di berbagai media sosial, yang ternyata dua-duanya informasi HOAX.


Menangkal Hoax

Untuk menangkal, memerangi dan memberantas hoax tentu harus ada kerjasama semua pihak, antara para pemegang kepentingan/ stake holder baik pemerintah maupun perusahaan-perusahaan media sosial dan masyarakat pada umumnya. 

Pemerintah Indonesia dalam hal ini Menkominfo juga cukup konsen untuk menangkal dan memberantas, diantaranya dengan mendeklarasikan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), mengadakan seminar, diskusi dan lokakarya.


Menkominfo Rudiantara bersama Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo, Ketua Presedium AMSI, Wenseslaus Manggut serta pengurus dan anggota AMSI saat mendeklarasikan Resmi Asosiasi Media Siber Indonesia, Jakarta, Selasa (18/4). (Foto Liputan6.com)

Saring sebelum 'sharing'

Pada era di mana berita palsu (fake news) dan fakta keliru merajalela, sulit bagi kita untuk membedakan mana informasi yang benar atau tidak.

Disinilah kita perlu menyaring informasi yang kita terima sebelum sharing / menyebarkannya kepada pihak lain. Kita bisa searching apakah suatu berita merupakan fakta ataukah hoax.

Karena dengan banyaknya berseliweran berita hoax, hal ini malah dapat menimbulkan sikap skeptis terhadap sebuah info/ berita. Padahal, tak semua hal yang terdengar gila atau tak masuk akal itu bohong / hoax belaka, beberapa di antaranya ternyata fakta. Nah lho!

Seperti pesan yang disampaikan IHB di atas, "Mari sikapi dengan bijak dan menahan diri dalam menerima sebuah Info dengan cek selalu kebenaran dari sebuah info".


#berinternetBijak,#berinternetSehat,#berinternetCerdas,#beSmart,#stophoax,#stopprovokasi,
#stoppropagandanegatif, #stoppembodohanmassal


200 Babasan dan Paribasa Sunda Beserta Artinya


"Babasan sareng paribasa sunda teh mangrupi buktos kabeunghararan kecap basa sunda. Dina ungkara basa anu saeutik patri, tur umumna murwakanti, tiasa kagambar angen-angen, adat cahara, sareng palasipah urang sunda enggoning hirup kumbuh", demikian dikatakan Adang S, Pupuhu Caraka Sundanologi dalam pengantar Buku 1000 Babasan Jeung Paribasa Sunda, Cetakan Pustaka Setia, yang disusun oleh Drs. Budi Rahayu Tamsah, Drs. Dadan Djuanda dan Dra. Tati Purmawati.

Dijelaskan bahwa babasan dan peribahasa sunda adalah merupakan bukti kekayaan Bahasa Sunda yang merupakan susunan kata yang sudah merupakan satu kesatuan, dan mengandung arti bukan kata-perkata. Babasan, kalau dalam Bahasa Inggris disebut "idiom".


Baca Juga :





Jadi babasan dan paribasa sunda, gabungan kata yang sudah baku, sudah sesuai pakem, dibangun dari beberapa kata yang mengandung arti tertentu bukan arti kata perkata namun mengandung arti tertentu.

Bedanya, babasan dan paribasa adalah kalau babasan, ucapan baku yang tersusun biasanya gabungan hanya dua kata saja, misal :
  • gede hulu ( besar kepala, artinya : sombong, bukan : kepalanya ukurannya besar)
  • panjang leungeun (panjang tangan artinya suka mencuri, bukan : tangannya panjang ukurannya)
  • heurin ku letah (sempit lidah artinya berat mengucapkannya)
  • dll
Sedangkan "paribasa" adalah berupa rangkaian kata baku yang membentuk sebuah kalimat/ ucapan yang biasanya merupakan perlambang lakon kehidupan. Misal : Adat kakurung ku iga, Mihape hayam ka heulang, kokoro manggih mulud puasa manggih lebaran, cikaracak ninggang batu laun-laun jadi legok, cul dogdog tinggal igel, dll.

Baik babasan maupun paribasa merupakan bahasa pakeman (sudah baku) yang merupakan satu kesatuan, yang artinya akan berubah bila diubah baik susunan maupun pengucapannya. Bilamana ditambah atau dikurangi atau diganti dengan bahasa sunda halus/ sunda lemes, sifat dan artinya jadi berubah dan akan terdengar aneh pula.

Misal : babasan "gede hulu" bila di ucapkan/ditulis dengan bahasa sunda halus/lemes jadi "ageung mastaka", ini akan terdengar aneh dan artinya tentu jadi berubah. Begitu pula bila di gabung dengan tambahan misal : ngagedean huluna, akan merubah artinya.

Berikut ini sebagian "Babasa Jeung Paribasa Sunda" yang umum dipakai dalam percakapan di kehidupan sehari-hari Orang Sunda :

  1. Atah anjang = langka silih anjangan
  2. Adigung adiguna = takabur, sombong
  3. Ambek nyedek tanaga midek = napsu gede tapi tanaga euweuh
  4. Anjing ngagogogan kalong = mikahayang nu lain-lain
  5. Adat kakurung ku iga = lampah goreng hese leungitna
  6. Alak paul = jauh pisan
  7. Aki-aki tujuh mulud = geus kolot pisan
  8. Ayem tengtrem = tenang taya kasieun
  9. Asa teu beungeutan = awahing / bakat ku era
  10. Anu borok dirorojok, nu titeuleum disimbeuhan = mupuas ka nu keur cilaka
  11. Amis budi = hade paroman
  12. Aya jurig tumpak kuda = aya milik nu teu disangka-sangka
  13. Aya jalan komo meuntas = aya kahayang, tambah aya nu ngajak
  14. Awewe dulang tinande = awewe nurutkeun kumaha salaki
  15. Amis daging = babari katerap panyakit
  16. Abong letah teu tulangan = sagala dicaritakeun sanajan pakinyarieun batur
  17. Ari umur tunggang gunung, angen-angen pecah sawed = ari umur geus kolot tapi ari kahayang siga budak ngora
  18. Agul ku payung butut = agul ku turunan
  19. Aya pikir kadua leutik = aya kahayang
  20. Asa ditonjok congcot = ngarasa bungah pisan
  21. Adean ku kuda beureum = ginding ku pakean meunang nginjeum
  22. Birit aseupan = teu daek cicing
  23. Biwir nyiru rombengeun = resep nyaritakeun rusiah atawa kasalahan batur
  24. Bengkung ngariung, bongkok ngaronyok = sauyunan, ngariung babarengan
  25. Beurat birit = hese dititah
  26. Bali geusan ngajadi = lemah cai kalahiran
  27. Balungbang timur = nuduhkeun hate beresih
  28. Bobo sapanon carang sapakan = aya kakurangan
  29. Bilatung ninggang dage = bungah pisan
  30. Batok bulu eusi madu = ninggang lain pitempateunana
  31. Badak cihea = degig
  32. Bonteng ngalawan kadu = nu hengker ngalawan nu bedas
  33. Babalik pikir = insap
  34. Balik pepeh = nu gering teu daek cicing
  35. Balik ka temen = asal banyol jadi pasea
  36. Buntut kasiran = medit
  37. Bodo alewoh = bodo tapi daek tatanya
  38. Bodo kawas kebo = bodo kacida
  39. Beja mah beje = beja ulah waka dipercaya
  40. Bancang pakewuh = pikasusaheun
  41. Budak keur meujeuhna bilatung dulang = keur meujeuhna beuki dahar
  42. Bulu kapaut = kabawa ku batur
  43. Balabar kawat = beja nu sumebar
  44. Beak dengkak = sagala ikhtiar geus diusahakeun tapi can aya hasil
  45. Batan kapok kalah gawok = batan eureun kalah maceuh
  46. Buruk-buruk papan jati = hade goreng dulur sorangan
  47. Cueut ka hareup = tereh maot
  48. Deukeut-deukeut anak taleus = deukeut tapi taya nu nyahoeun
  49. Disakompet daunkeun = disamarutkeun
  50. Dibejer beaskeun = dijentrekeun, dieceskeun
  51. dogdog pangrewong = acara panambah
  52. Dibabuklalaykeun = dibabuk ngenca ngatuhu
  53. Dagang oncom rancatan emas = teu saimbang
  54. Dihin pinasti anyar pinanggih = papasten geus ditangtukeun ku Gusti Alloh
  55. Dug hulu pet nyawa = usaha satekah polah
  56. Elmu ajug = bisa mapatahan batur, ari sorangan teu bisa ngamalkeun
  57. Gantung denge = masih dedengeeun
  58. Ginding kekempis = ginding tapi sakuna kosong
  59. Gede gunung pananggeuhan = boga andelan pedah boga dulur beunghar
  60. Garo mengmengan = taya kasabaran
  61. Galegeh gado = sagala dicaritakeun
  62. Garo singsat = pagawean awewe dina aya ka teu panuju
  63. Gurat batu = pageuh kana janji atawa mawa karep sorangan
  64. Goong saba karia = nonjolkeun maneh sangkan kapake ku dunungan
  65. Goong nabeuh maneh = ngagulkeun diri sorangan
  66. Getas harupateun = gancang napsu
  67. Gindi pikir belang bayah = goreng hate
  68. Hampang birit = daekan kana gawe
  69. Hambur congcot murah bacot = goreng carek tapi berehan
  70. Heuras genggerong = omonganana sugal
  71. Hade gogog hade tagog = jalma sopan
  72. Hutang salaput hulu = hutangna ka ditu ka dieu
  73. Hurung nangtung siang leumpang = nu beunghar pangabogana dipake
  74. Hejo tihang = sok pundah-pindah pagawean
  75. Harigu manukeun = dadana nyohcor ka hareup
  76. Haripeut ku teuteureuyan = gancang kapincut ku pangbibita
  77. Harewos bojong = ngaharewos tapi kadenge ku batur
  78. Handap lanyap = omonganna lemes tapi ngahina
  79. Halodo sataun lantis ku hujan sapoe = kahadean mangtaun-taun leungit ku kagorengan sakali
  80. Heureut pakeun = kurang kaboga
  81. Hampang leungeun = gancang tunggal-teunggeul
  82. Iwak nangtang sujen = ngadeukeutkeun pibahayaeun
  83. Inggis batan maut hinis = paur pisan
  84. Jalma atah warah = teu narima didikan sacukupna
  85. Jati kasilih ku junti = pribumi kaelehkeun ku semah
  86. Jauh-jauh panjang gagang = jauh-jauh teu beubeunangan
  87. Kawas anjing tutung buntut = teu daek cicing
  88. Kawas anjing kadempet lincar = gogorowokan menta tulung
  89. Kawas bueuk meunang mabuk = ngeluk taya tangan pangawasa atawa jempe teu nyarita
  90. Kurung batok = tara indit-inditan jauh
  91. Kawas beusi atah beuleum = beungeutna beureum awahing ambek
  92. Kokolot begog = budak pipilueun ngomong kana urusan kolot
  93. Kawas nu dipupul bayu = leuleus taya tangan pangawasa
  94. Kumaha geletuk batuna, kecebur caina = kumaha behna
  95. Kejot borosot = gancang nyokot kaputusan teu dipikir heula
  96. Kabawa ku sakaba-kaba = kabawa ku nu teu puguh
  97. Kahieuman bangkong = jiga beunghar pedah katitipan barang batur
  98. Katempuhan buntut maung = batur nu boga dosana, urang nu katempuhanna
  99. Kawas cai dina daun taleus = taya tapakna
  100. Kawas jogjog mondok = teu daek repeh
  101. Kelek jalan = deukeut, tapi jalanna taya nu leumpang
  102. Kawas jeles kasaatan = teu daek cicing
  103. Kawas gaang katincak = jempe
  104. Kawas hayam panyambungan = lumbang-limbung teu puguh cabak
  105. Kawas kuda leupas ti gedogan = ngarasa bebas
  106. Kaciwit kulit kabawa daging = anak nu boga dosana, kolot kababawa
  107. Kandel kulit beungeut = euweuh kaera
  108. Kujang dua pangadekna = pagawean nu maksudna dua cabak
  109. Kokoro manggih mulud = makmak-mekmek
  110. Kawas kedok bakal = goreng patut pisan
  111. Kaliung kasiput = loba baraya beunghar
  112. Kawas kapuk kaibunan = leuleus taya tangan pangawasa
  113. Kalapa bijil ti cungap = rusiah dicaritakeun ku sorangan
  114. Kawas kacang ninggang kajang = nyaritana capetang tur gancang
  115. Kawas nyoso malarat rosa = sangsara pisan
  116. Kulak canggeum = milik nu geus dtangtukeun ku Gusti Alloh
  117. Kembang buruan = budak nu keur resep ulin
  118. Kawas leungeun palid = uyup-ayap teu daek cicing
  119. Kawas lauk asup kana bubu = hese rek kaluar
  120. Kawas merak = beuki kana cengek
  121. Kawas cucurut kaibuan = goreng patut pisan, kulimis
  122. Ka cai jadi saleuwi, ka darat jadi salogak = sauyunan
  123. Leuleus awak = daekan
  124. Leuleus jeujeur liat tali = gede tinimbangan
  125. Laer gado = tara daek repeh; resepna barangpenta ; kabitaan
  126. Leutik-leutik ngagalitik = awakna leutik tapi gede kawani
  127. Landung kandungan laer aisan = gede tinimbangan
  128. Lalaki langit, lalanang jagat = gagah perkasa
  129. Lauk buruk milu mijah = marok-marokkeun maneh
  130. Lesang kuras = teu bisa nyekel duit
  131. Leumpeuh yuni = teu kuat nenjo nu cilaka
  132. Lodong kosong ngelentrung = jalma loba omong, pangartina kosong/ saeutik
  133. Loba luang jeung daluang = loba pangaweruhna
  134. Leutik ringkang gede bugang = manusa awakna leutik jiwana gede
  135. Legok tapak genteng kadek = loba pangalaman
  136. Meungpeun carang ku ayakan = api-api teu nyaho padahal nyaho
  137. Murag bulu bitis = teu betah cicing di imah
  138. Mindingan beungeut ku saweuy = ngarusiahkeun hiji perkara padahal batur geus nyahoeun
  139. Miyuni kembang = loba nu mikaresep
  140. Miyuni tai = loba nu mikangewa
  141. Miyuni kohkol = nasibna diteunggeulan wae batur
  142. Monyet dibere sesengked = nu rek jahat dibere parabot
  143. Mipit teu amit, ngala teu menta = cocorokot kana barang batur
  144. Monyet ngagugulung kalapa = boga elmu teu nyaho maksudna
  145. Mopo memeh nanggung = ngarasa hoream memeh digawe
  146. Maut nyere ka congona = sangsara ka kolotnakeun
  147. Malengpeng pakel ku munding = migawe nu moal hasil
  148. Nu asih dipulang sangit = kahadean dibales ku kagorengan
  149. Nete taraje nincak hambalan = tartib mapay ti handap
  150. Nyeri beuheung sosonggeteun = ngalieukan nu rek datang tapi teu jol bae
  151. Ngajul bentang ku asiwung = pagawean nu moal kahontal hasilna
  152. Ngabuntut bangkong = teu puguh tuluyna
  153. Nyolong bade = bangun bageur tapi jahat
  154. Nyeungeut damar di suhunan = barangbere hayang kapuji
  155. Nyaah dulang = ka budak ngurus daharna wungkul, pendidikannana teu dipirosea
  156. Ngeplek jawer = taya wawanen
  157. Ngadaun ngora = jadi rame
  158. Nyoo gado = ngunghak
  159. Nyalindung ka gelung = nu teu boga, kawin ka awewe beunghar
  160. Ngadu geulis = paalus-alus
  161. Ngarep-ngarep kalangkang heulang = ngarep-ngarep rejeki bari teu usaha
  162. Neundeun piheuleut = ngajak goreng
  163. Ninggang kana kekecrek = nya goreng rupa, nya goreng lampah
  164. Ngalungkeun kuya ka leuwi = nitah balik ka lemburna
  165. Ngawur kasintu nyieuhkeun hayam = ari ka batur bageur, ari ka dulur medit
  166. Ngaboretekeun liang tai di pasar = nembongkeun wiwirang sorangan
  167. Ngadeupaan lincar = api-api ngaliwat hayang diaku ; ngareup-ngareup pamere
  168. Nyiduh ka langit = sahandapeun mapatahan ka saluhureun
  169. Ngeupeul ngahuapan maneh = ngaluskeun hiji perkara pikeun kauntungan pribadi
  170. Nangkeup mawa eunyeuh = ditulungan ahirna nyilakakeun ka nu nulungan
  171. Ngadek sacekna nilas saplasna = nyarita sajalantrahna
  172. Nyieun pucuk ti girang = miheulaan nyieun pipaseaeun
  173. Ngageuingkeun macan turu = ngahudang piambekeun batur
  174. Nulak cangkeng dina kelek = ngarasa luhur diri
  175. Oray nyampeurkeun paneunggeul = nyamperkeun pibahayaeun
  176. Paanteur-anteur julang = silih anteurkeun
  177. Panjang leungeun = daek puak-paok
  178. Panjang lengkah = jauh panyabaanana ; loba pangalamanana
  179. Pindah pileumpangan = robah adat
  180. Paeh teu hos, hirup teu neut = gering ngalanglayung
  181. Pacikrak ngalawan merak = jalma hina ngalawan nu mulya
  182. Piit ngeundeuk-ngeundeuk pasir = jalma lemah ngalawan nu kuat
  183. Pupulur memeh mantun = menta buruhan memeh digawe
  184. Puraga tamba kadenda = digawe tamba lumayan
  185. Pagiri-giri calik, pagirang-girang tampian = pakia-kia teu daek sauyunan
  186. Rea ketan rea keton = taya kakurang
  187. Silih jenggut jeung nu dugul = silih tulungan jeung nu teu boga
  188. Saciduh metu saucap nyata = sakti, ucapannana tara nyalahan
  189. Sisit kadal = goreng milik
  190. Sibanyo laleur = ngan saliwat geus beak deui
  191. Saur manuk = ngajawab bareng
  192. Sieun meubeut meulit = sieun kabawa
  193. Teu gedag bulu salambar = taya kasieun
  194. Titip diri sangsang badan = mihapekeun maneh
  195. Teu beunang dikoet ku nu keked = medit pisan
  196. Ti kikirik nepi ka jadi anjing = ti bubudak nepi ka sawawa
  197. Ti ngongkoak nepi ka ngungkueuk = ti ngora nepi ka kolot
  198. Teg manuk teng, anak merak kukuncungan = kalakuan kolot nurun ka anakna
  199. Tuturut munding = sagala rupa nurutkeun batur
  200. Wawuh munding = wawuh ngan saliwat
Itulah beberapa babasan dan paribasa sunda beserta artinya. Bila ada kesalahan penulisan dikoreksi ya, karena beda penulisan, akan berbeda arti.

Menelisik Mainan Fidget Spinner untuk Mengurangi Kebosanan Saat Mati Gaya

Fidget spinner atau hand spinner? Hmm, rasanya banyak orang yang sudah tahu mainan kekinian yang sedang ngehits ini ya, dimana-mana kita jumpai anak-anak, remaja (mungkin juga kita jumpai orang dewasa) yang memainkan mainan unik yang mirip baling-baling kipas atau mirip shuriken (senjata para ninja) ini baik melihat langsung ataupun lewat tayangan dan video di sosial media bahkan para youtube creators me-review mainan satu ini yang katanya dapat menghilangkan stress.

Tidak dipungkiri, tidak sedikit juga orang yang tidak paham tentang apa sebenarnya mainan ini dan mengapa banyak sekali orang yang memainkannya.

Dari penelusuran informasi, ternyata sebenarnya mainan ini sudah ada dari tahun 1996 lho saat pertama kali dipatenkan oleh Catherine A Hettinger (walaupun hak paten dari si penemu mainan unik ini Catherine A Hettinger sudah kadaluarsa).

Sebenarnya di Amerika mainan ini sudah cukup lama populer. Mainan ini bahkan masuk dalam 10 jenis mainan paling laris di Amazon.com pada bulan Mei 2017.

Malah di AS, sekolah-sekolah mulai melarang muridnya membawa fidget spinner ke sekolah karena mengganggu belajar. Di Indonesia, fidget spinner yang lagi ngetren ini juga mulai dilarang di beberapa sekolah terutama saat kegiatan belajar mengajar tentu tidak sepantasnya sambil bermain spinner.


Mainan ini baru menjadi gadget hits yang digandrungi oleh anak-anak dan remaja di Indonesia dalam waktu beberapa bulan belakangan di Tahun 2017 ini. Di negara kita, mainan unik ini baru marak di tahun 2017 an ini sejak permainan ini ramai diunggah ke media sosial dan menjadi viral di masyarakat.



Saat penulis kanak-kanak, di era tahun 80.an memang mainan ini memang belum ada, yang ada saat itu permainan yoyo, gasing, suriken dari kertas, permainan gatrik, petak umpet, cari jangkrik ke sawah, menangkap kodok hijau dan ngurek belut, mancing jangkrik gangsir, mancing ikan, naik pohon kersen, jalan-jalan naik sepeda, mencari tebu di kebun tebu dll...hehe...jadul banget ya.


Sekilas kita melihatnya, orang yang sedang memainkan mainan fidget spinner ini, seperti kurang kerjaan ya...hehe...Tapi jangan salah, permainan ini ternyata diklaim bisa meredakan stress, bahkan digunakan sebagai alat bantu terapi pasien yang mengidap penyakit cemas berlebihan, autisme dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). benarkah?

Fidget Spinner ini disebut juga fidget toys. Toys dalam Bahasa Indonesia artinya mainan, sedangkan fidget dalam Bahasa Indonesia artinya gelisah atau cemas, sedangkan spinner sendiri artinya pemutar.

Dari namanya, fidget spinner toys, mungkin anda sudah bisa menebak fungsi dari mainan unik satu ini yakni sebuah mainan alat pemutar yang dimainkan untuk mengurangi rasa cemas atau bosan. Dimainkan ketika sedang mati gaya, saat menunggu atau ketika tidak ada aktivitas sama sekali.


Saat fidget spinner, pertama kali dibuat oleh Catherine A Hettinger dan dipatenkan pada tahun sudah 1996, tujuan awalnya, sebenarnya adalah untuk mengurangi kebiasaan buruk seseorang seperti mengigit-gigit kuku yakni kegiatan sekedar untuk menghilangkan rasa bosan saat menganggur atau tidak ada kerjaan.


Waah, ini benar-benar memperkuat seperti kurang kerjaan ya, karena mainan ini dimainkan saat saat sedang merasa bosan dan mati gaya. Untuk menghilangkan jenuh karena menunggu sesuatu alias saat kurang kerjaan. hehe....


Cara Memainkan Fidget Spinner
Cara memainkan mainan ini gampang banget kok. Kita tinggal memegang mainan ini dengan menjepitnya dengan dua jari tangan yakni jempol dan jari telunjuk atau jempol dan jari tengah (tergantung nyamannya apakah memakai tangan kanan ataukah tangan kiri) , lalu memutarnya dengan tangan satunya lagi. Biarkan berputar terus hingga nanti berhenti sendiri. Saat berputar, kita bisa melepaskan jari jempol dan membiarkannya berputas di jari tengah atau jari telunjuk.

Beberapa orang bilang pada saat Fidget Spinner berputar, kita akan merasakan sensasi nikmatnya bermain mainan unik ini.

Dimana Kita Bisa Beli Fidget Spinner?

Tertarik untuk beli fidget spinner? Kesempatan peluang bisnis ini tentu tidak disia-siakan para pelaku bisnis yang menangkap peluang terhadap mainan yang sedang ngehits ini. Tengok saja di toko online bukalapak, tokopedia, kudo, berbagai jenis dan model spinner ditawarkan.

Dari yang harga murah dengan fasilitas standar, berbahan body plastik, bearing plastik, dan tanpa tambahan led sampai dengan yang berbahan logam, dengan bearing logam, model standar tiga sisi, model logo batman, model Captain Amerika, tinggal pilih dan sesuaikan budget.



fidget spinner standar / klasik
Mulai dari model klasik yang terdiri dari satu buah bearing di tengah untuk berputar dan ditambah 3 Bearing lagi buat penyeimbang di tiga sisi lainnya, sampai model Batman Hand Spinner yang punya bentuk seperti logo nya Batman.

Dari banyaknya model fidget spinner ini, mungkin yang paling banyak dicari adalah model yang bisa mengeluarkan cahaya warna-warni dan menyala di kegelapan (glow in the dark).

Lihat Video di bawah ini contoh fidget spinner atau hand spinner dengan led yang memberikan nyala warna warni saat dimainkan.



Berapa Harga Fidget Spinner?

Sebuah fidget spinner dihargai beragam, mulai dari Rp. 10.000. an s/d ratusan ribu Rp 300.000.an juga ada lho. Niat banget ya ? Yang membedakan harganya di desain/keunikan spinner, bahan body spinner tersebut dan bearing nya.

Banyak perusahaan komersil yang melihat peluang bisnis di mainan unik ini. Mereka berkompetisi dalam mengembangkan mainan yang berbentuk seperti baling-baling tersebut baik dari segi bentuk, desain, maupun tampilan yang unik seperti ditambah led sehingga Spinner Fidget terasa lebih menarik bagi masyarakat.

Fidget spinner berbahan dari body plastik tentu akan beda yang dibuat dari logam apalagi baja stainless steel. Makin bagus dan mahal bearing yang berfungsi untuk memutar spinner fidget ini makin bagus kualitas nya yakni waktu/lamanya berputarnya.

Para perusahaan komersil juga memposisikan fidget spinner ini dengan propaganda mereka seperti : "Fidget Spinner no Jutsu! Ini Fidget Spinner yang Cocok untuk Fan Naruto Sejati!"

Manfaat Fidget Spinner


Coba perhatkan orang-orang di sekitar kita lebih teliti, maka kita akan menyadari bahwa sebagian dari mereka suka tidak bisa diam. Ketika disuruh duduk tenang, ada aja bagian tubuhnya yang bergerak-gerak, entah itu kakinya goyang-goyang, tangannya ngetok-ngetok kursi atau meja, atau mulutnya bergumam-gumam. Itulah yang disebut fidget.

fidget dalam Bahasa Indonesia artinya gelisah atau cemas. Nah, memainkan spinner bertujuan untuk mengurangi rasa cemas atau bosan tersebut untuk menyalurkan hasrat fidgeting mereka dengan fidget spinner atau hand spinner.

Menurut psikolog, mainan itu adalah terapi yang baik buat kita yang cenderung gampang gelisah, susah fokus, hiperaktif, ADHD, atau punya trauma tertentu.

Dorongan fidgeting bisa membuat susah fokus dan kesulitan dalam mengerjakan berbagai hal.

Mainan yang dimainkan dengan cara diputar ini diklaim bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi anak karena saat memainkannya dibutuhkan koordinasi antara tangan dan mata agar mainan ini bisa berputar lama dan seimbang.


Pertanyaannya, "Benarkah mainan "fidget spinner" bikin anak fokus dan konsentrasi?"

Bukan hanya disukai anak-anak, mainan mirip baling-baling kipas ini juga banyak dicari orang dewasa. Alasannya, fidget spinner bisa menghilangkan stres.


Mungkin anda juga berpendapat mainan spinner ini adalah mainan tak berfaedah, apalagi bagi para generasi tua yang membandingkan dengan mainan-mainan jadul di era tahun 70-90-an yang dirasakan lebih bermakna dan bermanfaat dibandingkan dengan mainan Fidget Spinner.

Menurut Direktur Time Psycology, Rachel Andrew, mainan ini diyakini mampu menjadi alat untuk membantu orang-orang yang menderita gangguan psikologis seperti gangguan kecemasan, sulit fokus, dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder.

Permainan hand spinner atau fidget spinner selain hanya untuk dimainkan saja, namun ternyata permainan ini diklaim memiliki banyak manfaatnya.


Berikut ini manfaat dari memainkan permainan hand spinner atau fidget spinner yang penulis rangkum dari berbagai sumber, yakni diantaranya :

1. Menghilangkan Kebiasaan Fidgeting

Kebiasaan fidgeting merupakan kebiasaan tangan yang berupa gerakan atau getaran yang dilakukan secara tidak sadar terjadi pada jemari akibat perasaan gelisah, bosan, was-was dan perasaan buruk lainnya. Atau dikatakan sebagai respon dari tubuh terhadap kecemasan atau kebosanan karena tubuh mengalami stress, yang kemudian mengirimkan pesan kepada anggota tubuh untuk menurunkan kadar hormon stress dengan menggoyangkan kaki atau menggigit kuku.

Dengan adanya hand spinner atau fidget spinner maka kita bisa mengalihkan aktivitas-aktivitas yang timbul dari kecemasan tersebut kepada permainan ini. Sehingga permainan ini akan membantu kita dalam mengurangi kebiasaan fidget dengan mengalihkannya menggunakan permainan fidget spinner atau hand spinner.

2. Melatih Ketangkasan

Permainan ini mampu melatih kekakuan jari-jari tangan dalam merespon sesuatu, atau ketika kita mudah lelah dengan aktivitas yang terfokuskan kepada kekuatan jari-jari tangan kita seperti menulis, maka akan menjadikannya lebih tangkas dan kuat. Dengan kata lain melakukan hand spinner atau fidget spinner sama halnya kita melakukan olah raga terhadap jari-jari kita. Jadi tidak ada salahnya mencoba permainan ini bagi kamu yang mudah mengalami kelelahan saat menulis.

3. Meningkatkan Kemampuan Belajar

Permainan hand spinner atau fidget spinner jika dilakukan dengan teratur, terkontrol dan stabil dapat meningkatkan kemampuan belajar.

4. Melatih Otak Kiri dan Kanan

Permainan ini diyakini mampu melatih otak kanan dan otak kiri secara bersamaan dengan menggunakan permainan ini.

5. Melatih Fokus dan Konsentrasi

Dengan memainkan permainan hand spinner atau fidget spinner ini diyakini mampu melatih kefokusan kita yakni meningkatkan memori serta tingkat kreativitas.

6. Melancarkan Peredaran Darah

Seperti dikutip dari dikutip dari falony.com, gerakan fidget spinner sebanyak 250 ketukan per menit diklaim mampu memperlancar peredaran darah, hal ini.

Hal ini dibuktikan seorang professor bernama Jaume Padilla dari MU Nutrisi dan Latihan Departemen Fisiologi.

Sehingga dengan bermain permainan ini kita berkontribusi pada diri sendiri dalam melakukan latihan ringan untuk memperlancar aliran darah.

7. Mengurangi Stress

Stress adalah suatu hal yang wajar ketika kita hidup. Sehingga upaya untuk mengurangi stress tersebut amatlah perlu dilakukan. Karena jika stress menumpuk di pikiran kita, maka penyakit berat lainnya bisa jadi ikut menerjang tubuh kita. Oleh karenanya, permainan hand spinner menjadi alternative solusi untuk mengurangi sress yang ada pada diri.

8. Membantu Orang Berkebutuhan Khusus

Seseorang dengan kebutuhan khusus seperti autis, gangguan kecemasan, dan Attentiont Deficit Hyperactive Disorder (ADHD) dapat dirangsang untuk mengeluarkan kreativitas dan menjadi lebih rileks dengan menggunakan permainan ini.

Psikolog Mark Rapport dari University of Central Florida dikutip dari Detik Health menyebutkan bahwa mainan yang dapat berputar (fidget spinner) manfaatnya lebih kearah memberikan distraksi daripada manfaat nyata untuk individu dengan Attentiont Deficit Hyperactive Disorder (ADHD).”

9. Mengurangi Resiko Kematian pada Pekerja yang sering Duduk

Hasil penelitian terbaru di Inggris yang melibatkan 14.000 wanita berusia 35-69 tahun mengatakan bahwa pekerja kantor yang menghabiskan jam kerjanya dengan duduk memiliki resiko buruk pada kesehatan.

Sedangkan wanita yang melakukan fidgeting memiliki resiko kematian dini lebih rendah dibandingkan dengan yang duduk diam saja selama berjam-jam. Sehingga dengan melakukan fidget spinner akan semakin membantu mengurangi resiko kematian jika dibandingkan dengan melakukan fidgeting.

10. Mengisi Waktu Luang dan Pengalih Kejenuhan Pekerjaan

Bosen waktu luang digunain buat itu-itu saja? Pengen sesuatu yang beda? Tidak ada salahnya mencoba permainan Hand Spinner atau fidget spinner. Disamping bisa membunuh waktu luangmu, dengan memainkan permainan ini bisa mendapatkan manfaat yang sangat banyak seperti yang dipaparkan di pont pertama hingga point ke delapan.

Bagi kita yang work holic, permainan yang satu ini sangat cocok untuk menemani kita saat sedang bekerja. Di sela-sela menumpuknya pekerjaan dan saat kejenuhan melanda, tidak ada salahnya buat mencoba memainkan permainan unik ini.

Cukup lima sampai dengan sepuluh menit memainkan permainan ini akan membantu mengurangi kejenuhan dalam bekerja. Setelah itu, kita bisa melanjutkan kembali pekerjaan kita.

Penelitian


Beberapa pakar mengatakan bahwa melakukan permainan memutar dengan tangan bisa membantu kita tetap fokus dan tenang.

Menurut Julie Schweitzer, peneliti bidang perilaku, anak-anak yang memiliki gangguan pemusatan perhatian dan perilaku (ADHD) akan mendapatkan manfaat dari melakukan permainan fidget (memutar pelan, memantul, atau bergerak perlahan-lahan).


Walau begitu, alat yang dipakai dalam terapi itu biasanya bola karet yang besar. Hasilnya pun belum tentu sama dengan menggunakan alat pemutar kecil di tangan seperti spinner. Jadi, belum terbukti apakah fidget spinner memang bisa meningkatkan fokus.


 


Resume dan Bahan Diskusi

Mainan yang diputar-putar dengan jari ini diklaim memiliki banyak manfaat seperti disebutkan di atas, yakni diantaranya bisa mengurangi kebosanan dan stres. Selain itu juga bisa meningkatkan konsentrasi, melatih fungsi otak kanan dan kiri dan melancarkan peredaran darah.

Namun kembali kepada anda sendiri. Saat membeli atau membelikan spinner untuk anak-anaknya apakah sekedar membelikan mainan hanya untuk kesenangan/ hiburan saja, sebagai hadiah kecil, agar anak kita tidak dikatakan kurang bahagia di masa kecil, ataukah untuk tujuan dengan manfaat di atas. Semua kembali kepada Anda. Pertimbangkan manfaat dan madhorotnya saat akan membeli mainan ini.


Pada dasarnya menghilangkan bosan (fidgeting) merupakan aktivitas yang sudah sering kita lakukan, walau tanpa spinner. Bila Anda pernah menekan ujung kepala pulpen berulang-ulang, sebenarnya kita juga sedang melakukan "fidgeting".

Banyak orang mengatakan bahwa menekan objek di tangan memang membantu mereka tetap fokus saat melakukan sebuah pekerjaan atau mengikuti rapat yang panjang. Objeknya tak cuma pulpen, tapi juga earphone, penjepit kertas, atau kuku.


Kita juga bisa menyalurkan keinginan geratak dengan gerakan fisik seperti olahraga.

Di saat luang kita juga bisa memanfaatkannya dengan kegiatan yang berpahala seperti membaca dzikir dan membaca Al Quran.

Sekali-kali kita memainkan fidget spinner untuk hiburan, menurut penulis, tidaklah mengapa, yang penting tidak terus-terusan memainkannya, apalagi sampai mengganggu saat di kelas atau saat mengikuti kegiatan di rumah ibadah dan kegiatan formal lainnya.

Sesuatu aktivitas duniawi yang dilakukan berlebihan dan tak tahu waktu sering mengandung mudhorot.

Bila anda punya pendapat lain, silakan langsung aja tulis di kolom komentar di bawah ini ya.

(***dari berbagai sumber)

Nama dan Alamat Hotel di Sekitar Trans Studio Jl. Gatot Subroto Bandung

Anda akan bermalam di sekitar Trans Studio Jl. Gatot Subroto Bandung? Berikut ini nama dan alamat hotel dan penginapan di sekitar Trans Studio Jl. Gatot Subroto Bandung.

Untuk memudahkan pencarian, kami telah menyusun daftarnya untuk anda, kami susun berdasarkan abjad dari A-Z, berikut daftarnya :

Amaris Hotel Cimanuk
Address : Jl. Cimanuk No. 14, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung.
Telp : +62 22 4209985
Website : http://www.amarishotel.com/amaris-cimanuk

Amaroossa Hotel Bandung
Address : Jl. Aceh No. 71A, Citarum, Bandung Wetan, Citarum.
Telp : +62 22 4222221
Website : http://www.amaroossahotel.com

Anggrek Gandasari Hotel
Address : Jl. P. Seram Luwuk Banggao No. 3, Citarum, Bandung.
Telp : +62 22 4200517
Website : http://www.anggrekhotel.com

Anggrek Shopping Hotel
Address : Jl. RE. Martadinata No. 15, Citarum, Bandung.
Telp : +62 22 4260868
Website : http://www.anggrekhotel.com/


Arion Swiss-Belhotel Bandung
Address : Jl. Otto Iskandar Dinata No. 16, Pasirkaliki, Sumur Bandung.
Telp : +62 22 4240000
Website : http://www.swiss-belhotel.com/regions

Arlya Hotel
Address : Jl. Citra Raya No. 1, Babakan Surabaya, Kota Bandung.
Telp : +62 22 7218216
Website :

Aston Braga Hotel & Residence
Address : Jl. Braga No. 99-101, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung.
Telp : +62 22 84460000
Website : http://www.aston-internasional.com


Bali Indah Hotel
Address : Jl. BKR No. 75, Lingkar Selatan, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.
Telp : +62 22 5227575
Website : http://hotelbaliindah.co.id

Bali World Hotel
Address : Jalan Soekarno Hatta No. 713, By Pass Timur, Jatisari, Kota Bandung.
Telp : +62 227332088
Website : http://www.baliworldhotel.com

Chez Bon Hostel
Address : Jl. Braga No. 45, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung.
Telp : +62 22 4260600
Website : http://chez-bon.com/

Citarum Hotel
Address : Jl. Citarum No. 16, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung.
Telp : +62 22 7207100
Website : http://www.citarum-hotel.com/

d'best Hotel Bandung
Address : Jl. Oto Iskandardinata No. 460, Nyengseret.
Telp : +62 22 5228899
Website : http://www.dbesthotel.com/

Favehotel Braga 
Address : Jl. Braga No. 99-101, Sumur Bandung, Kota Bandung.
Telp : +62 22 84468222
Website : http://www.favehotels.com

Favehotel Hyper Square 
Address : Paskal Hyper Square, Jalan Pasirkaliki No.25, Kota Bandung.
Telp : +62 22 87786333
Website : http://www.favehotels.com


Flores Gallery Hotel 
Address : Jl. Flores No. 7, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung.
Telp : +62 22 4261558
Website : http://floresgalleryhotel.blogspot.com/

Gino Feruci Braga Hotel
Address : Jl. Braga No. 67, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung.
Telp : +62 22 4200099
Website : http://ginoferuci.com/

Gino Feruci Kebonjati Hotel
Address : Jl. Kebonjati No. 71-75, Kebon Jeruk, Andir, Kota Bandung.
Telp : +62 22 4248000
Website : http://ginoferuci.com/kebonjati-bandung/

Ghotic Hotel Address : Jl. Soekarno Hatta No. 534, Sekejati, Buahbatu, Kota Bandung.
Telp : +62 22 7511464
Website :

Grand Pacific Hotel
Address : Jl. Pasirkaliki No. 100, Cicendo.
Telp : +62 22 4221100
Website : http://grandpacifichotel.co.id

Grand Pasundan
Address : Jl. Peta No. 147 - 149, Suka Asih, Bojongloa Kaler, Bandung 40233.
Telp : +62 22 6043135
Website : http://www.grandpasundan-hotel.com

Grand Malabar Hotel
Address : Jl. Malabar No. 2, Malabar, Lengkong, Kota Bandung
Telp : +62 22 7323666
Website :


Harapan Indah Hotel
Address : Jl. Jendral Gatot Subroto No. 45B, Malabar.
Telp : +62 22 818-627-873
Website :

Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung
Address : Jl. Peta No. 241, Suka Asih, Bojongloa Kaler, Kota Bandung.
Telp : +62 22 6128600
Website :http://festival-bandung.harrishotels.com/

Hilton Bandung
Address : Jalan HOS. Tjokroaminoto No. 41-43, Arjuna, Cicndo, Kota Bandung.
Telp : +62 22 86066888
Website : http://www3.hilton.com/en/

Hotel Benua
Address : Jl. Pelajar Pejuang 45 No. 111, Turangga, Lengkong, Bandung.
Telp : +62 22 7321708
Website :

Hotel Bidakara Grand Savoy Homann Bandung
Address : Jl. Asia Afrika No.112, Cikawao, Lengkong, Kota Bandung.
Telp : +62 22 4232244
Website : http://www.savoyhomann-hotel.com/

Hotel California Bandung
Address : Jalan Wastukencana No. 48, Tamansari, Bandung Wetan.
Telp : +62 22 4268588
Website : http://www.hotelcaliforniabandung.com

Hotel Guntur
Address : Jl. Otto Iskandar Dinata No. 20, Pasirkaliki, Cicendo.
Telp : +62 22 4203763
Website : http://hotelgunturbandung.blogspot.com/

Hotel Image
Address : Jl. Lengkong Besar No. 145, Balonggede, Regol.
Telp : +62 22 4213461
Website : http://hotelimage.blogspot.com/

Hotel  Mawar
Address : Jl. Pangarang No. 14, Cikawao, Kota Bandung.
Telp : +62 22 4232008
Website : http://hotelmawar.blogspot.co.id/


Hotel Unik Bandung Address : Jl. H. Akbar No. 12, Pasir Kaliki, Kota Bandung.
Telp : +62 22 4260288
Website :

Hotel  Riau Bandung
Address : Jl. RE. Martadinata No. 191, Cihapit, Bandung Wetan.
Telp : +62 22 7271468
Website : http://www.riauhotelbandung.com/

Hotel Santika Bandung
Address : Jl. Sumatera No. 52-54, Citarum, Bandung Wetan.
Telp : +62 22 4203009
Website : http://www.santika.com

Hotel Scarlet Kebon Kawung
Address : Jl. H. Mesri No. 11, Pasirkaliki, Cicendo, Kota Bandung.
Telp : +62 22 4236146
Website :

Hotel Serena
Address : Jl. Marjuk No. 4-6, Kebon Kawung, Pasirkaliki.
Telp : +62 22 4207850
Website : http://www.hotelserenabandung.com/

Hotel Vio Cimanuk | DHM Associates
Address : Jl. Cimanuk No. 15, Citarum, Bandung Wetan, Kota.
Telp : +62 22 7231099
Website :

Ibis Bandung Trans Studio HotelAddress : Jl. Jendral Gatot Subroto No. 289, Cibangkong.
Telp : +62 22 87345555
Website : http://www.accorhotels.com

Ibis Styles Bandung Braga
Address : Jl. Braga No. 8, Sumur Bandung, Kota Bandung.
Telp : +62 22 4213070
Website : http://www.accorhotels.com


Kedaton Hotel Santika Bandung
Address : Jl. Suniaraja No. 14, Braga, Sumur Bandung.
Telp : +62 22 4219898
Website : http://kedatonhotel.com

La Nostalgie Hotel
Address : Jl. Galunggung No. 29, Lingkar Selatan, Kota Bandung.
Telp : +62 22 7304526
Website : http://lanostalgiehotelbandung.weebly.com/

Latief Inn Bandung
Address : Jl. Natuna No. 16, Kebon Pisang, Sumur Bandung.
Telp : +62 22 4200369
Website : http://www.klikhotel.com/

Malaka Hotel
Address : Jl. Halimun No. 36, Palasari, Lengkong, Malabar.
Telp : +62 22 7303344
Website : http://malakahotel.com

Mutiara Hotel Bandung
Address : Jl. Kebon Kawung No. 60, Pasirkaliki, Cicendo, Bandung.
Telp : +62 22 4200333
Website : http://www.mutiarahotel.com/


Novotel Bandung
Address : Jl. Cihampelas No.23-25, Tamansari, Bandung Wetan .
Telp : +62 22 4211001
Website : http://accorhotels.com

Oasis Hotel
Address : Jalan Lombok No. 10, Merdeka, Sumur Bandung.
Telp : +62 22 4222016
Website : http://www.oasisbotiquebdg-hotel.com/

Serela Merdeka Hotel
Address : Jl. Purnawarman No. 23, Tamansari, Bandung Wetan.
Telp : +62 22 4231456
Website : http://serelahotel.com

Serela Riau Bandung
Address : Jl. L.L.R.E Martadinata No. 56, Citarum, Bandung.
Telp : +62 22 4240328
Website : http://serelahotel.com

The Luxton Hotel Bandung
Address : Jl. Ir. H. Djuanda No. 18, Citarum, Bandung Wetan.
Telp : +62 22 4220700
Website : http://www.theluxton.com


The Posters Hotel Mice
Address : Jl. P.H.H. Mustofa No. 33A, Neglasari, Cibeunyingkaler, Bandung.
Telp : +62 22 7206012
Website :

The Naripan Hotel
Address : Jalan Naripan No. 31-35, Braga, Sumur Bandung.
Telp : +62 22 4207009
Website : https://m.thenaripanbandung.com

The Papandayan Hotel
Address : Jl. Jendral Gatot Subroto No. 83, Malabar, Bandung.
Telp : +62 22 7310799
Website : http://thepapandayan.come

Tibera Hotel
Address : Jl. Taman Cibeunying Selatan No. 7, Cihapit, Bandung Wetan.
Telp : +62 22 7100236
Website : http://tiberahotel.com/


the trans, hotel di sekitar jalan gatot subroto bandung

Trans Luxury Hotel
Address : Jl. Jendral Gatot Subroto No. 289, Cibangkong.
Telp : +62 22 87348888
Website : http://thetranshotel.com




Vio Hotel 
Address : Jl. Veteran No. 32, Kebon Pisang, Sumur Bandung.
Telp : +62 22 4266100
Website : http://www.topotels.com/

Vio Surapati Bandung
Address : Jl. Surapati No. 51, Sadang Serang, Coblong, Kota Bandung.
Telp : +62 22 2511718
Website :


Zodiak
Address : Jl. Kebon Kawung No. 54, Pasirkaliki, Cicendo, Bandung.
Telp : +62 22 4266110
Website : http://zodiak-hotel.com/


Zodiak @ Asia Afrika Hotel Bandung
Address : Jl. Asia Afrika No.34, Balongggede, Regol, Kota Bandung.
Telp : +62 22 4267468
Website : http://zodiak-hotel.com/asiaafrika-bandung/

Zodiak - Taurus
Address : Jl. Pasirkaliki No. 50, Pasirkaliki, Cicendo, Bandung.
Telp : +62 22 4266440
Website : http://www.zodiak-hotel.com/

ZZZ Espress - Backpakers Hostel
Address : Jl. Pasirkaliki No. 25-27, Paskal Hyper Square D-2 Bandung 40181 West java.
Telp : +62 22 877-2267-7187, Hotline: 087722677187 Telpon: (022) 6008775
Website : http://zbackpacker.com/
Email: zapplerepair@gmail.com


Untuk info hotel lain di Bandung, silakan bisa kunjungi : INFO HOTEL di BANDUNG

Bila Anda pernah menginap di salah satu hotel di sekitar Trans Studio / near trans studio Jl. Gatot Subroto Bandung di atas, silakan bagikan kesan anda selama menginap di hotel tersebut di kolom komentar.